Intip Eksotisme Air Terjun Sumber Pitu Tumpang – Malang

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Wilayah Tumpang yang masih berada di bawah naungan Kabupaten Malang ini ternyata juga memiliki potensi alam yang tak bisa diragukan lagi. Beberapa destinasi wisata yang dilatarbelakangi oleh kenampakan alam yang ciamik mulai dari pegunungan, perkebunan, perbukitan, sungai, hingga air terjun yang eksotis turut meramaikan wilayah kecamatan yang memiliki luas lebih dari 70 ribu km2 ini.

Kali ini, Setapak Langkah akan mencoba membawamu menelisik lebih dalam tentang wana wisata air terjun yang cukup fenomenal di Tumpang, yakni Air Terjun Sumber Pitu Tumpang.

Alamat : Krajan, Duwet Krajan, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur 65156.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket Masuk : Gratis.

Seperti namanya, air terjun ini memang memiliki banyak sumber mata air yang memancar dari balik bebatuan tebing di tiap sumber.

Meskipun sumber mata air yang ada nyatanya lebih dari 7, yakni berjumlah 14, namun masyarakat setempat tetap menyebutnya Sumber Pitu, lantaran 9 sumber mata air yang lain jaraknya sangat berdekatan dan seakan menjadi satu.

Untuk menuju kawasan wisata air terjun yang satu ini, kamu tidak perlu khawatir karena letaknya yang masih berada di jalur Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya berjarak 9 kilometer dari Gunung Bromo.

Jalan-jalan untuk menuju coban yang eksotis ini juga sangat baik dan layak untuk dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun ini kamu tidak perlu bayar tiket lho alias gratis! Kamu hanya perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan mulai 5 ribu rupiah saja. Sangat menggiurkan bukan?

Tapi, jangan sampai salah alamat ya! Nama Air Terjun Sumber Pitu ternyata bukan hanya di Tumpang saja lho! Di Malang ada 2 wisata air terjun dengan nama yang sama persis.

Kamu bisa memilih untuk berwisata di Air Terjun Sumber Pitu Tumpang ini, atau bisa juga mengunjungi Coban Sumber Pitu yang ada di Kecamatan Pujon.

Tapi, pastikan dulu pilihanmu ya! Karena kalau sampai keliru, kamu harus banting setir setidaknya 50 kilometer dari Sumber Pitu Pujon menuju Sumber Pitu Tumpang atau sebaliknya.

Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Grojogan Pucang, Wisata Alam Eksotis Bojonegoro

Daya Tarik Wisata Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

1609818116 sumber pitu tumpang
Keseruan Bermain di Air yang Sejernih Kaca

Selain wisata air terjunnya yang begitu jernih dan eksotis, ternyata akses jalan menuju lokasi wisata ini juga tak kalah menarik lho!

Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata, kamu akan disambut oleh pemandangan serba hijau yang terhampar luas di tiap sisi kanan dan kiri jalan.

Apalagi ketika sampai di pintu masuk, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih sangat asri ditambah lagi udara yang begitu sejuk.

Pada 100 meter trekking pertama, kamu akan disambut oleh pohon-pohon bambu yang menjulang tinggi dan berjajar indah di sepanjang jalur trekking.

Selanjutnya, kamu akan dibuat takjub dengan area perkebunan warga yang nampak segar dengan aneka macam sayuran yang tumbuh subur seperti tomat, labu siam (manisah), terong, serta beberapa jenis sayuran lain.

cara menanam labu siam header edited
Perkebunan Labu Siam yang Tumbuh Subur

Setelah berjalan kurang lebih 1,5 kilometer, kamu akan mulai mendengar suara gemericik air yang perlahan semakin terdengar deras arusnya.

Berbahagialah! Karena itu tandanya kamu sudah semakin dekat dengan air terjun eksotis yang kamu tuju. Tinggal beberapa langkah lagi ya!

Sebelum sampai di wahana air terjun utama, kamu akan disambut oleh sebuah air terjun yang juga tak kalah eksotis dengan ketinggian lebih dari 7 meter, masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Coban Tunggal.

Coban Tunggal ini memiliki arus yang cukup deras, sungai-sungai yang mengalir dibawahnya juga terhubung dengan aliran air dari air terjun utama yakni Sumber Pitu.

Kini tujuanmu sudah di depan mata, karena dari Coban Tunggal ini kamu hanya perlu berjalan sejauh 150 meter untuk sampai di wahana utama yang menjadi primadona yakni Air Terjun Sumber Pitu Tumpang.

Coban Tunggal si Pembuka Keindahan. Foto Gmap Luii 2803 e1637899548705
Air Terjun Coban Tunggal yang Eksotis

Rasa lelahmu setelah hampir satu jam menyusuri jalur trekking dijamin akan terbayar lunas dengan keindahan Air Terjun Sumber Pitu Tumpang yang terpancar dari 14 sumber mata air yang super jernih.

Yang membuat unik ialah air terjun yang jatuh bukan berasal dari aliran sungai, melainkan seperti keluar dari tebing bebatuan yang menjadi penopangnya.

Wisata Menarik Lainnya :  Dapur Caringin Tilu, Menu dan Lokasi Info Lengkap

Sehingga air terjun dan sungai-sungai yang mengalir di bawahnya selalu terlihat jernih meskipun saat musim hujan.

Dan konon meskipun ketinggiannya hanya beberapa meter saja, namun sumber mata air ini tak pernah surut meskipun saat musim kemarau panjang. Sangat menakjubkan bukan?

Tak heran jika wana wisata yang satu ini selalu berhasil membuat penasaran banyak orang, baik masyarakat lokal maupun luar daerah.

Bahkan tempat ini juga kerap dijadikan sebagai tempat ritual acara tertentu. Karena dipercaya berasal dari gunung Bromo sehingga airnya dianggap suci.

Tips dan Saran Berkunjung ke Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

For Your Information, di tempat wisata Air Terjun Sumber Pitu Tumpang ini memang masih sangat alami dan jarang terlihat campur tangan manusia di dalamnya.

Sehingga fasilitas-fasilitas umum seperti toilet, mushola, hingga warung makan juga tidak nampak di tempat wisata yang satu ini.

Jadi, kamu perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini agar liburanmu bersama kerabat tetap nyaman dan menyenangkan. Yuk, simak beberapa tips berikut!

  • Pastikan cuaca sedang cerah sebelum berangkat.
  • Sebelum berangkat, pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima.
  • Jangan membawa serta anak-anak atau lansia.
  • Bawa bekal makanan dari rumah secukupnya.
  • Jangan lupa membawa baju ganti.
  • Bawa baju hangat dan perlengkapan lain yang diperlukan, karena cuaca sangat dingin.
  • Datanglah pada pagi hari agar terhindar dari cuaca ekstrim saat pulang.

Demikian beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum berkunjung ke wana wisata Air Terjun Sumber Pitu Tumpang.

Meskipun tempat wisata ini sangat minim akan fasilitas, namun dijamin keindahannya akan membuat siapa saja bertekuk lutut.

Apalagi airnya yang selalu jernih sejernih kaca dan arusnya pun tidak terlalu deras. Sehingga memungkinkan para pengunjung untuk bermain air di aliran-aliran sungai yang terbentuk dari reruntuhan air terjun eksotis itu.

Mengenai tempat parkir, kamu bisa menitipkan kendaraanmu di area pemukiman warga, dengan tarif 5 ribu rupiah saja untuk kendaraan roda 2, dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda 4.

Jadi, tunggu apa lagi? Buruan ajak teman-teman atau kerabat untuk berpetualang di Air Terjun Sumber Pitu Tumpang!

Selain tempatnya yang begitu asri dan menenangkan, kamu juga bisa mendapat pengalaman tak terlupakan dengan air super jernih yang disuguhkan oleh Air Terjun Sumber Pitu Tumpang. Selamat mencoba!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...