Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Air Terjun Kedung Entong, Wisata Alam Terbaru yang Penuh Aura Mistis

Air Terjun Kedung Entong

Baru-baru ini Kabupaten Blitar punya tempat wisata baru yang tengah viral di media sosial. Wisata ini berupa air terjun alami yang menyuguhkan pesona alam eksotis nan memukau.

Dikenal dengan Air Terjun Kedung Entong, warga sekitar biasa menyebutnya dengan sebutan tersebut untuk wisata Blitar yang nyegerin ini.

Alamat : Gledug, Pulerejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66163.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Gratis
Jam buka : 24 jam

Aktivitas Seru di Air Terjun Kedung Entong

Semakin hari Blitar mulai menunjukkan ekstensinya sebagai daerah pariwisata yang tak kalah populer seperti Bali atau Malang. Mulai dari wisata alam, religi, taman bermain, kolam pemandian, dan sejarah bisa kamu temukan dengan mudah di sini. Salah satu yang paling baru ada wisata Air Terjun Kedung Entong.

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa namanya Kedung Entong? Hal tersebut dikarenakan wisata ini bentuknya mirip seperti Kedung yang berarti wadah nasi. Sementara entong adalah sebutan untuk sendok pengambil nasi. Di sini kamu bisa bersantai sepuasnya karena suasananya begitu sunyi dan tenang.

Jumlah kunjungan wisatawan di Air Terjun Kedung Entong masih terbilang sedikit. Dikarenakan akses menuju tempat wisatanya agak terpencil serta jauh dari perkotaan. Bisa dibilang kawasan ini jarang terjamah tangan manusia sehingga membuatnya sepintas tampak sepi dari hiruk pikuk manusia.

Air terjun ini terlihat sangat indah dengan adanya berbatuan besar yang mengelilinginya. Ditambah lagi ada beberapa tanaman hijau yang membuat kawasan ini kian menawan saja. Untuk ketinggian air terjunnya kurang lebih sekitar 4 meter dengan air terlihat jernih dan berwarna bening seperti kaca.

Air Terjun Kedung Entong hanya memiliki satu sumber mata air. Air dari atas langsung mengalir ke bawah menuju kolam yang ketinggian airnya lumayan dangkal. Di sini pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Contohnya seperti pada penjelasan berikut ini.

Bermain Air

1686829340368
Sumber : Googlemap/M IBNU MALIK 1885202046

Kejernihan air dari Kedung Entong membuat siapapun tak bisa menahan diri untuk masuk ke dalam kolamnya. Namun sebelum itu pastikan cari sisi yang ketinggian airnya cukup rendah. Agar kamu bisa berenang dengan aman, nyaman, dan tenang.

Buat kamu yang tidak mahir berenang jangan coba-coba masuk ke dalam kolam. Karena tidak semua sisinya mempunyai ketinggian air yang rendah. Ada sebagian yang lumayan dangkal sehingga cukup berbahaya.

Sebagai gantinya kamu bisa bermain air di tepian kolam bersama teman-temanmu. Entah itu hanya mencelupkan kaki atau saling mencipratkan air ke tubuh satu sama lain. Akan tetapi kamu tetap harus berhati-hati karena dasar kolamnya lumayan licin.

Bersantai

1686829453721
Sumber : Googlemap/Dafit A

Selain bermain air pengunjung juga bisa duduk santai sembari memandangi keindahan alamnya yang mempesona. Sejauh mata memandang kamu akan melihat hamparan langit biru berhiaskan awan putih. Lalu di bagian bawah ada pemandangan air terjun dengan airnya berwarna sedikit kebiruan.

Duduklah di sekitar berbatuan air terjun dan rasakan kesejukan udaranya. Tarik nafas dalam-dalam dari hidung kemudian keluarkan secara perlahan. Dijamin badan kamu akan terasa lebih rileks dan segar kembali.

Bersantailah dan jangan memikirkan apapun yang bisa membuat kamu stres. Cukup nikmati suasana air terjun lalu dengarkan suara gemericik airnya yang terdengar seperti alunan musik. Keluarkan semua beban dalam pikiran hingga tak tersisa satupun.

Tidak hanya bersantai, disini kamu juga bisa memancing. Lantaran di dalam kolam air terjun ada sekumpulan ikan-ikan kecil yang menggemaskan. Sebelum berangkat jangan lupa membawa alat pancing beserta umpannya. Karena di sana tidak ada tempat sewa perlengkapan pancing.

Hunting Foto

IMG 20230615 184832 2
Sumber : Googlemap/kemploh dotCom

Berada di tempat yang indah seperti Air Terjun Kedung Entong jangan lupa mengambil foto. Sayang bukan, sudah datang jauh-jauh tapi tidak ada sesuatu yang bisa dikenang. Abadikan setiap momen perjalanan kamu menggunakan kamera digital atau ponsel. Terlebih lagi wisata ini banyak menyuguhkan spot foto menarik.

Salah satu spot foto favorit pengunjung tentu saja di depan air terjunnya. Akan tampak aliran air berwarna kebiruan berpadu dengan berbatuan coklat menjadi latar belakang foto kamu. Sebisa mungkin pilihlah pose terbaik agar hasil fotonya nanti terlihat bagus.

Spot lainnya ada area kolam dan berbatuan besar. Berfoto di atas kolam tampak menarik karena ada beberapa tumbuhan lumut yang tumbuh di sekitar berbatuannya. Warna kehijauan dari lumut akan lebih mendominasi sehingga menciptakan latar belakang foto yang begitu asri.

Jam Buka

Air Terjun Kedung Entong buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Kamu bisa datang ke sana kapanpun tanpa perlu merencanakan waktu khusus. Karena pihak pengelola selalu membuka wisata ini selama 24 jam nonstop.

Akan tetapi sebaiknya kamu datang pas cuaca cerah saja. Kalau mendung jalanan di sekitar air terjun sedikit becek dan berlumpur. Semisal kurang hati-hati dalam melangkah kamu bisa dengan mudah terpeleset.

Harga Tiket Masuk

Dikarenakan masih termasuk wisata baru, Air Terjun Kedung Entong tidak membebankan tiket masuk kepada para pengunjung. Kamu bisa masuk secara gratis tanpa harus membayar biaya apapun. Buat kamu yang mau liburan tapi minim budget maka wisata ini yang paling pas.

Meskipun gratis, tetap saja kamu harus menjaga kebersihan area wisata. Saat pulang jangan meninggalkan sampah satupun di area kolamnya. Kalau tidak menemukan tempat sampah sebaiknya kamu bawa dulu atau lebih baik menyiapkan kantong sampah sendiri.

Fasilitas Umum

Soal fasilitas umum mungkin masih belum memadai. Tetapi setidaknya pihak pengelola telah berusaha memberikan pelayanan terbaik. Di sini area parkirnya tergolong cukup luas hingga bisa menampung kendaraan seperti sepeda motor dan mobil.

Kamar mandi atau toiletnya memang terlihat sederhana. Tetapi itu sudah lebih dari cukup dengan kondisinya yang bersih dan terawat. Meskipun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi oleh pihak pengelola.

Beruntungnya wisata ini menyediakan tempat istirahat untuk para pengunjung yang merasa kelelahan. Mengingat perjalanan ke sana terbilang sangat jauh dan banyak menguras energi. Warung makan di wisata ini tidak terlalu banyak. Sebaiknya kamu bawa bekal dari rumah untuk berjaga-jaga kalau belum ada tempat makan yang buka.

Tips Berkunjung

Air Terjun Kedung Entong masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Tetapi seiring berjalannya waktu wisata ini bisa menjadi populer seperti objek wisata lainnya di Blitar. Yang diperlukan pihak pengelola hanyalah meningkatkan strategi promosinya lebih baik lagi.

Letaknya yang tersembunyi terkadang membuat wisatawan kesulitan mencari lokasinya. Belum lagi akses jalannya sedikit sulit dan harus melalui medan terjal. Ditambah nuansanya yang horor dan mistis membuat sebagian orang berpikir ulang untuk mengunjungi wisata ini.

Tetapi masih ada saja wisatawan yang mau datang ke Air Terjun Kedung Entong. Meskipun harus menempuh perjalanan jauh tak jadi masalah. Rintangan apapun akan dihadapi demi melihat keindahan alamnya. Ada baiknya sebelum berkunjung kamu harus menyiapkan beberapa hal berikut.

  • Kalau punya rencana ingin bermain air, jangan lupa membawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Bawa juga peralatan pancing jika ingin memancing ikan di kolam air terjunnya.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk memotret setiap momen yang kamu lewati.
  • Buat kamu yang menderita penyakit tertentu, siapkan pula obat-obatan pribadi.
  • Bawalah makanan dan minuman secukupnya dari rumah karena lokasi wisata ini jauh dari pemukiman.
  • Pakailah alas kaki berupa sandal atau sepatu yang alasnya sedikit kasar. Dikarenakan medan yang kamu lalui lumayan licin.
  • Patuhi aturan yang berlaku di sana dan jangan melakukan aktivitas apapun yang bisa membahayakan diri kamu.

Sebagai tambahan saja, jangan liburan seorang diri. Sebaiknya datanglah secara berkelompok dengan mengajak teman atau keluarga. Semisal terjadi apa-apa waktu di Air Terjun Kedung Entong, setidaknya ada orang yang siap membantu kamu.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments