setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

10 Wisata Gunung Kidul Jogja yang Murah Abis tapi Kekinian

Wisata Gunung Kidul Jogja yang Murah Abis tapi Kekinian
Rate this post
Rate this post

Libur telah tiba, libur telah tiba, Hore! Hore! Bagi kalian yang sedang mempunyai waktu libur sekolah atau kerja sebaiknya gunakanlah untuk me-refresh diri kalian agar bugar ketika sudah masuk hari produktif.

Berwisata di luar kota dan luar ruangan dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengisi liburan seperti halnya wisata gunung kidul Jogja lho.

Wisata Gunung Kidul Jogja

Yogyakarta sebagai kota pelajar tidak hanya menawarkan pendidikan sebagai kebutuhan masyarakat akan tetapi juga wisatanya.

Jogja juga dikenal akan wisata alamnya yang sangat indah dan kekinian. Salah satunya adalah kawasan Gunung Kidul. Wisata Gunung Kidul Jogja sangatlah beragam, oleh karena itu mari kita simak di bawah ini !

Kebun Bunga Amarilis

Kebun Bunga Amarilis
foto: instagram.com/sariinuk66

Ketika kalian berlibur di antara bulan Juli hingga Oktober, destinasi Kebun Bunga Amarilis sangat cocok menemani kalian ketika liburan telah tiba. Pada bulan itu bunga amarilis sedang mekar dan mengeluarkan warna orange yang sangat cantik.

Wisata Gunung Kidul Jogja ini sangat cocok dikunjungi ketika pagi hingga sore karena dengan memanfaatkan sinar matahari, warna bunga akan terlihat semakin terang.

Kebun ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Patuk, Desa Salam. Cukup dengan merogoh uang Rp. 10.000,- kalian dapat menikmati pemandangan ini dan berfoto ria.

Taman Bunga Nawari

Taman Bunga Nawari
foto: instagram.com/elma_uy24

Masih seputar bunga dan bergeser sedikit ke Kecamatan Karangmojo, Desa Bejiharjo di sana terdapat sebuah wisata Gunung Kidul Jogja yang indah yaitu Taman Bunga Nawari. Di taman bungan ini terdapat hamparan bunga matahari yang sangat luas sehingga dengan warna kuningnya dapat memanjakan mata.

Ada tips bagi kalian yang ingin berkunjung ke sini yaitu datanglah sebelum pukul 09.00 WIB, karena pada waktu tersebut hamparan bunga matahari yang sedang mekar serempak akan menghadap ke sang surya.

Cukup dengan uang Rp. 6.000 kalian dapat menikmati dengan puas pemandangan ini dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Hutan Wanagama

Hutan Wanagama
foto: instagram.com/sevanie_

Hutan Wanagama terletak di Kecamatan Playen, Jalan Yogyakarta – Wonosari KM 30.  Hutan ini berada di bawah naungan UGM yang awalnya tanah gersang disulap menjadi tanah yang subur dan asri sejak tahun 1964.

Pohon tinggi yang ada dalam kawasan ini membuat suasana menjadi asri dan rindang sehingga menyejukkan. Di wisata Gunung Kidul Jogja satu ini juga ada jembatan gantung dan air terjun sehingga membuatnya lebih menarik.

Wisata Menarik Lainnya :  The Lost World Castle Sleman Buka Kembali, Cek Harga Tiket Masuknya

Buka setiap hari selama 24 jam dan dengan harga tiket Rp. 5.000,- kalian sudah bebas menikmati pemandangan sepuasnya.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
foto: instagram.com/gitsu_phiyo

Air terjun yang tidak pernah kering walaupun musim kemarau ini terletak di Kecamatan Playen, Desa Bleberan. Pesona yang ditawarkan dari air terjun ini adalah memiliki tinggi kurang lebih 50 meter yang menurun dari bebatuan karst, kemudian di bawahnya terbentuk kolam yang menyambung ke sungai.

Ditambah dengan adanya pohon rindang yang mengelilingi membuat suasana tambah asri untuk wisata Gunung Kidul Jogja berupa air ini. Ongkos masuk hanya Rp. 10.000,- kalian sudah dapat menikmati panorama dan kesegaran air terjun.

Embung Batara Sriten

Dengan tarif masuk Rp. 4.000,- kalian sudah dapat masuk ke wisata Embung Batara Sriten yang terletak di Nglipar, Pilangrejo, Sriten, tepatnya di Perbukitan Batur Agung.

Pada tahun 2014 wisata ini diresmikan oleh pemerintah setempat yang berfungsi untuk menampung air hujan serta menjadi area agrowisata untuk buah manggis dan klengkeng.

Pemandangan yang ditawarkan adalah adanya danau buatan sebagai hasil dari penampungan hujan. Pemandangan akan terasa lebih indah apabila senja telah tiba.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang
foto: instagram.com/explorealamjogja

Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu air terjun unik karena air terjun ini mengalir di antara sawah – sawah penduduk. Lokasinya berada di Kecamatan Patuk, Desa Nglanggeran.

Kemudian di wisata Gunung Kidul Jogja berupa air terjun ini ada 6 tingkatan serta 3 kolam besar sehingga akan menambah takjub kalian yang akan berkunjung ke sini. Memang jauh dari lokasi parkir yaitu mencapai 1 km, akan tetapi semua akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

Cukup dengan tarif Rp. 7.000,- ditambah uang parkir kalian dapat menikmati dengan puas pemandangan dan bermain air di air terjun ini.

Watu Payung

Watu Payung
foto: instagram.com/atma_parindra

Wisata Gunung Kidul Jogja ini terletak di Kecamatan Panggang, tepatnya di lokasi hutan dan perbukitan karst Padukuhan Turunan Desa Girisuko.

Destinasi ini menjadi salah satu destinasi favorit warga dan wisatawan karena pemandangan yang disajikan dari ketinggian sangatlah indah. Selain itu tempat ini sangat instagramable dan banyak diminati oleh segala kalangan terutama anak muda.

Selain perbukitan, di sini juga ada hutan hujan yang sangat bagus baik di musim hujan maupun di musim kemarau. Tiket masuk hanya Rp. 5.000,- per orang dan jika ingin berfoto ada spot yang dijaga oleh pengelola dengan membayar Rp. 5.000. Di sini juga ada fasilitas memanah dengan tarif Rp. 10.000 saja. Murah bukan ?

Wisata Menarik Lainnya :  Menawannya Tempat Wisata Ayanaz Gedongsongo Bandungan di Semarang

Hutan Jati Banyusoco

Wisata Hutan Jati Banyusoco ini terletak di Desa Banyusoco, Jalan Pacar II. Jika dari kota Yogyakarta hanya memerlukan waktu tempuh 1 jam.

Pepohonan jati di hutan ini sangatlah apik, apalagi jika musim kemarau dijamin akan menambah ke-estetikan foto kalian. Banyak spot foto yang sangat intagramable sehingga peminatnya kebanyakan dari anak muda. Jika diibaratkan mungkin gambarannya seperti musim gugur di negara – negara Eropa. Sangat menarik bukan ?

Kalian pasti bertanya berapa tarif yang dipatok untuk menikmati wisata ini bukan? Jawabannya adalah GRATIS !!

Gunung Ireng Srumbung

Berlokasi di Kecamatan Patuk, Desa Pengkok tepatnya di kawasan Gunung Ireng, wisata Gunung Kidul Jogja ini memiliki panorama yang sangat menakjubkan.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian sehingga menyebabkan kalian para pengunjung harus ekstra bertenaga dan berhati – hati ketika akan menjangkau tempat ini. Dibutuhkan waktu mendaki sekitar 5 menit dari sisi pintu masuk.

Kawasan ini masih sangat asri karena letaknya di perbukitan dan dikelilingi oleh hutan dan jati di dalamnya. Jika berkunjung pagi shubuh kalian akan dapat menikmati suasana embun dan disusul dengan sunrise. Pada sore hari tempat wisata ini juga tak kalah indah.

Cukup dengan membayar tarif Rp. 3.000,- ditambah ongkos parkir Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 2.000 untuk motor agar kendaraan lebih aman. Bagaimana? Sangat terjangkau bukan? Memang harga yang ditawarkan sangat murah akan tetapi pemandangan yang ditawarkan tak ternilai harganya.

Pantai Baron

Pantai Baron
foto: instagram.com/jogjascenery

Jogja memang terkenal akan wisata pantainya, salah satunya adalah Pantai Baron. Pantai Jogja ini terletak di Kecamatan Tanjungsari, Desa Kemadang. Jika diukur dari kota Jogja maka memerlukan waktu kurang lebih 1 setengah jam.

Yang membuat pantai ini spesial adalah adanya 2 jenis air di pantai itu yaitu air asin dan air tawar sehingga perbedaan itu membuat kontur garis yang sangat indah.

Pantai Baron ini berbentuk U dan memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan yang berasal dari hijaunya air laut dan hijaunya bukit pohon yang mengelilingi sehingga suasana dan udara menjadi sangat sejuk walaupun di siang hari.

Selain pemandangan pantai, di sini juga ada fasilitas mercusuar dengan tarif masuk hanya Rp. 2.000,-.

Wisata Gunung Kidul Jogja di atas rata – rata hanya memerlukan tarif Rp. 10.000 sehingga dapat dijangkau oleh segala kalangan. Walaupun liburan murah tapi tetap harus mencari yang bagus bukan? Selamat berlibur !

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks