5 Wisata Air Terjun di Ngawi yang Wajib Kamu Kunjungi

Air Terjun di Ngawi

Wisata air terjun di Ngawi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk liburan. Ingin tahu destinasi wisata air terjun apa saja yang ada di kota Ngawi? Simak artikel ini hingga habis ya!

Kepopuleran wisata Ngawi mungkin tidak sebesar kota lain di Jawa Timur seperti Banyuwangi atau Malang. Meski begitu bukan berarti kota yang satu ini tak memiliki tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Terlebih destinasi wisata di Ngawi sendiri sebenarnya juga ada banyak dan pastinya tak kalah menarik. Adapun salah satunya adalah wisata air terjun di Ngawi. Berikut adalah daftar air terjun yang bisa kamu kunjungi saat sedang mampir ke kota ini.

Wisata Air Terjun di Ngawi yang Wajib di Kunjungi

Wisata air terjun di Ngawi memang menarik untuk dikunjungi. Apalagi kebanyakan air terjun yang ada di kota ini memang memiliki pesona yang luar biasa. Ditambah lagi alam ngawi yang memang masih asri mau tak mau memang cukup menarik perhatian para wisatawan.

Jika kamu juga tertarik untuk liburan ke Ngawi maka wajib untuk berkunjung ke salah satu wisata air terjunnya. Berikut adalah beberapa air terjun di Ngawi yang bisa kamu kunjungi:

1. Air Terjun Pengantin

2
Instagram.com/airterjunpengantinngawi

Alamat: Desa Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur. Google Maps.
Jam Buka: 08.00-16.30 .
HTM: Rp 7.000,00

Saat mendengar nama Air terjun Pengantin mungkin yang terlintas dipikiran kamu adalah film horor yang beberapa tahun lalu sempat populer. Namun tahukah kamu ternyata nama tersebut tak hanya tempat yang ada di film saja. Jadi air terjun ini memang sungguh ada di dunia nyata.

Berbeda dengan di film yang mengandung kesan horor, kenyataanya air terjun di Ngawi ini sangatlah indah. Objek wisata yang memiliki nama lengkap Air Terjun Pengantin Ngrambe ini memang cukup unik.

Adapun penamaannya sendiri karena air terjunnya ada sepasang. Untuk ketinggian sepasang air terjun tersebut juga sama yaitu 12 meter.

Letak dari air terjun ini cukup tersembunyi, tepatnya ada di balik hamparan perkebunan teh Jamus. Untuk bisa kesini paling tidak kamu perlu menempuh perjalanan 3 jam dari pusat kota Ngawi.

Selain itu kamu juga perlu melewati jalan setapak tanah jika ingin menuju lokasi. Saat musim hujan jalanan dan area sekitarnya akan berlumpur dan becek. Meski begitu perjuangan kamu melewati itu semua akan terbayar saat tiba di Air Terjun Pengantin.

Saat sampai kamu bisa merasakan kesegaran dan keindahan dari air terjun ini. Panorama alam yang ditawarkannya sangat memanjakan mata kamu. Suasanya pun juga masih tenang karena objek ini belum terlalu terekspos.

Oleh karena itu kamu yang tak suka keramaian tak akan rugi jika mengunjunginya. Meski jauh dari kata horor namun objek wisata yang satu ini juga tak jauh dari yang namanya mitos maupun legenda.

Melansir dari berbagai sumber dikatakan jika ada sepasang kekasih datang ke Air Terjun Pengantin maka hubungannya akan awet sampai menikah. Mitos lain yang juga dipercaya oleh masyarakat sekitar adalah jika sepasang suami istri menyentuh air dari Air Terjun ini maka hubungannya juga akan awet.

Adapun adanya Air Terjun Pengantin ini sendiri tak bisa lepas dari tokoh ningrat Eyang Galiman yang masih keturunan Adipati Gendingan sekaligus seorang tokoh penyiar Islam. Ketika itu, Eyang Galiman sangat tertarik dengan adat pernikahan warga di sekitar air terjun ini.

Eyang Galiman mengatakan jika adat pernikahan mestinya dilakukan sesuai agama. Tujuannya supaya keturunan yang dimiliki nantinya berkualitas. Itulah yang kemudian membuat beliau akhirnya dipercaya untuk memimpin setiap acara prosesi pernikahan setempat.

Adapun setiap kali ritual dilaksanakan biasanya Eyang Galiman akan memulainya dengan berpuasa. Selanjutnya beliau akan mengambil air suci dari air terjun Pengantin yang kemudian diberikan pada pengantin untuk diminum.

Menurut beliau salah satu air terjun di Ngawi ini merupakan lambang dari dua orang manusia berbagai jenis yang diciptakan oleh Tuhan. Akan tetapi terlepas dari mitos atau legenda ini memang pesona Air Terjun Pengantin tak bisa dibantah sehingga sayang jika kamu tak mengunjunginya.

2. Air Terjun Srambang

4
Instagram.com/frencfries_mr

Alamat: Desa Girimulyo, Kec. Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur. Google Maps.
Jam Buka: 08.00-17.00.
HTM: Rp 20.000,-.

Wisata air terjun di Ngawi yang harus kamu kunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Srambangan. Objek wisata yang ada di kecamatan Jogorogo ini terbilang masih asli, tenang dan udaranya juga sejuk.

Hal itu tentu tak lepas dari keberadaanya yang cukup tersembunyi di balik hutan pinus. Oleh karena itu untuk menuju air terjun ini kamu memerlukan usaha yang terbilang cukup melelahkan. Perjalanan yang harus kamu tempuh cukup jauh.

Kamu harus menempuh perjalanan 25 km dari pusat kota untuk bisa mencapai lokasi ini. Kendati demikian selama perjalanan kamu bisa sekalian menikmati indahnya pemandangan hutan pinus.

Selain itu jalan menuju air terjun juga sudah diaspal. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa membawa kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Adapun jika kendaraan pribadi sebaiknya motor saja karena jika mobil Anda perlu berjalan kaki sekitar 500 m.

Namun meski harus jalan kaki lagi saat sudah sampai di air terjun lelah yang kamu rasakan juga pasti terbayar karena keindahan dan kesejukan Air Terjun Srambangan sendiri. Perlu kamu tahu jika objek wisata yang berada di kaki gunung lawu ini menawarkan pemandangan khas air terjun cantik yang megalir dari ketingian 25 m.

Saat musim liburan biasanya objek wisata ini sangat ramai pengunjung, baik itu pengunjung dari daerah ngawi sendiri maupun dari luar kota. Jadi apabila ingin suasana yang tenang sebaiknya ambil cuti dihari biasa dan berkunjung ke air terjun ini.

Sama halnya dengan Air Terjun Pengantin tentunya Air Terjun Srambangan juga tak lepas dari yang namanya mitos atau legenda. Adapun mitos yang terkenal dari air terjun ini adalah siapa saja yang mandi di tempat ini dipercaya bisa awet muda hingga panjang umur.

Selain mitos tersebut warga disekitar juga percaya bila saat mandi di Air Terjun Srambang lantas melihat sosok pria artinya kamu kemungkinan akan memperoleh jodoh yang diinginkan. Sosok pria di dini merupakan Sunan Lawu.

Sunan Lawu sendiri dikenal sebagai penjaga dari Gunung Lawu. Konon beliau ini memang sering memperlihatkan dirinya ditengah pengunjung yang mandi di air terjun ini. Inilah yang kemudian membuat masyarakat juga menduga bila Sunan Lawu bersemayam di tempat ini.

Meski tempat wisata ini mempunyai mitos namun sebagai pengunjung kamu tak perlu takut. Jadi daripada memikirkan mitos yang belum pasti sebaiknya fokus saja liburan dan menikmati pemandangan di tempat ini.

Selama mengunjungi air terjun di Ngawi ini kamu bisa bermain air. Bahkan kamu juga bisa berkemah disekitarnya. Jika tak ingin berkemah kamu juga bisa menginap di beberapa penginapan yang ada di dekat air terjun ini.

3. Air Terjun Teleng

6
Instagram.com/wahyu3setyom

Alamat: Desa Ngrayudan, Kec Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur. Google Maps.
Jam Buka: 24 Jam.
HTM: –

Air Terjun Teleng bisa menjadi objek wisata untuk merasakan sensasi alam dengan pemandangan menarik sekaligus seru. Pemandangan alam yang dimiliki oleh tempat wisata ini sangat menakjubkan.

Selain air terjunnya di sekitarnya juga ada pohon rindang sehingga tampak sejuk dan asri. Pendiri dari destinasi wisata air terjun di Ngawi ini adalah kelompok sadar wisata atau POKDARWIS Ngawi.

Untuk berdirinya sendiri sejak tahun 2011. Namun lokasi dari objek wisata Air Terjun Teleng yang memang tersembunyi ini membuatnya belum cukup dikenal. Bahkan ada orang Ngawi sendiri yang baru mengetahui tempat ini.

Oleh karena itu tempat wisata yang satu ini masih terbilang perawan karena masih termasuk jarang terjamah oleh tangan jahil manusia. Meski masih perawan dan kurang terkenal tetap saja tempat ini mempunyai pesona yang sangat menarik.

Air terjunnya termasuk tidak terlalu deras. Bahkan tinggi air terjunnya juga termasuk sedang sehingga aman untuk para wisatawan yang ingin bermain air. Kamu juga bisa lebih nyaman untuk merasakan segarnya Air Terjun Teleng dengan menceburkan diri secara langsung.

Jika tak ingin hanya bermain air di sini kamu juga bisa mencoba kegiatan lain seperti berkemah. Akan tetapi jika berkemah kamu perlu membawa peralatan sendiri dari rumah. Berkemah sambil ditemani suara gemericik air terjun tentu akan mengasyikan dan menjadi pengalaman berharga.

4. Air Terjun Suwono

10
instagram.com/air_terjun_suwono_ngawi

Alamat: Dsn Ngetrep, Ds Hargomulyo, Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur. Google Maps.
Jam Buka: 08.00-17.00.
HTM: Rp 15.000,00

Air Terjun Suwono adalah destinasi wisata yang cocok untuk kamu yang ingin merasakan sejuknya hawa pegunungan sekaligus pemadangannya yang elok. Lokasinya yang agak terpencil membuat air terjun ini masih cukup tenang sehingga cocok untuk healing dan menghilangkan stres.

Minimnya pengunjung akan membuat kamu lebih leluasa dalam menikmati pemandangan di sekitar air terjun. Jika ingin bermain air juga bisa dan termasuk aman. Air terjun ini arusnya tidak deras.

Selain bermain air di sini kamu bisa mendengar berbagai kicauan burung. Suara gemericik air terjun yang menuruni bebatuan juga mampu membuat nuansa adem dan sejuk makin kental. Kamu yang gemar dengan wisata alam pasti akan sangat menikmati air terjun di Ngawi ini.

Saat menjelang sore kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah di sekitar air terjun. Bermalam di Air Terjun Suwono memungkinkan kamu untuk melihat pemandangan lain yang tak bisa dilihat saat siang hari yaitu bintang-bintang.

Kamu bahkan bisa membuat api unggun sambil berkemah. Akan tetapi jika kamu berencana berkemah harus membawa peralatan sendiri.

Letak air terjun yang terpencil dan tersembunyi membuatnya masih minim fasilitas. Meski begitu untuk fasilitas pendukung seperti lahan parkir maupun area khusus berkemah sudah tersedia.

Diharapkan untuk kedepannya pemerintah daerah bisa memberi perhatian lebih mengingat potensi wisata ini cukup besar.

5. Air Terjun Ringin Jengot

Air Terjun di Ngawi - Ringin Jenggot
Air Terjun di Ngawi – Ringin Jenggot

Alamat: Polang, Wonosari, Sine, Ngawi, Jawa Timur. Google Maps.
Jam Buka: 08.00-17.00.
HTM: Gratis

Air Terjun Ringin Jengot merupakan salah satu wisata air terjun di Ngawi yang belum dikenal banyak orang. Lokasinya sendiri cukup tersembunyi dan memerlukan perjuangan untuk bisa mengunjungi tempat ini.

Air terjun ini mempunyai air yang bening dengan udara yang sejuk karena letaknya yang ada didalam hutan. Untuk saat ini wisata ini gratis. Adapun jika harus membayar hanya tiket parkir saja sehingga cocok untuk kamu yang ingin healing namun tetap hema.

Deretan wisata air terjun di Ngawi yang mempesona dan cantik ini tentu bisa kamu nikmati saat berkunjung ke kota tersebut. Selain mempesona suasananya juga sejuk dan asri sehingga sangat pas untuk melepas penat. Jagi bagaimana, sudahkan kamu memiliki rencana untuk memasukan Ngawi sebagai tujuan wisatamu?

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments