big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Umbul Nilo Klaten, Wisata Baru yang Menawarkan Serunya Berenang Sambil Menikmati Pesona Alam Khas Pedesaan

Umbul Nilo Klaten

Berbicara tentang pariwisata Klaten memang tidak ada habisnya. Wilayah yang terkenal akan wisata umbul ini patut kamu masukkan ke dalam daftar list rencana liburan kamu. Di sana banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi.

Salah satunya ada Umbul Nilo dengan pesona alam pedesaan asri nan hijau. Dengan taman yang sejuk nan asri, pasti deh dapat membuat liburanmu makin berkesan.

Alamat : Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp6.000 – Rp10.000
Jam buka : 24 jam

Aktivitas Seru di Umbul Nilo

Berkunjung ke Kabupaten Klaten jangan lupa sempatkan waktu sebentar untuk mampir ke wisata Umbul Nilo. Sebuah tempat pemandian yang menawarkan sensasi berenang dengan air kolam berwarna sebening kristal. Pasti kamu akan merasa ketagihan karena airnya sendiri diambil langsung dari sumber mata air Cokro.

Tidak seperti kolam pemandian pada umumnya yang menggunakan kaporit. Wisata ini benar-benar menggunakan air alami dan tanpa campuran bahan kimia apapun. Jadi sangat aman digunakan sebagai tempat berenang anak-anak. Wisata ini sengaja diberi nama “Nilo” karena banyaknya Pohon Nilo yang tumbuh di sekitar kawasan tersebut.

Sayang, lokasinya agak terpencil dan cukup sulit ditemukan. Akan tetapi hal itu tak menjadi masalah bagi wisatawan. Meski harus berjalan jauh tetap mereka lakukan hanya demi bisa menikmati kesegaran airnya dan melakukan berbagai macam aktivitas berikut.

Berenang di Kolam Renang Alami

1689160665422
Sumber : Googlemap/dzulfikar afif

Satu hal yang membuat Umbul Nilo begitu menarik di mata wisatawan adalah kolam renangnya yang berair jernih. Dikarenakan air yang digunakan berasal dari sumber mata air alami dan tidak ada campuran kaporit. Kualitasnya pun tetap terjaga dengan kesegaran air khas daerah pegunungan. Sudah pasti hal semacam ini tidak akan kamu temui di kota-kota besar.

Kolam renangnya sendiri terbagi menjadi dua jenis. Diantara-Nya ada kolam utama dan kolam anak-anak yang masih tergolong baru. Keduanya memiliki ketinggian air yang berbeda-beda. Kolam utama terlihat cukup dalam dengan ketinggian mencapai 1,5 meter. Sementara itu kolam anak-anak hanya setinggi 1 meter.

Kolam utama dan kolam anak masih berada dalam satu lokasi yang sama. Untuk kolam utama terlihat alami karena berdekatan dengan area persawahan. Lain halnya kolam anak, desainnya jauh lebih modern dan kekinian. Serta dilengkapi pula dengan wahana permainan perosotan yang bisa dimainkan anak-anak.

Hunting Foto

IMG 20230712 182552
Sumber : Googlemap/iung harjo

Kegiatan wajib yang tidak boleh kamu lupakan saat liburan ke Umbul Nilo adalah berburu spot foto. Mengabadikan setiap momen itu sangat penting. Tujuannya tidak lain agar kamu punya sesuatu yang bisa dijadikan kenang-kenangan. Untungnya di wisata ini banyak sekali spot unik untuk membuat hasil foto kamu tampak lebih bagus.

Salah satunya ada spot berbatuan besar dengan latar belakang area persawahan hijau dan hamparan langit biru. Lokasinya dekat kolam utama Umbul Nilo. Di spot tersebut kamu bisa berpose sambil duduk di atas batu dengan gaya tengah melihat pemandangan alam sekitar.

Atau bisa juga berfoto di sekitar area persawahan. Tunjukkan pose terbaikmu dengan gaya apapun. Boleh berdiri, duduk, atau berjalan-jalan sambil melihat pemandangan alam sawah yang hijau. Kalau dirasa spot ini kurang menantang kamu bisa berfoto di kolam renang.

Biasanya pengunjung seringkali menyelam ke dalam kolam renang Umbul Nilo untuk mengambil beberapa foto. Tetapi ini hanya khusus buat kamu yang sudah ahli dalam berenang. Kalau belum jangan coba-coba. Alternatifnya bisa berfoto di tepi kolam atau di bawah pohon sekitar area kolam renang.

Menikmati Keindahan Sunset

Selain berenang dan berburu spot foto, pengunjung juga bisa melihat pemandangan langka dan unik. Misalnya seperti panorama sunset ketika menjelang sore hari. Biasanya pengunjung akan menunggu dengan duduk santai di tepi kolam atau area gazebo. Beruntung pihak pengelola membuka wisata ini 24 jam jadi bisa melihat sampai malam.

Begitu muncul jangan sampai kamu lewatkan. Ambil kamera dan tangkap beberapa gambar. Langit warna keemasan dari pancaran sang mentari terlihat indah sehingga sangat cocok dijadikan latar belakang foto. Area paling pas untuk mengambil foto tentunya di pinggir kolam utama yang dekat area persawahan.

Bersantai Sambil Melihat Panorama Alam

1689160855948
Sumber : Googlemap/Nanang Z

Umbul Nilo juga sangat pas untuk tempat bersantai. Udara sejuk, alam hijau, dan suasana yang sunyi akan membuat pikiran kamu terasa lebih rileks. Ketika musim tanam tiba hampir pemandangan alamnya berupa hamparan tanaman padi yang menghijau. Sangat asri dan menyejukkan dipandang mata.

Sementara itu saat musim panen akan terlihat sekumpulan tanaman padi mulai menguning. Warna kuning yang terpancar begitu estetik berpadu dengan langit kebiruan. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar area persawahan atau hanya sekedar duduk mengamati para petani yang tengah memanen padi.

Di sisi lain ada juga pemandangan Pohon Ipik besar dan berdaun lebat. Di kala siang hari yang panas gunakan pohon tersebut sebagai tempat berteduh. Tepat di bawah pohon adalah area yang terbilang nyaman untuk kegiatan bersantai. Tak perlu takut lagi kulit kamu jadi belang atau gosong.

Fasilitas Umum

Pihak pengelola Umbul Nilo telah menyediakan fasilitas umum memadai agar pengunjung merasa nyaman. Ada tempat parkir luas untuk menampung kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Untuk biaya parkir setiap jenis kendaraan berbeda. Motor dikenakan tarif Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

Disediakan fasilitas toilet laki-laki dan perempuan yang letaknya terpisah. Ada juga kamar bilas yang biasa digunakan pengunjung membersihkan diri setelah selesai dari aktivitas berenang. Jumlahnya cukup banyak jadi kamu tak perlu mengantre lama.

Buat kamu yang tak suka berenang sudah disediakan tempat duduk pinggir kolam untuk tempat bersantai. Semisal penuh masih ada gazebo yang lumayan luas. Kamu bisa duduk santai sambil selonjoran kaki di tempat yang cukup teduh.

Ada pula jasa penyewaan ban di sekitar tempat wisata Umbul Nilo. Kehadirannya sangat memudahkan pengunjung sehingga tidak perlu membawa ban sendiri dari rumah. Jika sudah merasa lapar kamu bisa mengunjungi warung makan di sana. Menu makanan dan minumannya sangat beragam serta masih cukup terjangkau.

Tips Berkunjung

Rencanakan kegiatan liburan sebaik mungkin supaya tidak ada masalah saat hari itu tiba. Berikut beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin liburan ke Umbul Nilo.

  1. Datanglah saat badan kamu benar-benar sehat.
  2. Ajaklah teman atau keluarga agar kamu tidak pergi sendirian.
  3. Bawalah perlengkapan seperti baju ganti, sandal, kantung plastik, perlengkapan mandi, uang tunai, dan obat-obatan pribadi.
  4. Carilah hari yang mana cuacanya memang sedang cerah. Maka dari itu lihatlah perkiraan cuaca sebelum berangkat.
  5. Pastikan kendaraan yang kamu bawa sudah terisi penuh bahan bakar dan tidak ada kendala apapun.
  6. Lakukan pemanasan sebentar sebelum memasuki kolam renang.
  7. Selalu ikuti arahan petugas dan tetap jaga kebersihan serta ketertiban tempat wisata.

Sekarang kamu sudah mengenal wisata Umbul Nilo kan? Apakah akhir pekan nanti kamu tertarik mengunjunginya? Jika iya buat rencana dari sekarang dan jangan ditunda-tunda lagi. Mumpung harga tiketnya masih murah. Manfaatkan kesempatan ini sebelum harganya benar-benar naik.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments