Tempat Wisata Kudus Paling Keren 2024 Wajib Dikunjungki

wisata kudus seru

Wisata kudus memang selalu mampu menarik perhatian. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi, berikut akan dibahas beberapa diantaranya yang paling keren tahun 2024 ini!

Kudus, sebuah wilayah yang mengandung jejak sejarah yang kuat dalam Islam, dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan budaya Islam di Jawa pada masa Wali Songo. Bukti-bukti sejarah seperti Masjid Agung Demak, Air Tiga Rasa, dan makam Sunan Muria, menegaskan hal tersebut.

Kabupaten Kudus terletak di Provinsi Jawa Tengah, dengan Kota Kudus sebagai ibu kotanya. Sebagian besar wilayah Kabupaten Kudus adalah dataran rendah, sementara di utara terdapat pegunungan Muria. Menariknya, Kudus sebelumnya dikenal dengan nama “Tajug” karena adanya banyak bangunan suci umat Hindu.

Namun, setelah Islam masuk ke wilayah ini, nama “Kudus” dipilih sebagai penggantinya, yang dalam bahasa Arab berarti “suci”. Meskipun banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk berziarah ke Kota Kudus, terdapat juga destinasi wisata menarik di Kudus yang perlu kamu kunjungi.

Rekomendasi Wisata Kudus Keren 2024

Di tahun 2024 ini jika kamu merencanakan liburan tak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu wisata yang ada di Kudus. Ada banyak sekali wisata Kudus yang keren dan wajib kamu kunjungi seperti:

1. Gray Canyon Kudus

d
Instagram.com/jne.brebes.tgl

Harga Tiket : Rp 5.000,00
Alamat : Jl. Tanjungrejo, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Kamu tidak perlu pergi jauh ke Amerika untuk menikmati pesona alamnya. Kota Kudus sendiri memiliki destinasi wisata Gray Canyon yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Terletak di Tanjungrejo, Kabupaten Kudus, Gray Canyon Kudus memiliki bukit atau tebing eksotis yang sempurna untuk latar belakang foto yang menakjubkan.

Dengan gradasi warna yang cantik, terutama saat langit cerah dengan awan putih, tempat ini merupakan tempat yang ideal untuk menciptakan foto yang luar biasa. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gray Canyon adalah saat cuaca cerah dengan langit biru yang dihiasi awan putih.

Apalagi saat menjelang senja, banyak pengunjung yang ingin mengabadikan momen indah saat petang. Tidak heran jika Gray Canyon menjadi tempat yang populer untuk sesi pemotretan prewedding. Awalnya tempat ini digunakan untuk penambangan, namun seiring waktu diubah menjadi destinasi wisata yang keren dan unik.

Kamu dapat merasakan sensasi seperti mengunjungi luar negeri saat berada di sini. Spot foto yang menakjubkan di Gray Canyon akan menjadi tambahan yang sempurna untuk koleksi album fotomu.

2. Wisata Alam Selam Semliro

75595300 176873933428070 7463880150491276811 n
Instagram.com/mtmakudus

Harga Tiket : Rp 2.000,00
Alamat : Jl. Semliro, Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Tempat wisata kudus yang keren selanjutnya ada Wisata Alam Selam Semliro. Tempat wisata ini dikenal menawarkan fasilitas lengkap dan spot foto yang menarik serta sesuai dengan tren saat ini, yaitu Selam Semliro.

Selam Semliro adalah wisata alam yang menawarkan pemandangan indah lereng Gunung Muria. Tempat ini didesain dengan kombinasi seni alam dan pegunungan. Di sini, kamu akan menemukan banyak spot foto yang digemari oleh anak muda.

Beberapa spot foto yang disediakan meliputi Jembatan Prutul, kelopak bunga raksasa, bunga mawar, kursi warna, dan bahkan sayap malaikat yang akan memuaskan pengunjung. Selain itu, terdapat juga saung kecil tempat kamu bisa istirahat sambil menikmati makanan yang dijual oleh penjual setempat.

Banyaknya spot wisata menarik ini membuat banyak orang khususnya anak muda tertarik untuk berkunjung ke sini. Jadi wajar rasanya jika wisata alam Selam Semliro selalu ramai pengunjung, terutama saat akhir pekan atau hari libur tiba.

3. Taman Oasis Djarum

lk
Instagram.com/gusjigang

Harga Tiket : Gratis
Alamat : Jl. Lkr. Utara No. 7, Bacin, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Berkunjung ke kota Kudus tentu kamu tidak boleh melewatkan kunjungan ke Taman Oasis. Apalagi destinasi wisata Kudus ini sendiri termasuk salah satu yang populer di kalangan wisatawan. Bahkan Taman Oasis ini menjadi salah satu favorit anak muda untuk bersantai dan berjalan-jalan.

Konsep dari tempat wisata Kudus ini berupa ruang terbuka hijau yang luas dan terawat dengan baik. Keindahan dan kelestarian taman ini menjadi daya tarik utamanya. Kamu akan menemukan banyak tanaman dan pepohonan yang tumbuh di sekitar Taman Oasis.

Taman ini juga dilengkapi dengan area rumput yang rapi sehingga nyaman dipandang. Pemandangan alam di sini terbilang sangat menakjubkan. Karena keindahan dan keasriannya, Taman Oasis telah menjadi destinasi wisata yang populer sejak tahun 2005 hingga saat ini di Kudus, Jawa Tengah.

Taman Oasis Djarum juga merupakan tempat yang seru untuk berkumpul di Kudus, terutama pada akhir pekan. Selain menjadi tempat berkumpul atau nongkrong, Taman Oasis Djarum juga menjadi lokasi populer untuk berolahraga.

Keren nya lagi tempat wisata Kudus yang satu ini juga memiliki spot foto yang kece abis. Salah satu spot yang paling populer adalah tugu ikonik yang terletak dekat dengan taman. Dua tugu ikonik yang memiliki sentuhan artistik yang menakjubkan tidak boleh dilewatkan untuk berfoto di spot ini.

4. Desa Wisata Rahtawu

271172592 1110568849739549 7897150781967251500 n
Instagram.com/desa_wisata_rahtawu

Harga Tiket : Gratis
Alamat : Jl. Desa Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Desa Wisata Rahtawu adalah salah satu tujuan wisata Kudus yang keren dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Banyak wisatawan yang telah merasakan pesonanya dan datang ke tempat wisata ini karena keindahan alamnya yang memukau. Destinasi wisata ini terletak di lereng Gunung Muria.

Letak dari Desa wisata ini berada pada ketinggian sekitar 1.627 meter di atas permukaan laut sehingga mampu memberikan suasana yang sejuk dan segar bagi pengunjung. Di sini, wisatawan dapat menjelajahi sekitar sambil bersantai dari segala kegiatan yang telah mereka lalui. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi berbagai tempat bersejarah yang tersedia di sana.

Salah satu daya tarik utama tempat wisata Kudus ini adalah lembah hijau yang dikelilingi oleh bukit-bukit curam. Menariknya lagi saat kamu memasuki desa wisata ini akan langsung disambut oleh gapura yang sangat indah. 

Di sepanjang jalan, kamu akan melihat tebing-tebing tinggi di sebelah kiri dan jurang yang curam serta deretan pegunungan di sebelah kanan. Desa Wisata Rahtawu Kudus juga memiliki sebuah tempat pemandian alami yang disebut Kedung Gong. Di lokasi ini, kamu juga dapat menikmati air yang jernih dan menyegarkan dari sungai yang mengalir di sana.

Airnya sangat jernih dan bersih, dan batu-batu di sekitarnya menambah nuansa alami yang indah. Terdapat juga air terjun yang deras mengalir dari atas tebing. Air terjun ini memiliki beberapa tingkat yang berundak seperti tangga, menjadikannya air terjun yang unik dan pastinya sangat cantik.

5. Desa Wisata Colo

Wisata Kudus Colo
Wisata Kudus Colo

Harga Tiket : Rp 5.000,00
Alamat : Jl. Desa Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Khusus untuk kamu yang sedang mencari pengalaman baru, mengunjungi desa wisata Colo dapat menjadi pilihan terbaik untuk liburan. Selain menikmati keindahan alamnya, liburan di desa wisata Kudus ini akan membawa kamu bernostalgia dengan suasana pedesaan dan merasakan keramahan penduduk setempat.

Oleh karenanya jika kamu berencana berlibur ke Kudus, Jawa Tengah, tak ada salahnya singgah di Desa Colo yang menawarkan banyak objek wisata menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Keasrian alamnya, keindahan arsitektur, kehidupan sosial-ekonomi, dan adat istiadat yang ada di sana menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Desa wisata Kudus ini sendiri didirikan pada tahun 2012 oleh pemerintah Kabupaten Kudus bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang bertugas sebagai pengelola desa wisata. Luas lahan dari tempat wisata ini sendiri adalah 584 hektar.

Objek wisata yang ditawarkan oleh desa ini juga sangat beragam. Mulai dari wisata religi, wisata alam sampai dengan wisata budaya semuanya lengkap. Awalnya sebelum menjadi desa wisata, Colo sudah dikenal akan wisata religinya.

Hal ini karena desa ini masih berkaitan dengan makan Sunan Muria yang merupakan putra dari salah satu wali Songo yaitu Sunan Kalijaga. Di Desa Colo, Anda juga akan menemukan tradisi dan budaya yang unik yang terkait dengan Sunan Muria. Beberapa tradisi yang terkenal adalah Buka Luwur, Ngguyang Cekathak, dan tradisi Sewu Kupat yang diadakan setiap tahun.

Tradisi Buka Luwur merupakan peringatan atas wafatnya para wali, sekaligus penghormatan kepada Sunan Muria. Perayaan ini ditandai dengan penggantian kelambu pada makam setiap tanggal 25 Muharram. Tradisi ini juga melibatkan pembagian nasi jangkrik kepada penduduk Desa Colo.

6. Desa Wisata Jurang Gebog

Desa Wisata Jurang Gebog
Desa Wisata Jurang Gebog

Harga Tiket : Gratis
Alamat : Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Salah satu tempat wisata keren yang dapat kamu kunjungi saat liburan berikutnya di Kudus adalah Desa Wisata Jurang Gebog. Di sini, kamu akan menemukan keindahan alam yang menakjubkan. Perlu kamu tahu jika desa wisata Kudus ini dikelilingi oleh luasnya sawah yang menambah pesona alam di sekitarnya.

Selain itu, terdapat jembatan gantung yang bisa kamu nikmati di sana. Namun, perlu diingat untuk berhati-hati saat melintasi jembatan gantung tersebut karena sudah cukup tua dan tidak sekuat ketika pertama kali dibangun.

Selain menikmati pemandangan, kamu juga dapat mencoba aktivitas river tubing yang pastinya sangat seru dan menantang. River tubing sendiri merupakan suatu kegiatan wisata yang sangat populer dan bisa kamu lakukan di aliran sungai. Cara memainkannya adalah dengan menggunakan ban karet sebagai sarana untuk river tubing.

Tak hanya seru, selama bermain kamu juga bisa sekalian menikmati indahnya pemandangan alam di sepanjang jalur permainan. Setelah menikmati aktivitas tersebut, kamu dapat merasakan kenikmatan kuliner khas Desa Wisata Jurang, seperti Galecot dan minuman rempah yang disebut Jasuke.

Menariknya lagi di tempat wisata Kudus ini kamu juga memiliki kesempatan membawa pulang kerajinan tangan khas masyarakat Desa Wisata Jurang, yaitu Boneka Lilit (Bolit). Semuanya akan menjadi pengalaman yang seru dan tak terlupakan.

7. The Peak View Waterboom

34
Instagram.com/harisadip

Harga Tiket : Rp 20.000,00
Alamat : Jl. Lkr. Utara, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Salah satu tempat yang tak kalah menarik di Kota Kudus adalah The Peak View Waterboom. Waterboom ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin menikmati wahana air bersama keluarga. Selain itu tempat wisata Kudus ini juga memiliki pemandangan alam yang luar biasa

Di tempat ini kamu akan menemukan keindahan alam berupa desa-desa yang masih asri. Ada juga kolam ikan yang memang dirancang khusus untuk kegiatan menangkap ikan. Kolam tersebut juga cukup luas namun tak terlalu dalam sehingga cocok untuk dijadikan tempat bermain anak.

Di kolam tersebut anak-anak dapat melatih keterampilan motoriknya dengan bermain air dan menangkap ikan kecil dengan tangan. Selain itu, tempat wisata Kudus ini menyediakan fasilitas lengkap dan memadai, seperti area outbound, wahana permainan air, flying fox, dan berbagai permainan seru lainnya.

Setelah lelah bermain kamu juga bisa sekalian mencoba makanan lokal yang ada di sekitar tempat ini. Ada banyak tempat makan yang menyajikan makanan khas Kudus. Ada juga minimarket sebagai tempat untuk kamu membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

8. Air Terjun Gonggomino Colo

Air Terjun Gonggomino
Air Terjun Gonggomino

Harga Tiket : Rp 5.000
Alamat : Jl. Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Jika kamu ingin menikmati indahnya pemandangan air terjun maka Air Terjun Gonggomino Colo jawabannya. Destinasi wisata Kudus ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan asli. Banyak penduduk setempat yang sudah mengenal baik tempat wisata ini, sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama pada akhir pekan.

Namun jika kamu berencana ke sini maka perlu berhati-hati. Salah satu alasannya karena destinasi wisata Kudus ini hanya terdapat satu jalur akses yang harus diikuti yaitu dengan menyusuri sungai Rejenu. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan keluarga maupun bersama teman-teman.

Selain keindahan alamnya yang menawan, wisata Kudus yang satu ini juga segar dan jernih, sehingga para wisatawan dapat berenang atau berendam di sana. Ditambah lagi wisata Kudus ini juga murah meriah sehingga tak akan menguras dompet.

9. Museum Situs Patiayam

42003204 201899207367671 6838077346755379200 n
Instagram.com/museumsituspati_ayam

Harga Tiket : Rp 5.000,00
Alamat : Jl. Kancilan, Terban, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Di Kota Kudus, tidak hanya ada wisata alam dan religi, tetapi juga objek wisata edukasi yang menarik untuk menambah wawasan. Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Museum Situs Patiayam, yang memancarkan nuansa kaya akan sejarah.

Di sini, para pengunjung dapat melihat fosil-fosil yang pernah ditemukan di Kota Kudus, seperti gigi geraham, gading gajah, dan masih banyak lagi. Museum ini terletak di Desa Terban, Kabupaten Kudus, dan menghadirkan pula fosil-fosil binatang purba dengan ukuran tubuh raksasa yang super besar. Pastinya, pengalaman ini akan memberikan pengetahuan sejarah yang berharga bagi para wisatawan.

10. Sumber Air Tiga Rasa Rejenu

96517834 1357481997784191 1394810191768809676 n
Instagram.com/bidadari_kotakudus

Harga Tiket Gratis
Alamat : Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Sumber Air Tiga Rasa Rejenu adalah objek wisata unik yang benar-benar berbeda dari yang lain. Keunikan tempat ini terletak pada adanya tiga mata air dengan rasa yang berbeda-beda. Hal ini tentu saja menimbulkan rasa penasaran bagi banyak orang.

Mata air pertama memiliki rasa yang mirip dengan stroberi, meskipun agak tawar. Mata air kedua memiliki rasa yang mirip dengan minuman bersoda seperti ‘Sprite’, sedangkan mata air ketiga memiliki rasa yang mirip dengan tuak.

Banyak orang percaya bahwa sumber air ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Cerita mengenai khasiat air tiga rasa ini telah turun-temurun dan masih dipercaya oleh banyak orang.

Setiap rasa dalam sumber air memiliki manfaat yang berbeda. Ketika kamu mengunjungi sumber air ini, mereka dapat mencicipi satu per satu air untuk merasakan perbedaan rasanya. Namun, jika kamu langsung meminum ketiga jenis air tersebut secara bersamaan maka kamu tak akan bisa merasakan perbedaanya. Sebaliknya rasa airnya hanya akan seperti air biasa saja.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak mencoba secara bersamaan dalam satu waktu. Sebaiknya cobalah satu per satu namun berikan jeda waktu yang cukup.

Selain mencoba air tiga rasa di tempat ini, kamu juga dapat mengunjungi makam Syaikh Sadzali Rejenu, yang merupakan salah satu ulama besar yang berasal dari Timur Tengah. Beliau telah menyebarkan agama Islam di sekitar Lereng Gunung Muria. Makam Syekh Sadzali Rejenu terletak sekitar 3 km dari Sunan Muria.

Konon, Air Tiga Rasa Rejenu adalah tempat di mana Syekh Sadzali Rejenu berwudhu, dan airnya tidak pernah surut bahkan di musim kemarau. Oleh karena itu, makam Syaikh Sadzali Rejenu bisa menjadi tujuan wisata religi yang menarik saat berada di Kudus, terutama di lereng Gunung Muria.

11. Rahtawood Highland

k
Instagram.com/viviaprlyaa02

Harga Tiket : Rp. 3.000,00
Alamat : Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Rahtawood Highland adalah tempat wisata baru di Kudus yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga pada akhir pekan sambil menikmati pemandangan yang indah. Di sini, kamu dapat menemukan beberapa spot foto yang menakjubkan dan cocok untuk diunggah di Instagram.

Misalnya, kamu dapat berfoto di depan gong raksasa berwarna kuning yang mencolok, atau di gerbang masuk yang memiliki desain mirip candi. Selain berburu foto, Rahtawood Highland juga menawarkan berbagai aktivitas seru.

Kamu bisa jogging di jalur yang telah disediakan untuk menjaga kebugaran tubuh, atau mengajak anak-anak bermain di beberapa wahana permainan yang tersedia. Tempat wisata Kudus ini menawarkan pengalaman seru bagi pengunjungnya dengan suasana yang segar dan alami.

Dengan pemandangan yang menakjubkan dan ragam aktivitas yang dapat dilakukan, Rahtawood Highland menjadi destinasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

12. Waduk Logung

124406153 2677553655868228 3030680625895057183 n
Instagram.com/pesona_logung

Harga Tiket : Rp. 5.000,00
Alamat : Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Waduk Logung adalah sebuah waduk yang dibangun dengan tujuan mengurangi aliran air dan mencegah terjadinya banjir. Proses pembangunan waduk ini dilakukan selama lima tahun, dimulai pada tahun 2014 oleh pemerintah daerah setempat.

Tempat wisata Kudus ini menawarkan keindahan alam yang unik, lengkap dengan beberapa spot foto yang memiliki latar belakang waduk dan perbukitan. Wisata Waduk Logung sering dikunjungi oleh para penggemar memancing.

Selain memancing aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di tempat wisata Kudus ini adalah berkeliling menggunakan perahu sewaan. Untuk harga sewa kapalnya juga cukup murah.

Tak hanya itu saja, pemandangan di sekitar Bendungan Logung sangat menenangkan dan cocok untuk bersantai, baik bersama teman-teman maupun bersama keluarga tercinta.

13. Pijar Park

355054797 281703477760992 7925298049926484217 n 1
Instagram.com/ditaaaditooo

Harga Tiket : Rp. 10.000,00
Alamat : Jalan Raya Kudus – Colo, Desa Wisata Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Salah satu destinasi wisata Kudus yang keren dan populer saat ini adalah Pijar Park. Tempat wisata Kudus ini sendiri sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga. Kawasan Wisata Pijar Park memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang menyukai wisata alam.

Terdapat beberapa spot tempat duduk yang tersebar dengan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu ada juga Cafe & Resto Pijar Park yang merupakan salah satu daya tempat ini. Tempat makan ini sangat nyaman, terutama jika memilih untuk duduk di bagian atas.

Pijar Park dapat dianggap sebagai tempat wisata yang memiliki segalanya, atau dalam istilah keren disebut sebagai “one stop holiday”. Selain memiliki area hutan pinus yang sejuk dan spot foto yang menarik, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana wisata dan penginapan.

14. Kali Pethuk

106495095 152247663097070 729441278282011338 n
Instagram.com/msolachuddin92

Harga Tiket : Gratis
Alamat : Desa Rahtwau, Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Kali Pethuk atau Pemandian Alami Rahtawu, bersama dengan Kali Tempur, merupakan sebuah destinasi wisata alam yang menawarkan keindahan aliran sungai yang bersih dan jernih, dikelilingi oleh suasana alam yang masih segar.

Untuk letak dari kali yang satu ini sebenarnya cukup dekat dengan wisata air terjun Kali Banteng. Bahkan saking dekatnya jarak antara kedua tempat wisata tersebut kurang dari 100 meter. Di kali ini kamu bisa bermain air.

Selain itu, untuk kamu yang hobi foto jangan khawatir. Kali Pethuk juga menawarkan beberapa spot foto menarik sebagai latar belakang. Kamu dapat berfoto di spot yang memiliki bentuk hati dengan latar belakang Kali Pethuk itu sendiri.

15. Air Terjun Kali Banteng

as
Instagram.com/littlenoise

Harga Tiket : Rp. 5.000,00
Alamat : Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Air Terjun Kali Banteng merupakan salah satu destinasi wisata Kudus yang terletak di Desa Wisata Rahtawu, menawarkan pengalaman wisata dengan aliran air terjun yang bersih dan menyegarkan.

Tinggi dari air terjun ini sendiri sekitar 20 meteran yang mana terbagi menjadi beberapa undakan. Pada undakan pertama, air akan mengalir ke sebuah kolam, kemudian melanjutkan perjalanan ke undakan berikutnya.

Perjalanan trekking menuju Air Terjun Kali Banteng cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti jalur yang telah tersedia. Aksesnya juga cukup mudah, sehingga dapat dilalui oleh anak-anak, meskipun tetap harus berhati-hati.

16. Bukit Krobo’an

186884561 1186353951824603 3201494932660072155 n
Instagram.com/bukitkrobo_an

Harga Tiket : Gratis
Alamat : Jl. Rahtawu Raya, Desa Soco, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Kabupaten Kudus di Jawa Tengah menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga tempat wisata terbaru yang sedang populer saat ini seperti Bukit Krobo’an.

Bukit Krobo’an terletak di wilayah yang luas, dengan topografi yang beragam, terdiri dari bagian yang tinggi dan rendah seperti perbukitan. Namun, menjelajahi seluruh area wisata di Kudus ini tidak terasa melelahkan, karena pemandangan yang disajikan sangat menenangkan.

Salah satu daya tarik utama Bukit Krobo’an adalah adanya kolam renang. Meskipun hanya memiliki satu spot wisata ini, tetapi tetap ramai pengunjung.

17. Bukit Puteran

g 1
Instagram.com/explorekudus

Harga Tiket : Rp 3.000,00
Alamat : Jl. Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps

Wisata Kudus yang paling keren dan tak boleh kamu lewatkan lainnya adalah Bukit Puteran. Bukit ini adalah sebuah destinasi wisata alam yang menawarkan jasa berkemah.

Untuk lokasi kemahnya sendiri terbilang tak terlalu luas. Bahkan tempatnya hanya bisa untuk beberapa tenda saja. Meski begitu tempat ini sangat nyaman untuk dijadikan lokasi berkemah sekaligus liburan bersama orang terdekat maupun keluarga.

Keterbatasan tempat itulah yang membuat tempat ini tak bisa menampung banyak orang untuk berkemah. Oleh karena itu jika berencana berkemah di sini pastikan datang diwaktu yang tepat. Usahakan jangan datang terlalu sore, terutama saat akhir pekan.

Selain berkemah daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Bukit Puteran ini adalah pemandangan alamnya yang luar biasa. Adapun pemandangan tersebut berupa deretan bukit yang terbentang luas mulai pagi sampai dengan siang hari.

Nah untuk malah hari kamu akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan taburan bintang atau citylight. Tak heran jika bukit yang satu ini selalu ramai pengunjung, terutama saat menjelang akhir tahun.

Selain menikmati keindahan alam, ditempat ini kamu juga bisa sekalian mencoba kuliner khas kudus seperti pecel pakis, lenthok tanjong dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tempat wisata Kudus yang keren dan populer tahun 2024 ini yang bisa dijadikan objek liburan saat berada di Kota ini. Yuk segera rencanakan untuk mengunjungi salah satunya agar liburanmu makin seru

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments