Liburan di Taman Wisata Karang Resik, Menikmati Aktivitas & Wahana Yang Asyik

Taman Wisata Karang Resik

Di Jawa Barat tepatnya di Tasikmalaya wisatawan akan menemukan salah satu destinasi wisata terdekat yang bisa dikunjungi ketika akhir pekan. Destinasi wisata tersebut bernama Karang Resik yang keberadaannya berpengaruh besar terhadap sektor pariwisata di Tasikmalaya.

Meskipun Taman Wisata Karang Resik ini baru saja dibuka pada tahun 2019, keberadaannya sudah dikenal luas oleh para wisatawan. Tidak hanya sekedar wisatawan Tasikmalaya saja, kebanyakan wisatawan yang datang ke sana merupakan wisatawan dari luar kota.

Karang Resik tidak hanya menyuguhkan konsep rekreasinya saja yang berhasil membuat wisatawan betah. Di sana juga terdapat konsep edukasi, sejarah, hingga kulineran yang akan membuat liburan semakin menyenangkan.

Destinasi Taman Wisata Edukasi ini berhubungan dengan sejarah karena pada tahun 1947, pasukan Belanda mencoba memaksa masuk ke Tasikmalaya melalui lokasi Karang Resik tersebut. Pasukan Belanda datang melalui Jembatan Karang Resik hingga jembatan tersebut dibakar oleh tentara RI dan masyarakat Tasikmalaya.

Jembatan yang masih tersisa tersebut merupakan fondasi yang terbuat dari batu. Kemudian lokasi jembatan tersebut dibuat taman wisata yang kita kenal dengan nama Taman Wisata Karang Resik.

Daya Tarik Taman Wisata Karang Resik

Berfoto di Taman Wisata Karang Resik
Berfoto di Taman Wisata Karang Resik

Di atas lahan seluas 32 hektar, wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan hijaunya Tasikmalaya. Nuansa pedesaannya masih kental sehingga suasananya terbilang begitu nyaman dan tenang. Taman Wisata Karang Resik membagi wilayahnya ke dalam beberapa kawasan yang bisa kita kunjungi.

Taman Bunga

Lokasi pertama yang bisa kita kunjungi ketika datang ke Karang Resik yakni Taman Bunga. Hamparan bunga berbagai warna bisa kita saksikan dengan sangat indah. Wisatawan bisa duduk di deretan rumput hijau dengan alas tikar untuk melakukan kegiatan piknik yang menyenangkan.

Berbagai sudut foto tersaji. Ada terowongan, rumah pohon, hamparan bunga anggrek, dan masih banyak lagi. Bahkan di Taman Bunga juga terdapat beberapa patung satwa seperti harimau, gajah, jerapah, dan lainnya.

Selain bisa dijadikan sebagai spot foto, patung tersebut juga bisa dijadikan sebagai bahan edukasi bagi anak-anak untuk mengenal berbagai macam jenis hewan.

Istana Tanaman Hias

Selain keindahan Taman Bunga, berdekatan dengan lokasi tersebut wisatawan bisa menemukan Istana Tanaman Hias. Ada berbagai jenis tanaman hias yang bisa kita temukan di Istana Tanaman Hias seperti kaktus san pedro, breast cactus, kaktus kelinci, peach lily, boat orchid, calypso bulbosa, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sekedar menyaksikan keindahan tanaman hias tersebut, di Istana Tanaman Hias ini juga wisatawan bisa belajar mengenai perawatan tanaman hias serta edukasi mengenai spesifikasi tanaman hias tersebut. Bagi wisatawan yang ingin membawa pulang tanaman hias tersebut bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 10.000.

Farm House

Jika di Taman Bunga wisatawan hanya akan menemukan patung satwa, Farm House menyughkan hewan sungguhan yang menggemaskan. Bagi wisatawan yang datang bersama si kecil tentunya sangat disarankan untuk datang ke Farm House.

Farmhouse Taman Wisata Karang Resik
Farmhouse Taman Wisata Karang Resik

Di sana kita bisa berinteraksi dengan beberapa hewan jinak seperti kelinci, domba, maupun sapi. Wisatawan yang masuk ke kawasan Farm House akan dibekali dengan pakan ternak sehingga si kecil bisa mencoba kegiatan memberi makan hewan ternak tersebut.

Selain bertemu dengan hewan yang menggemaskan, di Farm House ini wisatawan bisa mengikuti kegiatan outbound. Wisatawan bisa mengikuti kegiatan panahan, panjat tebing, game, flying fox dan masih banyak lagi.

Taman Bermain Air

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan air, bisa menyempatkan waktunya mengunjungi area Taman Bermain Air. Ada dua kolam yang bisa kita temukan di sana yakni kolam anak serta kolam dewasa. Kolam tersebut dilengkapi dengan berbagai wahana airnya seperti air mancur, seluncuran, terowongan, ember tumpah, dan lainnya.

Rumah Pintar Polisi

Rumah Pintar Polisi mengedukasi anak-anak mengenai tugas seorang polisi. Di sana anak-anak akan diberikan edukasi mengenai baris-berbaris, mengemudikan kendaraan, mematuhi lalu lintas jalan, dan masih banyak. Bahkan wisatawan juga bisa memakai kostum polisi lengkap dengan atributnya.

Wonderland

Selain menjelma sebagai seorang polisi, wisatawan juga bisa simulasi profesi lainnya seperti kasir, masinis, dokter, koki, pemadam kebakaran, dan lainnya. Setiap profesi yang kita jalankan akan dilengkapi dengan kostum dan edukasi di bidangnya masing-masing.

Wonderful

Di kawasan wonderful ini ada beberapa wahana seru yang bisa kita coba. Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan menantang bisa menaiki wahana sepeda gantung, flying fox, maupun ayunan tebing.

Dan bagi wisatwan yang suka kegiatan berburu spot foto bisa menyewa kamera dengan berfoto di balon udara, kastil, maupun gardu pandang. Di Wonderful juga terdapat fasilitas kereta api yang akan mengajak para wisatawan berkeliling menyaksikan keseruan yang ada di Taman Wisata Karang Resik.

Ketika selesai berkeliling, wisatawan perlu mampir lebih dulu ke salah satu resto yang ada di sana. Resto tersebut menyediakan berbagai hidangan seperti ayam bakar, nasi goreng, soto babat, dan lainnya. Harga yang ditawarkan oleh resto tersebut ditaksir mulai dari Rp 7.000.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan di Taman Wisata Karang Resik ini yakni amfiteater pertunjukan, pusat oleh-oleh, musala, lahan parkir, wahana taman bermain anak, toilet, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Taman Wisata Karang Resik

Di pintu masuk utama Karang Resik, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 35.000 per orang dan Rp 5.000 untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi.

Dan ketika ingin masuk ke Farm House, wisatawan akan dikenakan tarif tambahan sebesar Rp 25.000 per orang. Lalu untuk masuk ke Waterpark sebesar Rp 20.000 per orang.

Adapun tiket include semua fasilitas yang ada di Taman Wisata Karang Resik dibanderol dengan harga Rp 70.000 per orang.

Wisatawan bisa melakukan pembelian tiket secara online melalui nomor 081311793179.

Lokasi Taman Wisata Karang Resik

Wisatawan yang kebetulan berada di Tasikmalaya, bisa mampir ke Jalan Mohamad Hatta, Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46131. Google Maps.

Wisatawan yang datang dari arah Cianjur, Bandung, Sumedang dan sekitarnya bisa melalui Jalan Tol Padaleunyi menuju Jalan Nasional III. Dari sana kita masuk ke Jalan Mohamad Hatta yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam hingga 2 jam perjalanan.

Karang Resik ini beroperasi setiap hari mulai dari pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat dan mulai dari pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu.

Penginapan Terdekat

Setelah melakukan liburan di Karang Resik, wisatawan bisa mampir ke salah satu penginapan yang ada di sekitar sana. Penginapan tersebut yakni RedDoorz Syariah @ Villa Grand Mutiara yang berlokasi di Jalan Bumi RESIK Indah, Kecamatan Cipedes, Kabupaten Tasikmaya, Jawa Barat 46131.

Jika dari lokasi Karang Resik, wisatawan bisa menempuh penginapan tersebut dengan waktu sekitar 4 menit perjalanan. Tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp 305.000 hingga Rp 630.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yang kita inginkan.

Taman Wisata Karang Resik ini menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya sehingga wisatawan yang berencana liburan ke Tasikmalaya, wajib banget datang ke Karang Resik.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments