Taman Kebon Rojo, Wisata Termurah Blitar dengan Pesona Alamnya yang Memukau

Taman Kebon Rojo

Mau liburan tapi budget kamu minim? Tenang, ada satu destinasi termurah di Blitar yang mempunyai pesona alam memukau.

Objek wisata tersebut tidak lain dan bukan adalah Taman Kebon Rojo. Mungkin masih terdengar asing di telinga kamu karena namanya masih belum sepopuler wisata Blitar lainnya.

Alamat : Jalan Diponegoro No. 12 Bendogerit, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur 6613.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Gratis.
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB.

Daya Tarik Taman Kebon Rojo

Taman Kebon Rojo Blitar bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin liburan tapi terkendala biaya. Dijamin siapapun tak akan menyesal datang ke sana karena ada beberapa hal menarik yang siap menyambut kedatangan kamu. Supaya tidak semakin penasaran, berikut penjelasan singkat tentang daya tarik taman ini.

Patung Dinosaurus

1687507760068
Sumber : Googlemap/Kebon Rojo

Ada satu hal unik dari Taman Kebon Rojo Blitar yang tak mungkin bisa kamu temui di tempat manapun. Di taman ini ada dua patung dinosaurus berukuran besar yang modelnya hampir mirip seperti hewan aslinya. Berjalan menggunakan kedua kaki, dua tangan berukuran kecil, gigi taring yang tajam, satu ekor menjuntai ke belakang, dan kepala berukuran besar.

Siapapun yang melihat patung dinosaurus itu pasti akan merasa takjub. Khususnya wisatawan dari kalangan anak-anak kecil. Hiasan patung ini tergolong baru dan belum lama ada. Dikarenakan pihak pengelola baru menambahkannya pada tahun 2020 lalu. Akan tetapi semenjak patung itu ada, jumlah pengunjung taman semakin meningkat setiap harinya.

Kini patung dinosaurus menjadi daya tarik tersendiri dari Taman Kebon Rojo. Sekaligus ikon utama yang menarik wisatawan untuk datang. Menariknya lagi patung itu bukanlah benda biasa. Melainkan bisa bergerak dan mengeluarkan suara dengan menggunakan deteksi laser.

Maka jangan heran jika hampir keseluruhan pengunjung teramat sangat menyukai patung dinosaurus itu. Tak jarang sebagian wisatawan sering menjadikannya sebagai objek foto bersama si buah hati. Banyak yang bilang bahwa berfoto dengan patung dinosaurus seperti ada sensasi tak biasa.

Mini Zoo

1687507685883
Sumber : Googlemap/Faza Fauzan Nafi’an

Daya tarik lainnya dari Taman Kebo Rojo adalah kebun binatangnya atau mini zoo. Pihak pengelola sengaja membuat fasilitas ini agar jumlah pengunjung yang datang kian meningkat. Terutama untuk menarik minat wisatawan anak-anak.

Meski ukurannya tidak sebesar Kebun Binatang Surabaya, tetapi hal itu tak mengurangi antusias pengunjung buat berinteraksi dengan sekumpulan hewan-hewan lucu yang ada disana. Koleksinya tergolong cukup lengkap untuk ukuran kebun binatang mini.

Dari kalangan mamalia ada kambing, monyet, kelelawar, dan rusa. Sementara dari jenis unggas ada burung merak dan burung merpati. Semua hewan itu dikurung dalam kandang lengkap dengan papan nama yang menunjukkan identitas lengkapnya.

Namun, hanya burung merpati yang dibiarkan terbang bebas. Tentu saja hal ini memudahkan para pengunjung agar bisa berinteraksi sekaligus memberi makan secara langsung. Selain hewan, disana juga ada ornamen patung binatang. Seperti gajah, unta, badak, rusa, harimau, banteng, singa, zebra, dan jerapah.

Wahana Permainan

IMG 20230623 151608
Sumber : Googlemap/Intan Purnamasari

Demi menyenangkan anak-anak kecil yang berada di Taman Kebon Rojo, pihak pengelola tak segan-segan menyediakan fasilitas wahana permainan. Salah satunya ada flying fox yang akan membawa kamu terbang bagaikan seekor burung. Cara kerjanya tidak begitu sulit, kamu hanya perlu meluncur melewati seutas tali yang membentang diantara dua pohon.

Sayangnya wahana flying fox tidak beroperasi setiap hari. Kamu baru bisa mencobanya kalau sudah memasuki waktu liburan atau akhir pekan. Alternatifnya, cobalah ajak si kecil berkeliling area taman menggunakan mobil-mobilan listrik. Kendaraan ini khusus untuk anak kecil saja karena ukurannya yang sangat mini.

Jika ingin bermain flying fox atau mobil-mobilan listrik ada biaya tambahannya. Akan tetapi kalau mau yang gratis lebih baik bermain di taman bermain saja. Disana tersedia berbagai macam jenis wahana permainan yang bisa si kecil mainkan tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Wahana permainan di taman bermain Kebon Rojo tidak jauh berbeda dengan taman lainnya. Disana ada ayunan, roda berputar, jungkat-jungkit, dan perosotan. Hampir setiap hari area ini selalu ramai oleh gelak tawa anak-anak yang sedang asyik bermain.

Ruang Terbuka

Terakhir ada ruang terbuka hijau yang dikhususkan untuk anak-anak. Areanya cukup luas hingga mampu menampung pengunjung dalam jumlah banyak. Udara sekitarnya juga terasa sejuk dengan kehadiran pepohonan rindang yang mengelilingi ruang terbuka hijau ramah anak.

Kawasan yang selalu ramai ini sering digunakan untuk beragam aktivitas. Mulai dari anak-anak bersepeda, jalan-jalan santai, bersosialisasi, hingga acara sekolah. Maka tak jarang para guru sering mengajak murid-muridnya pergi ke taman ini untuk acara sekolah.

Salah satu kegiatan yang bisa kamu lihat adalah lomba kreativitas menggambar atau mewarnai. Di mana anak-anak akan berlomba-lomba menampilkan karya seni miliknya yang luar biasa indah. Sekolah yang biasa mengadakan program seperti itu biasanya dari kalangan SD atau TK.

Fasilitas Umum

Taman Kebon Rojo memang tempat wisata terbaik di Blitar. Sudan harga tiket masuknya gratis, fasilitas umum yang tersedia pun sangat lengkap. Pertama, ada area parkir luas yang muat untuk segala macam jenis kendaraan. Misalnya seperti sepeda motor atau mobil.

Kedua, sudah disediakan toilet yang bersih dan terawat. Antara toilet laki-laki dan perempuan letaknya terpisah. Ketiga, fasilitas masjid yang lokasinya tidak jauh dari area taman. Pengunjung tak perlu repot-repot naik kendaraan dan bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki.

Keempat, ada fasilitas tempat duduk yang biasa dimanfaatkan sebagai tempat istirahat para pengunjung. Dan kelima ada kios jajanan yang menjual menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Kamu pun bebas menikmati semua menu tanpa khawatir kantong bolong.

Tips Berkunjung

Dikarenakan Taman Kebon Rojo termasuk area umum. Kamu harus selalu berhati-hati dan waspada terhadap setiap hal. Jaga terus barang bawaan kamu agar terhindar dari pencurian yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu.

Sebisa mungkin jangan mengenakan perhiasan mencolok di tempat umum. Berpakaian sewajarnya yang tidak mengundang perhatian khalayak ramai. Kalau bisa jangan pergi seorang diri, mintalah ditemani oleh teman, saudara, atau keluarga kamu.

Usahakan kamu datang saat pas cuaca cerah. Sedangkan kalau mendung otomatis tidak bisa menikmati keindahan alam atau berburu foto di spot-spot terbaiknya. Agar tidak kepanasan, sebaiknya pilihlah waktu pagi atau sore hari.

Satu hal penting yang harus kamu perhatikan adalah jangan mencoret-coret atau merusak fasilitas umum taman itu. Gunakan sebaik mungkin agar awet dan bisa dipergunakan dalam waktu jangka panjang. Tak lupa jaga selalu kebersihan area sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Taman Kebon Rojo adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat tengah berlibur di Kota Blitar. Pemandangan alamnya yang hijau serta penyediaan fasilitas memadai cukup membuat kamu akan merasa betah tinggal dan berlama-lama. Maka dari itu segera ajak teman atau keluarga kamu liburan kesana.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments