Pantai Parai Tenggiri, Pesona Menakjubkan di Balik Bebatuan

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu pantai unik dengan banyak bebatuan tertata rapi yang dikenal dengan rock island di Kepulauan Bangka Belitung.

Kepulauan Bangka Belitung dikenal akan pesona pariwisatanya yang menakjubkan. Bukti nyatanya terlihat melalui kehadiran Pantai Parai Tenggiri yang setiap hari selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara layaknya pantai di Bali.

Keeksotisan pantai ini tidak diragukan lagi, dengan pasir putih, batuan alam, dan air berwarna biru kehijauan yang menghadirkan pemandangan indah. Selain itu, pantai yang tersembunyi ini juga menyuguhkan pemandangan lain berupa pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang bibir pantai.

Pesona alam yang ditawarkan oleh pantai ini menjadi kebanggaan bagi penduduk setempat. Wisatawan yang berkunjung ke sana juga seharusnya bangga dengan kekayaan alam Nusantara ini, terlebih lagi banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan di lokasi tersebut.

Asal Usul Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri memiliki sejarah yang menarik. Awalnya dikenal sebagai Pantai Hakok, pantai ini merupakan mata pencaharian penduduk sekitar. Setiap harinya, pantai ini ramai dengan kapal-kapal nelayan dan menjadi titik pertemuan antara nelayan dan pedagang ikan.

Akan tetapi pantai ini namanya diganti menjadi Pantai Parai Tenggiri. Nama pantai ini sendiri konon diberikan oleh Presiden Soekarno. Menurut cerita Presiden pertama Indonesia ini sering sekali berkumpul dan berdiskusi di Pantai ini bersama temannya.

Nama “Parai” dipilih untuk mengungkapkan keindahan Pantai Hakok, sementara kata “tenggiri” dipilih karena sang presiden dan teman-temannya sering menangkap dan membakar Ikan Tenggiri di pinggir Pantai Hakok.

Namun saat ini, kapal-kapal nelayan sudah tidak ada lagi di Pantai Parai Tenggiri. Setelah dijadikan tempat rekreasi, pantai ini hanya menyediakan fasilitas dan wahana wisata.

Daya Tarik Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang unik dan selalu ramai dikunjungi. Pantai ini merupakan bagian dari resort swasta di Sungailiat yang mengelolanya sebagai destinasi wisata pribadi.

Meskipun bersifat pribadi, masyarakat tetap dapat mengunjungi pantai ini dengan membayar retribusi kepada pengelola. Pesona alam yang menakjubkan di pantai ini selalu menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi Bangka dalam rangka liburan.

Selain pemandangannya yang menakjubkan, pantai ini memiliki berbagai daya tarik yang membuat setiap pengunjung merasa nyaman dan betah berada di Pantai Parai Tenggiri yang memukau. Berikut beberapa daya tarik tersebut:

1. Pulau Batu yang Menakjubkan

298796024 1157249071871650 949718068035678310 n
Instagram.com/yudi_siradz

Pantai populer ini ternyata juga memiliki sebuah pulau kecil di dalamnya. Pulau ini memiliki karakteristik yang unik, karena terbentuk dari bebatuan karang di sekitar bibir pantai, bukan dari tanah.

Keindahan pulau ini terlihat dari variasi ukuran batu karang yang tidak seragam. Fenomena ini menciptakan pemandangan yang sangat indah dan eksotis.

Pulau indah ini dikenal dengan nama Rock Island. Meskipun tidak diketahui siapa yang memberikan nama tersebut, yang jelas pulau batu ini menakjubkan saat dilihat. Oleh karena itu saat berkunjung ke tempat ini kamu wajib menikmati pulau batu ini.

2. Suasana Pantai yang Damai

Meskipun telah diintervensi oleh pengelola resort, Pantai Parai Tenggiri masih mempertahankan keasliannya seperti sebelumnya. Pantai ini tetap alami dan terjaga, menciptakan suasana yang tenang bagi pengunjung.

Hembusan angin yang lembut, suara ombak yang merdu, dan hijaunya pepohonan memberikan suasana damai dan asri di pantai yang menakjubkan ini. Pepohonan rimbun juga memberikan rasa teduh dan menambah keindahan pantai cantik ini.

Suasana inilah yang membuat pantai ini sangat damai dan tenang. Jadi kamu yang ingin healing atau sekedar merefresh otak dari hiruk pikuk perkotaan bisa berkunjung ke tempat ini.

3. Pesona Alam yang Menawan

Pantai Parai Tenggiri adalah destinasi pantai yang menawarkan pemandangan eksotis yang memikat. Pengelolaan pantai ini juga dilakukan dengan sangat baik. Begitu memasuki area pantai, suara deburan ombak yang tenang menyambut pengunjung dan menciptakan suasana yang hidup.

Meskipun tidak tinggi, gulungan ombak tampak beriak, dan di beberapa tempat airnya begitu tenang. Ombak tersebut menciptakan sebuah pemandangan yang menakjubkan dan mempesona untuk dinikmati.

Tak hanya itu saja Air laut di pantai ini sangat jernih. Oleh karena itu saat bermain di air laut kamu akan bisa melihat dasar pasir pantai dari permukaannya. Dari kejauhan, warna air laut bergradasi dari hijau kebiruan.

Di sekitar pantai, air memiliki warna kehijauan, yang kemudian semakin ke tengah warnanya berubah menjadi biru. Semua itu berpadu dengan keberadaan pohon yang tumbuh rimbun di sekitar pantai. Keindahan pantai ini semakin menakjubkan dengan adanya batuan granit yang tersebar di sekitarnya.

Batu-batu ini memiliki ukuran yang besar, bahkan lebih besar dari ukuran orang dewasa. Permukaan batu yang halus menambah kecantikan mereka, berbeda dengan batu karang yang tajam. Saking halusnya kamu juga bisa sekalian duduk-duduk diatasnya. Tidak mengherankan jika banyak pengunjung yang berfoto atau naik ke area batuan granit ini.

4. Beragam Wahana Air Menarik

Liburan ke pantai tentu tak akan lengkap jika hanya sekedar melihat pemandangan saja. Lebih dari itu kamu juga harus mencoba wahana air yang ada di pantai tersebut. Nah jika ingin bermain wahana air kamu tidak perlu khawatir.

Pantai indah ini menawarkan berbagai wahana yang menarik dan dapat menciptakan keseruan. Mulai dari beragam wahana air yang menantang sampai dengan wahana yang mengajak terbang mengelilingi area pantai, semuanya ada

Jika suka tantangan bermain di air bersama keluarga, maka kamu dapat mencoba Banana Boat. Sedangkan bagi pecinta kecepatan di air, jetski sangat cocok untuk memuaskan hobi kamu. Selain itu, kamu juga dapat menjelajahi pantai dari ketinggian dengan wahana parasailing yang menarik.

5. Jembatan Kecil yang Menggemaskan

272215984 316570060422971 9213959463491828592 n
Instagram.com/dunialoka.id

Ketika mengunjungi pantai populer ini maka kamu akan menemukan pemandangan laut lengkap dengan jembatan kecilnya. Fungsinya sebagai jembatan yang menghubungkan resort dengan Rock Island, jembatan ini menawarkan pemandangan yang indah.

Jembatan yang ada di pantai ini sendiri memiliki tinggi sekitar 1,5 meter di atas pasir. Oleh karenanya jembatan ini tidak memiliki pegangan di kedua sisi kanan dan kiri. Namun, kotak-kotak beton yang diisi dengan lampu berfungsi sebagai pengganti pegangan.

Pada siang hari, jembatan kayu kecil ini memberikan kesan eksotis yang menyempurnakan pemandangan pantai yang indah. Namun, keindahan yang lebih menakjubkan muncul saat senja atau malam hari, ketika lampu-lampu kecil di sepanjang jembatan mulai menyala.

Lampu-lampu ini menciptakan suasana romantis saat melintasi jembatan. Pengunjung dapat berfoto di jembatan ini dengan latar belakang pemandangan yang indah. Dari jembatan ini, pengunjung akan menikmati pemandangan yang berbeda di kedua sisi.

Di sisi kanan jembatan, kamu akan melihat pasir putih dan pemandangan laut yang luas dan indah tanpa batuan granit. Sementara di sisi kiri jembatan, batuan-batuan memenuhi kawasan pantai, memberikan sentuhan keunikan dan daya tarik tersendiri.

Beragam Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pantai Parai Tenggiri

Kamu akan menemukan berbagai jenis permainan air yang menantang adrenalin dan wahana menarik lain yang memungkinkan mengelilingi pantai ini. Semua opsi tersebut tersedia di tempat ini. Adapun beberapa diantaranya adalah:

1. Berenang

Salah satu kegiatan utama yang dapat dilakukan oleh pengunjung di Pantai Parai Tenggiri adalah berenang. Air laut di sini sangat bersih dan ombaknya cenderung tenang. Kamu dapat berenang atau berendam di pinggir pantai. Pastikan anak-anak tetap diawasi oleh orang tua saat berenang untuk menjaga keselamatan mereka.

2. Snorkeling

Keindahan Pantai Parai Tenggiri tidak hanya terbatas pada kawasan pantainya, tetapi juga meliputi keindahan taman bawah lautnya. Untuk bisa menikmati pemandangan bawah lautnya kamu bisa mencoba snorkeling. Peralatan snorkeling dapat disewa dari pengelola pantai dengan biaya yang terjangkau.

Dengan melakukan snorkeling, kamu akan dapat mengeksplorasi kehidupan laut yang mempesona dan menikmati keindahan panorama bawah laut yang menakjubkan di Pantai Parai Tenggiri.

3. Hunting Foto

a 2
Instagram.com/uciutami

Pantai Parai Tenggiri memiliki keindahan landscape yang sangat menarik, sehingga terdapat banyak spot foto menarik. Setiap sudut pantai ini bisa dijadikan latar belakang foto yang menarik.

Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat spot foto buatan berupa panggung dan ayunan. Selain itu, area dengan formasi batuan granit di tepi pantai juga cocok sebagai latar belakang foto yang menarik.

4. Memancing

Pantai ini kaya akan kehidupan laut, termasuk terumbu karang dan ikan segar. Kamu dapat memancing di pantai ini untuk menangkap ikan-ikan tersebut.

Bagi pecinta memancing, momen saat umpan ditangkap dan ikan ditarik tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa saat ini belum tersedia penyewaan peralatan memancing di Pantai Parai Tenggiri, sehingga kamu perlu membawa peralatan memancing sendiri.

5. Eksplorasi Laut

Aktivitas seru lain yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Pantai Parai Tenggiri adalah menjelajahi laut dengan berbagai wahana air.

Di pantai ini, kamu dapat menyewa perahu wisata dan banana boat. Namun, jika kamu menginginkan pengalaman yang lebih menantang, kamu dapat mencoba menyewa jetski dan menjelajahi setiap sudut pantai dengan sensasi yang lebih menggetarkan.

6. Dinner Romantis di Rock Island

Rock Island merupakan area yang terdiri dari berbagai tumpukan batuan granit. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati suasana pantai pada sore hari atau pagi hari. Di antara batuan-batuan tersebut, terdapat pohon dan semak kecil yang tumbuh, memberikan keindahan dan keunikan tersendiri.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di antara batuan-batuan ini. Matahari secara perlahan akan tersembunyi di balik batuan, menciptakan pancaran cahaya yang memukau.

Di Rock Island, terdapat sebuah restoran. Pengunjung dapat melanjutkan petualangan mereka di Rock Island dengan menikmati makan malam di restoran ini. Suasana yang tenang menjadikan makan malam menjadi lebih romantis, terutama jika dinikmati bersama pasangan.

7. Mendaki

Bentuk-bentuk batuan yang cantik dan tidak seragam ini menawarkan pengalaman mendaki yang menarik. Bukit-bukit batuan yang tidak terlalu tinggi ini sangat cocok untuk kegiatan hiking, terutama bagi anak-anak.

Menapaki batuan dengan tekstur yang berbeda-beda dan ukuran serta bentuk yang beragam akan menantang jiwa petualang anak-anak. Selain itu, suara deburan ombak yang menghantam batuan tersebut akan semakin memacu adrenalin anak-anak saat mendaki bukit-bukit batu ini.

8. Bersantai di Sekitar Pantai

Mengelilingi pantai menjadi kegiatan yang sangat menarik saat berlibur di Pantai Parai Tenggiri. Berjalan di atas pasir yang lembut sambil merasakan sentuhan ombak akan memberikan ketenangan dan kedamaian.

Selain berjalan santai di tepi pantai, kamu juga dapat menikmati suasana sore dengan duduk santai di bebatuan yang ada di pantai ini. Kamu juga bisa duduk di gazebo yang ada di sekitar pantai sambil santai dan menikmati indahnya pemandangan

9. Bermain Jetski

Bagi beberapa wisatawan, wahana air di laut memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan yang ada di kolam renang. Tantangan dan keberanian diperlukan saat melakukan olahraga air seperti menunggang Jetski. Meskipun tidak memerlukan banyak keterampilan, tetap dibutuhkan keahlian dalam mengendalikan perahu motor yang cepat.

Selain itu, terdapat wahana menantang lain yang dapat dinikmati. Banana boat dan Parasailing adalah beberapa di antaranya yang juga memerlukan keberanian. Bermain banana boat merupakan kegiatan kelompok yang membutuhkan keseimbangan agar tidak terjatuh. Sementara itu, Parasailing akan menguji sejauh mana keberanian kamu ketika digantung oleh parasut yang ditarik oleh perahu motor.

10. Menikmati Pemandangan Matahari Terbit dan Matahari Tenggelam

Tidak semua pantai dapat menjadi tempat yang sempurna untuk menyaksikan keindahan matahari terbit dan tenggelam. Namun, kamu beruntung karena di Pantai Parai Tenggiri dapat menyaksikan panorama alam yang memukau tersebut. Proses perlahan matahari terbit dapat diamati dengan jelas, meskipun terkadang tertutup oleh awan tebal.

Saat senja menjelang, warna oranye yang khas menghiasi langit biru, menciptakan gradasi warna yang memukau. Untuk mengagumi keindahan ini secara maksimal, disarankan untuk memilih lokasi yang tepat karena pohon yang rindang dan pulau-pulau disekitarnya kadang dapat menghalangi pemandangan.

Alamat dan Jalur Menuju Lokasi Pantai Parai Tenggiri

Lokasi pantai yang indah ini ternyata mudah dijangkau. Terletak tidak jauh dari Kota Bangka, menjadikan pantai ini memiliki lokasi yang strategis. Waktu tempuh untuk mencapainya dari Bandara Depati Amir juga tak sampai satu jam.

Untuk mengunjungi Pantai Parai Tenggiri, angkutan umum adalah pilihan yang paling mudah. Kamu dapat menggunakan angkutan umum atau bus dari Kota Pangkal Pinang menuju terminal Sungailiat. Setelah tiba di Sungailiat, perjalanan selanjutnya menuju pantai dapat dilanjutkan dengan menggunakan becak yang tersedia di sekitar terminal.

Jika kamu melakukan perjalanan dari Kabupaten Bangka, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi akan lebih lama. Diperlukan sekitar 50 menit perjalanan hingga tiba di destinasi wisata ini.

Rute yang dapat diikuti dari Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung adalah melalui Jalan Raya Pangkal Layang menuju Bakem. Setelah itu kamu lanjutkan ke arah Belinyu menuju Jl Hotel Parai Indah. Tak sampai situ saja, kamu juga masih harus lanjut perjalanan ke Jalan Pantai Pata Resort.

Selanjutnya, belokkan kendaraan ke kiri di persimpangan Hotel dan Resort Para Beach. Teruslah mengikuti jalan berkelok, lalu belok kiri menuju Pantai Parai Tenggiri.

Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Parai Tenggiri

Meskipun pantai ini memiliki kepemilikan pribadi, tetapi para wisatawan dapat mengunjunginya untuk menikmati keindahan alamnya. Tarif masuk untuk para pengunjung yang berlibur ke Pantai Parai Tenggiri adalah Rp 25.000 saja.

Selain itu, pengelola pantai juga memberlakukan biaya parkir. Pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk satu kendaraan.

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja. Terutama bagi tamu Resort, mulai dari pagi hingga pagi berikutnya. Jika mengunjungi pantai pada malam hari, wisatawan dapat menikmati keindahan Rock Island yang romantis.

Fasilitas dan Akomodasi di Pantai Parai Tenggiri

Pengelola wisata Pantai Parai Tenggiri telah menyediakan fasilitas yang mendukung kenyamanan para wisatawan. Ini terlihat dari adanya mushola, toilet yang bersih dan nyaman, serta area parkir dengan tarif yang telah disebutkan sebelumnya.

Pengunjung juga dapat menemukan warung makan di tepi pantai untuk menikmati makanan dengan suasana yang khas. Tersedia beberapa gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat setelah beraktivitas.

Untuk mencapai Pantai Parai Tenggiri, kamu dapat menggunakan sepeda motor dari Pelabuhan Pangkal Balam, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Durasi perjalanan dapat bervariasi tergantung pada kecepatan dan kondisi jalan saat berkendara.

Jika kamu tidak membawa kendaraan sendiri, tidak perlu khawatir karena di Bangka terdapat banyak jasa sewa transportasi yang dapat kamu temukan. Harga sewa juga bervariasi tergantung pada jenis sepeda motor yang kamu pilih.

Kamu tidak perlu khawatir tentang akomodasi hotel. Di sekitar Pantai Parai Tenggiri terdapat beberapa hotel atau penginapan yang dapat digunakan untuk istirahat setelah berkeliling. Harga penginapan juga beragam dan dapat disesuaikan dengan anggaran masing-masing.

Untuk mendapatkan harga hotel yang lebih terjangkau, kamu dapat berbagi kamar dengan teman. Dengan cara ini, biaya akomodasi dapat dibagi bersama. Terdapat banyak restoran dan tempat makan di sekitar pantai yang dapat digunakan untuk menikmati hidangan dengan harga yang beragam.

Tips Liburan ke Pantai Parai Tenggiri

312391042 628364948927895 5702218284381967288 n
Instagram.com/anadyar

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan di lokasi eksotis ini, penting untuk mempertimbangkan beberapa tips wisata ke pantai. Pesona laut, karang, dan angin sepoi-sepoi menjadi alasan mengapa pantai menjadi destinasi wisata populer di Indonesia.

Namun, di balik keindahan pantai ini terdapat iklim yang panas. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa perlengkapan yang cukup, seperti pakaian, makanan, dan barang pribadi lainnya.

Liburan ke pantai dapat terganggu jika kamu tidak mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Pantai sebagai tujuan wisata alam memang menarik, tetapi bagaimana jika kamu menghadapi situasi yang tak terduga? Misalnya, memilih pakaian yang tidak nyaman atau mengganggu. Berikut ini adalah beberapa tips wisata ke pantai yang perlu diperhatikan agar liburanmu menjadi lebih menyenangkan:

1. Cari Hotel yang Nyaman dan Sesuai dengan Anggaran

Memilih hotel pantai yang nyaman akan membuat liburanmu lebih seru. Setelah beraktivitas dan bermain di pantai seharian, kamu dapat beristirahat dengan nyaman di hotel. Pertimbangkan fasilitas dan suasana hotel yang akan kamu pilih untuk menilai tingkat kenyamanannya.

Namun, jangan lupa juga memperhatikan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Pilihlah hotel yang sesuai dengan kemampuan kantong kamu atau budget yang sebelumnya sudah disiapkan. Hindari memaksa diri untuk menginap di hotel mahal yang mungkin berakhir dengan penyesalan. Sebaliknya, jangan hanya memilih hotel yang murah namun kurang memberikan kenyamanan.

2. Rencanakan Aktivitas Pantai dan Aktivitas Air yang Menyenangkan

Salah satu tips utama untuk liburan pantai yang menyenangkan adalah bermain di pantai dan mencoba berbagai aktivitas baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Apabila kamu berlibur ke Pantai Parai Tenggiri, terdapat banyak kegiatan pantai yang dapat dilakukan, seperti snorkeling dan hiking.

Agar tidak menyesal, sebaiknya rencanakan dan tentukan terlebih dahulu aktivitas apa yang ingin kamu lakukan sebelum berangkat. Jadi saat sampai dilokasi kamu tinggal mengikuti daftar itu saja.

3. Siapkan Barang-Barang Penting

Mengemas barang-barang untuk liburan pantai bersama anak-anak tidak perlu sulit. Pastikan kamu memiliki perlindungan matahari yang cukup. Jika kamu menginap di resort pantai yang menyediakan banyak fasilitas maka dapat membawa barang-barang dengan jumlah yang lebih sedikit.

Berikut adalah beberapa barang penting yang perlu kamu bawa saat liburan di pantai, di mana pun menginap:

  • Topi dengan tepi lebar dan tali dagu jika kamu berperahu atau berenang.
  • Tabir surya dengan pilihan mineral yang aman bagi terumbu karang, seperti seng dan titanium dioksida.
  • Perlindungan bibir dengan SPF.
  • Kacamata hitam.
  • Pakaian renang.
  • Pakaian renang dan pakaian pelindung dengan perlindungan sinar UV.
  • Sepatu air, sandal, atau sandal jepit.
  • Semprotan serangga (jika serangga menjadi masalah di area tersebut).
  • Plastik atau tas tahan air lainnya untuk ponselmu.

Selain berbagai barang yang sudah disebutkan kamu juga perlu membawa barang pribadi lain yang sekiranya penting dan dibutuhkan selama liburan ke pantai ini.

4. Meminimalisir Paparan Matahari

Meskipun kamu mungkin menikmati sinar matahari yang hangat dan angin sepoi-sepoi, semua orang pasti ingin menghindari terbakarnya kulit akibat sinar matahari dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.

Nikmati sinar matahari dengan bijaksana, namun pastikan untuk menggunakan payung, tenda, kanopi, atau mencari naungan dari pohon (tetapi tetap waspada terhadap kelapa yang mungkin jatuh) Jangan lupa untuk mengenakan pakaian pelindung.

Tujuannya adalah untuk membantu meminimalkan paparan sinar matahari di pantai. Sebaiknya hindari paparan sinar matahari antara pukul 10.00 dan 14.00, terutama di musim panas.

5. Mempersiapkan Rencana Keamanan

Ketika kamu berencana bermain atau melakukan aktivitas air lain di pantai ini, penting untuk tetap waspada. Pastikan ada petugas keamanan yang memantau di pantai tersebut. Gunakan jaket pelampung sebagai langkah pencegahan tambahan saat berenang.

Demi menjaga keamanan tersebut kamu perlu membawa kotak pertolongan pertama (P3K) ke pantai untuk menghadapi luka ringan, goresan, luka bakar, atau gigitan. Apabila kamu memiliki penyakit tertentu dan memiliki obat pribadi yang rutin dikonsumsi pastikan juga untuk membawanya.

Masalah keamanan lain yang perlu diperhatikan adalah pencurian. Hindari membawa barang berharga ke pantai. Simpan perhiasan, jam tangan, dan dompet di brankas hotel. Jika memungkinkan, hindari membawa uang tunai dan kartu kredit.

6. Bawa Camilan dan Minuman

Menjaga tubuh tetap terhidrasi di pantai sangat penting. Bawalah botol air dingin dan camilan atau makanan yang mudah dibawa dan dapat digunakan ulang. Dengan membawa makanan sendiri, kamu juga dapat menghemat uang.

Sebaiknya bawa makanan yang memiliki kandungan banyak air seperti buah. Agar tetap higienis sebaiknya bersihkan buah dan tangan dulu sebelum dikonsumsi. Kamu dapat membawa ember berisi air untuk membersihkan pasir dari tangan sebelum makan.

7. Persiapkan Rencana Alternatif untuk Cuaca Buruk

Kadang-kadang hujan turun saat liburan pantai. Apalagi jika kamu berkunjung saat musim hujan. Akibatnya semua aktifitas yang sudah direncanakan jadi terganggu.

Nah kamu dapat menghindarinya dengan cara menyusun rencana hiburan alternatif yang menyenangkan. Selain itu kamu juga perlu selalu periksa perkiraan cuaca agar dapat merencanakan hari terbaik untuk liburan ke pantai Parai Tenggiri.

Namun jika ingin lebih aman dan pasti sebaiknya berkunjung saat musim kemarau. Pada musim tersebut kamu tak perlu terlalu khawatir masalah cuaca. Kamu juga bisa bebas menikmati keindahan dengan cuaca yang cerah.

Pantai ini, yang dikelola oleh perusahaan swasta, telah diatur dengan rapi dan memiliki keindahan yang luar biasa. Tak heran jika pantai ini sukses menarik perhatian banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata populer di Kepulauan Bangka Belitung ini? Untuk pengalaman yang lebih seru, pastikan kamu merencanakan dan mempersiapkannya dengan baik. Semoga informasi mengenai Pantai Parai Tenggiri ini bermanfaat untuk membantu kamu untuk merencanakan liburan.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments