Sea World Ancol, Suguhkan Ribuan Biota Laut

Sea World Ancol

Sea World Ancol ini cukup popular di kalangan para wisatawan. Tidak hanya wisatawan Jakarta, mungkin beberapa wisatawan dari setiap penjuru Indonesia sudah tidak asing lagi dengan Sea World Ancol yang mana namanya cukup melegenda.

Destinasi wisata Ibukota tidak patut untuk diragukan lagi. Meskipun Ibukota dikenal sebagai tempat berpolusi nomor satu di Indonesia, serta kepadatan penduduknya yang membuat orang-orang geram, Ibukota juga memiliki sederet tempat wisata yang berhasil menarik perhatian lokal maupun wisatawan asing.

Wisatawan yang menyukai kegiatan edukasi seputar satwa bisa mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan. Lalu wisatawan yang menyukai kegiatan liburan dengan konsep berbagai wahana menyenangkan, Ibukota menyuguhkan Dunia Fantasi sebagai jawabannya. Dan tidak jauh dari Dunia Fantasi, wisatawan bisa mampir ke Sea World Ancol.

Sea World Ancol menghadirkan konsep wisata yang cukup unik. Untuk itu, tempat ini cukup diminati oleh para wisatawan. Tidak heran, destinasi wisata edukasi biota laut ini selalu dipadati para wisatawan entah ketika hari libur maupun hari-hari biasanya.

Tempat wisata yang dibangun pada tahun 1992 dengan luas lahan sekitar 3 hektar menawarkan berbagai macam biota laut. Ada sekitar 7.200 biota laut, reptil, dan vetebrata yang bisa kita temukan di Sea World Ancol. Biota-biota tersebut kemudian terbagi ke dalam beberapa zona diantaranya 19 akuarium air laut, 9 akuarium air tawar, dan juga 4 kolam yang sengaja dibuat terbuka.

Daya Tarik Sea World Ancol

Sea World Ancol ini memiliki beberapa wahana yang akan membuat wisatawan terkagum-kagum melihat keindahan layaknya di bawah laut. Wahana-wahana tersebut terbagi ke dalam 7 kawasan diantaranya touch pool, main aquarium, underwater tunnel, jellyfish exhibit, istana penguin, shark aquarium, dan car aquarium.

Setiap wahana ini memiliki daya pikatnya tersendiri sehingga wisatawan betah dan ketagihan untuk melakukan liburan di sana.

293166251 180694544358732 8380344662842630732 n.webp
Foto via Instagram.com/seaworld.ancol

1. Touch Pool

Sesuai dengan namanya, Touch Pool ini merupakan sebuah wahana di mana wisatawan bisa langsung menyentuh beberapa biota yang ada di sana secara langsung.

Area touch pool ini terbagi ke dalam empat kolam di mana keempatnya terbagi ke dalam beberapa jenis biota seperti ikan hiu jinak, ikan hiu pemangsa, penyu, dan juga bintang laut. Keempat biota ini aman untuk dilihat dalam jarak dekat.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Wisata Godong Ijo - Aneka Satwa Raksasa Sembari Edukasi Flora di Depok

2. Main Aquarium

Jika wisatawan ingin menyaksikan akuarium terbesar di Indonesia, wisatawan bisa mengunjungi wahana Main Aquarium ini. Aquarium ini memiliki ukuran sebesar 24 x 48 meter. Ada berbagai jenis ikan yang bisa kita lihat di akuarium raksasa ini.

Beberapa diantaranya yaitu ikan jinak dan juga ikan ganas. Bahkan menariknya, aquarium ini memiliki koleksi jenis ikan bernama Nebrius ferrugineus yang merupakan ikan hiu raksasa dengan panjang hingga 3,5 meter.

3. Underwater Tunnel

Underwater Tunnel ini memberikan sensasi layaknya berjalan di dasar laut. Wahana ini merupakan wahana terowongan yang memiliki panjang hingga 80 meter di mana wisatawan bisa melihat ikan-ikan cantik di sekeliling kita. Banyak wisatawan yang mengabadikan momennya di wahana ini karena terkesan begitu cantik.

4. Jellyfish Exhibit

Wahana ini merupakan wahana terbaru yang hadir di Sea World Ancol. Sesuai dengan namanya, di sana wisatawan bisa melihat berbagai jenis ubur-ubur mulai dari upside down jellyfish, surai singa, connon ball, hingga sea nettle jellyfish blubber jellyfish.

5. Istana Penguin

Mungkin wisatawan hanya bisa melihat penguin dalam sebuah layar kaca saja karena hewan yang berasal dari Amerika Selatan ini hidup dalam kontur suhu yang dingin.

Namun, Sea World Ancol menyuguhkan konsep yang tidak biasa yaitu memperlihatkan pertunjukan 11 penguin humboldt. Atraksi ini menyuguhkan pertunjukan seekor penguin sedang menyantap lahan ikan teri, sarden, hingga cumi-cumi.

6. Shark Aquarium

Hiu merupakan salah satu hewan air yang ditakuti oleh hewan air lainnya. Di Sea World Ancol ini wisatawan bisa melihat hewan air menakutkan yang seringkali menunjukan taringnya. Ada beberapa jenis hiu yang bisa kita temukan di sana seperti hiu pari barongsai, hiu sirip hitam, hiu sirip martil, dan masih banyak lagi.

7. Car Aquarium

296216220 2017315035141762 3334821995790799397 n.webp
Foto via Instagram.com/seaworld.ancol

Yang terakhir yaitu wahana car aquarium. Car aquarium ini merupakan aquarium berbentuk mobil yang bertujuan untuk menarik perhatian para wisatawan. Ikan yang ada di dalam aquarium ini memiliki warna pelangi yang begitu lucu.

Selain itu, Sea World Ancol juga dilengkapi dengan fasilitas resto. Sesuai dengan konsep wisatanya, resto ini memiliki berbagai menu yang berhubungan dengan hidangan laut seperti ikan bakar, kepiting saus tiram, garang cumi asam manis, dan masih banyak lagi. Untuk harga menu makanan tersebut ditaksir dengan harga Rp 16.000 hingga Rp 64.000.

Wisata Menarik Lainnya :  GoFun Bojonegoro Theme Park Liburan Seru Bersama Keluarga

Ada pula fasilitas lainnya yang bisa kita nikmati di Sea World Ancol ini yakni spot foto, pusat oleh-oleh, gazebo yang tersebar di sepanjang area, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Sea World Ancol

Untuk tiket masuk wisata Sea World Ancol ini wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 138.000 untuk hari Senin hingga Jumat dan Rp 192.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Ada pun tiket tambahan berupa tiket parkir kendaraan bermotor dan kendaraan roda empat yang dibanderol mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Lokasi dan Jam Buka

Sea World Ancol ini berlokasi di Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430. Map klik disini.

Jika wisatawan memusatkan tujuan dari arah pusat Kota Bogor, kita bisa melalui Jalan Tol Jagorawi menuju Jalan Pantai Indah. Dari sana wisatawan hanya perlu mengikuti petunjuk arah menuju ke Jalan Lodan Timur di mana bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 20 menit perjalanan.

Karena berada dalam kawasan yang sama dengan Dunia Fantasi, Sea World Ancol ini lebih mudah ditemukan. Apalagi bagi wisatawan yang pernah melakukan liburan ke Pantai Ancol.

Karena beroperasi setiap hari, wisatawan bisa mengunjunginya kapan pun dengan durasi waktu operasional pukul 09.30 – 16.00 WIB ketika saat weekdays dan mulai pukul 09.00 – 16.30 ketika weekend.

Akomodasi

Bagi wisatawan luar Jakarta tentunya cukup melelahkan jika dalam satu hari dihabiskan dalam perjalanan pulang. Wisatawan bisa melakukan penginapan lebih dulu di hotel yang ada di sekitar Sea World Ancol. Salah satu hotel rekomendasi yang tidak jauh dari sana yaitu Grand Mercure Kemayoran.

Hotel bintang lima ini berada di Jalan H Benyamin Sueb Kav B6 Superblok Mega, Jalan Kota Baru Bandar Kemayoran, Jalan Benyamin Suaeb, RW.10, Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta 10610. Wisatawan bisa mampir ke sana dengan waktu 10 menit perjalanan dari Sea World Ancol. Untuk tarif penginapannya ini ditaksir dengan harga Rp 712.000 hingga Rp 1.322.000 per malam.

Wisatawan yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan laut dan biota laut, bisa banget mampir ke Sea World Ancol ini. Tidak hanya rekreasi, di sana juga wisatawan akan mendapatkan beragam edukasi yang bernilai.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.