Asyiknya Berburu Sunset di Gunung Sari Sunset (GSS) Tumpang – Malang

Gunung Sari Sunset Malang

Selain Kota Batu yang terkenal dengan sejuta destinasi wisatanya, Malang tenyata juga masih memiliki beberapa wilayah yang juga tak kalah berpotensi.

Sebut saja Gunung Sari Sunset, Setapak Langkah akan mengajak kamu mengintip indahnya destinasi wisata ciamik yang berada di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang ini.

Alamat : Jl. Raya Gubugklakah, Gubugklakah, Kec. Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65157.
Map : klik disini.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000 – 10.000,00.

Mendengar namanya, mungkin kamu akan membayangkan sebuah tempat dengan fenomena sunset di dalamnya. Ya, tebakan kamu tidak salah!

Gunung Sari Sunset atau yang akrab disebut dengan GSS merupakan sebuah destinasi wisata yang sengaja dibangun atas dasar fenomena sunset yang dapat dinikmati di tempat tersebut.

Ketika hari semakin senja, keindahan suasana Gunung Sari Sunset akan semakin terpancar, dengan warna awan yang mulai tampak kemerahan, ditambah lagi lampu-lampu taman yang menyala indah saat hari semakin larut.

Keindahannya memang tak perlu diragukan lagi. Tak heran jika tempat wisata yang dekat dengan Coban Pelangi ini tak pernah sepi oleh pengunjung, terutama di akhir pekan.

Harga tiketnya pun juga sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua, dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat. Sangat murah meriah bukan?

Fasilitas di Gunung Sari Sunset (GSS)

Dibalik keindahannya yang begitu memukau, ternyata tempat wisata yang satu ini juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap lho!

Apa saja fasilitas yang bisa kamu nikmati di sana? Yuk, simak satu persatu!

1. Panorama Senja yang Memukau

Sesuai namanya yakni Gunung Sari Sunset, tempat wisata ini memang sangat cocok untuk dikunjungi pada sore hari menjelang senja.

Karena keindahan yang dipancarkan saat matahari mulai surut dijamin akan membuat decak kagum siapa saja yang berada di dalamnya.

Bagaimana tidak? Cahaya matahari yang mulai menguning, awan-awan yang mulai tampak kemerahan, kicauan burung yang mulai kembali ke sarangnya, semakin membuat indah suasana di GSS tersebut.

Wisata Menarik Lainnya :  Coban Pelangi Tumpang - Berburu Siluet Pelangi di Malang

Ditambah lagi kelap-kelip bintang yang terlihat indah ketika hari semakin larut. Pondok-pondok yang berada di atas pohon juga kian terlihat mempesona dengan cahaya-cahaya lampion yang menyala indah.

2. Gardu Pandang & Rumah-rumah Pohon

3
Menikmati Keindahan Sekitar GSS dari balik Rumah Pohon

Saat memasuki kawasan wisata yang berada di atas perbukitan ini, kamu akan disambut oleh bangunan-bangunan kayu yang berada di atas pohon.

Ada yang berupa papan kayu tanpa penutup atau yang biasa disebut dengan gardu pandang. Ada juga yang berupa pondok-pondok kecil menyerupai rumah pohon.

Tempat-tempat inilah yang kerap dijadikan sebagai spot foto favorit para pengunjung. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan pondok-pondok yang unik ini untuk duduk bersantai sambil menikmati panorama senja yang memukau di sekitar GSS.

3. Spot Foto Instagramable

IMG 20220501 WA0117
Gazebo Love – Salah Satu Spot Foto Favorit Para Pengunjung GSS

Di tempat wisata yang hits ini, kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan lho! Tapi kamu juga bisa mengabadikannya dengan berfoto selfie di beberapa spot yang indah sepuasnya.

Ada gardu pandang, pondok-pondok bambu, taman-taman yang indah, hingga jalan-jalan setapak yang disusun sedemikian cantik juga bisa kamu jadikan sebagai spot foto yang Instagramable.

Bukan hanya itu, ada juga taman gazebo yang unik, yakni sebuah susunan taman kecil berbentuk love yang dikelilingi oleh batang-batang kayu sebagai tempat duduknya.

Hampir semua sudut di kawasan wisata tersebut sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang ciamik dan Instagramable.

Karena setiap sudut kawasan GSS memang memiliki keindahan yang tak bisa diragukan lagi. Sehingga berselfie di manapun akan menghasilkan gambar yang ciamik dan berkesan.

4. Playground

Di beberapa sudut kawasan GSS juga terdapat beberapa wahana permainan yang juga bisa dinikmati oleh anak-anak maupun dewasa, seperti jungkat-jungkit hingga ayunan yang dicat indah berwarna-warni.

5. Camping Ground

mqdefault
Suasana Camping Ground di GSS

Selain memiliki pemandangan yang memikat, taman wisata yang mulai resmi dibuka pada 2017 silam ini ternyata juga menyediakan fasilitas camping lho!

Wisata Menarik Lainnya :  Desa Wisata Peniwen: Wisata Alam dan Edukasi Info Terbaru 2022

Area yang luas ditambah lagi suasana asri yang dikelilingi oleh pepohonan rindang membuat taman wisata yang satu ini sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai lahan perkemahan.

6. Gazebo

357877929
Gazebo-gazebo di sekitar kawasan GSS

Ketika merasa lelah, kamu bisa bersantai sejenak di beberapa gazebo yang telah tersedia di sepanjang kawasan Gunung Sari Sunset.

Hampir di setiap sudut kawasan terdapat gazebo-gazebo dengan gaya dan formasi yang berbeda-beda.

Selain untuk tempat bersantai sambil menikmati pemandangan, gazebo-gazebo ini juga kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berselfie ria karena keindahannya.

7. Cafetaria

67a42076 4bd3 4c03 beb6 572ccaf3596c 1651725316083 c77c43878667eefe73af0119181d179a
Cafetaria Bernuansa Alami Ala Gunung Sari Sunset

Ketika perutmu mulai keroncongan, jangan ragu untuk mampir di kafe-kafe yang ada di taman wisata Gunung Sari Sunset ini.

Berbagai menu makanan tersedia mulai dari jajanan seperti tahu walek, nugget, gorengan, hingga makanan berat seperti ayam geprek, lalapan, dan masih banyak lagi menu makanan lezat lainnya.

Harga setiap menu juga cukup terjangkau. Kamu bisa menikmati aneka makanan yang kamu pesan di gazebo-gazebo yang berjajar di sekitar cafetaria.

8. Penginapan/Homestay

5f360c82 9908 414b 8514 b732a07e368b 1651725315689 3c18ad4a82acaf10fe1286bfffeb37f5
Homestay dengan Fasilitas Lengkap di Kawasan GSS

Jika kamu ingin menghabiskan waktu lebih lama di taman wisata GSS ini, kamu bisa menyewa beberapa penginapan yang telah disediakan di sana.

Setidaknya ada 3 homestay yang bisa kamu pilih, dengan harga mulai 250 ribu rupiah saja per malam disertai fasilitas yang cukup lengkap tentunya.

Mulai dari view taman yang ciamik, TV layar datar, kamar mandi shower, balkon, hingga wifi gratis akan turut menambah kenyamananmu beristirahat di sana.

9. Fasilitas Umum

Fasilitas yang memang seyogyanya ada di setiap tempat wisata seperti toilet umum, mushola hingga lahan parkir yang cukup luas juga tak ketinggalan di taman wisata yang satu ini.

Dengan tetap mengusung konsep alami, setiap bangunan yang ada juga didesain tradisional dengan bambu dan balok-balok kayu sebagai material penyusunnya.

Demikian beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di taman wisata Gunung Sari Sunset yang berada di Desa Gubuk Klakah, Poncokusumo – Tumpang.

Yuk, ajak keluarga atau kerabat untuk berlibur di taman wisata GSS Tumpang! Kapan lagi kamu bisa menikmati suasana sunset yang begitu memukau jika bukan di taman wisata Gunung Sari Sunset yang satu ini?

Selamat beraktivitas dan jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar bisa mendapatkan liburan yang paling menyenangkan di Gunung Sari Sunset Tumpang.

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...