Pemandian Sumber Ringin, Wisata Murah Meriah di Tumpang – Malang

Pemandian Sumber Ringin Malang

Pemandian Sumber Ringin, wisata air dengan suasana yang sejuk berbalut pemandangan alam yang indah.

Jika membahas tentang destinasi wisata yang ada di Malang, rasanya tidak akan ada habisnya. Hampir di setiap sudut kota ini kamu akan menemukan beberapa objek wisata yang ciamik.

Potensi alam yang begitu memikat membuat kota yang satu ini seakan tak pernah kehabisan ide untuk menciptakan deretan tempat wisata yang apik dan menarik.

Jika dikalkulasi, ada lebih dari 90 objek wisata di Malang ini yang bahkan tidak akan habis waktu sebulan jika kamu coba kunjungi satu persatu. Mulai dari wisata alami hingga modern.

Alamat : Dusun Sumberingin, Desa Wringinsongo, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur.
Map : Map klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000,00

Setelah mengintip beberapa wisata air terjun yang ada di wilayah ujung Timur Kota Malang. Kini saatnya Setapak Langkah mengajak kamu untuk melirik sejenak wahana pemandian yang ada di sana.

Saat memasuki wilayah Tumpang Kabupaten Malang, kamu akan disuguhkan dengan deretan wisata pemandian yang asyik dengan harga tiket yang pasti akan membuat kamu tertarik.

Salah satunya yakni pemandian Sumber Ringin yang beralamatkan di Desa Wringinsongo Kecamatan Tumpang. Berjarak sekitar 10 km jika dari pusat Kota Malang.

Ya, Sumber Ringin merupakan satu dari beberapa wisata pemandian keren yang ada di Tumpang ini. Lokasinya cukup mudah dijangkau serta memiliki atmosfer yang sejuk dan asri.

Penamaan Sumber Ringin nampaknya terinspirasi dari sebuah pohon beringin tua yang berdiri kokoh di salah satu sudut kawasan wisata tersebut.

Sumber airnya juga konon berasal dari mata air yang mengalir langsung dari bawah pohon beringin berusia ratusan tahun itu.

Kehadirannya membuat tempat wisata yang memiliki luas lebih dari 3 hektar ini tampak semakin asri dan memberikan kesan tersendiri.

Selain itu, pemandangan di sekitar kolam renang juga semakin menambah syahdu suasana di sana, dengan pepohonan serba hijau yang membentang luas di sepanjang kawasan wisata.

Lantas, apa saja fasilitas serta daya tarik yang kerap menjadi magnet bagi para wisatawan yang datang? Yuk, intip lebih jauh tentang wisata pemandian yang asyik ini!

Wisata Menarik Lainnya :  D'Kandang Amazing Farm - Menjelma Menjadi Petani Serta Peternak di Depok

Daya Tarik Wisata Pemandian Sumber Ringin Tumpang

Wilayah Tumpang terkenal dengan atmosfernya yang begitu sejuk dan menenangkan. Tanpa terkecuali pada wisata pemandian Sumber Ringin yang satu ini.

Suasana yang sejuk berbalut pemandangan alam yang indah membuat tempat wisata yang satu ini kerap didatangi oleh wisatawan, baik saat weekday maupun weekend.

Selain itu, air pada kolam renang juga sangat jernih dan bebas dari kaporit. Lantaran sumber airnya berasal dari sumber air alami di sekitarnya.

Harga tiket yang sangat terjangkau juga membuat tempat wisata yang sejuk ini kerap menjadi pilihan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Hal terbesar yang juga menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang ke pemandian Sumber Ringin ini ialah fasilitas serta wahana yang tersedia.

Seperti tempat pemandian pada umumnya, Sumber Ringin memiliki fasilitas cukup lengkap mulai dari kolam renang untuk berbagai usia hingga segala fasilitas pendukung lainnya.

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak apa saja fasilitas serta wahana yang ada di pemandian Sumber Ringin dalam pembahasan berikut ini!

Wahana Pemandian Sumber Ringin Tumpang

Seperti wana wisata pada umumnya, Sumber Ringin ini memiliki wahana seru serta fasilitas yang cukup lengkap. Apa saja? Yuk, intip satu persatu!

1. Kolam Renang

Tentu saja, wahana utama yang paling dinanti oleh para pengunjung terutama anak-anak yakni kolam renang.

Kolam Renang Sumberringin Malang
Kolam Renang Sumberringin Malang

Di Sumber Ringin ini terdapat 3 kolam renang dengan kedalaman yang bervariasi. Yang tentunya bisa dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Setelah menapaki jalan setapak dari pintu masuk, kamu akan disambut pertama kali oleh kolam renang untuk dewasa, dengan kedalaman sekitar 100 hingga 150 sentimeter.

Melewati turunan anak tangga, kamu akan disuguhkan lagi dengan 2 buah kolam renang yang berdampingan, yakni kolam renang khusus anak-anak dan kolam renang dewasa.

Pada kolam khusus anak-anak, kedalamannya hanya seukuran lutut orang dewasa. Dilengkapi dengan seluncuran berukuran lebar yang akan semakin membuat aktivitas si kecil semakin seru.

Lanjut pada kolam yang berada di samping kolam anak. Kolam yang satu ini sedikit berbeda, lantaran dasar kolam yang hanya terdiri dari bebatuan sehingga menyerupai sungai.

Tapi uniknya, di kolam yang seperti sungai ini terdapat penyewaan perahu kayu dan karet yang bisa kamu sewa untuk menyusuri area sepanjang sungai. Sangat menarik bukan?

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Rekreasi Tlogomas Malang, Aktivitas dan Keseruannya

Bukan hanya itu, di sekitar kolam renang juga terdapat fasilitas penyewaan pelampung, yang hanya dibanderol dengan harga 5 ribu rupiah saja tiap 1 pelampung.

Tapi untuk baju renang, siapkan dari rumah ya! Karena di tempat wisata Pemandian Sumber Ringin yang satu ini tidak menyediakan fasilitas penyewaan baju renang untuk para pengunjung.

2. Play Ground

Selain kolam renang, di tempat wisata ini ternyata juga menyediakan wahana play ground lho! Lokasinya berada tak jauh dari area kolam renang.

Kamu bisa mengajak si kecil untuk bermain trampolin dengan aneka bentuk yang berdiri kokoh di atas tanah yang dipenuhi rerumputan taman.

3. Gazebo

Tak ketinggalan, beberapa gazebo juga turut berjajar di sepanjang area kolam. Biasanya dimanfaatkan para pengunjung untuk meletakkan barang-barang sebelum terjun ke kolam renang yang segar itu.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan gazebo-gazebo tersebut untuk bersantai sambil bersantap ria bersama keluarga tercinta.

4. Kamar Mandi

Di sekitar kolam renang juga terdapat beberapa kamar mandi yang airnya juga mengalir langsung dari sumber mata air di sekitarnya.

Oleh karena itu, airnya pun juga sangat jernih dan segar bahkan cenderung lebih dingin. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membilas diri setelah bermain berjam-jam di kolam renang.

5. Kedai Makanan

Saat perutmu mulai keroncongan, kamu bisa mendatangi warung-warung yang berjajar di Pemandian Sumber Ringin dengan beragam variasi menu yang ditawarkan.

Mulai dari jajanan seperti gorengan, cilok, beragam snack, hingga makanan-makanan berat seperti bakso, mie instan, lalapan, serta berbagai menu makanan lezat lainnya.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Kamu bisa menikmati setiap menu yang ada sambil menikmati pemandangan sekitar di atas gazebo-gazebo yang berjajar di sana.

6. Tempat Parkir

Jangan khawatir untuk menghabiskan waktu seharian pun di tempat wisata yang asyik ini. Lantaran tempat ini juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas.

Untuk kendaraan roda 2 hanya dibebani biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk roda 4 cukup membayar 5 ribu rupiah saja untuk jasa parkir.

Demikian beberapa ulasan tentang wisata pemandian Sumber Ringin Tumpang. Kamu bisa mengajak seluruh keluarga lantaran tempat ini juga cocok untuk aktivitas berpiknik bersama keluarga.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera ajak keluarga atau kerabat untuk menghabiskan waktu liburan di tempat Pemandian Sumber Ringin yang penuh keseruan ini.

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.