big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Pantai Payangan Jember, Destinasi Wisata Terfavorit Para Traveler Review Lengkap

Pantai Payangan Jember

Pantai memang menjadi salah satu pilihan destinasi wisata favorit para traveler. Di Indonesia sendiri tepatnya di kota Jember ada banyak destinasi wisata pantai yang sangat indah.

Salah satu contoh destinasi pantai Payangan merupakan destinasi wisata alam berupa pantai yang pantang untuk kamu lewatkan. Saat liburan ke pantai ini kamu akan disuguhi deburan ombak indah yang dapat dinikmati dari atas bukit.

Tak hanya itu saja, pantai ini juga memiliki banyak sekali pesona. Kira-kira apa saja pesona yang dimilikinya? Yuk intip pembahasannya berikut ini!

Alamat, Rute dan Transportasi ke Pantai Payangan Jember

Pantai ini beralamatkan di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu Jember. Jika dari pusat kabupaten Jember pantai ini memiliki jarak sekitar 38 km. Waktu tempuh yang harus kamu lalui adalah satu jam an. 

Rute perjalanannya sendiri akan lewat jalan Semeru, Jalan Jember-Ambulu, Jalan Koplar Soetomo, jalan Raya Suyitman dan tentu saja jalan Watu Ulo juga. Selain itu kamu juga bisa melewati rute tercepat dengan lewat jalan Nasional III Jember-Lumajang. Jika kamu sudah sampai di perempatan Pasar Mangli lanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Jalan Otto Iskandar Dinata. 

Dari perempatan pasar mangle tersebut kamu hanya perlu mengikuti jalan utama ke arah selatan dengan jarak sekitar 30 kilometer. Nantinya kamu akan melihat plang petunjuk jalan untuk bisa sampai ke Pantai Payangan. Kamu hanya perlu mengikuti jalan yang ditunjukan oleh plang itu saja. 

Untuk transportasi yang bisa digunakan sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor maupun mobil karena jalannya sudah cukup bagus dan beraspal. 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Payangan Jember

Jam operasional atau buka pantai ini adalah setiap hari selama 24 jam full. Untuk masuk ke kawasan wisata pantai kamu perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 7.500 per orangnya. Disamping tiket masuk kamu juga perlu membayar biaya parkir. Besarnya biaya parkir tergantung dari jenis kendaraan yang kamu gunakan. 

Kendaraan motor roda dua akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000. Adapun untuk kendaraan roda empat atau mobil biaya parkirnya adalah Rp 10.000. Harga ini memang termasuk cukup mahal jika membandingkannya dengan pantai lain. Meski begitu semuanya akan sesuai dengan kepuasan dan keindahan pantai yang akan kamu dapatkan. 

Sejarah Pantai Payangan Jember

payangan
Instagram.com/pesonajember

Sebelum masuk ke pembahasan tentang pesona Pantai Payangan kamu juga perlu mengetahui sejarah asal usul pantai ini. Meskipun pada kenyataannya sejarah tentang Pantai Payangan tak diketahui secara pasti namun masyarakat setempat mengatakan jika dulunya pantai ini dimanfaatkan oleh para nelayan untuk istirahat sejenak dan mencari ikan. 

Akan tetapi seiring dengan pariwisata di Bali yang mengalami perkembangan membuat Pantai ini mulai dikenal oleh para wisatawan sebagai pantai dengan pemandangan indah dan ombak yang ideal untuk berselancar. Dalam beberapa tahun terakhir pantai Payangan semakin populer. 

Mulai banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk bersantai atau sekedar menikmati pesona keindahan alamnya. Bahkan seiring berjalannya waktu para anak muda di Jember juga mulai tertarik dengan potensi wisata di kotanya seperti Pantai Payangan. 

Dengan fasilitas yang terbatas kemudian para anak mudah tersebut mulai memviralkan keindahan pantai ini lewat media sosial. Tujuannya adalah untuk mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Dari situlah kemudian muncul keinginan untuk meningkatkan potensi wisata tersebut. 

Para anak mudah dan Masyarakat sekitar pun selanjutnya bergotong royong untuk merawat pantai ini. Tak hanya itu saja fasilitas untuk wisatawan pun juga mulai disiapkan. Perlahan namun pasti Pantai Payangan sudah mulai memiliki pengunjung dari dalam dan luar daerah. 

Selanjutnya pantai Payangan terus dikembangkan hingga mampu menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jember hingga saat ini. Pihak pemerintah setempat juga sudah mulai melakukan berbagai usaha untuk memperbaiki dan menjaga kebersihan pantai supaya bisa tetap dinikmati oleh wisatawan.

Mitos yang Ada di Pantai Payangan Jember

Beberapa wisata pantai umumnya memiliki mitos yang dipercaya oleh Masyarakat sekitar. Hal ini juga berlaku untuk pantai Payangan Jember. Berikut ini adalah beberapa mitos yang dipercaya oleh Masyarakat tentang Pantai Payangan. 

1. Ada Penguasa Laut Selatan Jawa

Secara umum eksistensi pantai selatan Jawa memang sangat identik dengan hal-hal yang berbau mistis. Misalnya saja seperti keberadaan Kerajaan gaib sampai adanya sosok penguasa nya yaitu Nyai Roro Kidul. Kisah tentang Nyai Roro Kidul ini tentunya tidak akan bisa lepas dari hal-hal gaib di pantai selatan termasuk Pantai Payangan.

Pasalnya lokasi Pantai Payangan yang berada di selatan kecamatan Ambulu yaitu di desa Sumberejo menambah kesan mistisnya. Seringkali orang-orang percaya bila pantai yang ada di sana seperti Pantai Payangan ini menjadi tempat yang strategi untuk melakukan suatu ritual. 

Mitosnya dengan memberi persembahan sesajen sampai tumbal maka semua keinginannya bisa tercapai. Bahkan banyak yang datang untuk memperkuat pusaka yang dimilikinya, meminta keselamatan dan lain sebagainya. 

2. Terdapat Pulau Gaib

Mitos lain yang ada di Pantai Payangan adalah tentang keberadaan pulau gaib. Pulau gaib ini seringkali disebut sebagai Pulau trembini oleh Masyarakat sekitar. Sebenarnya keberadaan dari pulau ini sendiri belum ada kejelasan. 

Ada yang bilang jika pulau yang satu ini memang ada di sekitar Pantai Payangan. Di sisi lain ada juga yang bilang berada di dekat pulau Nusa Barong. Bahkan ada juga yang mengatakan jika pulau ini berada di sekitar pantai selatan Jawa yaitu mulai dari Jember hingga Malang. 

Katanya pulau gaib ini hanya dihuni oleh kaum Perempuan saja. Jadi pulau ini terlarang untuk para laki-laki. Mitosnya selain dilarang untuk laki-laki manusia pun tidak boleh memasukinya. Apabila Ada manusia yang terjebak atau memang sengaja untuk memasukinya maka dia tak akan bisa kembali dalam keadaan hidup.

Meski kebenaran mitos ini belum terbukti namun Masyarakat sekitar sangat mempercayainya. Bahkan mitos ini dipercaya hingga turun temurun oleh Masyarakat banyak, terutama yang berprofesi sebagai seorang nelayan. 

3. Keberadaan Perbukitan Mistis

Perlu kamu tahu jika Pantai Payangan memang mempunyai beberapa bukit kecil disekitarnya. Paling tidak ada sekitar empat buah bukit yang dikenal oleh Masyarakat. Bukit tersebut adalah Bukit Seroyo atau gunung Wedus, bukit Samboja, bukit Seruni dan bukit Syarat. 

Bagi wisatawan mungkin Bukit Samboja menjadi salah satu bukit yang paling sering dikunjungi karena aksesnya yang tergolong paling mudah. Di bukit ini wisatawan bisa bebas berfoto, menikmati pemandangan atau sekedar menanti datangnya matahari tenggelam. 

Sementara itu untuk bukit Seroyo dan Seruni masing-masing ada dua goa yang merupakan peninggalan Jepang. Goa itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Akan tetapi bukit yang ada di antara Bukit Seroyo dan Bukit Samboja yaitu Bukit Syarat konon memiliki kisah misterius. 

Menurut warga sekitar di atas bukit tersebut ada sebuah makam tua yang merupakan makam seorang tokoh bernama Pati Ulung. Di Bukit Syarat banyak sekali orang, terutama dari luar kabupaten Jember atau kecamatan Ambulu sering melakukan ritual. 

Menurut mitos bila ada orang melakukan ritual di atas Bukit Syarat maka semua permintaannya akan terkabul. Baik itu permintaan untuk urusan duniawi maupun permintaan yang berhubungan dengan masalah spiritual lainnya. 

Terlepas dari mitos dan kisah-kisah mistis yang menyelimuti Pantai Payangan tetap saja kamu harus ingat jika kekuatan sejati sesungguhnya hanya berasal dari tuhan. Kamu juga sebaiknya tidak terlalu bergantung pada kepercayaan maupun ritual tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu sebagai tempat wisata pantai ini memang sangat indah dengan beragam daya tarik yang ditawarkannya. 

Daya Tarik Pantai Payangan Jember

Pantai Payangan Jember mempunyai beberapa pesona yang menjadi daya tarik tersendiri. Daya tarik tersebut bahkan yang membuatnya populer di kalangan wisatawan seperti:

Memiliki Bentuk Pantai yang Unik

Daya tarik yang cukup unik dari pantai ini adalah bentuk pantainya yang sangat unik. Pantai Payangan diketahui memiliki bentuk yang mirip dengan simbol cinta. Ada sebuah teluk yang membentuk sebuah sudut mirip dengan hati yang merupakan simbol cinta.

Ada juga sebuah gundukan bukit kembar di Seberang sudur pantai sehingga apabila kamu melihatnya dari atas maka akan terlihat sangat mirip dengan lambing cinta. Ini jugalah yang menjadi salah satu alasan kenapa Pantai payangan akan sangat cocok dikunjungi oleh pasangan kekasih atau suami istri yang berbulan madu. 

Pantai dengan Karakteristik yang Beda

Daya tarik lain dimiliki oleh pantai ini ada pada karakteristik pantainya yang berbeda. Pantai Payangan Jember mempunyai tiga bagian pantai yang karakteristiknya tidak sama satu dengan lainnya.Pada bagian utara pantai ini mempunyai pasir pantai yang berwarna hitam. 

Berbeda lagi dengan bagian tengahnya yang terdiri dari bebatuan dengan bentuk yang unik dan cantik.Sementara itu lengkungan pada bagian selatan pantai terdiri dari padang rumput yang hijau dan asri. Bagian selatan ini juga seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk camping. 

Keindahan Alamnya

payanganbea
Instagram.com/kholisasaamnh

Setiap sudut dari kawasan wisata pantai ini memiliki pesona keindahan alam luar biasa yang tiada duanya. Kamu bisa melihat berbagai jenis pemandangan pada satu kawasan yang sama. Mulai dari tumpukan bebatuan yang unik hingga hamparan laut biru yang luas. 

Untuk mendapat pemandangan yang terbaik kamu bisa naik ke atas bukit. Hal ini karena Pantai Payangan ini dikelilingi oleh bukit-bukit indah yang seolah menjadi sebuah pelindung dari pantai. Salah satu bukit yang dimaksud bernama bukit Seroyo. Lokasinya ada di bagian sisi timur pantai Payangan. Dari puncak bukit Suroyo kamu bisa menyaksikan pemandangan khas dari pantai Payangan yaitu teluk love. 

Selain itu kamu juga bisa menikmati keindahan alam patai ini dengan naik ke atas bukit Samboja. Bukit yang satu ini ada di sebelah barat daya pantai. Bukit ini menjadi pembatas antara area pantai nelayan dengan pantai yang dipenuhi dengan batu karang. Jalan untuk menuju puncak bukitnya mudah karena telah dilengkapi dengan anak tangga. 

Saat menaikinya kamu akan melihat indahnya pemandangan hamparan bunga warna-warni di sebelah kanan dan kiri. Tak hanya itu saja, dari bukit Samboja kamu juga bisa menyaksikan pemandangan yang menakjubkan dari atas ketinggian. 

Menariknya lagi kamu juga bisa melihat garis pantai Roro Ayu hingga pantai Canga’an yang melengkung layaknya bulan sabit. Untuk menambah kenyaman menikmati keindahan alam pantai Payangan di puncak bukit ini sudah dilengkapi gazebo. 

Keindahan Sunset dan Sunrise Nya

Payangan Jember
Instagram.com/abdi.luthfy

Daya tarik yang pastinya bisa kamu temukan di pantai Payangan adalah keindahan sunset dan sunrisenya. Payangan sendiri memang menjadi salah satu pantai yang mempunyai pemandangan sunrise dan sunset yang sangat menakjubkan. 

Kamu bisa menikmati pesona sunrise di pagi hari saat matahari terbit dan menyebar ke semua kawasan pantai Payangan. Pada waktu itu kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah. Saat menjelang sore pemandangan sunset juga tak kalah mempesona. 

Sunset sore dimana matahari perlahan-lahan menghilang karena terbenam di sebelah barat laut. Saat matahari tenggelam sinarnya akan memberikan warna cantik di langit dan air laut di sekitar pantai. Kedua pemandangan tersebut tentunya akan cocok untuk dinikmati jika memang benar-benar ingin merasakan keindahan alam Pantai Payangan. 

Selain itu menyaksikan pemandangan tersebut juga akan memberikan pengalaman berkesan yang tak terlupakan. Jika kamu ingin menikmati pemandangan ini maka datanglah lebih awal dan menunggu di tepi pantai atau bisa juga menunggu di atas bukit yang mengelilingi pantai. Akan lebih baik lagi jika kamu menginap dengan melakukan camping. 

Goa Jepang

Selain pesona pantainya kamu juga akan menemukan daya tarik lainnya yang mungkin hanya bisa kamu temukan di Pantai Payangan. Daya tarik tersebut adalah Goa Jepang. Goa kecil ini diketahui berisi beberapa penggalan Jepang. 

Letaknya sendiri cukup dekat dengan Pantai Payangan. Goa Jepang ini dianggap bersejarah. Tak hanya itu saja Goa ini juga seringkali dijadikan sebagai objek foto yang indah dan menarik. Meskipun sejarah dari goa ini sendiri belum banyak diketahui namun kamu tetap bisa mengunjunginya dan berfoto do dalam goa peninggalan Jepang yang satu ini. 

Tumpukan Batu yang Estetis

Pantai Payangan mempunyai batu-batu yang cukup banyak. Meski begitu kamu tak perlu khawatir karena batu ini telah dikumpulkan ke satu lokasi. Batu tersebut kemudian disusun dengan rapi dan indah sehingga bisa menjadi objek foto yang menarik. Kamu juga masih bisa menyaksikan susunan batu karang alam di dekat bukit. 

Susunan karang tersebut membentuk sebuah celah yang berisi air laut dangkal. Kamu bisa bermain dan melihat biota laut yang hidup melalui sela-sela karang tersebut. Biota yang dimaksud disini bisa berupa kepiting, udang, ikan kecil, kerang dan lain sebagainya. Meski begitu kamu juga harus tetap menjaga kelestarian dari ekosistem yang hidup di karang tersebut. 

Berbagai daya tarik diatas tentunya akan lebih menarik jika disaksikan secara langsung. Oleh karenanya tak ada salahnya untuk segera membuat jadwal liburan ke pantai Payangan. Apalagi disamping daya tarik pantai ini juga menawarkan berbagai kegiatan seru yang bisa kamu coba.

Apa Saja Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Payangan Jember?

Liburan ke pantai pastinya tak akan seru jika kamu hanya berdiam diri saja. Untuk itulah tak ada salahnya untuk mencoba berbagai kegiatan yang ditawarkan oleh wisata pantai ini. Lantas apa saja yang bisa dilakukan di pantai Payangan Jember? Berikut daftarnya:

1.Bermain di Pasir Tepi Pantai

Meski pasir di pantai Payangan berwarna hitam dan gelap namun teksturnya sangatlah lembut. Bahkan butiran pasir pantai ini sangat nyaman sebagai pijakan sehingga cocok untuk kamu jadikan media bermain. 

Tak heran ada banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Misalnya saja bermain membuat istana pasir, membuat tulisan atau sekedar seru-seruan mengubur tubuh dengan pasir yang lembut bersama keluarga atau sahabat. 

Kamu juga bisa mencoba bermain bola voli atau bola di pantai dengan aman. Hal ini karena tidak ada karang kecil tersembunyi di balik pasir pantainya. Oleh karena itu bermain di area pasir menjadi sangat aman baik untuk dewasa maupun anak-anak. 

Selain bermain kamu juga bisa bersantai duduk-duduk di pasir pantai sambil menikmati pemandangan hamparan pasir yang luas dan merasakan sejuknya hembusan angin laut. 

2. Naik Kuda Keliling Pantai

Kamu juga bisa naik kuda keliling pantai untuk melihat keindahan dari pantai ini. Untuk kudanya kamu bisa menyewa. Harga sewanya tergolong murah yaitu Rp 20.000 saja untuk satu jam berkeliling. Kegiatan ini tentunya akan menyenangkan dan harus kamu coba.

3. Jalan-Jalan ke Goa Jepang

Jalan-jalan ke Goa Jepang yang ada di bibir pantai Payangan tentunya menjadi salah satu kegiatan yang cukup menarik. Goa ini sendiri memang tidak terlalu besar. Bahkan ukurannya termasuk kecil. Meski begitu didalamnya ada berbagai benda bersejarah peninggalan Jepang. 

Selain jalan-jalan kamu juga bisa sekalian belajar Sejarah di goa ini. Kamu juga bisa mengambil foto-foto cantik karena goa ini bisa kamu manfaatkan menjadi latar belakang foto yang estetis. Jika kamu memang ingin mengambil foto di goa ini sangat disarankan untuk berfoto saat matahari terbenam sehingga kamu bisa sekalian menangkap indahnya momen sunset. 

4. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pantai Payangan Jember cukup populer akan keindahan sunrise dan sunsetnya. Untuk itulah saat berkunjung ke pantai ini pastikan kamu menikmatinya dan tidak melewatkannya. 

5. Camping

Camping di Pantai Payangan adalah kegiatan yang asik untuk menikmati liburan dengan suasana alam yang asri dan udara yang menyejukan. Pantai yang satu ini mempunyai pesona alam yang sangat mempesona dengan pasir putih dan ombak yang besar sehingga cocok untuk surfing. 

Tak hanya itu saja pantai ini juga dikelilingi oleh bukit hijau yang membuatnya jadi lebih sejuk dan menyegarkan sehingga cocok untuk menjadi lokasi camping. Apalagi di sekitar pantai ini juga ada beberapa lokasi khusus untuk camping yang bisa kamu pilih. 

Lokasi ini memang disediakan oleh pihak pengelola pantai. Disamping itu kamu juga bisa mencoba dan mencari spot camping di sekitar hutan yang ada di pantai ini. Meski begitu pastikan kamu tetap hati-hati. Selalu utamakan keselamatan dan keamanan selama camping. 

6. Mancing

Untuk kamu yang hobi mancing liburan ke pantai Payangan bisa menjadi pilihan yang tepat. Alasannya karena kamu bisa memancing di pantai ini. Pantai yang satu ini sangat populer di kalangan pemancing, terutama pemancing ikan kakap dan tapah. 

Ada beberapa spot khusus memancing yang bisa kamu manfaatkan di pantai Payangan. Salah satunya spot pesisir pantai. Di spot ini ada banyak sekali ikan tapah dan ikan kakap yang bisa kamu jadikan target. Spot yang satu ini juga seringkali dan menjadi spot mancing favorit para pengunjung. 

Selain pesisir pantai, Sungai juga menjadi spot memancing yang populer. Di pantai payangan ada beberapa Sungai kecil yang memang sering dimanfaatkan untuk mancing. Sungai-sungai ini sendiri diketahui mempunyai air yang sangat jernih dan bersih. Jadi wajar jika Sungai ini sangat cocok untuk dijadikan spot memancing ikan air tawar seperti bawal, lele dan nila. 

Jika tak ingin di kedua spot yang telah disebutkan sebelumnya kamu juga bisa memancing di perairan laut. Spot ini akan sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari tantangan yang lebih seru. Di spot perairan laut ini kamu akan menemukan berbagai jenis ikan besar seperti tenggiri, tuna dan ikan layur. 

Namun jika ingin ke spot ini kamu harus menggunakan kapal atau perahu. Di samping itu jangan lupa untuk selalu memperhatikan aturan yang ada dan menjaga kebersihan selama memancing agar tak merusak lingkungan. 

7. Wisata Kuliner

Di sekitar pantai Payangan terdapat warung yang berjejeran. Kamu bisa memanfaatkan warung tersebut untuk kegiatan wisata kuliner. Ada banyak sajian olahan hasil laut yang dapat kamu temukan di warung-warung ini. Salah satu contohnya adalah ikan bakar.

Ikan bakar yang disajikan bersama dengan sambal dan nasi hangat tentunya akan sangat nikmat. Untuk kesegaran ikan ini pun juga tak perlu kamu ragukan. Hal ini karena ikan tersebut adalah hasil tangkapan langsung dari warga yang berprofesi sebagai nelayan. 

Jika berminat kamu juga bisa membeli ikan-ikan tersebut dari nelayan secara langsung. Untuk harganya sudah pasti akan jauh lebih terjangkau karena tidak menggunakan perantara. 

8. Hunting Foto

Hunting foto adalah kegiatan yang pastinya tak boleh kamu lewatkan. Dengan kawasan yang sangat indah akan sangat sayang jika kamu tidak mengabadikan momen di pantai ini. Kamu bisa mencari objek foto landscape yang indah. Kamu juga bisa memanfaatkan hamparan laut yang indah sebagai background foto yang keren. 

Untuk kamu yang sedang mencari tempat foto untuk prewedding Pantai Payangan juga bisa menjadi pilihan. Ada banyak sekali spot yang bisa kamu gunakan. Beberapa diantaranya ialah:

  • Spot di atas bukit: Pantai ini mempunyai bukit yang cukup tinggi dengan pemandangan yang sangat indah. Oleh karenanya bukit ini bisa kamu jadikan sebagai spot foto untuk acara prewedding maupun spot selfie biasa
  • Spot di Tepi Pantai: Tak jauh dari bukit kamu akan menemukan tepian pantai yang mempunyai pasir indah yang dipadukan dengan birunya air laut. Spot yang satu ini tentunya akan sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat untuk mengambil foto prewedding
  • Spot di Dalam Goa: Pantai Payangan Jember memiliki goa yang letaknya tidak jauh. Goa ini cukup populer dikalangan para wisatawan karena selain bersejarah juga cukup menarik untuk menjadi lokasi mengambil foto. Kamu juga bisa memanfaatkan spot yang satu ini untuk mendapat hasil foto yang bagus.
  • Spot Foto di atas Perahu: Spot foto di atas perahu bisa menjadi pilihan lainnya untuk mendapat hasil foto prewedding yang keren. Spot ini akan memberikan kamu kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang laut dan bukit yang indah. 
  • Spot di dekat Air Terjun: Tak jauh dari Pantai Payangan terdapat sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Air Terjun Goa cemara. Kamu bisa memanfaatkan spot ini untuk mengambil foto prewedding. Latar belakang air terjun dan hutan hijau yang asri pastinya mampu membuat hasil fotomu jadi lebih bagus. 

Fasilitas yang Ada di Pantai Payangan Jember

Secara keseluruhan pengelola pantai ini sudah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai dang lengkap. Beberapa contoh fasilitas yang bisa kamu gunakan diantaranya ada tempat parkir, toilet atau kamar mandi, gazebo, mushola dan lain sebagainya.

Selain itu ada juga fasilitas pendukung lainnya yang akan menambah kenyaman kamu selama liburan di pantai ini. Fasilitas tersebut berupa spot foto keren, warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan khas yang kekinian dan berbagai wahana permainan seru.

Larangan dan Aturan yang ada di Pantai Payangan Jember

Di bawah ini adalah beberapa larangan dan aturan yang ada di Pantai Payangan yang perlu kamu perhatikan:

  • Sangat dilarang melakukan pengrusakan atau mengambil flora dan fauna yang ada di sekitar pantai
  • Tidak boleh membawa senjata tajam atau benda lainnya yang bisa membahayakan pengunjung lain
  • Dilarang merokok saat ada di area pantai
  • Tidak boleh membawa maupun menggunakan narkoba dan minuman keras di area pantai
  • Dilarang melakukan kegiatan yang bisa mengganggu ketertiban umum seperti melakukan tindakan yang mengganggu pengunjung lain atau berteriak-teriak secara berlebihan
  • Dilarang membuang sampah secara sembarangan di area pantai dan pengunjung wajib membuangnya di tempat sampah yang telah disediakan
  • Wajib mematuhi aturan lalu lintas yang ada di sekitar pantai seperti tidak parkir secara sembarangan

Untuk menjaga keamanan dan keindahan Pantai Payangan, kamu harus mematuhi semua aturan dan larangan yang ada di atas.

Rekomendasi Wisata di Sekitar Pantai Payangan Jember

Di sekitar Pantai Payangan ada beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Jadi sekalian jalan kamu bisa mampir ke tempat wisata berikut ini:

Pantai Papuma

Rekomendasi yang pertama adalah Pantai Papuma. Pantai ini terletak di desa Lojejer, kecamatan Wuluhan, di pesisir selatan Jawa Timur. Apabila dari pantai Payangan jaraknya sekitar 28 km/ Pantai Papuma memiliki banyak hal yang indah untuk dilihat.

Pasir putih Papuma yang bersih dan indah menarik wisatawan asing untuk berjemur di pantai. Selain keindahan alamnya, pantai ini memiliki banyak fauna, termasuk biawak, ayam alas, burung dengan berbagai jenis, babi hutan, rusa, landak, dan trenggiling.

Pantai Watu Ulo

Salah satu tempat wisata terbaik di Jember yang dekat dengan Pantai Payangan adalah Pantai Watu Ulo. Pantai Watu Ulo menarik banyak pengunjung selama liburan, terutama selama hari raya seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru. 

Hal Ini karena banyaknya hal menarik dan fasilitas yang tersedia di sana. Lokasinya sendiri juga tidak terlalu jauh dari kota dan kondisi jalannya yang baik, sangat mudah untuk mencapai Pantai Watu Ulo.

Dira Park Ambulu

Rekomendasi lain wisata yang dekat dengan Pantai Payangan adalah Dira Park ambulu. Di Jember, Jawa Timur, Dira Park Ambulu adalah tempat wisata populer untuk keluarga. Tempat wisata di Jember yang menggabungkan berbagai wahana dan atraksi wisata. 

Waterboom adalah wahana wisata utama, tetapi ada wahana lain yang seru dan menarik juga. Sangat cocok untuk liburan bersama teman, keluarga, atau anak-anak.

Teluk Love

Berada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Teluk Love berada di kawasan wisata Pantai Payangan. Namun, Pantai Payangan sangat luas. Untuk melihat Teluk Love, kamu harus pergi ke Bukit Suroyo, yang berada di paling selatan pantai Payangan.

kamu harus berjalan kaki ke kaki Bukit Suroyo untuk sampai ke lokasi. Jarak sekitar satu kilometer menuju Teluk Love. Mendaki bukit memang melelahkan, tetapi kelelahan akan terbayar dengan pemandangan yang indah. 

Informasi Hotel Murah di Dekat Pantai Payangan Jember

Liburan ke Pantai Payangan Jember dan wisata sekitarnya mungkin tak akan cukup jika kamu lakukan dalam sehari. Agar lebih puas kamu perlu liburan selama beberapa hari. Nah selama itu tentunya kamu akan membutuhkan tempat menginap. Berikut ini adalah informasi hotel atau penginapan murah yang jaraknya cukup dekat dari pantai Payangan:

1. Foresta Papuma Resort 

Penginapan yang pertama ada Forest Papuma Resort. Kamar-kamar di resort ini berada tepat di pinggir pantai dan memiliki halaman yang dipenuhi dengan pasir putih yang indah. Resort yang dikelola oleh perhutani ini terletak tidak jauh dari Pantai Payangan Jember. Suasananya yang indah diciptakan oleh rindangnya pepohonan pantai yang khas.

2. Forest Resort Papuma Villa Mahoni

Penginapan lain yang bisa kamu pertimbangkan ada Forest Resort Papuma Villa Mahoni. Resort yang satu ini mudah diakses dari wisata pantai. Setiap kamar di villa ini, mirip dengan Foresta Papuma Resort, dibangun dalam bentuk bilik kecil yang indah dan nyaman. Kamu dapat menikmati istirahat malam yang indah di sana.

3. Hotel Ambulu Jember

Hotel ini agak jauh dari kawasan Pantai Payangan, tetapi kamu dapat menikmati semua fasilitasnya yang mewah. Setiap kamar memiliki AC, TV, WIFI, dan tempat tidur yang nyaman. Ada juga ruang bersantai yang dirancang khusus dengan pemandangan hamparan sawah yang indah.

Tips Liburan ke Pantai Payangan Jember

Jika kamu berencana untuk pergi liburan ke Pantai Payangan, ini adalah beberapa tip yang dapat membantu yaitu:

Bersiaplah Dengan Baik

Pantai Payangan memiliki banyak area yang berbeda untuk dikunjungi, beberapa di antaranya dapat menjadi cukup menantang. Mengunjungi air terjun atau mengunjungi pulau-pulau terpencil adalah salah satu contohnya. Pastikan kamu dalam kondisi kesehatan yang baik dan memakai pakaian dan sepatu yang nyaman.

Siapkan Perlengkapan yang Tepat

Selain pakaian dan sepatu yang nyaman, kamu juga harus membawa perlengkapan yang tepat, seperti kacamata hitam, topi, dan sunblock. Disamping itu, pastikan kamu membawa cukup air minum untuk menghindari kekurangan cairan. Jangan lupa untuk membawa makanan ringan agar liburan makin seru

Perhatikan Kondisi Cuaca

Di Pantai Payangan, cuaca dapat berubah-ubah sepanjang hari, jadi pastikan kamu memantau perkiraan cuaca dan siapkan payung atau jas hujan jika diperlukan.

Bawa Uang Tunai yang Cukup

Meskipun beberapa tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit atau transfer, pastikan kamu memiliki cukup uang tunai untuk membayar tiket masuk atau berbelanja.
Patuhi Aturan dan Jangan Merusak Lingkungan

Pantai Payangan, seperti tempat wisata alam lainnya, memiliki aturan untuk tidak merusak lingkungan dan meninggalkan sampah. Pastikan kamu mematuhi aturan ini dan membawa kembali sampahmu agar tidak merusak pemandangan yang indah di sekitar pantai.

Pantai Payangan memang merupakan tempat wisata dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Untuk itulah tempat wisata pantai yang ada di jember ini menjadi tempat yang ideal untuk liburan dan rekreasi. 

Dengan pemandangan alamnya yang luar biasa, pantai ini menjadi destinasi favorit. Perbukitan hijau yang menyembul di tengah laut menambah keindahan pantai ini. Jadi kapan kamu akan liburan ke pantai Payangan Jember?

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments