Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Hutan Kota Gergunung, Ruang Terbuka Hijau Paling Hits di Klaten

Hutan Kota Gergunung

Kalau mau cari ketenangan tak usah jauh-jauh ke luar kota. Karena Klaten baru saja menghadirkan tempat wisata baru dengan konsep tak biasa. Dimana ada hutan di tengah kota yang dipenuhi pepohonan rindang, rerumputan hijau, tanaman bunga, dan aneka wahana permainan seru.

Wisata Klaten tersebut bernama Hutan Kota Gergunung, taman kota yang indah untuk aktivitas seru bersama keluarga saat berlibur di Klaten.

Alamat : Jalan Ki Ageng Gribig, Kwarsa, Gergunung, Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah 57434.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Gratis.
Jam buka : 24 jam.

Aktivitas Seru di Hutan Kota Gergunung

Wisata dengan konsep hutan di tengah kota mungkin terdengar aneh dan sedikit nyeleneh. Namun tidak bagi kota Klaten yang mampu mewujudkan hal itu dalam hitungan beberapa tahun saja. Terciptalah Hutan Kota Gergunung yang merupakan ruang terbuka hijau dengan luas lahan kurang lebih 4 hektare.

Arsitektur tamannya sendiri mengusung tiga tema sekaligus, yaitu rekreasi, konservasi, dan edukasi. Dalam artian kawasan itu bukan hanya berfungsi sebagai taman kota saja. Melainkan juga tempat rekreasi keluarga bagi warga lokal maupun luar Klaten.

Hampir setiap hari kondisinya selalu ramai dan tak pernah sepi pengunjung. Lantaran disana ada berbagai macam aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Kira-kira apa saja ya daftar aktivitasnya? Supaya kamu tidak penasaran langsung simak ulasan berikut ini.

Olahraga Pagi

Aktivitas pertama ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Apalagi kalau bukan olahraga pagi yang membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Dengan pemandangan alam hijaunya dan udara yang segar pasti siapapun akan merasa betah beraktivitas di Hutan Kota Gergunung.

Salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah jogging. Kegiatan lari-lari kecil mengelilingi area taman selama beberapa menit. Kamu tak perlu khawatir kaki kamu bakalan lecet. Sebab lintasannya sudah berupa berbatuan halus yang disusun rapi. Menariknya kamu bisa jogging walaupun tanpa menggunakan alas kaki.

Semisal kamu tidak terlalu suka jogging, alternatifnya bisa ikut kegiatan olahraga sepeda. Sembari mengayuh pedal dengan santainya kamu bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang mempesona. Namun, tetap waspada dan berhati-hati karena jalur untuk sepeda juga sering dilewati para pejalan kaki.

Bermain Bersama Burung Merpati

1687596854224
Sumber : Googlemap/Sakti Eldurra

Hutan Kota Gergunung memiliki sekumpulan kandang burung yang letaknya tepat di tengah kolam. Modelnya terlihat unik dengan hiasan cat warna beragam dari masing-masing rumah. Ada yang berwarna biru, kuning, hijau, dan merah. Di dalam kandang cantik itu tinggal segerombolan merpati dengan bulunya yang putih bersih.

Pengunjung tidak hanya melihat merpati dari kejauhan. Akan tetapi bisa juga berinteraksi secara langsung seperti berfoto bersama atau memberi makan. Sayangnya jika ingin memberi makan tidak diperbolehkan membawa pakan dari luar. Kamu wajib membelinya di tempat wisata dengan membayar sejumlah uang.

Memberi makan merpati di taman kota Klaten ini serasa terbawa masuk ke dalam negeri dongeng. Dimana adegan semacam itu biasa dilakukan oleh seorang putri kerajaan yang cantik nan jelita. Agar tidak kehilangan momen terbaik ini, ambil beberapa foto untuk dijadikan kenang-kenangan.

Bermain Woodball

Selain pemandangan orang jogging dan bersepeda, ternyata Hutan Kota Gergunung juga menyuguhkan permainan Woodball. Olahraga satu ini tergolong baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buat kamu yang penasaran silakan datang ke taman kota satu ini jika ingin mengenalnya lebih dekat.

Jangan takut kalau belum bisa memainkannya secara sempurna. Akan ada pelatih yang siap mengajari kamu cara bermain Woodball dengan benar. Sebelum itu pastikan kamu sudah menyiapkan peralatan yang diperlukan. Seperti bola kayu berdiameter ¾ inchi dan stik khusus bernama mallet.

Berburu Spot Foto

1687596498260
Sumber : Googlemap/Heru Handoko

Hutan Kota Gergunung menyediakan banyak sekali spot foto unik yang bisa kamu jadikan background foto. Salah satunya ada kandang merpati yang disusun berundak sehingga terlihat seperti melayang di udara. Hasil foto kamu akan tampak lebih bagus jika waktu pemotretannya saat pagi hari.

Keindahan sinar matahari berpadu dengan warna-warna dari kandang merpati seperti menampakkan kesan eksotis. Ditambah lagi dengan adegan sekumpulan burung merpati beterbangan dan kamu berdiri tepat di bagian bawah bersama pasangan. Pasti suasananya akan terasa lebih syahdu dan romantis.

Selain kandang merpati, masih ada spot foto lainnya berupa miniatur bangunan atau hewan yang sangat megah. Jumlahnya kurang lebih sekitar 8 miniatur. Diantara-Nya ada Gerabah Bayat, Ikan Nila Polanharjo, Menara Apem, Padi Delanggu, wayang kulit, Candi Sojiwan, dan Cerobong asap Pabrik Gula Gondang.

Delapan miniatur tadi tidak hanya berfungsi untuk spot foto. Akan tetapi juga sebagai sarana edukasi kepada para pengunjung agar mengenal tradisi dan kebudayaan Klaten. Setelah mengambil beberapa foto jangan lupa kamu upload di media sosial.

Mencoba Wahana Permainan

1687596585747
Sumber : Googlemap/Yunan Smart

Buat ayah bunda yang mengajak liburan sang buah hati pergi ke Hutan Kota Gergunung tak perlu khawatir. Wisata ini termasuk kawasan ramah anak. Terlebih lagi disana banyak wahana permainan seru yang pastinya akan membuat si kecil merasa senang.

Wahana pertama yang bisa anak-anak mainkan adalah komidi putar. Satu ini pasti sudah sering lihat bukan di pasar malam? Ya betul sekali, wahana permainan dengan patung kuda sebagai tempat duduknya dengan gerakan memutar searah jarum jam.

Wahan lainnya yang tak kalah seru adalah menaiki skuter dan kereta mini. Kamu bisa berkeliling area taman tanpa perlu capek-capek berjalan kaki. Kegiatan ini akan jauh lebih seru jika dilakukan bersama teman. Dan ketika sudah lelah cobalah mengajak si kecil istirahat sejenak di rumah balon sambil mengajaknya bermain.

Semisal bosan bermain di rumah balon, ajaklah si kecil seluncuran di playground anak. Selain berseluncur ria, anak-anak juga bisa bermain ayunan, jungkat-jungkit, atau menaiki jembatan tangga yang terhubung dengan perosotan.

Fasilitas Umum

Fasilitas umum pertama yang bisa dimanfaatkan pengunjung adalah area parkir. Tempat tersebut berfungsi untuk memarkirkan kendaraan pribadi dengan membayar biaya parkir. Untuk sepeda motor tarifnya Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

Selanjutnya ada fasilitas toilet bersih. Pihak pengelola telah menyiapkan toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan. Di sekitar taman juga ada mushola untuk tempat ibadah pengunjung muslim.

Disediakan pula bangku taman yang letaknya terpencar. Jumlahnya cukup banyak jadi kamu tak usah khawatir tidak kebagian. Lebih mengejutkan lagi pihak pengelola juga menyediakan panggung terbuka untuk menggelar berbagai acara.

Tips Berkunjung

Sebagai saran saja, sebaiknya kamu datang ke Hutan Kota Gergunung waktu hari kerja saja. Karena kalau akhir pekan biasanya ramai dan penuh sesak dengan pengunjung dari berbagai daerah. Sementara di hari kerja suasananya terlihat sepi dan jumlah pengunjung juga terbilang sedikit.

Kamu pun bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar tanpa adanya gangguan seperti suara-suara bising. Pastikan juga kamu datang saat cuaca sedang cerah. Jangan datang pas langit tengah mendung yang mana membuat pengambilan gambar di spot fotonya tidak tampak bagus.

Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan adalah tentang barang bawaan. Selalu berhati-hati dan jangan sampai lengah dari pandangan kamu. Biasanya tempat umum rawan terjadi pencurian barang.

Apakah kamu sudah punya rencana liburan ke Hutan Kota Gergunung? Kalau belum sebaiknya segera buat persiapan dari sekarang. Jarang-jarang loh bisa bersantai sepuasnya di hutan tengah kota tanpa perlu membayar tiket masuk.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments