Oleh-oleh Khas Jogja, Dijamin Langsung Ingat Kota Jogja!

Oleh-Oleh Khas Jogja

Jika sudah melakukan kegiatan wisata tentunya tidak akan lupa membeli Oleh-oleh yang memang khas langsung dari kota yang kita kunjungi. Salah satu kota yang sering menjadi kunjungan untuk berwisata adalah Jogja dan tentunya tidak boleh dilewatkan untuk membawa Oleh-oleh khas Jogja.

Kota Yogyakarta memang mempunyai banyak sekali makanan yang bisa dijadikan sebagai bentuk buah tangan setelah datang mengunjunginya. Namun, Anda harus tahu informasi terkait Oleh-oleh apa saja yang benar-benar khas dari daerah Yogyakarta ini.

Kumpulan Jenis Oleh-oleh Khas Jogja, Pasti Langsung Paham dari Jogja!

Informasi kali ini akan memberikan daftar Oleh-oleh apa saja yang memang cocok dan khas untuk dibeli dari Kota Jogja. Tentunya saat kita membawa Oleh-oleh ini, penerima akan langsung paham bahwa Oleh-oleh tersebut memang berasal dari Jogja.

Inilah pilihan Oleh-oleh khas Jogja yang bisa Anda beli, yaitu:

1. Kue Bakpia

Siapa yang tidak kenal bakpia, makanan kue yang sudah menjadi ciri khas Kota Jogja ini memang sudah terkenal dan sangat legenda sejak tahun 1948. Hingga saat ini, gerai bakpia yang populer dan wajib Anda kunjungi adalah:

  • Bakpia Pathok 25
  • Bakpia Kurnia Sari
  • Bakpia Citra Premium

Setiap gerai ini akan mempunyai ciri khasnya masing-masing dan ini kembali lagi kepada selera pembeli. Tips dalam membeli bakpia adalah Anda lebih baik memilih yang kering agar bisa lebih tahan lama. Jika tertarik, berikut Official Bakpia Jogja.

2. Kue Yangko

Kue Yangko Jogja
Kue Yangko Jogja

Masih seputar makanan atau kue yaitu Yangko yang mempunyai tekstur dan rasa mirip dengan mochi. Kue ini memang cocok dikonsumsi untuk orang yang menyukai manis dan kenyal. Gerai yang masih terkenal saat ini adalah Yangko Pak Prapto. Link beli kue yangko.

Wisata Menarik Lainnya :  4 Destinasi Wisata yang Aman Selama Pandemi dan Tips Berwisata

3. Makanan Gudeg Kaleng

Tentu sudah banyak yang mengenal gudeg yang merupakan makanan khas dari Jogja. Saat ini sudah banyak penjual gudeg yang mulai berinovasi dengan membuat gudeg kaleng dan bisa dijadikan sebagai Oleh-oleh.

4. Kue Bakpia Kukus

Pasti Anda tidak akan melewatkan untuk membeli bakpia kukus yang sudah populer dan menjadi favorit di kalangan wisatawan selain bakpia pathok. Tekstur roti yang empuk dan melting membuat banyak orang menyukai makanan yang satu ini dijadikan sebagai Oleh-oleh.

5. Wedang Uwuh, minuman sehat

Oleh-Oleh Khas Jogja Wadang Uwuh
Oleh-Oleh Khas Jogja Wadang Uwuh

Wedang uwuh juga tampil sebagai minuman yang khas dari Jogja dan pasti disukai wisatawan dan warga lokal. Minuman ini berisi campuran rempah, yaitu jahe, kayu secang, cengkih, dan kapulaga.

Pengemasannya yang kering dan mudah dibawa, cocok sekali dijadikan sebagai Oleh-oleh dimana minuman ini hanya perlu diseduh saja untuk bisa dinikmati. Dinamakan sebagai wedang uwuh atau rempah karena memang berisi banyak rempah seperti tumpukan sampah.

6. Makanan Tiwul

Tiwul merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi yang berasal dari ketela pohon atau singkong. Kota Jogja sendiri membuat tiwul menjadi kudapan yang manis atau bisa dimasak menjadi nasi.

Tiwul memang cocok dijadikan sebagai Oleh-oleh karena sudah tersedia bentuk yang instan bahkan sudah banyak aneka rasa yang disediakan.

7. Makanan Geplak

Geplak adalah salah satu makanan khas dari Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan juga gula. Bentuk dari makanan ini bulat dan mempunyai warna yang beraneka warna. Keberadaan makanan ini tidak sulit karena hampir semua toko pasti akan menjualnya dan harga terjangkau.

8. Cemilan Peyek Tumpuk

Butuh Oleh-oleh yang bisa dijadikan cemilan yang gurih dan renyah? Maka Anda bisa mencoba untuk membeli peyek tumpuk. Peyek ini biasanya akan ditaburi kacang tanah atau teri, letak keunikannya adalah bentuk bulatnya dan tidak pipih.

Keberadaan peyek tumpuk ini berawal dari Mbok Tumpuk pada tahun 1975 dan hingga saat ini masih banyak orang yang mencarinya. Anda bisa temukan di beberapa toko Oleh-oleh dan juga pasar tradisional yang berada di Kota Jogja.

Wisata Menarik Lainnya :  Batik Bogor Tradisiku, Gerai Oleh-oleh Kota Hujan yang Mendunia

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa Anda beli sebagai bentuk Oleh-oleh khas Jogja jika memang Anda sedang berada di Kota Jogja. Ketika Anda membeli makanan tersebut, dijamin orang yang akan menerimanya sudah pasti tahu memang Oleh-oleh yang datangnya dari Jogja.

Rate this post
Wanita unik hobi piknik sedang belajar mengembangkan diri lewat tulisan serta usaha yang lebih baik dari sebelumnya.
Avatar for Silva Aurelia
Wanita unik hobi piknik sedang belajar mengembangkan diri lewat tulisan serta usaha yang lebih baik dari sebelumnya.