Museum Keris Nusantara, Sejarah, Koleksi dan Info Lengkap Wisata

Museum Keris Nusantara

Solo juga memiliki beragam museum menarik yang memberikan edukasi bernilai bagi wisatawan salah satunya Museum Keris Nusantara.

Bagi sebagian wisatawan yang pernah melakukan liburan di Solo bahkan bertempat tinggal di Solo, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Museum ini.

Museum Keris Nusantara merupakan warisan budaya yang patut dilestarikan. Dari namanya saja kita sudah bisa mengira bahwa Museum ini memiliki koleksi berbagai macam keris dilengkapi dengan sejarahnya tersendiri.

Keris sendiri merupakan salah satu senjata tradisional Indonesia yang cukup digandrungi oleh masyarakatnya. Untuk itu, Museum Keris melestarikannya dalam sebuah museum yang bisa kita kunjungi ketika akhir pekan.

Sejarah Singkat Museum Keris Nusantara

Museum Keris Nusantara dibangun pada tahun 2013, namun baru diresmikan pada tahun 2017. Semenjak kehadirannya pada tahun 2017, Museum yang menyimpan koleksi gaman keris ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan.

Museum Keris Nusantara tidak lepas dari identitas utamanya yakni senjata keris. Keris merupakan senjata tradisional Indonesia berjenis belati yang diperkirakan sudah digunakan sejak masa kejayaan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia.

Kebanyakan bentuk keris yang akan kita temukan yakni memiliki bentuk berliku. Namun bukan karena berliku, lantas keris termasuk senjata yang tumpul. Keris merupakan senjata tajam yang bisa menikam atau mengiris.

Bicara mengenai bangunan serta area yang ada di dalam sana. Museum Keris Nusantara ini memiliki bangunan berbentuk trapesium. Bangunannya yang berbentuk trapesium cukup mencolok dan menarik perhatian banyak wisatawan. Itulah salah satu faktor ramainya daya tarik tersendiri dari museum ini.

Di dalam bangunan tersebut, terdapat 4 ruangan berbeda yang bisa kita temukan. Ruangan tersebut dibagi berdasarkan jenis senjata tradisionalnya yakni keris, tombak, dan masih banyak lagi.

Koleksi Museum Keris Nusantara

2022 08 09
Foto via Googlemaps/Setyawan Arigatou977

Aktivitas utama yang bisa kita lakukan di Museum Keris Solo yaitu berkeliling area museum. Dengan berkeliling area, kita akan melihat berbagai koleksi menarik dari setiap keris yang ada.

Terdapat sekitar 409 koleksi keris yang menjadi kekayaan Museum Keris Nusantara. Keris-keris tersebut dikelompokkan berdasarkan jenis, ukuran, dan juga usianya. Bahkan, ada salah satu keris yang sudah berusia ratusan tahun.

Wisata Menarik Lainnya :  Cimory Dairyland Puncak - Singgah ke Peternakan Sapi Ala Amerika

Diantara 409 keris yang ada, wisatawan hanya diperbolehkan melihat 233 keris yang dipajang. Selebihnya, keris tersebut disimpan oleh pengelola dan akan tetap dipajang secara bergantian setiap satu bulan sekali.

Beberapa koleksi keris yang bisa kita temukan yakni Jangkung Mayang Luk 3, Jangkung Pacar Luk 3, Panji Kuda Luk 5, Sineserah Luk 5, dan masih banyak lagi. Menariknya, Museum Keris Solo juga memiliki koleksi keris Joko Widodo. Keris ini dihibahkan oleh Joko Widodo ke Museum Keris Nusantara. Keris Joko Widodo ini sengaja dipisahkan dari keris lainnya karena bernilai sekitar milyaran rupiah.

Selain koleksi kerisnya, Museum Keris juga menyimpan koleksi tombaknya. Ada sekitar 38 tombak yang akan kita temukan. Tombak sendiri merupakan senjata yang bisa digunakan untuk berburu dan berperang. Senjata yang satu ini berbentuk seperti tongkat dengan mata yang begitu tajam.

2019 12 11
Foto via Googlemaps/Winda Skadniw

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Museum Keris Nusantara Solo memiliki bangunan berlantai empat. Di mana setiap bangunan yang ada di sana memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Di lantai pertama wisatawan akan menemukan ruangan yang dinamakan wedaring wacana. Wedaring wacana ini merupakan pusat informasi di mana wisatawan bisa mengisi buku tamu dan mendapatkan souvenir gantungan berbentuk keris.

Di lantai dua, wisatawan akan menemukan berbagai macam koleksi keris lengkap dengan jenis keris, asal keris, model keris, dan segala macam informasi mengenai setiap keris tersebut. Lantai dua ini dinamakan purwaning wacana.

Sementara itu, di lantai ketiga wisatawan akan menemukan ruangan bernama Citra Adiluhung. Citra Adiluhung sendiri memiliki fungsi sebagai tempat yang menampilkan di orama pembuatan keris pada masa Candi Sukuh maupun Candi Borobudur. Di sana juga terdapat susuguh keris yang biasa menjadi ritual pada masa lalu.

Lalu di lantai empat ini wisatawan bisa melihat koleksi artefak keris dan beberapa keris yang cukup bernilai tinggi.

Selain menambah edukasi yang cukup bermanfaat, di Museum Keris Nusantara juga wisatawan bisa berburu foto dengan aneka keris yang ada di sana.

Wisata Menarik Lainnya :  Kampung Tematik Mulyaharja, Wana Wisata Edukasi Instagramable

Untuk mengisi perut, wisatawan bisa mampir ke salah satu kawasan food court yang ada di Museum Keris Solo. Ada beberapa menu makanan yang akan kita temukan di sana mulai dari soto, baso, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Untuk harga menu makanan yang ada di sana ditaksir dengan harga yang relatif murah yaitu mulai dari Rp 5.000.

Harga Tiket Museum Keris Nusantara

Wisatawan yang ingin masuk ke Museum Keris Nusantara untuk menambah edukasi seputar senjata tradisional Indonesia yang satu ini, kita akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 7.500 di hari Senin hingga Jumat dan Rp 10.000 di hari Sabtu dan Minggu.

Sementara itu, wisatawan asing akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 di hari Senin hingga Jumat dan Rp 20.000 di hari Sabtu dan Minggu.

Alamat Museum Keris Nusantara

Museum Keris Nusantara ini berlokasi di Jalan Bhayangkara No.2, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Map klik disini.

Jika wisatawan datang dari arah Stasiun Balapan, wisatawan hanya memerlukan waktu sekitar 13 menit untuk sampai di Museum Keris Nusantara.

Wisatawan bisa memusatkan tujuan ke arah Jalan Monginsidi ke arah Jalan Honggowongso. Dari sana kita hanya perlu masuk ke Jalan Bhayangkara.

Museum ini beroperasi setiap Selasa sampai Minggu. Untuk durasi waktu operasional Museum Keris Nusantara sendiri mulai dari pukul 09:00 WIB – 15:00 WIB.

Akomodasi

Wisatawan dari luar Solo yang masih ingin melakukan liburan di Solo, bisa banget mampir ke salah satu hotel berbintang yakni Hotel Sahid Jaya Solo yang berlokasi di Jalan Gajahmada No.82, Ketelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jarak tempuhnya dari Museum Keris Nusantara sekitar 4 menit perjalanan. Karena termasuk hotel bintang lima di Solo, Hotel Sahid Jaya Solo ini dilengkapi dengan fasilitas mewah. Harga yang ditawarkan pun cukup tinggi yakni ditaksir mulai dari Rp 887.000 per malam.

Wisatawan yang memiliki rencana liburan ke Solo, bisa banget menjadikan Museum Keris Nusantara ini sebagai tujuan utama.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.