Milkindo Green Farm, Wisata Edukasi Sapi Perah di Malang

Milkindo Green Farm

Milkindo Green Farm ini marak dibicarakan oleh para wisatawan karena berhasil menyuguhkan wisata edukasi menarik dengan tarif yang cukup terjangkau.

Mungkin wisatawan merasa tidak asing lagi dengan salah satu pabrik susu serta yoghurt besar di Indonesia yang tidak lain yaitu Cimory. Seperti halnya Cimory yang kita kenal, ada salah satu pabrik susu yang cukup terkenal di Malang. Pabrik tersebut bernama CV. Milkindo Berka Abadi. Pabrik ini berdiri sejak tahun 1984.

Lalu pada tahun 2000-an, pabrik ini mengembangkan usahanya menjadi wisata edukasi sapi perah yang diberi nama Milkindo Green Farm.

Banyak wisatawan yang membawa anak mereka pergi berlibur ke sini. Dengan fasilitasnya yang memadai juga kekinian tentu saja membuat pengunjung puas melakukan liburan di sana.

Area Milkindo Green Farm ini dirindangi dengan pepohonan hijau sehingga membuatnya begitu sejuk. Apalagi lokasi tempat ini cukup strategis karena berdekatan dengan beberapa tempat umum seperti merchant, resto, klinik dan juga penginapan.

Kehadiran Milkindo Green Farm ini cukup berpengaruh penting di Malang. Selain memberikan produk yang berkualitas, juga memberikan edukasi bermanfaat bagi para wisatawan yang melakukan liburan di sana.

Oleh karena itu, banyak wisatawan dari Malang maupun luar Malang yang memanfaatkan waktunya untuk datang.

Ulasan Milkindo Green Farm

Milkindo Green Farm ini memiliki area cukup luas yang dirindangi dengan pepohonan hijau sehingga membuat suasana terkesan sejuk.

Wisata ini sengaja memisahkan area parkirnya di sebrang lokasi. Jadi bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa berjalan kaki sedikit untuk sampai di loket pembayaran tiket masuk.

Setelah masuk ke dalam, wisatawan akan disambut oleh dua kandang sapi dengan jenis berbeda. Ada kandang sapi Frisian Holsteiner dan juga kandang sapi bule. Sapi Frisian Holsteiner merupakan sapi yang berasal dari Eropa tepatnya Belanda. Sapi ini dikenal sebagai sapi paling banyak memproduksi susu sapi segar.

Wisata Menarik Lainnya :  Serunya Edukasi Anatomi Tubuh Manusia Di The Bagong Adventure Museum

Wisatawan bisa memerah susu sapi dengan dua jenis sapi berbeda. Selain memerah susu, wisatawan juga bisa memberi dot susu pada sapi balita. Atau wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan memandikan sapi. Kegiatan ini tentu saja sangat menyenangkan serta dapat menambah keaktifan si kecil.

Selain sapi, wisatawan juga akan menemukan beberapa hewan lainnya seperti kelinci, domba, kolam lele, angsa, hingga kura-kura. Bermain bersama kelinci tentu menjadi hal menyenangkan bagi si kecil.

2021 02 12
Foto via Google maps/Dyah Kusuma Susanti

Apalagi, di sana juga kita bisa menyaksikan langsung pencukuran bulu domba. Biasanya bulu domba yang telah dicukur tersebut dimanfaatkan untuk membuat karpet, selimut, hingga jaket.

Bahkan, hal menarik lainnya, Milkindo Green Farm juga menyediakan beberapa wahana yang akan membuat s kecil semakin ceria. Wahana tersebut berupa kereta mini, trampoline, panahan, flying fox, menunggang kuda, menaiki sepeda ontel, electronic bike, dan masih banyak lagi.

Wisatawan juga bisa berenang di kolam renang yang ada di Milkindo Green Farm. Kolam tersebut dilengkapi denga sederet wahana yang berhasil menarik minat para pengunjung. Apalagi airnya yang jernih tentu saja membuat setiap orang yang melihatnya ingin segera merendam diri di sana.

Selain belajar seputar peternakan, Milkindo Green Farm juga memfasilitasi edukasi di bidang pertanian. Wisatawan bisa langsung turun ke sawah untuk belajar bertani hingga bermain lumur.

Dekat dengan lokasi persawahan, wisatawan bisa menemukan beragam rumah makan yang menyediakan aneka kopi, teh, mie instan, hingga nasi uduk. Untuk harga menu makanan serta minuman yang ada di sana ditaksir mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 27.000.

Harga Tiket Milkindo Green Farm

Wisatawan bisa masuk ke Milkindo Green Farm dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Tiket tersebut bisa ditukarkan dengan 150 ml susu sapi segar di area kandang sapi.

Dan bagi wisatawan yang ingin mencoba beberapa wahana yang ada di Milkindo Green Farm tersebut akan dikenakan tarif tambahan yang ditaksir mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 setiap wahana.

Wisata Menarik Lainnya :  Jalan-Jalan Plus Sembuhkan Sakit di Banyu Kuning Bojonegoro

Sementara untuk tiket parkirnya cukup bervariatif sesuai dengan jenis kendaraan dan durasi penitipan kendaraan tersebut. Dan harga menu makanan yang bisa wisatawan temukan di sana mulai dari Rp 5.000.

Lokasi dan Jam Buka

Milkindo Green Farm ini terletak di Ngempit, Tegalsari, Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Map klik disini.

Lokasinya berada di kawasan Malang Raya atau perbatasan antara Kota Malang dan Kabupaten Malang. Wisatawan bisa melihat navigasi melalui Google Maps yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit perjalanan dari Alun-Alun Kota Malang.

Milkindo Green Farm ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Pada hari-hari tertentu juga Milkindo Green Farm ini tutup pukul 17.00 WIB.

Akomodasi

Wisatawan bisa banget bermalam di Malang dengan datang ke salah satu hotel terdekat yaitu Grand Kanjuruhan Hotel yang terletak di Jalan Panglima Sudirman No.5, Ketawang, Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jarak tempuh menuju hotel ini bisa memakan waktu hingga 10 menit perjalanan. Hotel ini memberikan tarif penginapan yang bervariatif mulai dari Rp 370.000 hingga Rp 600.000 per malam.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.