Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Kampoeng Rawa Semarang, Perpaduan Tempat Wisata dan Restoran dengan Suguhan Alam Kehijauan yang Memukau

Kampoeng Rawa Semarang

Mau mencoba wisata kuliner dengan nuansa berbeda? Datanglah ke Kampoeng Rawa yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Kawasan tersebut merupakan objek wisata Semarang yang mengusung keindahan rawa sekaligus restoran yang cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Selain bisa menyantap berbagai macam hidangan lezat, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam mempesona.

Sejarah Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa adalah tempat wisata paling populer di Semarang. Wisata ini sudah lama ada sejak tahun 2004 lalu. Didirikan oleh sekelompok petani dan nelayan yang bertempat tinggal di sekitar Rawa Pening. Modal awal pendirian tempat wisata ini berasal dari Artha Prima Credit Union.

Artha Prima Credit Union sendiri merupakan lembaga kredit yang meminta masyarakat sekitar untuk membuka tempat wisata. Dengan sepenuh hati mereka membantu proses pendanaan dan memberikan beberapa pelatihan. Seperti melatih masyarakat sekitar menjadi seorang penjaga keamanan, kasir, dan pelayan.

Setelah proses perekrutan yang panjang, akhirnya terbentuklah Ikatan Kampoeng Rawa. Kelompok ini dibentuk pada tanggal 4 Agustus 2012 dengan anggota berjumlah 325 orang. Sebagian besar anggotanya berprofesi sebagai petani dan nelayan. Di mana mereka memiliki tugas untuk mengelola objek wisata Kampoeng Rawa.

Awal mula berdirinya wisata ini masih tampak sederhana. Pada saat itu ada beberapa bagian konstruksi yang belum selesai. Akan tetapi hal itu tidak mengurangi antusias masyarakat untuk berkunjung ke sana. Buktinya tepat di perayaan Hari Raya Idul Fitri kondisinya mulai ramai. Kurang lebih ada sekitar 2.000 orang yang datang.

Seiring berjalannya waktu namanya kian harum dan dikenal oleh masyarakat luas. Pada tahun 2013, wisatawan yang berkunjung meningkat drastis dengan jumlah kunjungan mencapai 14.000 orang. Diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat mengingat sekarang ini pihak pengelola gencar melakukan promosi di media sosial.

Ragam Aktivitas di Kampoeng Rawa

Mencari tempat makan di alam terbuka tidaklah susah jika kamu mengunjungi Semarang. Di sana ada sebuah destinasi unik bernama Kampoeng Rawa. Konsep yang diusung cukup menarik karena lokasinya memang berada di area outdoor. Dengan fasilitas restoran bernuansa alam membuat siapapun akan merasa betah berlama-lama.

Bagaimana tidak, sejauh mata memandang pengunjung akan melihat deretan pegunungan berkelok-kelok. Tak lupa hamparan danau luas dengan airnya sebening kristal. Jejeran area persawahan hijau di sekitar tempat wisata itu juga semakin menambah keindahannya. Maka jangan heran kalau udara di sini masih terasa sejuk dan alami.

Liburan di Kampoeng Rawa semakin seru dengan adanya wahana permainan. Semua jenis wahana tersedia lengkap. Ada yang untuk anak-anak hingga orang dewasa. Jika kamu ingin mengenal wisata ini lebih mendalam silakan simak ulasan lengkapnya pada sub bab berikut.

Membeli Oleh-oleh

Berlibur ke Kampoeng Rawa jangan lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tersedia berbagai macam jenis cendera mata yang bisa kamu beli. Semua barang tersebut merupakan hasil produksi dari UMKM setempat. Wisatawan bisa langsung membelinya dengan harga yang sangat terjangkau.

Dengan membeli cendera mata tersebut secara tidak langsung kamu telah ikut memajukan perekonomian masyarakat setempat. Sekaligus menghidupkan destinasi wisata Kampoeng Rawa agar tetap eksis di tahun-tahun mendatang. Dan hal ini pun terbukti pada tahun 2012 yang mana wisata ini menjadi tempat liburan favorit.

Ketika memasuki hari libur kondisinya pasti ramai. Kebanyakan wisatawan yang datang selalu mengajak anggota keluarganya. Entah itu warga lokal maupun dari luar Kota Semarang. Suasana di sana pun akan penuh sesak dan riuh dengan suara-suara anak kecil hingga orang dewasa yang saling bercengkerama ria.

Menikmati Sajian Kuliner Di Resto Kampoeng Rawa

2023 08 15
Sumber : Google Map/Eko Purwanto

Dari sekian banyaknya aktivitas di Kampoeng Rawa, wisatawan paling suka menikmati sajian kuliner di restorannya. Konsep yang diusung adalah semi outdoor. Nantinya pengunjung akan makan di sebuah saung yang lokasinya berada di atas danau. Bisa dibilang suaranya mirip pasar terapung.

Bangunan saung di wisata ini tergolong luas dan bisa menampung banyak pengunjung. Bahan dasarnya menggunakan kayu dan bambu. Kemudian bagian atapnya tertutup bahan genteng yang kokoh. Sementara untuk bagian bawahnya diberi sebuah drum besar yang dirangkai menjadi satu hingga membentuk sebuah pijakan.

Kamu pasti bertanya-tanya kenapa menggunakan drum? Pihak pengelola sengaja memanfaatkan benda tersebut sebagai pengganti beton. Tujuannya agar saung bisa mengambang di air dan tidak mudah roboh. Saung-saung tersebut saling terhubung satu sama lain dengan lintasan kayu sebagai perantaranya.

Ada pula satu saung yang tidak terhubung dengan lintasan kayu. Letaknya dibuat terpisah sehingga pengunjung harus naik rakit atau perahu jika ingin ke sana. Hal inilah yang menjadikan wisata Kampoeng Rawa memiliki ciri khasnya tersendiri.

Untuk menu makanannya sendiri sangat beragam. Tetapi kebanyakan adalah masakan Nusantara. Beberapa menu favorit yang biasa dipesan pengunjung ada mie Jawa kuah, terong penyet, tumis genjer, nasi goreng cakalang, ayam bakar, dan bebek bakar. Dan untuk minumannya ada wedang uwuh, varian jus, dan minuman kekinian.

Memancing Ikan

Memancing ikan menjadi salah satu aktivitas favorit wisatawan di Kampoeng Rawa. Kegiatan satu ini sangat cocok buat kamu yang punya hobi mancing. Khususnya para ayah yang sedang menunggui anak-anaknya bermain. Daripada waktu terbuang sia-sia lebih baik digunakan untuk aktivitas bermanfaat seperti memancing.

Tidak semua tempat bisa menjadi area pancing. Pihak pengelola telah menyediakan spot khusus. Salah satunya ada di tengah-tengah danau. Pengunjung bisa duduk santai di atas perahu sambil menunggu hasil tangkapan. Memang agak lama, tetapi setidaknya dengan mengikuti kegiatan ini dapat melatih kesabaran.

Hal menarik lainnya dari kegiatan memancing ialah pengunjung bisa mengolah langsung hasil tangkapan ikannya. Pihak pengelola membebaskan pengunjung memilih jenis olahan sesuai selera. Bisa digoreng, dibakar, atau diberi campuran bumbu dengan aneka macam rempah-rempah khas Indonesia.

Mencoba Wahana Permainan

2022 01 16
Sumber : Google Map/Ika hapsari

Kampoeng Rawa juga memiliki beraneka macam wahana permainan seru. Diantaranya ada becak mini, becak air, bebek air, perahu motor, perahu kayu, perahu karet, jet ski, dan ATV. Pengunjung bebas memilih mau naik yang mana sesuai keinginan. Namun terlebih dahulu harus membayar tiket masuk.

Dari semua wahana, pengunjung paling suka naik ATV. Sudah ada lintasan khusus yang disediakan oleh pihak pengelola. Jangan kaget ketika melihatnya. Dikarenakan lintasannya berupa tanah tidak rata dengan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrem. Kalau kamu takut melewati jalur tersebut bisa lewat jalur lainnya yang masih rata.

Hunting Foto

2023 10 29
Sumber : Google Map/Pancapuspita Widhi20

Mengunjungi Kampoeng Rawa jangan lupa mengabadikan setiap momen dalam jepretan kamera ponsel. Pemandangan alamnya yang mempesona sangat pas dijadikan background foto. Danau luas dikelilingi lima gunung besar menjadi objek utamanya. Tak ketinggalan langit kebiruan bersama segumpalan awan putih sebagai pelengkapnya.

Bagi yang belum tahu, wisata ini terletak di atas Danau Rawa Pening. Lokasinya dikelilingi lima gunung besar seperti Ungaran, Merapi, Telomoyo, Merbabu, dan Gajah Mungkur. Kondisinya kian menyejukkan dengan tempat yang bersih dan terbebas dari polusi.

Sewaktu-waktu kabut memenuhi wisata ini. Jadi kamu harus berhati-hati dan perhatikan langkah kakimu saat melangkah agar tidak terjatuh. Untuk menghindari kabut sebaiknya datang pas musim kemarau. Pada saat itu pemandangan alamnya terlihat jelas oleh mata.

Harga Tiket Masuk

Pada hari kerja seperti Senin sampai Jumat, harga tiket Kampoeng Rawa dikenakan tarif Rp2.000. Khusus akhir pekan tiketnya seharga Rp3.000. Kalau kamu ingin naik wahana bisa membeli tiket terusan dengan biaya Rp90.000 di hari biasa dan Rp100.000 di akhir pekan. Tiket terusan itu belum termasuk biaya makan dan parkir.

Jam Buka

Pihak pengelola membuka wisata Kampoeng Rawa setiap hari. Mulai dari pagi hingga malam hari. Jam operasionalnya berbeda antara weekday dan weekend. Saat weekday wisata ini buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 7 malam. Sementara weekend dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam.

Fasilitas Umum

Berikut beberapa fasilitas umum yang ada di Kampoeng Rawa Semarang, Jawa Tengah.

  • Area parkir
  • Toilet umum
  • Restoran
  • Rumah joglo
  • Aula atau hall
  • Alat pancing
  • Saung
  • Meja dan kursi

Tips Berkunjung

Berikut ini ada sedikit tips biar liburanmu ke Kampoeng Rawa berjalan lancar dan tanpa hambatan.

  1. Datanglah pas musim kemarau yang mana matahari sedang bersinar begitu cerahnya.
  2. Datanglah beramai-ramai dengan mengajak teman atau keluarga.
  3. Datanglah saat hari kerja. Biasanya kalau weekend tempatnya penuh dan sangat susah mencari tempat duduk.
  4. Bawalah beberapa barang penting seperti pakaian ganti, obat-obatan pribadi, dan uang tunai.
  5. Patuhi setiap aturan yang berlaku dan jaga selalu kebersihan area sekitar wisata.

Liburan ke Kampoeng Rawa adalah solusi terbaik untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Ditambah lagi kalau ke sana bersama orang-orang terkasih. Pasti sangat seru dan menyenangkan bisa berkumpul dan membicarakan berbagai macam hal. Lokasinya tidaklah sulit untuk ditemukan. Dari pusat kota Semarang, jaraknya hanya sekitar 48 km.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments