Kaloka Lodoyo, Wisata Baru Bernuansa Hutan dan Alam Pedesaan

Kaloka Lodoyo Blitar

Berbicara mengenai pariwisata di Blitar memang tidak ada habisnya. Sekitar pertengahan tahun 2017 lalu, muncul sebuah tempat wisata baru bernama Kaloka Lodoyo.

Kawasan tersebut berupa hutan yang dipenuhi pepohonan hijau lengkap dengan beragam spot foto menarik. Di sana pengunjung bisa menemukan berbagai macam aktivitas seru.

Alamat : Desa Kaulon, RT. 1/ RW. 1 Kecamatan Sutojayan, Kaulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66172.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Gratis.
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

Aktivitas Seru di Kaloka Lodoyo

Wisata Kaloka Lodoyo mungkin sedikit terdengar asing menurut sebagian orang. Namun keberadaannya sudah cukup dikenal oleh masyarakat Blitar. Khususnya di kalangan anak muda milenial yang hobi traveling.

Buat kamu yang belum tahu, wisata ini baru dibuka sekitar tahun 2017 lalu dan dikembangkan oleh Perhutani. Nama Kaloka itu sendiri kepanjangan dari Kawasan Alas Lodoyo Kaulon. Sengaja pihak pengelola menggunakan nama tersebut karena secara administratif Kaloka Lodoyo terletak di Desa Kaulon.

Sebelum menjadi tempat wisata, ternyata kawasan ini sudah dikenal lebih dulu oleh wisatawan sebagai jalur menuju Pantai Jolosutro. Suasananya begitu sepi sehingga sangat cocok dijadikan tempat bersantai. Terlebih di kawasan tersebut banyak berdiri pepohonan rindang dan beberapa area persawahan hijau yang menyejukkan mata.

Setelah mendapatkan sokongan dana dari pemerintah, Kaloka Lodoyo menjelma menjadi tempat wisata kekinian. Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana bareng teman atau keluarga. Seperti hunting foto, bersantai, dan mencoba wahana permainan. Kalau mau tahu informasi lengkapnya silakan kamu simak ulasan singkat berikut ini.

Hunting Foto

2017 09 04
Sumber : Googlemap/Nurul Chotimah Kota Blitar

Liburan ke Kaloka Lodoyo adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan libur akhir pekan. Pasalnya di sana banyak tersedia spot-spot menarik yang bisa kamu jadikan latar belakang foto. Diantara-Nya ada panggung cinta dan sing board Kaloka.

Dari semu spot yang ada, tentunya paling difavoritkan pengunjung adalah panggung cinta. Lokasinya dekat area persawahan dan berada di sekitar pinggiran sungai. Panggung tersebut berjumlah 3 buah dengan desain yang sangat unik.

Panggung pertama membentuk huruf “l” besar. Lalu yang nomor dua terlihat lebih mencolok karena berbentuk hati atau love. Dan yang ketiga bertuliskan huruf “U”. Kalau dibaca maka akan membentuk kalimat “I love you”.

Selain panggung cinta ada satu lagi spot sing board Kaloka yang letaknya dekat pintu masuk. Biasanya pengunjung berhenti sejenak di spot tersebut untuk mengambil beberapa foto sebelum memasuki area wisata.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Wisata Pantai di Rembang yang Paling Cantik 2023

Bersantai

2017 04 15
Sumber : Googlemap/JM W

Alam pedesaan yang hijau serta pepohonan rindang menjulang tinggi menjadikan Kaloka Lodoyo sangat pas sebagai tempat bersantai. Udaranya yang sejuk serasa membuat pikiran terasa lebih tenang. Perasaan takut, stres, cemas, dan khawatir seperti tidak ada lagi dan sudah pergi jauh diterbangkan oleh angin.

Beruntung pihak pengelola menyediakan fasilitas gazebo. Jadi kamu bisa duduk santai tanpa perlu takut kepanasan atau terkena sengatan sinar matahari. Semisal tidak kebagian, alternatifnya kamu bisa menggelar tikar atau duduk di bangku taman dekat ayunan.

Bercengkerama bersama teman di tengah hutan serasa nyaman. Dikarenakan ada sekumpulan pohon besar berdaun lebat yang membuat hawa sekitar taman kian sejuk. Sudah pasti kamu akan betah berlama-lama dan enggan beranjak pergi, bukan?

Kalau mau bersantai dengan cara yang tak biasa, kamu bisa tiduran di atas hammock. Tentunya sangat menyenangkan melihat keindahan langit berwarna biru sambil berayun-ayun di antara batang pepohonan. Sayangnya untuk bersantai di atas hammock kamu harus membayar sewa seharga Rp5.000.

Mencoba Wahana Permainan

2019 06 11
Sumber : Googlemap/Bedjo Teknik

Kaloka Lodoyo punya satu wahana permainan seru sekaligus menantang. Kamu bisa berkeliling area wisata dengan menaiki ATV. Sejenis motor beroda empat yang menggunakan ban berukuran besar. Rasakan sensasi menegangkan melewati jalan berpasir yang dipenuhi lintasan cukup ekstrem.

Khusus untuk anak-anak, pihak pengelola telah menyediakan kendaraan skuter. Si kecil pun juga bisa ikut berkeliling tanpa perlu repot jalan kaki. Jika sudah bosan cobalah ajak si kecil ke taman bermain untuk mencoba wahana permainan yang ada di sana.

Wahana permainan favorit anak-anak di taman bermain Kaloka Lodoyo adalah ayunan. Ukuran ayunannya cukup besar dan mempunyai dua bangku panjang dengan posisi saling berhadapan. Tentu saja sangat muat untuk menampung dua orang anak sekaligus.

Jam Buka

Kaloka Lodoyo buka setiap hari dari Hari Minggu hingga Senin. Untuk jam operasionalnya mulai dari Pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Meski memasuki tanggal merah wisata ini tetap buka seperti biasa.

Wisata Menarik Lainnya :  Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing di Semarang

Akan tetapi kalau mau mendapati suasana yang sepi sebaiknya jangan datang pas akhir pekan. Sudah pasti kondisinya sangat ramai pengunjung. Kamu pun tidak bisa bersantai dengan tenang karena banyak suara-suara bising yang mengganggu.

Harga Tiket Masuk

Kaloka Lodoyo termasuk wisata yang murah meriah. Lantaran pihak pengelola tidak membebankan biaya tiket masuk kepada para pengunjung. Siapapun bisa menikmati segala fasilitas yang disediakan secara percuma. Namun kalau kamu membawa kendaraan pribadi wajib membayar tiket parkir.

Fasilitas Umum

Meski terbilang masih baru, tetapi penyediaan fasilitas umum di wisata Kaloka Lodoyo sudah cukup memadai. Salah satunya ada area parkir luas yang mampu menampung berbagai jenis kendaraan seperti mobil dan sepeda motor.

Toilet perempuan dan laki-laki pun juga ada dan letaknya dibuat terpisah. Semisal kamu lapar bisa membeli makanan atau minuman di warung makan sekitar kawasan wisata. Banyak pedagang menjual beraneka macam makanan khas Nusantara dengan harga yang sangat terjangkau.

Tips Berkunjung

Sebelum liburan ada baiknya kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Terutama mengenai kesehatan badan kamu. Jangan sampai kamu memasakkan diri pergi liburan saat kondisi fisikmu dalam keadaan tidak sehat.

Selain kesehatan, hal lainnya yang perlu kamu pikirkan adalah soal finansial. Pastikan kamu mempunyai dana yang cukup untuk pergi berlibur. Jika seandainya dana yang kamu miliki pas-pasan lebih baik liburan ke tempat wisata yang murah meriah seperti Kaloka Lodoyo.

Setiap pengunjung yang datang ke Kaloka Lodoyo tidak dikenakan biaya tiket masuk. Terus harga makanan di sana juga sangat murah. Dengan begini kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang dan bisa berhemat untuk liburan selanjutnya.

Jika fisik sudah baik dan finansial mencukupi, terakhir cek kondisi kendaraan yang akan kamu gunakan. Periksa apakah ada masalah atau tidak pada bagian mesinnya. Semisal ada segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Begitu semuanya sudah siap, kamu tinggal berangkat dan usahakan tidak ada yang ketinggalan. Selama di tempat wisata selalu patuhi aturan yang berlaku. Jangan membuang sampah sembarangan apalagi mencoret-coret fasilitas umumnya.

Demikian penjelasan singkat tentang wisata Kaloka Lodoyo kali ini. Semoga dengan kehadirannya bisa meningkatkan pariwisata Blitar menjadi lebih lagi. Agar semakin banyak orang yang tahu, jangan lupa membagikan artikel ini di media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, atau Twitter.

5/5 - (1 vote)
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments