Hutan Pinus Gogoniti, Wisata Baru dengan Pesona Alam Khas Perbukitan

Hutan Pinus Gogoniti

Pada tahun 2017 lalu, Kabupaten Blitar baru saja meresmikan tempat wisata baru. Namanya tidak lain dan bukan adalah Hutan Pinus Gogoniti. Memang di awal, wisata Blitar ini belum begitu dikenal oleh masyarakat. Akan tetapi sejak tahun 2018 namanya kian harum dan populer di kalangan anak muda.

Alamat : Kemirigede Krajan, Kemirigede, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66186.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : gratis
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Hutan Pinus Gogoniti

Semenjak teknologi informasi berkembang pesat seperti sekarang ini. Industri pariwisata mulai menunjukkan kemajuan yang signifikan. Dulunya tempat wisata yang kurang dikenal, kini menjadi populer dan sering mendapatkan kunjungan wisatawan. Entah itu warga lokal atau turis asing dari mancanegara.

Hal inilah yang dirasakan sendiri oleh pariwisata Blitar. Dimana beberapa bulan belakangan banyak tempat wisatanya yang mulai dikenal luas oleh masyarakat. Salah satunya ada Hutan Pinus Gogoniti yang terletak di wilayah Kemirigede.

Hutan Pinus Gogoniti termasuk wisata baru di Kabupaten Blitar. Meski begitu wisata ini selalu ramai dan tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Ada saja wisatawan dari dalam atau luar Blitar yang datang berkunjung. Baik perorangan maupun secara berkelompok.

Satu hal yang membuat wisatawan tertarik mengunjungi wisata ini adalah pesona alamnya. Kondisinya masih sangat asri dan alami. Hampir sebagian besar kawasan tersebut dipenuhi Pohon Pinus berukuran besar dan berdaun lebat. Ada juga hamparan rerumputan hijau serta berbagai macam jenis tanaman cantik warna-warni.

Udara di sekitar Hutan Pinus Gogoniti terasa begitu sejuk dan dingin. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat relaksasi atau bersantai. Kalau kamu mau menenangkan diri sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan maka wisata inilah yang paling tepat. Suasananya begitu sunyi karena jumlah wisatawan masih tergolong sedikit.

Tidak hanya pemandangan alamnya yang menarik perhatian pengunjung. Masih ada daya tarik lainnya yang tak kalah memukau dari Hutan Pinus Gogoniti. Tanpa berlama-lama lagi berikut penjelasan lengkapnya buat kamu.

Spot Foto Instagrammeble

2018 12 31
Sumber : Googlemap/Faisal Ardiansyah

Wisata Hutan Pinus Gogoniti juga mempunyai banyak spot foto menarik dan Instagrammeble. Salah satu yang menjadi favorit pengunjung adalah gembok cinta. Bentuknya berupa love besar lengkap dengan gembok di bagian tengahnya. Spot ini sering dijadikan background foto oleh sepasang kekasih yang sedang mabuk cinta.

Selain gembok cinta ada juga ranting cinta. Spot satu ini terbuat dari kumpulan ranting yang dibentuk menjadi bingkai berbentuk love. Lainnya lagi ada rumah kayu berukuran mungil. Desainnya mirip seperti rumah di negeri dongeng. Terdapat satu pintu dan satu jendela dengan atap berhiaskan rumput ilalang kering.

Jangan lupakan juga spot papan nama “Hutan Pinus Gogoniti”. Sebelum memasuki area wisata pengunjung sering menjadikan spot ini sebagai tempat foto pertama. Huruf-hurufnya terlihat begitu indah berpadu dengan sekumpulan kayu yang tergeletak di bagian bawahnya.

Satu lagi spot unik lainnya adalah bunga teratai. Kamu bisa duduk di atasnya dan berpose seolah-olah tengah melayang di udara. Sayangnya spot ini hanya muat untuk satu orang. Jadinya kamu harus bersabar dan mengantre dengan pengunjung lain.

Terakhir ada spot gardu pandang dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Gugusan langit biru serta bentangan pepohonan hijau siap menjadi background foto kamu. Kalau terlihat dari kejauhan tampak seperti lukisan indah yang dibuat oleh seniman handal.

Tempat Wisata Untuk Semua Kalangan

IMG 20230614 195455
Sumber : Googlemap/Wisata Hutan Pinus Gogoniti

Hutan Pinus Gogoniti bukan hanya tempat wisata untuk anak muda saja. Melainkan semua kalangan dari berbagai usia. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun. Bahkan wisata ini menjadi tempat rekreasi keluarga favorit di Kabupaten Blitar.

Setiap akhir pekan wisata ini akan penuh sesak oleh kunjungan wisatawan. Kamu akan melihat anak-anak kecil berlarian, orang dewasa yang tengah bersantai, dan anak muda sedang sibuk berfoto. Hal ini menandakan bahwa kawasan ini memang diperuntukkan untuk semua orang.

Pihak pengelola tidak memandang kamu tua atau muda. Siapapun boleh berkunjung tanpa mengenal batasan usia. Tetapi satu hal yang pasti wisatawan wajib mematuhi aturan yang berlaku di sana. Tidak boleh merusak fasilitas atau mengotori area wisata.

Tempat Bersantai

IMG 20230614 195434
Sumber : Googlemap/Ulul Musy

Kondisi Hutan Pinus Gogoniti yang sepi sangat pas dibuat untuk tempat bersantai. Rilekskan pikiran sejenak dengan duduk di salah satu gazebonya dan rasakan embusan angin sepoi-sepoi menyentuh kulit kamu. Rasanya begitu menyejukkan hingga membuat pikiran jauh lebih tentang dan semua beban seperti hilang dengan sendirinya.

Kalau punya hammock di rumah juga bisa kamu bawa sebagai alas tidur untuk bersantai. Tapi jika tidak punya tak mengapa, kamu bisa menyewanya di sana dengan membayar sejumlah uang. Nikmati sensasi tiduran sambil bergelantungan diantara dua pohon bersama teman atau keluarga kamu.

Jam Buka

Hutan Pinus Gogoniti hanya buka di hari Sabtu sampai dengan Kamis. Jam operasionalnya mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Sementara itu pada hari Jum’at wisata ini libur selama satu hari. Jadi pastikan kamu datang sesuai jam operasional yang telah ditentukan oleh petugas.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang datang ke Hutan Pinus Gogoniti tidak perlu membayar tiket masuk. Semua fasilitas yang ada bisa kamu nikmati secara gratis. Tetapi jika membawa kendaraan wajib membayar tiket parkir.

Untuk sepeda motor harga tiket parkirnya sebesar Rp2.000. Sedangkan mobil sedikit lebih mahal, yaitu Rp5.000. Sebelum berangkat pastikan kamu membawa uang tunai yang cukup.

Fasilitas Umum

Meskipun termasuk wisata baru, Hutan Pinus Gogoniti mempunyai fasilitas umum yang memadai. Area parkirnya terbilang cukup luas sehingga mampu menampung banyak kendaraan. Lalu untuk toiletnya juga terlihat bersih dan sangat terawat.

Bagi pengunjung muslim juga sudah disediakan mushola untuk tempat ibadah. Khusus anak-anak ada fasilitas taman bermain, wahana outbound, dan playground. Pasti si kecil akan merasa senang karena bisa bermain sepuasnya.

Tips Berkunjung

Dikarenakan Hutan Pinus Gogoniti adalah wisata alam, maka kamu harus menyiapkan segala sesuatunya sebelum berkunjung. Agar saat liburan nanti semuanya berjalan lancar dan tidak ada hambatan sama sekali. Berikut beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan.

  • Rencanakan waktu kedatangan sebaik mungkin. Kalau bisa berangkat lebih pagi karena suasananya masih terlihat sepi.
  • Datanglah pada saat kondisi kamu dalam keadaan fit dan bugar. Lantaran jarak menuju ke tempat wisatanya cukup jauh dan lumayan menguras energi.
  • Pastikan kendaraan yang kamu bawa tidak ada masalah. Sebelum berangkat pastikan sudah mengecek ketersediaan bahan bakar dan kondisi mesinnya.
  • Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi semisal kamu menderita penyakit tertentu.
  • Paling penting bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen agar ada sesuatu yang bisa dikenang.

Demikian ulasan singkat mengenai wisata Hutan Pinus Gogoniti. Semoga informasi yang tersaji bisa membantu kamu mengenal lebih dekat dengan wisata alam di Blitar ini. Kalau perlu bagikan artikel ini ke media sosial agar namanya kian populer dan semakin banyak orang yang tahu.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments