website stat
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Coban Tangkil Malang, Rasakan Sensasi Air Terjun & Tracking Tak Terlupakan!

Coban Tangkil Malang

Coban Tangkil, coban yang berjarak sekitar 3 kilometer dari air terjun Coban Jahe, serta memiliki jalur tracking yang cukup menantang untuk menikmati air terjun yang menyegarkan.

Alamat : Dusun Krajan, Pandansari Lor, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket Masuk : Rp 5000,00 (biaya parkir saja).

Masih berada di Kota Malang, banyak sekali objek wisata alam yang keindahannya sudah tak bisa ditampik lagi. Tak heran jika kota yang satu ini dijuluki sebagai ‘kota wisata’.

Potensi alam yang membentang luas di setiap sudut kota membuat Malang memiliki berbagai objek wisata ciamik yang tersebar di beberapa wilayah.

Lagi-lagi, kali ini Setapak Langkah akan membahas tentang objek wisata alam yang ada di wilayah Tumpang, serpihan Kota Malang yang kaya akan keindahan potensi alamnya.

Jika sebelumnya kamu telah mendapatkan review tentang wana wisata Coban Jahe, maka kali ini kamu juga harus tau wisata air terjun yang berada di sekitar Coban Jahe yang eksotis tersebut.

Dari lokasi Coban Jahe, rupanya kamu harus mengambil jalur lain, yakni jika lurus akan menuju Coban Jahe, namun jika berbelok kamu akan menemukan Coban eksotis lainnya.

Tepatnya setelah melewati Taman Makam Pahlawan Kalijahe, beberapa meter setelah itu terdapat jalur pertigaan. Untuk menuju coban eksotis lainnya, maka kamu harus mengambil jalur sebelah kiri.

Yakni Coban Tangkil, coban yang berjarak sekitar 3 kilometer dari air terjun Coban Jahe, serta memiliki jalur tracking yang cukup menantang.

Untuk mengunjungi wana wisata air terjun yang satu ini, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2, serta 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda 4.

Lokasinya memang masih sangat alami dan termasuk jarang dijamah oleh manusia. Terbukti dari jalur tracking yang dipenuhi oleh semak belukar serta ranting-ranting pohon yang berserakan.

Namun kealamiannya mampu mendatangkan suasana yang tenang, dengan suhu udara yang sejuk ditambah lagi pemandangan serba hijau yang membentang indah sepanjang kawasan.

Tak heran jika hingga tempat wisata yang eksotis ini memiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa wisatawan yang ingin mencari ketenangan serta menyukai tantangan.

Wisata Menarik Lainnya :  Jembatan Gantung Bukit Halimun - Spot Menarik Yang Bikin Ketagihan

Daya Tarik Wisata Air Terjun Coban Tangkil Malang

Jika untuk menuju Coban Jahe kamu tak perlu bersusah payah tracking, namun tidak untuk Coban Tangkil yang masih sangat alami ini.

Dari area parkir, kamu harus menyusuri jalan setapak selama kurang lebih satu jam perjalanan. Namun demikian, jalur tracking yang harus kamu lewati kali ini cukup sulit dan menantang.

Bagaimana tidak? Saat menyusuri jalan setapak, kamu akan disambut oleh beberapa jalan yang sempit dan dipenuhi semak-semak belukar.

Pada tracking pertama, kamu akan melewati jalan setapak yang lumayan baik dan tiada hambatan. Namun, semakin mendekati lokasi air terjun akses jalan akan semakin sulit.

Di tracking selanjutnya, kamu akan mulai menemukan jalan setapak yang agak sempit serta berada di antara jurang yang cukup curam.

Meskipun begitu, pemandangan serba hijau serta jajaran pegunungan yang indah akan senantiasa menemani perjalananmu selama menuju kawasan Coban Tangkil.

Area persawahan warga juga kerap terlihat pada awal-awal tracking. Ditambah lagi kicauan-kicauan burung yang senantiasa terdengar silih berganti, membuat suasana menjadi semakin asri.

Di sela-sela perjalanan kamu juga akan melewati beberapa anak sungai yang dangkal. Lantaran jalan setapak di sekitarnya terlalu curam dan akan lebih aman jika tracking melewati sungai.

Di sisa perjalanan menuju Coban Tangkil, jalan setapak akan semakin mengecil, dengan dikelilingi oleh semak-semak belukar serta ranting-ranting pohon yang mengakar hingga hampir menutupi jalan setapak disekitarnya.

Namun fenomena sulit itu akan seketika terbayar lunas ketika kamu telah sampai di air terjun Coban Tangkil yang jatuh perlahan melalui tebing setinggi 100 meter.

Air yang jatuh tidak begitu deras dan terlihat lebih berirama, lantaran terhalang oleh tebing-tebing yang landai serta memiliki permukaan yang terjal.

Sungai yang terbentuk di bawahnya juga tidak begitu dalam. Sehingga kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menyegarkan diri dan bermain air sepuasnya.

Selfie di Coban Tangkil
Selfie di Coban Tangkil

Pemandangan yang begitu mempesona itu juga tak jarang dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berselfie ria dengan aliran air terjun eksotis sebagai backgroundnya.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Coban Tangkil Malang

Jika kamu datang ke tempat wisata ini, siap-siap ya! Lantaran di tempat ini tidak terdapat fasilitas seperti di wana wisata yang sering kamu jumpai.

Karena lokasinya yang berada jauh di area hutan, serta akses jalan/jalur tracking menuju lokasi air terjunnya juga cukup sulit dan penuh tantangan.

Wisata Menarik Lainnya :  Watu Gandul Bojonegoro, Liburan di Tempat yang Unik dan Eksotis

Tapi, jangan khawatir! Jika kamu tidak membawa bekal makanan, kamu bisa membeli makanan di sekitar area Coban Jahe dengan harga yang terjangkau.

Tips dan Saran Berkunjung ke Wisata Air Terjun Coban Tangkil Malang

Mengingat tempat wisata ini memiliki jalur tracking yang cukup menantang dan melelahkan, maka persiapan dulu kondisi kesehatanmu sebelum berangkat.

Jangan lupa untuk membawa baju hangat dan baju ganti, lantaran kamu harus menyusuri pula beberapa anak sungai untuk menuju lokasi air terjun tersebut.

Jangan lupa juga untuk membawa beberapa perlengkapan kesehatan seperti minyak kayu putih, plester, serta beberapa perlengkapan lain sebagai antisipasi.

Jika kamu ingin berkunjung maka pastikan dulu cuaca sedang mendukung, lantaran ketika hujan jalan-jalan setapak di sana akan semakin licin dan bahkan berpotensi terjadi longsor.

Dan Yang tak kalah penting adalah jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup sebagai bekal selama perjalanan tracking menuju Coban Tangkil.

Demikian beberapa informasi menarik mengenai eksotisme Coban Tangkil yang wajib kamu tau.

Kamu bisa mencari di google map jalur untuk menuju Coban Jahe, karena masih satu arah dan satu kawasan. Hanya saja Coban Tangkil berada di atas Coban Jahe.

Terlepas dari semua kesulitan saat tracking, Coban Tangkil tetap memiliki pesona yang begitu memikat, serta perjalanan yang seru dan tak akan terlupakan.

Untuk kamu yang berjiwa petualang. Yuk, tunggu apa lagi? segera kunjungi eksotisme Coban Tangkil dan taklukkan jalur trackingnya!

Rate this post
kredit pinjaman online jasa travel hotel terdekat luxury hotel hotel murah wisata luar negeri umroh sewa mobil allianz indonesia travel insurance premi asuransi mobil asuransi islam asuransi wisata atlas indonesia daftar asuransi terbaik di indonesia indonesian travel manulife indonesia pt asuransi adira dinamika asuransi perjalanan peta indonesia lengkap asuransi syariah asuransi perjalanan sewa kendaraan
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *