big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Coban Danyang, Air Terjun Mini Paling Terkenal di Pasuruan Dengan Spot Foto Instagrammeble

coban danyang Pasuruan

Berbicara mengenai wisata Pasuruan terutama destinasi alamnya memang tidak ada habisnya. Berbagai macam jenis destinasi unik dan menarik bisa kamu temukan di kota ini.

Salah satu yang tengah populer ada Coban Danyang. Pesona alam yang dimilikinya mampu memikat wisatawan lokal maupun luar Pasuruan untuk datang.

Sejarah Coban Danyang

Setiap tempat wisata pasti memiliki ceritanya sendiri. Begitu pun wisata Coban Danyang yang konon katanya banyak diselimuti hal-hal berbau mistis. Kisah yang paling populer adalah tentang penunggu pohon besar.

Penamaan Coban Danyang di air terjun Pasuruan ini mempunyai beberapa alasan. Salah satunya berhubungan dengan keberadaan pohon besar yang letaknya sebelum pintu masuk coban. Penduduk setempat meyakini bahwa pohon tersebut dihuni oleh sesosok makhluk gaib.

Makhluk yang dimaksud itu tidak lain dan bukan adalah perintis Desa Tempuran. Sebuah desa yang menjadi lokasi keberadaan Coban Danyang. Dalam bahasa Jawa penunggu disebut dengan istilah “Danyang”. Dari sinilah mengapa air terjun ini diberi nama Coban Danyang.

Menurut penuturan warga sekitar, penunggu pohon besar itu seorang wanita. Warga biasa menyebutnya dengan nama Mbah Dewi. Entah kabar itu benar atau tidak belum ada yang bisa memastikannya secara pasti. Kamu cukup dengar dan hormati setiap kepercayaan yang berkembang di daerah tersebut.

Daya Tarik

Desa Tempuran yang terletak di Kecamatan Pasrepan merupakan kawasan dataran tinggi yang cukup terkenal. Apalagi dengan adanya Coban Danyang sebagai objek wisata utamanya. Keindahan alam serba hijau khas tanah pedesaan menarik minat siapapun untuk berswa foto.

Bahkan bisa dibilang lokasi Coban Danyang adalah spot foto paling instagrammeble. Air terjun yang mengalir pada sebuah tebing berbatuan alam itu tampak indah dan mempesona. Suara hantaman air menimbulkan efek yang menenangkan sewaktu mendengarkannya.

Kehadirannya Coban Danyang mampu menambah image baru bagi Kecamatan Pasrepan. Dulunya yang hanya dikenal sebagai surga buah-buahan. Kini telah beralih status menjadi daerah dengan destinasi populer. Selain bisa menikmati kesegaran airnya, kamu juga bisa menemukan beberapa hal menarik sebagai berikut.

Tempat Sejuta Aktivitas

2018 12 13
Sumber : Google Maps/Frame Slayer

Air terjun yang berada pada ketinggian 588 mdpl ini kerap digunakan oleh warga sekitar. Airnya yang jernih sebening kristal menarik siapapun buat masuk ke dalam kolamnya. Warga di sana biasa memanfaatkan airnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurut penuturan beberapa orang, katanya air Coban Danyang terus mengalir tiada henti. Meski memasuki musim kemarau alirannya tetap mengalir deras seperti hari-hari biasa. Sensasi kesejukan dan kesegaran airnya juga tetap sama dan tidak berubah.

Warga sering mandi di sekitar kolam yang ada di bagian bawah air terjunnya. Ada juga sebagian yang berenang atau hanya sekedar bermain air. Saat musim panas tiba pasti kondisinya selalu ramai dengan kumpulan orang-orang yang ingin menyegarkan diri.

Pesona Alam yang Indah

2018 11 23
Sumber : Google Maps/Mas Yant

Keindahan alam Coban Danyang mirip sekali dengan Air Terjun Ban Gioc Detian di Vietanam. Bagi yang belum tahu, air terjun tadi adalah air terjun tercantik di dunia. Indonesia patut berbangga karena memiliki wisata alam serupa yang tak kalah indahnya.

Suasana asri wilayah pedesaan bersanding dengan pemandangan air terjun Coban Danyang sungguh tampak serasi. Pepohonan rindang serta beberapa tanaman hijau yang tumbuh di sekitarnya membuat kawasan itu kian bertambah sejuk saja. Kondisi semacam ini tentu saja menjadikan wisatawan merasa betah.

Panorama aliran air yang keluar dari sela-sela berbatuan tinggi benar-benar memanjakan mata. Suara gemericik airnya terdengar merdu bagaikan alunan musik orkestra terkenal. Apalagi kala cuaca sedang cerah, langit kebiruan dengan pemandangan air terjun di bawahnya sangat cocok untuk background foto.

Akses Jalan yang Mudah

2020 07 25
Sumber : Google Maps/wanti indah

Perjalanan menuju lokasi Coba Baung tidaklah sesulit seperti yang kamu kira. Kondisi jalan rayanya yang sudah beraspal tentu saja membuat semuanya terasa lebih mudah. Selama perjalanan akan ada suguhan area perkebunan lengkap dengan tanaman buah-buahan yang siap panen.

Untuk mencapai lokasinya yang berada di Desa Tempuran, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Baik itu sepeda motor ataupun mobil. Kalau dari Kecamatan Pasrepan jarak yang kamu tempuh hanya sejauh 5 kilometer saja.

Awalnya memang melewati jalan beraspal yang mulus. Tetapi selanjutnya ada jalan setapak dengan penampakan pohon durian sepanjang perjalanan. Tentu saja hal ini memberikan kesenangan tersendiri untuk wisatawan hingga melupakan rasa penat dan lelahnya.

Usai dari jalan setapak, perjalanan dilanjutkan dengan menuruni sebuah tebing. Tetap hati-hati dalam melangkah meskipun tebingnya tidak terlalu curam. Begitu sampai di dasar kamu bisa melihat pemandangan Coban Danyang secara lebih jelas. Ada berbatuan besar dipenuhi aliran air jernih mengalir di atasnya.

Surga Tersembunyi

Coban Danyang yang berada di wilayah pedesaan terkadang agak susah ditemukan. Mengingat lokasi air terjunnya jauh dari jalan raya dan agak terpencil. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, semisal kesulitan bisa bertanya pada warga desa yang tinggal di sana.

Tempatnya yang tersembunyi sungguh memberikan daya tarik tersendiri. Nuansa alam asri dan kesejukan udara sekitar membuatnya bak surga dunia yang tersembunyi. Suasana hening dan sunyi menjadi ciri khasnya. Maka jangan heran jika tempat ini sangat recommended buat acara bersantai.

Fasilitas Umum

Penyediaan fasilitas umum di Coban Danyang masih belum memadai karena wisata ini tergolong baru. Untuk area parkir saja tidak seberapa luas. Akan tetapi mampu menampung kendaraan roda dua dan empat. Meski jarak area parkir dari air terjunnya agak berjauhan tak menjadi masalah bagi wisatawan.

Di sekitar air terjun belum ada warung makan, jadi sebaiknya kamu membawa bekal dari rumah. Namun sebelum masuk area wisatanya banyak warung makan di pinggir jalan. Mungkin kamu bisa mengisi perut terlebih dahulu di sana sebelum melanjutkan perjalanan yang lumayan melelahkan.

Di sekitar air terjun juga belum ada mushola. Apabila kamu ingin menunaikan ibadah shalat terpaksa harus keluar dulu dari air terjunnya.

Tips Berkunjung

Supaya liburan kamu ke Coban Danyang berjalan lancar sebaiknya buatlah persiapan secara matang. Jangan menyiapkan segala sesuatunya menjelang keberangkatan. Sudah pasti kamu akan repot dan kewalahan. Maka dari itu persiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari.

Apabila kamu berencana ke sana maka pastikan badan kamu dalam keadaan sehat dan bugar. Konsumsilah makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Tak lupa cek juga kondisi kendaraan yang akan kamu bawa. Usahakan bahan bakarnya terisi penuh, ban tidak kempes, dan mesinnya juga tidak bermasalah.

Jangan lupa menyiapkan barang bawaan yang diperlukan selama perjalanan. Seperti baju ganti, perbekalan, alat shalat, alat mandi, uang tunai, dan obat-obatan pribadi. Begitu kamu sampai di tempat wisatanya selalu jaga kebersihan dan taati setiap peraturan yang ada.

Itulah sedikit informasi mengenai Coban Danyang. Agar semakin banyak orang yang mengetahuinya, jangan lupa share artikel ini ke teman atau keluarga. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat dan selamat liburan.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments