Bukit Sikunir Wonosobo, Keindahan Golden Sunrise yang Memukau

Bukit Sikunir Dieng

Julukan negeri di atas awan memang pantas disematkan untuk dataran tinggi Dieng. Sejuta pesona surga tersembunyi bisa kamu nikmati. Mulai dari pegunungan, perbukitan, dan hutan menyajikan panorama alam super indah yang tiada tara.

Baru-baru ini ada satu spot wisata unik yang mencuri perhatian wisatawan. Nama tempatnya adalah Bukit Sikunir Dieng yang merupakan tempat dataran tinggi yang memukau untuk wisata di Wonosobo.

Daya Tarik Bukit Sikunir

Masih bingung akhir pekan ini mau ke mana? Ada nih satu tempat wisata baru di dataran tinggi yang menawarkan pesona golden sunrise memukau. Namanya Bukit Sikunir. Lokasinya berada persis di ketinggian 2.263 mdpl dekat dataran tinggi Dieng.

Meskipun termasuk wisata baru namun kondisinya selalu ramai pengunjung. Entah itu wisatawan lokal ataupun turis asing. Banyak orang menyukai tempat ini karena ada beberapa hal menarik di dalamnya. Dijamin kamu bakal ketagihan dan enggan beranjak pergi untuk waktu yang lama.

Daripada liburan jauh-jauh ke luar negeri mendingan ke Bukit Sikunir. Sudah harga tiketnya murah dapat fasilitas lengkap dan pemandangan indah lagi. Sangat cocok buat kamu yang ingin liburan dengan budget minim. Kira-kira ada apa aja ya di sana? Kalau kamu penasaran silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Telaga Cebong

2023 07 22
Sumber : Google Maps/Albert Pendragon

Hal menarik pertama yang bisa kamu temukan adalah melihat keindahan Telaga Cebong. Salah satu kawasan wisata yang letaknya tidak jauh dari Bukit Sikunir. Telaga Cebong tampak indah ketika kamu amati dari ketinggian. Luasnya perairan di tengah-tengah area pegunungan sungguh memanjakan mata.

Dari kejauhan tampak eksotis bak sebuah lukisan pemandangan dari seorang seniman handal. Langit kebiruan berpadu deretan pegunungan, sawah, dan rumah warga memunculkan panorama yang mempesona. Cocok banget buat background foto bertemakan alam.

Ketinggian air di Talaga Cebong lumayan dalam. Kurang lebih ukurannya sekitar 2 sampai 4 meter. Di dalamnya ada banyak ikan-ikan berukuran besar yang siapa untuk kamu pancing. Namun sebelum itu ada aturan khusus bagi para pemancing. Di mana tidak boleh menangkap ikan menggunakan jaring, bom, atau racun.

Golden Sunrise

2023 08 30
Sumber : Google Maps/Mohamad Sarifudin

Dibandingkan Telaga Cebong wisatawan lebih tertarik melihat pesona golden sunrise. Bisa dibilang fenomena satu ini adalah landmark-nya Bukit Sikunir. Meskipun harus menempuh perjalanan jauh tak jadi masalah. Justru itu jadi tantangan tersendiri demi bisa melihat secara langsung momen golden sunrise.

Golden sunrise seperti jadi obat penyembuh bagi wisatawan dari rasa penat dan lelah setelah menempuh perjalanan jauh. Semua tenaga dan keringat yang kamu keluarkan akan terbayar lunas ketika melihat pancaran sinar kuning keemasannya menghiasi langit biru.

Sayangnya untuk menikmati golden sunrise ini kamu harus berangkat sebelum subuh. Jangan tidur terlalu malam supaya kamu bisa bangun lebih pagi. Ketika sampai di sana tak usah takut kamu akan kesepian. Dikarenakan jam 3 pagi kondisi di sana sudah ramai oleh wisatawan. Dari pintu masuk kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 30 menit saja.

Wisata Kuliner Super Nikmat

2021 04 09
Sumber : Google Maps/Toriqul Ammar

Setelah menikmati keindahan golden sunrise dari ketinggian lanjutkan aktivitas dengan sarapan pagi. Tak usah bingung mencari tempat makan. Soalnya di sana sudah ada warung-warung kecil yang menjual berbagai macam olahan makanan khas Dieng. Seperti mie ongklok, tempe kemul, dan semur kentang.

Ketiga makanan tadi adalah favorit pengunjung ketika berkunjung ke Bukit Sikunir. Selain enak harganya juga ramah di kantong. Mau tahu lebih jauh tentang kuliner khas Dieng. Berikut penjelasan selengkapnya buat kamu:

Mie Ongklok

Salah satu kuliner favorit wisatawan di Bukit Sekunir. Proses penyajian makanan ini cukup unik. Sebelum tersaji di atas piring, terlebih dahulu mie dicampur dengan potongan sayur kol dan daun kucai. Proses pencampurannya sendiri dilakukan pada sebuah gayung bambu.

Setelah itu baru campuran mie dan sayur dimasukkan ke dalam air mendidih. Proses pencelupan mie ini disebut ongklok. Dan dari sinilah nama mie ongklok berasal. Kurang lebih pencelupan ini dilakukan selama beberapa menit. Jika sudah tinggal dituangkan ke dalam mangkok. Agar lebih sedap siram mie dengan kuah hangat.

Kuah mie ongklok terbuat dari ebi, kanji, rempah, dan campuran gula Jawa. Sebagai pelengkap tambahkan bumbu kacang supaya lebih nikmat. Kalau perlu taburi juga bawang goreng dan merica di atasnya. Baru seduhan pertama saja sudah terasa sedap di mulut karena ada campuran ebinya. 

Dari semua perpaduan bahan tadi mie ini memiliki cita rasa gurih, pedas, kenyal, dan manis. Untuk lauknya ada sate sapi dengan tekstur dagingnya yang empuk. Gimana, apakah kamu tertarik mencobanya?

Semur Kentang

Kalau kamu tidak suka dengan mie ongklok masih ada menu lainnya yang tak kalah enak. Cobalah memesan semur kentang khas Dieng. Makanan ini sangat terkenal di kalangan wisatawan karena cita rasanya yang unik. Di mana ada perpaduan rasa manis dan pedas. Terlebih lagi kentang adalah sayuran utama yang paling banyak ditanam oleh petani Dieng.

Tempe Kemul

Dan menu terakhir ada tempe kemul. Kamu pasti bertanya-tanya kenapa namanya tempe kemul? Hal itu karena tempenya banyak dilapisi tepung lalu digoreng dalam minyak panas. Jadi bentuk tempenya itu seperti kemulan. Dalam Bahasa Indonesia istilah “kemulan” artinya selimutan.

Sebelum melewati proses penggorengan terlebih dahulu tempe diiris tipis-tipis. Selanjutnya tempe dibaluri tepung dengan campuran daun kucai. Jika sudah tinggal digoreng hingga renyah. Kalau diperhatikan sekilas yang paling banyak itu campuran tepung ketimbang tempenya.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan alam Bukit Sikunir tidaklah mahal. Wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 per orang. Sudah dapat pemandangan alam mempesona ditambah lagi fasilitasnya juga super lengkap.

Jam Buka

Bukit Sikunir buka dari hari Senin sampai dengan Minggu. Jam operasionalnya mulai jam 2 pagi hingga jam 6 sore. Dikarenakan daerah Dieng terkenal akan kemacetan jalan rayanya. Sebaiknya kamu berangkat sebelum Subuh. Ini kesempatan bagus buat kamu bisa menyaksikan momen golden sunrise.

Fasilitas Umum

Bukit Sikunir sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum memadai. Pertama ada area parkir luas untuk menampung kendaraan pengunjung. Kedua ada bangunan mushola sederhana yang difungsikan sebagai tempat ibadah. Kini kamu tak perlu khawatir kalau tiba waktu shalat.

Ada pula fasilitas toilet umum yang bersih dan terawat. Kalau kamu lapar juga sudah ada kios makanan dengan harga terjangkau. Terakhir fasilitas yang tak kalah penting ada tempat sampah. Pihak pengelola sengaja menaruhnya di sekitar tempat wisata agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan.

Tips Berkunjung

Terapkan beberapa tips berikut agar perjalanan kamu ke Bukit Sikunir berjalan lancar dan tanpa hambatan apapun:

  • Pastikan kondisi badan kamu dalam keadaan sehat dan bugar. Dikarenakan perjalanan ke sana lumayan menguras waktu dan energi.
  • Tentukan hari keberangkatan saat cuaca sedang cerah.
  • Ajak teman atau keluarga supaya liburan kamu tidak terasa membosankan.
  • Persiapkan semua barang bawaan kamu sebaik mungkin dan jangan sampai ada yang tertinggal.
  • Kalau kamu berangkat pagi jangan lupa memakai jaket dan baju hangat.

Penutup

Selama berada di Bukit Sikunir selalu patuhi setiap aturan yang diberlakukan petugas. Tujuannya tidak lain demi keamanan dan keselamatan diri kamu sendiri. Dan yang paling penting tidak boleh meninggalkan sampah berserakan dimana-mana. Semoga informasi ini membantu dan selamat merencanakan liburan.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments