Kawah Putih Tinggi Raja, Salah Satu Wisata Terbaik 2024

Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah Putih Tinggi Raja mungkin memang cukup asing. Kendati demikian wisata ini termasuk yang terbaik dan wajib kamu kunjungi tahun 2024 ini!

Masih ingat dengan lagu berjudul Rumah Kita yang dinyanyikan oleh God Bless? Terdapat bagian lirik yang menggambarkan kekayaan alam Indonesia yang dapat ditemukan di sini. Salah satu kekayaan tersebut adalah objek wisata alam, dan sebagian besar dari mereka memiliki tema alam.

Salah satu contohnya adalah Kawah Putih Tinggi Raja, yang menjadi salah satu objek wisata yang sangat dihargai oleh masyarakat Medan. Kawah Putih Tinggi Raja adalah objek wisata alam yang telah ada selama berabad-abad.

Alamat : Dolok Marawa, Kec. Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Lokasi : Google Maps
Jam Buka : 09.00 – 17.00
Harga Tiket : Rp15.000 – Rp20.000,-

Berlokasi di dalam Cagar Alam Dolok Tinggi Raja, orang yang belum pernah mengunjungi tempat ini mungkin tidak akan menyangka bahwa di dalamnya terdapat pemandangan kawah yang luar biasa. Para wisatawan di sana akan dapat menikmati keindahan kolam-kolam air panas berwarna biru kehijauan yang terletak di tengah-tengah lingkungan yang panas.

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa salju bisa panas? Bukankah salju seharusnya dingin? Tenang saja, istilah “salju panas” digunakan untuk menggambarkan keindahan kolam air panas di Kawah Tinggi Raja yang dikelilingi oleh batuan kapur, sehingga terlihat seperti hamparan salju.

Kawah Putih Tinggi Raja terbentuk oleh panas bumi yang mengandung belerang, yang kemudian membentuk bukit kapur putih dengan sumber air panas dengan suhu mencapai 90 derajat Celsius. Apakah kamu penasaran? Ayo, langsung saja kita simak informasi yang lebih lengkap!

Asal Usul Kawah Putih Tinggi Raja

280299262 1401262636968352 2021058308547654244 n
Instagram.com/bayuanandajambak

Tinggi Raja merupakan suatu lokasi dengan sumber mata air panas alami. Kawasan ini terbentuk akibat panas yang berasal dari dalam bumi yang mengandung belerang. Seiring berjalannya waktu, proses ini membentuk sebuah bukit kapur putih dengan sumber air panas yang suhunya cukup tinggi.

Bahkan, pengunjung dapat menggunakan kepanasan ini untuk merebus telur. Namun, perlu diingat bahwa pengunjung tidak diperbolehkan berenang di kawah yang memiliki suhu sangat tinggi ini. Di sisi lain kawah, terdapat sungai dengan air hangat yang sebagian besar berasal dari mata air Kawah Putih.

Keindahan Kawah Putih Tinggi Raja ini sendiri bisa kamu temukan di bagian puncak bukit, di mana bukit kapur terlihat seperti bukit yang tertutup salju. Tempat ini sangat layak untuk dikunjungi dan memberikan kepuasan visual yang luar biasa.

Saat ini, banyak orang dari berbagai daerah telah mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Bahkan kebanyakan dari pengunjung ini akhirnya mengakui keindahan luar biasa dari Cagar Alam Tinggi Raja yang jarang ditemui di Indonesia.

Tinggi Raja sendiri sebenarnya telah ditemukan sekitar ratusan tahun yang lalu. Namun karena masalah akses menuju tempat ini sangat terbatas, terutama akses jalan menuju cagar alam yang curam dan rusak mengakibatkan tempat ini kurang populer. Bahkan masih banyak masyarakat umum yang sama sekali tidak tahu keberadaan dari destinasi wisata yang satu ini.

Di sisi lain masih terkait dengan asal-usul, ternyata Kawah Putih Tinggi Raja ini juga memiliki cerita yang cukup populer sekaligus menjadi legenda dikalangan warga sekitar. Asal usul kawah ini berasal dari nama raja yang mana dalam pandangan masyarakat pada zaman dahulu adalah sebuah kerajaan yang berlokasi di wilayah desa dengan nama Tinggi Raja.

Pada awalnya, kerajaan tersebut bermula dari suatu tempat di Tinggi Raja yang dihuni oleh orang tua yang sudah lanjut usia. Suatu saat, sang raja memutuskan untuk mengirimkan makanan kepada orang tuanya tersebut. Untuk melaksanakan tugas tersebut, sang raja meminta seorang petani aren (tuak dalam bahasa Simalungun) untuk mengantarkan makanan tersebut ke rumah orang tua raja tersebut.

Namun, dalam perjalanan menuju tempat tinggal orang tua raja, petani aren tersebut mengalami kelaparan karena tidak membawa persediaan makanan. Akibatnya, petani aren tersebut memakan sebagian makanan yang seharusnya dikirimkan kepada orang tua raja, sehingga hanya tersisa tulang belulang yang tidak layak dikonsumsi.

Setibanya di rumah orang tua raja, petani tersebut memberikan makanan kepada mereka. Orang tua raja merasa sangat bahagia ketika menerima kiriman makanan dari putranya. Namun, saat mereka membuka makanan tersebut, mereka marah karena hanya menemukan tulang belulang.

Akibatnya, ibu raja memanggil anak-anaknya yang lain untuk mengadakan upacara tari-tarian dengan menggunakan kucing sebagai properti. Di tengah acara tersebut, terjadi kejadian di mana air panas tumpah dan membanjiri daerah sekitarnya. Daerah yang menghasilkan air panas dan memiliki kawah putih itulah yang kemudian dikenal sebagai Tinggi Raja oleh masyarakat dahulu hingga sekarang.

Status Objek Wisata Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah Putih Tinggi Raja merupakan salah satu objek wisata yang memiliki tema alam dan nilai sejarah tersendiri. Pada tahun 1916 dan 1918, Kawah Putih Tinggi Raja dan sekitarnya awalnya ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung melalui kesepakatan raja-raja di Simalungun.

Dikarenakan keberagaman hayati dan ekosistem yang luar biasa di kawasan hutan lindung tersebut, statusnya ditingkatkan menjadi cagar alam pada tanggal 18 April 1924. Penetapan status ini berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, serta PP Nomor 28 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam.

Dalam pengertian ini, zona cagar alam hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu, kecuali jika ada keperluan riset. Hal yang sama berlaku untuk Kawah ini dan seluruh Cagar Alam yang ada di Dolok Tinggi Raja. Namun, sejak tahun 1980, kawasan ini sering dikunjungi oleh orang-orang untuk berwisata, bahkan digunakan sebagai tempat pemotretan prewedding.

Melihat potensi wisata yang besar, Pemerintah Kabupaten Simalungun bekerja sama dengan tim Kebun Raya Bogor dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penelitian, dan hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa Kawah Putih Tinggi Raja layak dijadikan objek wisata.

Dengan demikian, usulan Pemerintah Kabupaten Simalungun disetujui oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pada tanggal 18 September 2018, dikeluarkan surat keputusan yang menetapkan sebagian kawasan Cagar Alam Dolok Tinggi Raja sebagai Taman Wisata Alam.

Sebagai wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan ini, tidak perlu ragu lagi karena telah ditetapkan bahwa area tertentu merupakan objek wisata alam, termasuk Kawah Putih Tinggi Raja.

Keunikan Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah putih ini terbentuk secara alami oleh panas bumi, menjadikannya daya tarik wisata yang unik. Selain kawah, terdapat beberapa spot menarik lainnya di kawasan Dolok Tinggi Raja. Wisata alam ini menjadi kebanggaan masyarakat Medan karena berhasil memikat pengunjung untuk datang kembali. Berikut beberapa keunikan yang dimiliki oleh Kawah Putih Tinggi Raja:

1. Pesona Batu Kapur Seperti Salju

67552297 154231828989733 6092593768338901968 n
Instagram.com/exsplorewisatasumut

Hamparan pasir dan batu kapur yang melapisi tanah memberikan tampilan seperti salju. Keindahan ini menjadi daya tarik bagi pengunjung karena jarang ditemukan dalam wisata alam lainnya. Pemandangan batu kapur ini sangat cocok untuk dijadikan latar foto yang instagramable.

Kamu sudah pasti akan merasa terpesona saat melewati jalan terjal dan hutan lebat menuju kawah. Rasa lelah terbayar dengan pemandangan indah batu kapur yang mirip salju. Liburan di Kawah Putih Tinggi Raja memberikan pengalaman seperti berlibur di luar negeri.

2. Sungai Air Panas

Di kawasan wisata Kawah Putih Tinggi Raja, terdapat sungai yang mengalir di bawah tebing. Sungai ini menjadi tempat pemandian bagi pengunjung. Salah satu sungai yang terkenal adalah Sungai Bah Balaklak Danau Lapparan.

Sungai ini memiliki air terjun dengan air yang hangat. Air terjun ini menjadi favorit wisatawan. Berendam di sungai ini memiliki manfaat bagi kesehatan kulit karena kandungan belerang dalam airnya. Sungai ini terletak di sebelah barat kawah putih dengan jarak sekitar 2 km. Yang menarik, sungai ini juga menjadi habitat bagi beberapa jenis ikan meskipun airnya hangat.

3. Letaknya yang Ada di Cagar Alam Dolok Tinggi Raja

36085070 239515336833029 1476442192510713856 n
Instagram.com/innokribow

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Kawah Putih Tinggi Raja terletak di dalam Cagar Alam Dolok Tinggi Raja. Oleh karena itu, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan kawah putih, tetapi juga dapat menyaksikan keberadaan cagar alam di dalamnya. Cagar alam ini menampung berbagai jenis tanaman langka, bahkan beberapa di antaranya hampir punah.

Pada tahun 2003, LIPI menemukan sekitar 70 jenis anggrek yang tumbuh di dalam mini cagar alam ini. Kehadiran anggrek-anggrek ini semakin langka, terutama untuk beberapa jenis tertentu. Meskipun tidak semua orang dapat masuk ke dalam cagar alam ini, namun hal ini menjadi daya tarik yang khusus bagi para wisatawan.

4. Keajaiban yang Berpindah-pindah

Kawah Putih Tinggi Raja juga dikenal sebagai Kawah Putih Dolok Tinggi Raja oleh masyarakat sekitar. Masyarakat sering menyebut kawasan ini sebagai ‘keajaiban’. Kawasan wisata ini awalnya merupakan tanah datar yang kemudian tererosi hingga mencapai kedalaman hampir 10 meter.

Kawah Putih Tinggi Raja terbentuk akibat panas bumi yang mengandung belerang, membentuk sebuah bukit kapur putih yang menyerupai bukit salju dengan luas sekitar 30 hektar. Yang lebih unik lagi, keajaiban kawah biru ini sering berpindah-pindah.

Menurut penuturan salah satu pemandu dari desa sekitar yang bernama Pernando mengatakan jika: “Dulu kawahnya berada di sini (di samping kawah biru yang sekarang). Setiap beberapa tahun, kawah ini berpindah lokasi, tetapi masih berada di sekitar kawasan hutan seluas 167 hektar ini,”. Unik dan tentunya membuat orang sangat penasaran untuk mengunjunginya bukan?

5. Spot Foto Instagramable

25017846 304431670066680 2525556214473949184 n
Instagram.com/safziahya

Bagi kamu yang ingin menambah variasi warna dalam feed media sosial maka Kawah Putih Tinggi Raja dapat menjadi alternatif baru yang menarik. Kejernihan air biru yang menggoda terlihat tanpa cela. Dan tentu saja, objek wisata ini cocok untuk mempercantik laman akun media sosialmu.

Berbeda dengan kawah putih di Bandung, Kawah Putih Tinggi Raja dikelilingi oleh hutan yang sangat lebat. Airnya berwarna biru dengan formasi belerang yang terbentuk secara alami seperti lapisan kristal es yang tebal. Oleh karena itu, banyak orang yang menyebutnya sebagai Salju Tinggi Raja, Kawah Putih Cantik Khas Sumatera Utara.

Disarankan untuk datang ke Kawah Putih sebelum tengah hari, ketika sinar matahari semakin kuat. Pada saat itu, genangan air akan semakin panas. Selamat berfoto ria!

6. Mutiara di Tengah Lumpur

Ungkapan “mutiara di tengah lumpur” mungkin sangat cocok untuk menggambarkan lokasi wisata ini. Terletak di tengah hutan belantara dengan medan yang menantang, mungkin tidak banyak orang yang akan mengira akan menemukan objek wisata cantik seperti ini.

Sumber air panas dengan suhu sekitar 90 derajat Celcius di Kawah Putih Tinggi Raja ini berasal dari bukit-bukit kecil di daerah tersebut. Bahkan kamu juga dapat merebus telur di kawasan ini sampai matang lho. Aliran air panas yang mengalir di antara batuan kapur membuat batuan tersebut tampak putih seperti salju.

Beberapa orang menyebutnya sebagai Salju Panas. Kawah Biru ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan momen melalui foto. Wisata Kawah Biru dikelola oleh penduduk dari empat dusun, yaitu Desa Nagori Dolok, Negeri Kasian, Dolok Marawa, dan Buttu Siattar.

Selain Kawah Biru yang berada di tengah hutan, wisatawan juga dapat mengunjungi Kawah Putih yang berjarak sekitar 1 kilometer dari Kawah Biru. Kawah Putih Tinggi Raja, yang terletak di kawasan hutan belantara ini, memang tidak seluas Kawah Biru.

Kawah Putih tidak memiliki bukit salju yang tinggi dan luas area air belerang berwarna biru seperti yang terlihat di Kawah Biru. Namun, yang membuatnya menarik adalah kedalaman air belerang yang membentuk sumur dengan kedalaman 15 meter. Sumur belerang berwarna biru tua ini terlihat mendidih dan menghasilkan buih putih di tengah batuan kapur putih.

7. Akses yang Menantang

Bagi kamu yang gemar petualangan, liburan ke Kawah Putih Tinggi Raja bisa menjadi pilihan yang menarik. Untuk mencapai lokasi ini, perjalanan akan memakan waktu sekitar tiga hingga lima jam dari Kota Medan, melalui jalan yang cukup terjal.

Terutama saat musim hujan tiba, perjalanan akan menjadi lebih sulit dan berbahaya. Oleh karena itu, kondisi fisik dan kendaraan yang prima sangat diperlukan untuk menuju lokasi ini. Apakah kamu penasaran ingin mengunjungi Kawah Putih Tinggi Raja?

Mengingat akses menuju kawah ini cukup sulit dan berbahaya bagi anak-anak, disarankan untuk pergi dengan orang dewasa saja. Selain itu, pastikan kamu sudah sarapan dan dalam kondisi fisik yang prima, ya!

Mitos yang Ada di Kawah Putih Tinggi Raja

Terlepas dari keunikan Kawah Putih Tinggi Raja maupun cerita rakyat mengenai asal usulnya ternyata di kawah ini juga ada mitos yang tak kalah menarik. Adapun mitos tersebut ialah:

  • Disarankan bagi wisatawan, terutama yang non-Muslim, untuk tidak membawa makanan yang mengandung daging babi saat mengunjungi Kawah Putih Tinggi Raja. Hal ini karena masyarakat setempat meyakini bahwa tindakan tersebut dapat menyebabkan hujan turun di kawasan tersebut.
  • Terdapat tradisi unik di antara para pengunjung yang datang ke Kawah Putih Tinggi Raja, yaitu merebus telur mentah di genangan air panas kawah. Jika ada telur yang hilang selama proses perebusan, para pengunjung tidak perlu terkejut, karena terdapat mitos yang beredar bahwa telur tersebut diambil oleh “penghuni” Kawah Putih Tinggi Raja.

Meski sumber kepercayaan atau mitos tersebut sebagai pengunjung ada baiknya kamu mengikutinya saja. Hal ini dilakukan demi kebaikan kamu sendiri.

Alamat dan Rute Menuju ke Kawah Putih Tinggi Raja

22159372 723100427887459 7371072703605768192 n
Instagram.com/dhienavruz

Kawah Putih Tinggi Raja terletak di Desa Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Jika berangkat dari Kota Medan, jaraknya sekitar 90 km. Untuk lama perjalanan yang harus kamu tempuh paling tidak akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam.

Perlu benar-benar kamu ingat jika mencapai tempat wisata alam memang sangat menantang. Adapun tantangan utamanya terletak pada kondisi jalan yang kurang baik. Apalagi saat musim hujan, jalan akan menjadi lebih sulit dilalui

Oleh karenanya saat musim hujan waktu perjalanan bisa memakan lebih lama. Awalnya kamu hanya memerlukan waktu 3 sampai 4 jam namun sata musim hujan kamu akan memerlukan waktu hingga 5 jam baru bisa sampai lokasi.

Untuk menuju tempat wisata ini ada beberapa rute yang dapat digunakan. Rute pertama adalah melalui Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Siborong-borong. Rute pertama ini dikenal sebagai rute yang paling mudah dilalui. Oleh karenanya banyak wisatawan yang memilih rute yang satu ini.

Selain itu, terdapat juga rute kedua yang bisa kamu pilih. Untuk rute ini kamu akan melalui Kabanjahe – Pintu Ramba – Kawah Putih. Rute ini seringkali dijadikan sebagai alternatif untuk menuju tempat ini

Setelah sampai di kawah nantinya kamu masih perlu menggunakan mobil atau ojek yang dikelola oleh pihak setempat untuk menuju ke area kawah. Waktu perlajanan yang akan kamu tempuh nantinya sekitar 20 sampai dengan 30 menit.

Secara keseluruhan melalui rute manapun memang tak bisa dipungkiri jika untuk bisa sampai ke Kawah Putih Tinggi Raja memerlukan usaha yang besar. Bahkan waktu yang harus kamu korbankan juga cukup banyak karena berjam-jam.

Kendati demikian hasil yang akan kamu dapat tentu tak akan mengecewakan. Saat sampai lokasi dijamin lelahmu akan langsung terbayar lunas oleh keindahan dan pesona luar biasa yang disuguhkan kawah ini.

Harga Tiket Masuk Ke Kawah Putih Tinggi Raja

Berbicara mengenai harga tiket masuk maka Kawah Putih Tinggi Raja adalah destinasi wisata yang sangat terjangkau. Salah satu alasannya karena tidak ada biaya masuk.

Di tempat ini kamu hanya perlu mempersiapkan biaya parkir saja sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Adapun untuk Jam operasional wisata alam ini dimulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Nah karena gratis artinya wisata ini cocok nih untuk dijadikan tujuan liburan hemat.

Rekomendasi Kegiatan Menarik di Kawah Putih Tinggi Raja

Setelah mengetahui pesona Kawah Putih Tinggi Raja dan informasi lainnya, mari membahas beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Liburan akan menjadi lebih seru dengan melakukan beberapa kegiatan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang sangat direkomendasikan saat berkunjung ke tempat ini:

1. Camping

Kegiatan Camping tentunya akan selalu menyenangkan untuk dicoba. Melalui kegiatan ini kamu akan mendapatkan pengalaman yang berkesen. Nah di Kawah Putih Dolok Tinggi, terdapat area camping yang dapat digunakan oleh wisatawan dengan nyaman.

Kamu bisa melakukan camping bersama keluarga atau teman terdekat. Bagi yang tidak memiliki tenda, tersedia juga penyewaan tenda di area wisata Kawah Putih. Kegiatan yang satu ini sangat menyenangkan karena memungkinkan kamu menikmati suasana Kawah Putih dalam waktu yang lama.

2. Menikmati Keindahan Panorama Bukit Kapur

Selain camping kamu juga dapat menikmati panorama indah dari bukit kapur yang dilewati oleh aliran air panas. Kawasan ini menawarkan pemandangan yang sangat mempesona, sehingga membuat batuan kapur menjadi indah bagi mata yang memandang.

Ada juga keindahan alami berupa karpet alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut dan dilewati oleh air panas, menciptakan pemandangan seperti hamparan karpet berwarna hijau keputihan. Sungguh cantik dan memukau untuk dilihat!

3. Hunting Spot Foto di Kawah Putih Tinggi Raja

23422036 941536985997654 1441147285143552000 n
Instagram.com/vsco_sumut

Kawah Putih Tinggi Raja menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Sayang sekali jika hanya mengunjungi tanpa mengabadikan momen keindahan tersebut. Hunting spot foto menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di destinasi wisata alam yang cantik ini.

Kawah Putih Dolok Tinggi memiliki beberapa spot menarik yang cocok untuk dijadikan latar belakang foto. Hasil foto di tempat wisata ini sangat cocok untuk diunggah di media sosial karena terlihat instagramable dan unik. Keberadaan batuan kapur di Kawah Putih memberikan kesan seperti sedang berada di luar negeri.

4. Berendam di Air Hangat

Di kawasan ini, terdapat sebuah kolam alam yang meski tidak terlalu luas, namun cukup besar. Kolam ini mengeluarkan sumber air panas, dan jika diperhatikan, terlihat gelembung-gelembung udara keluar dari dasar kolam.

Aliran air panas ini melalui semak-semak pepohonan yang mengering karena panas, kemudian berkumpul menjadi satu aliran dan membentuk sebuah danau dengan air berwarna biru kehijauan. Keindahan ini benar-benar menakjubkan dan mempesona.

Tak hanya mempesona untuk dilihat saja, namun di sungai ini kamu juga bisa berendam air panas dengan nyaman. Jadi bagaimana nih tertarik untuk mencoba salah satu kegiatan di atas?

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Kawah Putih Tinggi Raja

Meskipun tidak dikenakan biaya tiket masuk, namun wisata alam di Dolok Tinggi telah diatur dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan melalui ketersediaan fasilitas yang memadai bagi para wisatawan. Beberapa fasilitas umum yang disediakan meliputi toilet umum, area parkir yang luas, warung makan, dan juga tersedia pilihan homestay.

Tak heran jika Kawah Putih Tinggi Raja merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat direkomendasikan di Sumatera Utara. Bahkan tempat wisata ini menjadi dambaan kaum millennial. Bagaimana tidak tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang memukau, tetapi juga menjadi sebuah destinasi alam unik yang tak akan bisa kamu temukan di tempat lain.

Tips Liburan ke Kawah Putih Tinggi Raja

Mendengar kata liburan tentunya sudah cukup untuk membuat siapapun menjadi lebih bersemangat dan bahagia. Apalagi jika liburannya ke tempat yang luar biasa mempesona seperti Kawah Putih Tinggi Raja. Nah jika kamu memiliki rencana liburan ke tempat tersebut simak dulu tuk tips liburan berikut ini:

1. Membuat Perencanaan Liburan yang Matang

Liburan tentu tak bisa kamu lakukan denga nasal berangkat saja. Sebelum itu kamu perlu merencanakan semuanya dengan baik. Mulai dari perencanaan lamanya kamu liburan, transportasi yang akan digunakan hingga penginapan yang akan kamu sewa nantinya selama liburan.

Oleh karena itu jauh-jauh hari kamu perlu mencari informasi sebanyak mungkin mengenai itu semua. Setelah itu baru memutuskan mana yang sesuai dengan keuangan atau budget yang kamu miliki.

2. Menabung

Meski liburan ke Kawah Putih Tinggi Raja ini gratis tetap saja kamu akan butuh uang bukan?. Oleh karenanya kamu harus menabung untuk liburan tersebut. Apalagi jika tempat kamu tinggal jauh dari kawah tersebut tentu kamu akan memerlukan biaya yang besar untuk transportasi, makan hingga penginapan.

3. Usahakan Bukan Saat Hari Libur

Jika kamu berencana liburan ke tempat ini memang sebaiknya menghindari hari libur nasional atau tanggal merah. Selain lebih nyaman biasanya transportasi seperti tiket pesawat bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau sehingga bisa lebih hemat.

Dengan mengikuti tips diatas maka liburan kamu akan lebih terarah dan bisa lebih mudah diwujudkan sekaligus dinikmati. Oh iya selama liburan jangan lupa untuk selalu hati-hati. Sebisa mungkin ikuti saja semua aturan yang ada di Kawah Putih Tinggi Raja.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments