big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Air Terjun Kakek Bodo, Wisata Alam yang Diselimuti Cerita Rakyat Penuh Misteri

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo adalah wisata alam terbaik di Pasuruan yang tengah menjadi sorotan. Pepohonan rindang serta udara sejuk menjadi keunggulan utama dari wisata satu ini. Belum lagi suara gemericik air terjun yang terdengar bagaikan alunan musik bernada merdu. Sungguh suasana semacam ini sangat cocok dijadikan tempat bersantai.

Alamat : Jalan Taman Wisata No. 541, Area Sawah/Kebun, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp15.000
Jam buka : 07.00 – 16.00 WIB

Daya Tarik Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo termasuk objek wisata yang lokasinya masih satu kawasan dengan Wisata Tretes. Tepatnya di sekitar lereng utara Gunung Welirang yang mengalirkan air dari ketinggian 850 meter di atas permukaan laut. Wisatawan ini berada di bawah naungan RPH Prigen, BKPH Lawang Barat.

Panorama alam yang tersaji pasti akan membuat kamu merasa betah. Sejauh mata memandang ada deretan pepohonan hijau nan rindang menghiasi setiap sudutnya. Dikarenakan Air terjun satu ini posisinya persis di tengah hutan lindung. Jadi kamu jangan heran jika hampir keseluruhan pemandangan yang terlihat hanyalah sekumpulan pepohonan saja.

Selain menyuguhkan keindahan alam memukau. Air Terjun Kakek Bodo juga mempunyai beberapa daya tarik yang bisa menarik perhatian wisatawan untuk datang. Informasi selengkapnya bisa kamu simak pada penjelasan sub bab berikut ini.

Air Terjun Setinggi 40 Meter

1691839702246
i

Daya tarik pertama yang dimiliki wisata ini sudah pasti pemandangan air terjunnya. Dengan ketinggian mencapai 40 meter mampu membuat siapapun merasa takjub begitu melihatnya pertama kali. Hal itu bukan tanpa alasan karena aliran airnya yang berwarna jernih adalah sebuah harta karun berharga yang memang sangat sulit dijumpai di daerah perkotaan.

Aliran debit air yang turun selalu dipengaruhi oleh musim. Waktu musim penghujan tiba alirannya bisa jadi sangat deras sehingga tak jarang pihak pengelola memasang papan peringatan. Dimana isinya menjelaskan tentang larangan pengunjung untuk mendekati air terjun. Pada saat itu sudah pasti debit airnya sangat tinggi.

Maka dari itu kamu tidak disarankan datang ke Air Terjun Kakek Bodo saat musim hujan. Pilihlah waktu yang memang cuaca sedang mendukung. Agar nantinya kamu bisa menikmati pemandangan air terjun dan kolam yang ada di bagian bawahnya.

Kolam di bawah air terjun mempunyai tingkat kedalaman setinggi 5 meter. Biasanya wisatawan memanfaatkannya untuk tempat berenang atau sekedar bermain air saja. Di sekitar kolam dipenuhi berbatuan besar yang bisa kamu jadikan tempat bersantai.

Spot Foto Instagrammeble

1691839774979
Sumber : Google Maps/Achmad Taufik

Air Terjun Kakek Bodo ini juga menyuguhkan berbagai macam spot foto unik dan pastinya instagrammeble. Spot pertama ada jalan setapak yang mana banyak dihiasi beraneka macam tanaman hias serta pepohonan rindang berukuran besar. Suasananya cukup teduh sehingga kamu bisa mendapatkan angel foto terbaik.

Sesekali jalan setapak itu akan melewati sebuah jembatan yang berada di atas sungai berbatu. Kawasan ini sering menjadi tempat favorit para pengunjung untuk berswa foto. Kalau kamu merasa lelah berjalan kaki jangan terlalu memaksakan diri. Istirahatkan badan sejenak dengan duduk santai di area yang sudah disediakan.

Kolam Renang

1691839544597
Sumber : Google Maps/Supriyanto Supriyanto

Buat kamu yang suka berenang tak perlu khawatir. Air Terjun Kakek Bodo memiliki fasilitas kolam renang alami dengan airnya berwarna jernih sebening kristal. Di sana pengunjung bisa berenang sepuasnya tanpa perlu takut tenggelam. Ketinggian airnya tidak terlalu dalam. Jadi sangat aman digunakan berenang oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Kegiatan berenang di kolam ini semakin bertambah seru karena pihak pengelola telah menambahkan beberapa fasilitas seluncur. Wisatawan pun bisa berenang sekaligus bermain dalam waktu bersamaan. Untuk lokasi kolam renangnya sendiri ada di dekat area parkir. 

Legenda Tentang Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo tidak akan pernah lepas dari legenda tentang seorang kakek yang hidup di zaman kolonial Belanda. Menurut penuturan warga sekitar, dulunya ada seorang kakek tua yang mengabdikan hidupnya untuk keluarga Belanda. Selama melayani keluarga tersebut, sang kakek selalu mendapatkan kehidupan serba berkecukupan.

Akan tetapi suatu hari sang kakek tiba-tiba melepaskan semua kenikmatan itu. Sang majikan sampai tidak mengerti dengan jalan pikiran sang kakek. Bahkan mereka menganggap kakek itu bodoh hingga mau meninggalkan semua kekayaan yang sudah diberikan kepadanya.

Setelah itu sang kakek pergi bertapa di sebuah air terjun untuk mendapatkan kesaktian. Akhirnya kakek itu memperoleh kesaktiannya dan digunakan untuk membantu orang-orang yang sedang dalam kesulitan. Dari kisah inilah cikal bakal munculnya Air Terjun “Kakek Bodo”. Sebuah nama yang diberikan oleh orang-orang Belanda kepada kakek sakti itu.

Perjalanan yang Menyenangkan

Wisata Air Terjun Kakek Bodo adalah tempat rekreasi yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Lokasinya memang berada di tengah hutan, tetapi akses jalannya sudah cukup memadai. Kamu tidak akan merasa kesulitan saat menempuh perjalanan menuju air terjunnya.

Pihak pengelola telah menata akses jalannya sebaik mungkin agar mudah dilewati pengunjung. Kamu pun tidak akan merasa bosan karena sepanjang perjalanan ada suguhan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Diantaranya ada pepohonan hijau, area taman dengan bunga warna-warninya, dan hamparan langit biru.

Hal semacam itu akan kamu temui jika datang dari arah loket nomor 1. Begitu melewati gerbang, kamu tidak akan merasa sedang berada di tengah hutan. Melainkan memang benar-benar memasuki sebuah objek wisata bernuansa modern dan kekinian. Jarak 1 kilometer yang harus kamu tempuh tidak akan terasa melelahkan sama sekali.

Fasilitas Umum

Agar pengunjung merasa nyaman selama liburan di Air Terjun Kakek Bodo, pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum memadai. Fasilitas yang pertama ada area parkir cukup luas untuk menampung kendaraan pribadi milik wisatawan. Contohnya seperti sepeda motor dan mobil.

Tak ketinggalan di sekitar area wisata juga disediakan warung makan atau kantin. Makanan dan minuman yang dijual bervariasi. Ada makanan berat, makanan ringan, air mineral, dan masih banyak lagi. Harganya pun relatif terjangkau dan tidak sampai menguras isi dompet kamu.

Khusus pengunjung muslim yang ingin menunaikan ibadah shalat tidak perlu khawatir. Di sekitar air terjun juga sudah tersedia bangunan mushola sebagai tempat ibadah. Dan fasilitas yang terakhir ada toilet umum. Meskipun bentuknya sederhana tetapi sudah cukup layak digunakan oleh pengunjung.

Tips Berkunjung

Kalau mau liburan ke Air Terjun Kakek Bodo sebaiknya datang beramai-ramai. Itu jauh lebih seru ketimbang kamu bepergian seorang diri. Setidaknya kamu ada seseorang yang bisa diajak mengobrol atau dimintai bantuan semisal terjadi apa-apa selama perjalanan.

Sebelum berangkat pastikan barang bawaan kamu tidak ada yang tertinggal. Lalu cek juga kondisi mesin mobil atau sepeda motor yang akan jadi tumpangan kamu. Jangan lupa juga periksa apakah bahan bakarnya sudah terisi penuh atau belum?

Agar kamu tidak tersesat sebaiknya ikuti rute yang ada di aplikasi google maps. Biasanya rute dari aplikasi tersebut selalu akurat dan tidak pernah salah. Semisal kamu kebingungan membaca peta di dalam aplikasi, alternatifnya bisa mengajak teman atau keluarga kamu yang memang hafal jalan ke air terjun.

Air Terjun Kakek Bodo hanya salah satu dari sekian banyaknya objek wisata di Pasuruan. Sebenarnya masih banyak tempat lainnya yang harus kamu jelajahi. Semoga pemaparan singkat ini bisa membantu kamu mengenal wisata Pasuruan lebih banyak lagi.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments