setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

7 Wisata Religi Magelang Paling Cocok Saat Ramadhan

wisata religi magelang

Menjalani ibadah puasa memang sangat bagus sekali jika di isi dengan kegiatan ziarah.

Wisata religi Magelang memiliki beragam tempat wisata religi yang paling bagus dan cocok digunakan pada saat Ramadhan.

Teruntuk kamu yang ingin berwisata religi di kota Magelang dan belum tahu lokasi yang tepat, berikut ini adalah daftar lokasinya.

1. Makam Syeh Subakir

Makam Syeh Subakir
foto: instagram.com/p/B5DLtoVgvBN

Orang Jawa pasti kenal dengan syeh Subakir, seorang syeh yang berasal dari Iran. Cerita masyarakat tentang Syeh Subakir merupakan seorang alim ulama yang di utus Sultan Muhamad 1 untuk membasmi para jin di gunung Tidar agar pulau Jawa bisa dihuni. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling religius di Magelang.

Jika kamu ingin melakukan perjalanan wisata religi Magelang di makam Syeh Subakir, kamu dapat menemukannya di daerah Magersari.

2. Pemandian Candi Umbul

Pemandian Candi Umbul
foto: instagram.com/p/BM_ItxUDUF4

Candi Umbul adalah salah satu candi yang dibuat pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Tempat wisata religi asal Magelang satu ini digunakan sebagai tempat pemandian para putri dan putra bangsawan pada masa pemerintahannya.

Berwisata religi ke tempat pemandian candi umbul adalah salah satu pilihan yang tepat saat Ramadhan. Berada di kecamatan Grabag, anda bisa mengenang jaman-jaman kerjaan masa lalu di tempat ini.

3. Masjid Agung Magelang

Masjid Agung Magelang
foto: instagram.com/p/B3wuRLLlZPB

Salah satu wisata religi Magelang paling rekomended saat Ramadhan adalah ke masjid agung Magelang. Mesjid yang satu ini merupakan mesjid kota yang memiliki ukuran yang besar. Masjid ini menjadi pusat agama Islam di kota Magelang.

Wisata Menarik Lainnya :  HTM, Fasilitas, Rute Menuju Museum Affandi Yogyakarta

Setiap Ramadhan mesjid ini selalu ramai, karena biasanya akan diadakan banyak program – program yang menarik. Mulai dari buka bersama, terawih bersama dan lain sebagainyanya. Masjid yang berada di kawasan alun – alun ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

4. Makam Kyai Maksum

Kyai Maksum adalah salah satu orang yang memiliki peranan penting dalam dunia perkembangan Islam di Magelang. Semua orang Jawa Tengah nampaknya akan kenal dengan Kiyai Maksum. Saat Ramadhan tiba kamu bisa mengunjungi tempat ini sebagai tempat untuk berziarah. Ziarah kubur dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada sang Pencipta serta mengingat akan kematian.

Sebagai daya tarik sebagai witasa religi Magelang daerah Karang Malang kawasan Borobudur, makam Kyai Maksum memiliki ikatan misterius tersendiri.

5. Makam Kajoran

Salah satu wisata religi Magelang yang wajib banget kamu datengin saat bulan Ramadhan adalah Makam Kajoran. Kajoran adalah salah satu tokoh muslim yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Perkembangan Islam di nusantara tidak akan lepas dari jasanya, terutama di pulau Jawa.

6. Makam Sunan Geseng

Makam Sunan Geseng
foto: instagram.com/p/BZ8L73Qg1E3

Menurut sejarahnya, Sunan Geseng merupakan salah satu murid sunan Kalijaga yang terkenal di pulau Jawa. Sunan Geseng tentu memiliki peran penting dalam perkembangan agama Islam di Nusantara. Sebagai pendakwah dan penyebaran ajaran agama Islam pada jaman dahulu, sampai sekarang Sunan Gesang masih menjadi teladan bagi masyarakat Jawa.

Buat kamu yang ingin berwisata religi ke Magelang saat Ramadhan, maka makam Sunan Geseng adalah pilihan yang tepat. Makam Sunan Geseng ini berlokasi di Gentan, Tirto, Grabag, Magelang.

7. Makam Kyai Siroj Payaman

Kyai Siroj Payaman merupakan salah satu tokoh muslim Magelang yag cukup ternama. Bagi masyarakat Jawa, Kyai Siroj Payaman adalah tokoh yang paling mereka kagumi dan paling di hormati. Setelah generasi para wali hilang, Kyai Siroj Payaman menjadi salah satu tokoh yang mengembangkan ajaran Islam di Magelang.

Wisata Menarik Lainnya :  20 Wisata Alam Sleman Keren di Era New Normal

Oleh karena itu, sampai sekarang salah satu destinasi pesona wisata religi Magelang yang berada di Desa Payaman, Kecamatan Secang selau ramai di kunjungi peziarah dari bermacam daerah.

8. Makam Kyai Chudlori Tegalrejo

Kyai Chudlori juga termasuk salah satu orang yang berpengaruh dalam dunia pendidikan Islam di Magelang. Kyai Chudlori mendirikan pesantren di Tegalrejo. Pesona wisata religi magelang yang satu ini memanglah cukup ternama untuk daerah sekitar.

Di Magelang sendiri namanya bahkan cukup dikenal banyak orang. Karena pada masanya, banyak sekali orang yang kontra dengan ajaran agama Islam yang diajarkan oleh Kyai Chudlori. Namun sebagai orang yang diberikan amanat, ia terus menjalankan ajaran dan mengembangkan agama Islam.

Nah itulah 8 wisata religi Magelang yang paling cocok kamu kunjungi sambil ngabuburit saat Ramadhan. Tempat ini menjadi tempat yang paling bagus untuk di kunjungi.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *