big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Wisata Alam Datuk, Pantai Tersembunyi di Kabupaten Batu Bara yang Menjadi Pilihan Tempat Rekreasi Keluarga

Wisata Alam Datuk

Dari dulu hingga sekarang wisata alam tak pernah sepi peminat. Jenis wisata satu ini selalu menjadi favorit wisatawan dimana pun itu. Apalagi di negara tercinta kita, Indonesia. Ada banyak jenis wisata alam yang tersedia. Mulai dari pantai, gunung, hingga danau.

Salah satu rekomendasi tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Wisata Alam Datuk. Wisata Sumatera Utara ini memiliki beragam destinasi yang seru dan tidak boleh kamu lewatkan.

Ragam Aktivitas Seru Di Wisata Alam Datuk

Keindahan pantai di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Khususnya yang ada di Sumatera Utara. Salah satu Provinsi Pulau Sumatera itu menghadirkan pesona pantai yang memikat. Sebut saja Pantai Salju dan Mutiara. Di mana keduanya menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Tidak hanya kedua pantai itu saja yang populer di Sumatera Utara. Masih ada satu pantai lainnya. Namanya adalah Wisata Alam Datuk. Bentuknya berupa pantai tetapi memiliki sejumlah daya tarik yang sedikit berbeda dengan pantai lain. Akan banyak kamu temukan spot foto instagrammeble di sekitar kawasan tersebut.

Buat kamu pencinta fotografi wajib banget datang ke tempat ini. Selain tersedia spot foto, pemandangan alam yang ditawarkan pun juga pas untuk background foto. Terdapat pula hutan mangrove, pasir putih, dan birunya air laut yang memukau. Udara di sekitarnya masih terasa sejuk sehingga membuat wisatawan merasa nyaman melakukan aktivitas berikut.

Berenang di Kolam Renang

2021 12 15
Sumber : Google Maps/Desi Hamidah Marbun

Meskipun Wisata Alam Datuk memiliki hamparan laut yang luas. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk digunakan wisatawan berenang. Bisa dibilang kolam ini merupakan waterpark mini di wisata tersebut. Pasalnya terdapat pula beragam wahana permainan seru di dalam kolam renangnya.

Wahana permainannya ada ember tumpah dan seluncuran. Dua wahana yang seringkali kamu jumpai di wisata pemandian. Ember tumpah adalah ember raksasa yang akan menumpahkan sejumlah air ketika isi di dalamnya sudah penuh. Para perenang harus bersiap menerima guyuran air cukup deras jika berada di bawahnya.

Kemudian untuk wahana seluncurnya juga tidak jauh berbeda. Ada yang bentuknya lurus dan melengkung dengan tingkat ketinggian tidak terlalu ekstrem. Maklumlah wahana tersebut memang ditujukan khusus untuk anak-anak.

Jika ingin menikmati keseruan berenang sambil bermain tak perlu risau memikirkan tiket masuk. Wisatawan bisa menggunakan fasilitas tersebut secara gratis. Jadi tinggal nikmati saja sampai kamu merasa puas.

Hunting Foto

IMG 1200 01
Sumber : Google Maps/Iriel Goenawan

Selain pesona pantainya yang mencuri perhatian, ada pula spot fotonya yang mengundang decak kagum. Tersedia beragam spot keren yang bisa kamu pilih. Salah satu diantaranya ada Rumah Hobbit. Sebuah rumah mini yang mana terinspirasi dari film The Lord of the Rings. Pengunjung suka sekali berswa foto di spot tersebut karena bentuknya yang unik.

Beranjak ke sisi lain Rumah Hobbit, ada spot foto keren lainnya bernama Apache Camp. Tempat berdirinya rumah-rumah khas suku Indian dengan segala keunikannya. Berfoto di sana seolah-olah membawa kamu masuk di tengah-tengah kehidupan suku Indian.

Setelah selesai berswa foto di Apache Camp, lanjutkan aktivitas dengan mengunjungi spot rumah adat Papua. Nantinya yang kamu lihat bukanlah bentuk rumah sebenarnya. Melainkan hanya sebuah replika untuk kebutuhan hunting foto para pengunjung.

Selain ketiga spot tadi, masih ada spot lainnya yang tak kalah menarik. Diantaranya ada jam dinding raksasa ala negeri dongeng, sangkar burung manusia, jembatan pelangi hutan mangrove, dan payung warna-warni melayang di tepi pantai. Titik-titik instagrammeble itu sengaja diciptakan demi mempercantik tampilan Wisata Alam Datuk.

Menyusuri Keindahan Hutan Mangrove

SAM 8792a
Sumber : Google Maps/Eko Prasetio

Wisata Alam Datuk tidak menyuguhkan pemandangan berupa pantai saja. Di sana juga ada hutan mangrove dengan deretan pepohonan berdaun lebat nan rindang. Kawasan tersebut cocok untuk tempat healing sekaligus bersantai guna merilekskan pikiran. Suasananya juga sepi dan tak terlalu banyak wisatawan berlalu lalang.

Menariknya di sekitar hutan mangrove itu terdapat sejumlah hewan kera yang lucu dan menggemaskan. Tenang, mereka termasuk hewan jinak dan mudah beradaptasi. Wisatawan juga sering memberinya makan dengan aneka buah-buahan dan kacang-kacangan.

Untuk menyusuri hutan mangrove sudah disediakan jembatan kayu. Selain difungsikan sebagai lintasan para pejalan kaki, jembatan itu juga bisa untuk spot foto. Dengan latar belakang rerimbunan pohon mangrove akan membuat hasil foto kamu tampak eksotis.

Jalan-jalan di Sekitar Pantai Pasir Putih

2018 12 11
Sumber : Google Maps/Shella kurnia

Ini dia daya tarik utama dari Wisata Alam Datuk. Apalagi kalau bukan hamparan pasir putih di tepi pantainya. Menurut penuturan beberapa orang, pantai ini yang terbesar di Provinsi Sumatera Utara. Benarkah itu? Memang belum ada yang membuktikannya. Tetapi yang jelas pemandangan alamnya benar-benar membius pandangan semua orang.

Bagi para orang tua tak perlu khawatir mengajak si kecil bermain di sana. Lantaran pasir putihnya bertekstur lembut dan tidak ada kerikilnya sama sekali. Anak-anak bebas berlarian sepuasnya sambil bermain pasir bersama teman – temannya.

Kalau mau sekalian piknik juga bisa. Acap kali terlihat beberapa orang menggelar tikar di tepi pantai. Kebanyakan mereka datang bersama keluarga, teman, pasangan, atau rekan kerja. Menikmati sajian hidangan di tepi pantai adalah cara terbaik menghabiskan waktu liburan.

Ketika menjelang sore akan tampak fenomena sunset dengan pesonanya yang memukau. Sungguh memberikan nuansa romantis nan syahdu kala melihatnya bersama pasangan. Biasanya kedua sejoli akan duduk di tepi pantai sambil melihat ke arah matahari terbenam di ufuk barat.

Mengelilingi Area Danau Dengan Sampan

2021 09 18
Sumber : Google Maps/Wisata Alam Datuk

Wisata Alam Datuk masih punya satu kolam lagi. Akan tetapi yang ini bukan untuk berenang. Melainkan sebagai jalur lintasan para pengunjung yang mengelilingi danau menggunakan perahu sampan. Dengan cara ini kamu bisa melihat keindahan alam di sekitar tempat wisata melalui cara yang berbeda.

Mendayung perahu sambil mengelilingi area danau bisa memberikan pengalaman liburan yang berkesan. Meskipun kurang menantang, tapi aktivitas ini mampu merilekskan pikiran yang sedang kalut. Kalau kamu tidak percaya coba rasakan sendiri dengan mengunjungi wisata tersebut.

Apalagi didukung dengan suasana sekitarnya yang penuh kesunyian. Kemudian terpaan angin sepoi-sepoi membelai wajah para pengunjung. Ditambah lagi pemandangan alam serba hijau yang kian menambah kenyamanan. Sudah pasti hal tersebut akan membuat pengunjung merasa betah.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Wisata Alam Datuk tidaklah mahal. Setiap pengunjung hanya akan dikenakan biaya Rp15.000. Namun itu belum termasuk biaya parkir kalau kamu membawa kendaraan pribadi.

Jam Buka

Wisata Alam Datuk selalu menerima kunjungan wisatawan setiap hari. Entah itu weekday, weekend, atau hari libur Nasional. Tetapi jam operasionalnya tidaklah bebas. Senin sampai Sabtu buka mulai Pukul 08.30 hingga Pukul 18.00 WIB. Khusus hari Minggu buka dari Pukul 08.30 dan tutup Pukul 19.30 WIB.

Fasilitas Umum

Wisata Alam Datuk mempunyai sejumlah fasilitas memadai. Dijamin selama liburan kamu akan merasa nyaman karena pihak pengelola selalu memberikan yang terbaik. Untuk fasilitas umumnya sebagai berikut.

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Ruang bilas
  • Warung makan
  • Rumah suvenir
  • Glamour Camping

Tips Berkunjung

Dikarenakan Wisata Alam Datuk adalah destinasi mengusung konsep outdoor, maka waktu yang paling pas berkunjung ke sana saat musim kemarau. Kamu bebas bergerak ke sana kemari tanpa perlu takut kehujanan. Berbeda kalau pas musim penghujan. Keindahan alamnya jelas tidak bisa kamu nikmati karena tertutup oleh rintik-rintik air hujan.

Oleh karenanya sebelum berangkat pastikan mengecek informasi prakiraan cuaca terlebih dahulu. Agar kamu bisa memilih waktu keberangkatan yang tepat. Dan paling penting jangan bepergian seorang diri. Sebisa mungkin ajak teman atau keluarga supaya suasananya lebih menyenangkan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Wisata Alam Datuk. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat dan dapat menambah kecintaan kamu terhadap pariwisata dalam negeri. Jangan lupa membagikan informasi ini di media sosial kamu seperti instagram atau Facebook.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments