Umbul Gedaren, Kolam Renang Ajaib yang Mampu Membuat Wisatawan Merasa Takjub

Umbul Gedaren

Klaten yang dijuluki kota seribu umbul memang tak henti-hentinya menyajikan berbagai macam objek wisata baru. Kali ini ada Umbul Gedaren yang konon katanya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Entah itu benar atau tidak belum ada yang bisa memastikan wisata Klaten ini.

Alamat : Jalan Klaten – Jatinom No.7, Gedaren, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp 5.000
Jam buka : 24 Jam

Aktivitas Seru di Umbul Gedaren

Umbul Gedaren bisa menjadi salah satu referensi liburan jika kamu berkunjung ke Kota Klaten. Lokasinya tidak terlalu sulit untuk kamu temukan karena berdekatan dengan Kantor Kepala Desa Gedaren dan SD Negeri 2 Gedaren. Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan tersebut lebih mengenal wisata ini dengan sebutan Umbul Tirto Pawitro Sari.

Tak seperti kolam renang pada umumnya. Air di kolam renang ini memang jernih secara alami dan tidak menggunakan campuran kaporit sama sekali. Dengan adanya pepohonan rindang mengelilinginya menjadikan udara sekitar terasa lebih sejuk. Tak pelak para wisatawan akan merasa nyaman untuk melakukan berbagai macam aktivitas berikut.

Berendam dan Berenang

1689420354397
Sumber : Googlemap/Om Gil NgemiL

Wisatawan yang tengah liburan ke Umbul Gedaren mempunyai tujuan ingin merasakan kesegaran air kolamnya. Warna yang begitu jernih sebening kaca membuat siapapun ingin menikmati sensasi berenang dan berendam sekaligus. Untungnya kolam ini berukuran 17 x 60 meter dan mampu menampung banyak wisatawan.

Buat kamu yang tidak ahli dalam berenang sebaiknya jangan coba-coba. Kolam renang ini termasuk dalam dengan ketinggian air mencapai 2 meter. Jadi sebelum memutuskan ingin berenang pastikan kamu memang sudah cukup terampil.

Biasanya Umbul Gedaren sering digunakan untuk tradisi “Padusan”. Suatu kegiatan yang bertujuan melakukan penyucian dan pembersihan diri dalam menyambut datangnya Bulan Ramadan. Selain itu masyarakat sekitar juga meyakini bahwa air di kolam ini mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Katanya segala penyakit bisa hilang dengan hanya berendam di Umbul Gedaren saat malam hari. Makan kamu jangan heran jika malam-malam banyak orang beramai-ramai memenuhi area kolam. Pemandangan semacam ini adalah hal biasa dan lumrah bagi warga sekitar.

Bersantai di Pinggir Kolam

1689420406045
Sumber : Googlemap/Om Gil NgemiL

Suasana Umbul Gedaren yang tenang membuat kawasan ini cocok sebagai tempat bersantai. Ditambah lagi dengan kehadiran pepohonan hijau nan rindang yang menghiasi setiap sisi kolam. Pastinya membuat udara sekitar menjadi lebih dingin dan sejuk. Buat kamu yang ingin mencari ketenangan di area ini adalah pilihan yang tepat.

Duduk santai sambil memandangi keindahan alam begitu terasa nikmat jika dalam kondisi yang tenang. Segala macam beban dalam pikiran seperti stres, ketakutan, kecemasan, dan kekhawatiran sirna seketika. Tergantikan dengan rasa nyaman dan rileks yang membuat pikiran jauh lebih enteng.

Suara kicauan burung dan embusan angin sepoi-sepoi menjadi teman setia kala kamu bersantai di Umbul Gedaren. Tidak ada lagi kegaduhan atau kebisingan yang bisa terjadi di kota -kota besar. Beruntung pihak pengelola menyediakan gazebo untuk para pengunjung. Kamu pun bisa duduk santai tanpa perlu takut terpapar sinar matahari langsung.

Hunting Foto

Datang ke tempat wisata jangan lupa mengabadikan setiap momen dalam tangkapan lensa kamera. Begitu pun saat kamu tengah liburan di Umbul Gedaren. Ambillah beberapa gambar dengan latar belakang spot terbaiknya. Seperti berswa foto di pinggir kolam renang.

Pepohonan berdaun lebat dna hijau itu bisa jadi spot terbaik untuk menghiasi background foto kamu. Sudah pasti hasilnya nanti akan terlihat lebih indah dan natural. Kamu serasa berfoto di tengah-tengah hutan belantara. Walaupun yang sebenarnya lokasi Umbul tersebut berada di area perkampungan.

Kalau foto di pinggir terasa biasa-biasa saja. Kamu bisa mencoba mengambil gambar di dalam kolam renangnya. Namun, sebelum itu pastikan kamera yang digunakan sudah terlindungi oleh kantong anti air. Pasti sangat seru menyelam sambil berpose di dasar kolam bak model profesional.

Menikmati Wisata kuliner

Setelah puas berenang coba istirahatkan diri sejenak dengan menikmati kuliner khas Klaten. Pihak pengelola Umbul Klaten telah menyediakan tempat makan khusus. Posisinya masih satu lokasi dengan area kolam renangnya. Pengunjung pun tak perlu repot-repot keluar dari tempat wisata untuk mencari makan.

Menu yang ditawarkan sangat beragam. Mulai dari makanan berat, camilan, hingga minuman kekinian. Soal harga masih cukup terjangkau sehingga tidak akan membuat kantong kamu kempes. Rasa makanannya juga tergolong enak dan tak kalah dengan yang ada di restoran atau cafe.

Jam Buka

Umbul Gedaren selalu beroperasi selama 24 jam penuh. Pengunjung bisa datang kapanpun sesuai keinginan. Akan tetapi jika ingin suasana yang tenang sebaiknya kamu datang saat weekday saja. Biasanya kalau weekend pasti ramai dengan jumlah wisatawan yang semakin banyak.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang berkunjung ke Umbul Gedaren tidak dikenakan tiket masuk. Kamu bebas keluar masuk area wisata tanpa harus membayar biaya apapun. Hanya saja jika membawa kendaraan pribadi kamu harus membayar tarif parkir sesuai ketentuan yang berlaku di sana.

Fasilitas Umum

Salah satu fasilitas umum Umbul Gedaren yang bisa dimanfaatkan pengunjung adalah area parkir. Lahannya cukup luas untuk menampung kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Tetapi ada tarif parkir yang harus kamu bayar dengan harga yang sudah ditentukan pihak pengelola.

Bagi pengunjung yang ingin berenang tapi tidak begitu ahli sudah disediakan tempat penyewaan ban. Dengan bantuan alat tersebut kamu bisa berenang tanpa perlu takut tenggelam. Tentu saja itu tidak gratis dan ada biaya sewanya.

Tak lupa pihak pengelola juga menyediakan toilet umum agar para pengunjung bisa membersihkan diri setelah berenang. Kondisinya sangat bersih dan terawat sekali. Meskipun tampak sederhana tetapi setidaknya sudah cukup layak untuk digunakan.

Apabila sudah masuk waktu shalat kamu bisa menggunakan mushola yang ada di Umbul Gedaren. Tidak perlu lagi keluar mencari masjid yang mana lokasinya sedikit jauh dari tempat wisata. Secara tidak langsung kehadiran mushola sangat membantu pengunjung dalam melaksanakan ibadah tepat waktu.

Tips Berkunjung

Agar liburan kamu berjalan lancar maka harus menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin. Misalnya saja dengan melakukan beberapa persiapan berikut ini.

  1. Sebelum berangkat pastikan kondisi badan kamu dalam keadaan sehat-sehat saja.
  2. Siapkan semua perlengkapan yang kamu butuhkan selama liburan. Seperti baju ganti, bekal, uang tunai, perlengkapan mandi, dan obat-obatan pribadi.
  3. Perhatikan kondisi cuaca pada hari keberangkatan. Apakah sedang mendung atau tidak? Jika iya sebaiknya kamu tunda terlebih dahulu karena kondisi jalan di sana tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan.
  4. Pastikan kendaraan yang kamu bawa sudah terisi penuh bahan bakarnya dan tidak kerusakan apapun di bagian ban atau mesinnya.
  5. Selama di tempat wisata selalu patuhi aturan yang diberlakukan petugas dan jangan sampai melakukan tindakan apapun yang bisa membahayakan nyawa kamu.

Umbul Gedaren adalah tempat wisata yang pas buat kamu yang ingin liburan tapi terkendala budget. Sudah fasilitasnya lumayan lengkap dan pemandangan alam sekitar juga terlihat begitu mempesona. Jadi tunggu apalagi, segera buat rencana kunjungan bersama keluarga di akhir pekan nanti.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments