Restoran Aceh Dengan Hidangan Khasnya Yang Bikin Nagih

Restoran Aceh

Seperti yang kita tau bahwa Provinsi Aceh memiliki cita rasa makanan yang khas. Dari itu semua, Restoran Aceh pilihan dapat menjadikan refensi terbaik saat berlibur.

Tidak hanya itu saja, bahkan di Aceh juga kita bisa menemukan beragam destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi saat menjelang hari libur.

Rekomendasi Restoran Aceh

Sambil berburu destinasi wisata di Aceh, wisatawan bisa mampir ke beberapa tempat makan yang menyediakan aneka makanan lezat dan tentunya memiliki ciri khasnya tersendiri.

Ini dia daftar Restoran Aceh paling banyak digandrungi.

Rumah Makan Hasan

2023 03 17
Foto googlemaps/Agus Hadinata

Rekomendasi Restoran Aceh pertama yang bisa kita kunjungi di Aceh yaitu Rumah Makan Hasan. Namanya sudah dikenal luas oleh para wisatawan entah wisatawan Aceh sendiri maupun wisatawan sekitarnya.

Rumah Makan Hasan ini buka pada tahun 2005 dan sejak saat itu Rumah Makan Hasan menjadi rumah makan andalan keluarga. Beberapa hidangan primadona yang bisa kita temukan di Rumah Makan Hasan ini seperti ayam tangkap, kari kambing, serta ayam panas.

Ayam tangkap sendiri merupakan hidangan berupa ayam kampung yang kecil-kecil yang mana ditambah dengan irisan daun kari dan daun pandan yang digoreng dengan renyah.

Karena terasa begitu lezat dengan ukurannya yang mungkin, banyak pengunjung yang merasa kurang puas menyantapnya satu porsi. Harga satu porsi ayam tangkap ditaksir dengan harga Rp 60.000.

Adapun hidangan lainnya seperti gule, ikan kayu, sop kambing, udang bakar, asam udeung, dan masih banyak lagi.

Wisatawan bisa mampir ke Rumah Makan Hasan yang berlokasi di Jalan Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Aceh 23116. Jam buka Rumah Makan Hasan ini mulai dari pukul 11:30 WIB sampai dengan pukul 21:00 WIB. Google Maps.

Restoran Mie Razali

2023 05 20
Foto via Googlemaps/roy ra

Ada rumah makan mie yang cukup terkenal di Banda Aceh bernama Restoran Mie Razali. Restoran Mie Razali ini berlokasi di Jalan T. Panglima Polem No.81, Peunayong, Kusalam, Kota Banda Aceh, Aceh 23121. Google Maps.

Yang membuat mie ini beda dengan mie lainnya itu karena bentuknya. Mie Razali ini terbuat dari tepung yang menciptakan warna kuning tanpa menggunakan pengawet. Ukuran mienya pun lebih besar dari mie yang biasa kita temukan.

Wisatawan bisa menemukan aneka hidangan mie yang cukup bervariatif mulai dari mie goreng, mie rebus, mie telur, mie hun, mie udang, mie daging kambing, dan masih banyak lagi di Restoran Aceh ini. Harga mienya sendiri ditaksir mulai dari Rp 12.000.

Mie Razali ini beroperasi setiap hari 10:00 WIB sampai dengan pukul 23:00 WIB. Wisatawan bisa mampir ke sana kapan pun yang wisatawan inginkan.

Warung Nasi Aceh Tulen

IMG20190521154939
Foto via Googlemaps/Danny Siagian

Warung Nasi Aceh Tulen ini diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin merasakan kenikmatan masakan khas Aceh. Meskipun terkesan sederhana, Restoran Aceh ini berhasil menarik perhatian banyak orang.

Warung Nasi Aceh Tulen ini menyediakan area indoor serta area outdoor berupa saung. Wisatawan bisa makan secara lesehan di sana. Terlebih, suasananya yang nyaman membuat siapa pun yang datang ke sana merasa betah.

Warung Nasi Aceh Tulen ini menyediakan beberapa hidangan seperti ayam tangkap, kuah belangong, sayur urap, ayam pramugari, hingga mie jalak. Salah satu menu primadona yang ada di Warung Nasi Aceh Tulen ini yaitu mie jalak.

Mie jalak sendiri merupakan hidangan turun temurun khas Sabang yang banyak disukai oleh para wisatawan. Dengan kaldu daging yang dimasak secara Chinese style pastinya akan menggunggah selera. Harga menu makanan yang ada di Warung Nasi Aceh Tulen ini ditaksir mulai dari Rp 15.000.

Wisatawan bisa menemukan Warung Aceh Nasi Tulen ini di Santan, Ingin Jaya, Aceh Besar, Aceh 23116. Jam buka Warung Nasi Aceh Tulen ini mulai dari pukul 11:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB. Google Maps.

Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

Bu Sie Itek Bireun memiliki arti nasi daging bebek dari Bireuen. Tidak heran, menu andalan yang ditawarkan oleh Restoran Aceh ini yakni nasi bebek yang kaya akan rempah. Potongn daging bebek yang lembut dibalut kubangan bumbu kari menciptakan rasa yang sangat lezat.

Kuah kari dari nasi bebek ini dibuat dengan berbagai rempah-rempah pilihan seperti cabai merah, bawang, merica, ketumbar, kunit, serai, jahe, pala, jintan, bunga lawnag, kapulaga putih, hingga daun temurui. Bahkan kita akan menemukan potongan nanas yang menciptakan rasa lebih otentik. Harga satu porsi nasi bebek ini ditaksir dengan harga Rp 30.000.

Wisatawan bisa mengajak keluarga untuk makan di Rumah Makan Bu Sie Itek Bireun yang berlokasi di Jalan Meulaboh – Banda Aceh, Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee. Kabupaten Aceh Jaya, Aceh 23654. Jam operasional resto ini cukup panjang yakni mulai dari pukul 07:00 WIB hingga pukul 22:30 WIB. Google Maps.

Canai Mamak Kuala Lumpur

Nasi Goreng AcehUdang Rp.17000
Foto via Googlemaps/Canai Mamak Kuala Lumpur

Canai Mamak Kuala Lumpur ini berada di tempat yang strategis yakni berdekatan dengan beberapa tempat wisata serta tempat penginapan. Wisatawan bisa menemukannya di Jalan Teuku Umar No.51, Seutui, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116. Google Maps.

Restoran Aceh ini identik dengan jajanan khas Melayu yang bisa membuat wisatawan ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi. Dengan konsep outdoor dihiasi payung, wisatawan bisa merasakan suasana nyaman kulineran di sana.

Beberapa menu makanan yang ada di Canai Mamak Kuala Lumpur ini seperti nasi briani ayam rendang, roti boom, nasi goreng kampung, canai kampung, canai cokelat keju, mie basah telur dan lainnya.

Untuk menu minumannya ada the tarik halia, hot sanger Arabica, jus nanas, sangar espresso, dan masih banyak lagi. Menu makanan dan minuman tersebut ditaksir mulai dari mulai Rp 7.000.

Restoran Banda Seafood

Restoran Banda Seafood termasuk ke dalam rumah makan seafood terbaik di Aceh yang tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan yang sedang berlibur di Aceh dan ingin menikmati hidangan laut, bisa mampir ke Restoran Aceh ini.

Restoran Banda Seafood ini memberikan pengalaman kulineran yang tida terlupakan. Apalagi, menu yang ada di sana sangat beragam mulai dari ikan kerapu bakar Jimbaran, cumi goreng tepung, mie seafood, ikan bakar, udang asam manis, dan masih banyak lagi.

Restoran Banda Seafood juga menyediakan berbagai macam paket makanan yang tidak kalah lezat. Harganya ditaksir mulai dari Rp 19.000.

Lokasi Restoran Banda Seafood ini berada di Jalan Teungku Angkasa, Kuta Alam, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 24415. Jam buka Restoran Banda Seafood ini mulai dari pukul 10:00 WIB sampai dengan pukul 23:00 WIB. Google Maps.

Itulah rekomendasi Restoran Aceh yang bisa wisatawan kunjungi bersama keluarga maupun teman. Restauran tersebut tidak hanya menyajikan makanan lezat saja, namun juga memiliki harga yang terjangkau.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments