10 Oleh-Oleh Ternate yang Khas dan Unik Mulai dari Pernak-Pernik Hingga Makanan

Oleh-Oleh Ternate

Mungkin sebagian orang menjadikan Bali, Bandung, dan Yogyakarta sebagian destinasi tujuan untuk liburan keluarga. Namun siapa sangka, Ternate juga bisa dijadikan sebagai tujuan liburan ketika akhir pekan atau menjelang libur panjang.

Selagi berlibur, tidak ada salahnya bagi wisatawan untuk berburu oleh-oleh Ternate yang khas untuk di bawa pulang. Pasalnya, Ternate juga punya aneka ragam pernak-pernik hingga makanan khas yang bisa dijadikan buah tangan.

Ternate sendiri merupakan sebuah pulau yang kental akan nilai sejarahnya, punya pesona alam yang menawan, serta memiliki budaya yang memikat. Wisatawan bisa memanfaatkan Ternate sebagai lokasi untuk liburan karena punya banyak destinasi wisata terutama wisata alam.

Pilihan Oleh-Oleh Ternate Khas dan Unik

Saat berlibur di Ternate, pastikan untuk membawa buah tangan untuk dibagikan kepada kerabat maupun kolega kamu. Berikut ini beberapa rekomendasi buah oleh-oleh Ternate yang bisa wisatawan bawa pulang.

1. Kain tenun ikat

403849237 1363869224272641 8597966437452383652 n.webp
Foto via instagram.com/batiksogan.murah

Kain tenun merupakan jenis kain tertua yang bisa ditemukan di Indonesia. Tekstur kainnya yang lembut membuat kain ini punya kualitas tinggi.

Meskipun di setiap daerah, wisatawan bisa dengan mudah menemukan kain tenun, Ternate punya kain tenun yang terbilang menarik sebagai oleh-oleh Ternate. Kain tenun Ternate umumnya memiliki motif laut. Selain itu ada pula motif seperti burung, kerang, ikan, dan sebagainya.

2. Aksesoris sisik ikan

Sesuai dengan namanya, aksesoris sisik ikan ini dibuat dengan sisik ikan yang terbilang unik sebagai oleh-oleh Ternate. Dari banyaknya koleksi aksesoris sisik ikan yang ada di Ternate, sisik ikan kakap merah yang menjadi aksesori paling laris.

Sisik ikan kakap merah ini dijadikan berbagai jenis aksesoris yang bisa wisatawan bawa pulang seperti kalung, anting, gelang, tusuk konde, bros, dan sebagainya. Aksesoris jenis ini bahkan diekspor ke beberapa negara seperti Belanda, Australia, Singapura, Hong Kong, dan masih banyak lagi.

3. Mutiara Ternate

66999432 221950882112213 2149472920816141980 n
Foto Via instagram.com/angela.handycraft

Selain aksesoris sisik ikan, mutiara Ternate juga menjadi pernak-pernik yang banyak diincar oleh para wisatawan ketika sedang liburan di Ternate. Selain sebagai kenang-kenangan, mutiara Ternate ini bisa dijadikan sebagai aksesoris yang cantik dan cocok untuk oleh-oleh Ternate.

Meskipun bukan mutiara asli, pesona mutiara Ternate ini berhasil menarik perhatian para wisatawan. Ada dua jenis mutiara Ternate yang ditawarkan di sana seperti mutiara air tawar dan mutiara air laut. Harganya pun sangat bervariatif yakni mulai dari Rp5.000.

4. Pisang goreng mulut bebek

Hidangan pisang tentunya banyak digemari oleh orang-orang. Ternate menyuguhkan makanan khas-nya sebgai oleh-oleh Ternate berbahan dasar pisang yang dikenal dengan nama pisang goreng mulut bebek.

Sesuai dengan namanya, olahan pisang ini mirip seperti mulut bebek. Perpaduan rasa manis dan gurih dari makanan ini membuat siapapun tergiur untuk mencobanya. Yang menariknya, pisang goreng mulut bebek ini disajikan dengan sambal colo-colo, ikan teri asin, serta kacang kenari.

5. Dodol buah pala

Dodol dikenal sebagai makanan khas Garut. Siapa sangka ternyata Ternate juga memiliki makanan khas berupa dodol yang sangat unik untuk oleh-oleh Ternate.

Dodol tersebut dikenal dengan nama dodol buah pala. Dodol ini memiliki tekstur yang lebih kenyal serta cita rasanya yang begitu legit. Untuk proses pembuatannya sendiri dimulai dari pemotongan buah pala lalu digiling dan diberi gula hingga membentuk dodol. Dodol buah pala ini biasanya memiliki ukuran lebih kecil dari dodol lainnya.

6. Makron

53806597 443930239682009 260852900212721649 n
Foto via Instagram.com/kemetrianjastip

Tidak hanya dodol saja yang jadi incaran para wisatawan ketika sedang berlibur di Ternate, makron juga menjadi salah satu makanan khas Ternate yang selalu laris manis di pasaran sebgai oleh-oleh Ternate. Makron merupakan makanan kering yang terbuat dari tepung terigu, telur, kenari, mentega dan vanili.

Makron memiliki tekstur yang renyah dan rasanya manis. Menemukan Makron di Ternate tentunya sangat mudah karena tersedia di berbagai pusat oleh-oleh dan kedai makanan. Harganya sendiri sekitar Rp20.000 hingga Rp25.000.

7. Selai kenari

Bagi para pecinta kenari, wajib banget mencicipi selai kenari. Selai ini terbuat dari kenari, madu, gula, dan air. Bahan-bahannya sendiri kaya akan vitamin sehingga menyehatkan bagi tubuh dibanding selai lainnya.

Selai kenari ini biasanya digunakan untuk topping roti, biskuit, atau menjadi bahan pelengkap beberapa kue dan minuman. Selai kenari juga punya kemasan yang praktis, itulah yang menjadikannya unik dan menarik untuk oleh-oleh Ternate.

8. Biskuit kenari

Oleh-Oleh Ternate
Oleh-Oleh Ternate

Ternate memang terkenal akan hidangan berupa kenarinya yang banyak diincar oleh para wisatawan. Biskuit kenari juga menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan sebagai oleh-oleh Ternate khususnya bagi yang menyukai kenari.

Biskuit kenari ini punya rasa yang begitu lezat. Tekstur biskuitnya pun sangat renyah dan lembut. Dan yang menariknya lagi, biskuit kenari hadir dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, strawberry, durian, keju, dan sebagainya.

Untuk bentuk dan kemasannya pun sangat beragam beragam sehingga wisatawan bisa memilih sesuai dengan yang diinginkan. Harga biskuit kenari ini sebesar Rp20.000 hingga Rp35.000.

9. Sirup pala

Bagi wisatawan yang mencari sirup kaya akan rempah-rempah dan tentunya menyehatkan tubuh, sirup pala menjadi rekomendasinya. Sirup pala ini menggunakan bahan berupa ekstra pala, gula alami, dan air.

Proses pembuatan sirup pala ini melibatkan ekstraksi esensial dari buah pala sehingga menciptakan rasa dan aroma yang khas. Sirup pala ini bukan hanya sekedar minuman menyehatkan saja, akan tetapi menjadi warisan budaya Ternate dan oleh-oleh Ternate yang khas.

10. Bagea kenari

54225143 817926521909626 7575488589653733241 n
Foto via Instagram.com/kemetrianjastip

Rekomendasi oleh-oleh Ternate yang terakhir yaitu bagea kenari. Masih olahan kenari, Bagea kenari menjadi kudapan lezat yang rasanya sulit dilupakan.

Bagea kenari ini terbuat dari kombinasi antara kenari dan gula kepala sehingga rasa yang diberikan begitu istimewa. Selain itu, aroma kenari panggang pada bagea kenari ini kian menggugah selera.

Itulah rekomendasi oleh-oleh Ternate yang bisa dijadikan rekomendasi kamu yang liburan ke Ternate wajib membawa pulang buah tangan tersebut.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments