website stat
Silva Aurelia Wanita unik yang sedang belajar mengembangkan diri lewat tulisan serta usaha yang lebih baik dari sebelumnya.

Oleh-oleh Khas Jakarta yang Kekinian

Oleh-Oleh Khas Jakarta

Jakarta merupakan Ibu Kota dari negara Indonesia, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang mendatangi kota ini dari berbagai daerah, kota hingga negara. Pengunjung sebagian ada yang berkunjung untuk tujuan wisata ada juga yang berkunjung untuk bekerja.

Setelah berwisata di kota Jakarta, maka tidak akan lengkap jika tidak membeli Oleh-oleh khas Jakarta yang kekinian. Disini akan kami sampaikan beberapa macam Oleh-oleh paling terkenal dan kekinian di Jakarta. Berikut penjelasan secara detailnya.

Oleh-oleh Khas Jakarta Mulai Makanan hingga Cendera Mata

Sebagian besar Oleh-oleh dari suatu tempat cenderung pada makanan. Pasalnya setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri. Adapun beberapa Oleh-oleh khas Jakarta yang cukup viral dan terkenal, diantaranya ialah:

1. Kue kembang goyang

Kue kembang goyang
Kue kembang goyang

Kue kembang goyang ialah salah satu kue khas tradisional dari Betawi. Nama dari kue ini katanya terinspirasi dari bentuk kue nya, dimana bentuk kue nya menyerupai kelopak bunga atau kembang, serta proses pembuatannya yang digoyang-goyang agar adonan kue nya dapat terlepas dari cetakannya.

Oleh karena itulah disebut kue kembang goyang, kue kembang goyang ini bisa memiliki rasa asin dan manis, kita bisa memilih nya sesuai dengan selera kita. Kue ini biasanya oleh sebagian orang dijadikan sebagai makanan Oleh-oleh ketika habis berkunjung ke Jakarta. Jika tertarik, langsung saja beli disini.

2. Roti buaya

Selain kue kembang goyang, makanan lainnya yang juga dijadikan Oleh-oleh khas Jakarta ialah roti buaya. Roti buaya ini juga asli dari Betawi. Roti yang memiliki rasa yang manis ini biasanya akan dengan mudah ditemukan pada setiap upacara pernikahan serta acara kenduri Betawi, Jakarta.

Walaupun roti ini sering digunakan untuk acara pernikahan atau acara-acara tradisional lainnya, akan tetapi banyak wisatawan yang menjadikan roti buaya ini sebagai Oleh-oleh yang harus dibawa ketika berkunjung ke Jakarta. Disebut roti buaya karena memiliki bentuk menyerupai buaya, harga dari roti ini juga bervariasi berdasarkan ukuran dari rotinya.

3. Dodol Betawi

Makanan khas selanjutnya ialah dodol Betawi. Sesuai dengan namanya bahwa dodol ini merupakan dodol khas dari Betawi. Dodol ini memiliki warna yang hitam kecokelatan dengan variasi rasa yang lebih kecil dibandingkan dodol-dodol dari daerah lain.

Wisata Menarik Lainnya :  Asyiknya Wara-Wiri di Dunia Fantasi

Rasa dari dodol Betawi ini hanya ketan hitam, durian, dan ketan putih saja, makanan ini juga sering dijadikan sebagai makanan untuk Oleh-oleh Khas Jakarta. Bagi yang menyukai dodol ini alangkah baiknya jika kita ke Jakarta, karena jika membuat sendiri prosesnya cukup sulit. Untuk bahan baku yang digunakan untuk membuat dodol ini ialah ketan, gula merah, santan dan gula pasir, dodol tersebut harus dimasak diatas tungku selama 8 jam dengan menggunakan kayu bakar.

4. Miniatur Monas

Selain makanan, Oleh-oleh yang juga sangat khas dari Jakarta ialah miniatur Monas. Monumen Nasional atau yang disingkat dengan Monas ini telah dikenal oleh seluruh masyarakat sebagai suatu ikon dari Kota Jakarta.

Oleh-oleh Khas Jakarta ini bisa kita dapatkan setelah kita mengunjungi Monas karena kurang lengkap jika hanya berkunjung namun tidak membeli Oleh-oleh khasnya. Dengan harga yang sangat terjangkau, kita bisa membelinya di berbagai sudut Jakarta, khususnya di daerah Monas itu sendiri. Link beli miniatur Monas Jakarta.

5. Miniatur ondel-ondel

Selain miniatur Monas, biasanya yang dijadikan Oleh-oleh dari Jakarta ialah miniatur ondel-ondel. Ondel-ondel sendiri merupakan boneka yang sering ditemukan pada suatu pertunjukan rakyat Betawi, serta berbagai pesta-pesta rakyat yang lainnya. Biasanya ondel-ondel memiliki tinggi sekitar 2,5 meter yang terbuat dari anyaman bambu.

Wajah dari ondel-ondel laki-laki biasanya di cat dengan cat warna merah, sedangkan untuk ondel-ondel wanita biasanya dicat dengan cat berwarna putih. Saat ini sudah banyak para pengrajin yang membuat ondel-ondel versi kecilnya atau miniatur nya, sehingga sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai Oleh-oleh khas dari Kota Jakarta.

Cukup menarik bukan? Demikianlah informasi menarik yang bisa kami sampaikan terkait dengan Oleh-oleh khas Jakarta yang kekinian dan viral.

Semoga bagi para pendatang baru di kota Jakarta bisa menentukan Oleh-oleh yang akan dibawa pulang jika liburan telah usai. Selamat berlibur ke Jakarta ya guys, enjoy your holiday!

Rate this post
kredit pinjaman online jasa travel hotel terdekat luxury hotel hotel murah wisata luar negeri umroh sewa mobil allianz indonesia travel insurance premi asuransi mobil asuransi islam asuransi wisata atlas indonesia daftar asuransi terbaik di indonesia indonesian travel manulife indonesia pt asuransi adira dinamika asuransi perjalanan peta indonesia lengkap asuransi syariah asuransi perjalanan sewa kendaraan
Silva Aurelia Wanita unik yang sedang belajar mengembangkan diri lewat tulisan serta usaha yang lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *