setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

9 Makanan Khas Rembang yang Ngangenin

Sate Srepeh Makan khas Rembang

Rembang merupakan kota yang terletak di pesisir utara jawa, berbatasan dengan Kabupaten Blora di sebelah selatan, Kabupaten Tuban di sebelah timur, dan Kabupaten Pati di sebelah barat. Kabupaten Rembang memiliki berbagai destinasi wisata pantai yang menarik seperti Pantai Pasir Putih Wates, Pantai Karang Jahe, Pantai Balongan, dll.

Tak hanya itu, ternyata makanan khas Rembang juga sebagai surganya kuliner yang unik dan tidak anda temui di kabupaten atau kota yang lainnya. Berkunjung ke Kabupaten Rembang tak lengkap rasanya apabila tidak mencicipi atau membawa makanan khas Rembang yang luar biasa ini.

Berikut beberapa makanan khas Rembang yang wajib dicoba saat anda berkunjung atau melewati kabupaten berjulukan Kota Garam ini.

1. Sate Srepeh

Sate Srepeh Makan khas Rembang
foto: Sate Srepeh Makan khas Rembang

Berbicara tentang sate, di Rembang ada sate yang khas dan tak kalah enak dengan sate yang lainnya. Sate Srepeh, kuliner yang ada sejak dulu dan menjadi makanan khas Rembang andalan wisatawan tiap berkunjung ke kabupaten Rembang.

Yang menjadikan pembeda dengan sate yang lainnya yaitu terletak di cara penyajiannya. Sate ini dibuat dari daging ayam pipih dengan kuah santan yang berwarna merah. Sate srepeh ini biasanya disajikan dengan lontong tahu dengan bumbu kacang. Tak hanya itu sate Srepeh juga bisa dijadikan lauk untuk makan nasi dan atau dinikmati begitu saja.

2. Lontong Tuyuhan

Lontong Tuyuhan Makan khas Rembang
foto: Lontong Tuyuhan Makan khas Rembang

Terletak di desa Tuyuhan Kec. Pancur Kabupaten Rembang, terdapat salah satu kuliner andalan desa ini dan menjadi destinasi kuliner yang wajib dicoba apabila anda berkunjung ke Rembang. Yap makanan khas Rembang yang terkenal ini disebut Lontong Tuyuhan.

Yang unik disini yaitu bentuk lontongnya yang tidak seperti umumnya. Lontong biasanya berbentuk bundar dan memanjang, tetapi disini lontong yang disajikan berbeda bentuknya yaitu segitiga. Selain itu kuah opornya pun berbeda, karena menggunakan rempah-rempah yang lengkap dan komplit. Seporsi lontong tuyuhan bisa anda peroleh dengan harga Rp. 15.000-an saja lo. Tidak terlalu menguras dompet kamu untuk tertarik mencobakan?

3. Kelo Mrica

Kelo Mrica Makan khas Rembang
foto: Kelo Mrica Makan khas Rembang

Bagi anda pecinta kuliner berbahan dasar ikan laut, makanan yang satu ini bakal menjadi kuliner yang wajib anda cicipi saat bertandang di kota ini. Kelo mrico sayur sejenis pindang dengan kuah bening yang dominan dengan rasa pedas dan berwarna kuning dari rempah kunyit membuat anda bermandi keringat saat menikmati kuliner ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Berburu 5 Kuliner Semarang yang Legendaris Saat Ramadhan

Makanan khas Rembang ini mudah ditemukan pada warung daerah pesisir pantai. Salah satunya bisa anda dapatkan di warung makan Bu Madji yang terletak di Desa Tasik Agung berbatasan dengan pesisir pantai.

4. Rawon

Rawon Makan khas Rembang
foto: Rawon Makan khas Rembang

Siapa yang tak mengenal Rawon? Sajian khas dan populer di indonesia ini mah. Rawon yang menjadi makanan khas Rembang ini merupakan sejenis sup daging dengan kuah berwarna hitam. Ciri khas makanan ini terletak di kuah hitamnya karena dimasak menggunakan kluwek.

Di Rembang terdapat salah satu warung makan rawon yang wajib dicoba yaitu Warung makan Rawon Pak Brengos yang sudah ada sejak 1951. Memiliki keunikan tersendiri, yaitu dalam hal pengolahannya yang menjadikan rawon disini lebih menggoda. Salah satu rahasianya yaitu walaupun sudah banyak tersedia kompor gas beliaunya penerus dari generasi sebelumnya masih tetap menjaga untuk dalam hal memanaskan masakan, yaitu memakai arang.

Pemanasan menggunakan arang ini yang dikangeni para pelanggan sejak dulu hingga sekarang aroma sangit arang justru menambah gairah dan menggugah selera. Selain itu, lauk yang disediakan pun bermacam-macam seperti empal daging, paru, babat goreng, telur dll. Soal harga dijamin pas dikantong.

5. Yopia

Yopia Makan khas Rembang
foto: Yopia Makan khas Rembang

Yopia merupakan kuliner khas Rembang yang sangat melegenda bahkan sudah bertahan hingga ratusan tahun. Makanan khas Rembang tepatnya daerah Lasem ini memiliki tekstur kering nan berkulit tipis memiliki isian gula jawa yang merupakan salah satu makanan yang unik, karena meskipun dibuat tanpa bahan pengawet namun yopiai  mampu tahan lama hingga 2 bulan.

Untuk mendapatkannya cukup datang saja ke desa Karangturi Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang atau di “Rumah Oei” Lasem Rembang dengan harga Rp20.000 per bungkus berisi 10 butir yopia.

6. Urap Latoh

Urap Latoh Makan khas Rembang
foto: Urap Latoh Makan khas Rembang

Jika pada umumnya urap/gudangan terbuat dari aneka macam sayuran. Di Rembang ini ada kuliner urap atau gudangan yang terbuat dari rumput laut. Makanan khas Rembang satu ini disebut urap latoh.

Latoh yang memiliki nama ilmiah Caulerpa Sp ini masuk kategori Alga Hijau ini di tangan orang Lasem dijadikan kuliner yang enak dan menyehatkan. Rumput laut ini diolah dengan sambal kelapa yang berbumbu cabai merah, daun jeruk, bawang putih, kencur, dan trasi.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Kuliner Unik Jogja yang Bikin Mau Lagi Terus

Sensasi krenyes-krenyes dan agak asin ini yang menjadikan keunikan tersendiri, dikarenakan teksturnya yang renyah dan seperti anggur. Tertarik untuk mencobanya?

7. Kacang Entis

Kacang Entis Makan khas Rembang
foto: Kacang Entis Makan khas Rembang

Kudapan yang satu ini wajib dan harus anda masukan dalam daftar referensi oleh-oleh yang patut dibeli saat berkunjung ke kota ini. Kacang Entis, satu dari berbagai oleh-oleh yang khas dari Rembang, khususnya daerah lasem.

Makanan khas Rembang ini terbuat dari kacang Tolo yang diproses sedemikian rupa, dicampur dengan garam, bumbu penyedap dan bawang putih. Dengan cita rasa asin dan gurih dan irisan bawang putih goreng menambah lezatnya kudapan ini. Harga kacang Entis ini berkisar dari Rp 16.000 per seperempat kg saja.

8. Dumbeg

Dumbeg Makan khas Rembang
foto: Dumbeg Makan khas Rembang

Belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Rembang yang satu ini. Di Rembang sendiri, dumbeg merupakan jajanan wajib yang harus ada di meja ketika sedekah bumi. Dumbeg memiliki filosofi yang tinggi yang artinya adalah lambang kesuburan.

Dumbeg ini, dibuat dari tepung beras, gula merah dan santan lalu dibalut dengan daun lontar sebagai pembungkusnya. Rasa dumbeg sendiri manis nan lezat. Jika kamu menginginkannya kalian bisa pergi ke pasar Rembang atau berkunjung di desa-desa ketika ada acara  sedekah bumi.

9. Buah Kawis

Kawis atau Kawista nama umumnya adalah buah khas dari kabupaten Rembang. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga dioah menjadi berbagai macam minuman seperti limun, sari buah, dan sirup. Dari berbagai produk yang menjadi andalan adalah sirup kawis.

Sirup berwarna coklat dan memiliki rasa yang khas buah kawis ini menjadi buah tangan yang wajib anda bawa setelah anda berkunjung atau sekedar mampir di Rembang. Dengan citarasa manis dan sedikit bersoda, membuat olahan buah kawis ini digandrungi para wisatawan dan tamu luar kota Rembang. Buah dan sirup kawis ini sudah dijadikan Maskot Kabupaten Rembang. Selain itu sirup kawis ini memiliki julukan Cola Van Java.

Nah itu beberapa makanan dan kudapan khas Rembang yang bakal bikin kangen kamu apabila berkunjung ke Rembang. tertarik untuk berwisata ke Rembang?

Artikel serta dokumentasi telah melalui editoring tim Setapak Langkah dikirim oleh : Aji Putra Bayu (@masajik03) & Rosa Maisyaroh (@ros.saaaa)
setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *