big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Megahnya Istana Siak Sri Indrapura, Kediaman Resmi Sultan Sejak Tahun 1723

Istana Siak Sri Indrapura

Salah satu kawasan di Riau yang cukup populer lantaran memiliki deretan tempat wisata kekinian yaitu kawasan Kota Siak. Di Kota Siak ini wisatawan akan menemukan berbagai destinasi seperti wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata budaya dan juga wisata buatan.

Salah satu destinasi wisata yang populer di Siak bernama Istana Siak Sri Indrapura. Konsep yang diusung dari tempat ini cukup menarik karena mampu memberikan edukasi mengenai sejarah kebesaran kerajaan Melayu Islam terbesar yang ada di Riau. Tidak heran, Istana ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan terutama ketika akhir pekan untuk wisata edukasi.

Sejarah Singkat Istana Siak Sri Indrapura

Dulunya, Istana Siak Sri Indrapura ini merupakan kediaman dari Sultan Siak Sejak Tahun 1723. Istana tersebut menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan yang pernah berdiri dan berkuasa di Pulau Sumatera. Kerajaan Siak sendiri berdiri pada tahun 1723 masehi, dengan rajanya yang bernama Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah.

Ruang singgasana di Istana Siak Sri Indrapoera
Ruang singgasana di Istana Siak Sri Indrapoera

Berdirinya Istana Siak tidak lepas dari lika-liku yang panjang. Sebelum menjadi Raja Siak, Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah ini sempat mengalami perang saudara dengan para pihak Johor. Ketika Raja Siak memisahkan diri ke pinggiran sungai Buantan atau lebih dikenal dengan sungai Siak, Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah pun mulai mendirikan Kerajaan Siak. Di mana namanya diambil dari salah satu nama tumbuhan yakni siak yang tumbuh liar di kawasan tersebut.

Pesona Istana Siak Sri Indrapura

Sebagai tempat wisata terdekat, wisatawan yang datang ke Istana Siak Sri Indrapura ini tentunya terpikat akan desain bangunan mewahnya. Istana Siak Sri Indrapura ini dibangun oleh salah seorang arsitek yang berasal dari Jerman bernama Vande Morte. Istana ini memiliki lahan seluas 32.000 meter persegi.

Di dalam Istana kita akan melihat bangunan dua lantai dengan denah segi empat menyilang. Konsepnya cukup menarik perhatian karena menggabungkan tiga budaya sekaligus yaitu Melayu, Arab, dan juga Eropa.

Di setiap sudut bangunannya, kita akan melihat pilar bulat dimana di ujungnya terdapat hiasan burung garuda. Dengan deretan pilar tersebut, membuat Istana terkesan megah dan juga mempesona. Selain itu, pintu dan jendela yang ada juga memiliki bentuk kubah dengan hiasan mozaik kaca.

Kita akan menemukan 15 ruangan di Istana Siak Sri Indrapura di mana enam bangunan berada di lantai pertama dan 9 bangunan lainnya berada di lantai kedua. Ruangan yang berada di lantai pertama biasanya digunakan untuk tempat siding maupun menerima tamu. Sementara untuk ruangan yang berada di lantai dua digunakan untuk tempat peristirahatan Sultan dan juga para tamunya.

Selain mengenal seputar Kerajaan Siak, di sana juga kita bisa berburu spot foto diberbagai sudutnya yang estetik. Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan tempat tersebut untuk melakukan foto pre-wedding.
Di sekitaran Istana Siak Sri Indrapura juga wisatawan bisa menemukan berbagai macam tempat kulineran yang menyediakan aneka hidangan dengan harga yang sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Istana Siak Sri Indrapura

Wisatawan yang ingin mengajak keluarga berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura akan dikenakan tarif masuk yang dibanderol dengan harga Rp 5.000 per orang. Harga tiketnya terbilang sangat murah dengan fasilitasnya yang begitu memuaskan.

Selain itu, ada pula tiket parkir yang dibanderol mulai dari Rp2.000 setiap kendaraan.

Lokasi Istana Siak Sri Indrapura

Wisatawan bisa datang ke Istana Siak Sri Indrapura yang berlokasi di Kp. Dalam, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau 28773. Wisatawan yang datang dari Bandara Udara Internasional Sultan Syarif II bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 2 jam 26 menit perjalanan. Google Maps.

Kita bisa melalui Jalan Datuk Wan Abdul Jamal menuju ke Jalan Datuk Setia Maharaja. Dari sana kita masuk ke Jalan Buantan – Siak. Setelah itu kita masuk ke Jalan Kartini dan tiba di kawasan Istana Siak Sri Indrapura.

Istana Siak Sri Indrapura ini beroperasi setiap hari dengan durasi waktu operasional mulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.

Penginapan Terdekat

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan di sekitar Istana Siak Sri Indrapura ini bisa datang ke salah satu tempat bernama Homestay Tok Jenggot yang berlokasi di Jalan Sri Indra Dewa No.01, Kp. Rempak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau 28773.

Jarak tempuhnya dari lokasi Istana Siak Sri Indrapura hanya sekitar 6 menit perjalanan. Untuk tarif penginapannya mulai dari Rp 380.000 hingga Rp 919.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan yang ada di Riau, wajib banget datang ke wisata sejarah yang ada di Riau. Salah satunya Istana Siak Sri Indrapura. Dengan datang ke sana, wisatawan akan mendapatkan edukasi, pengalaman, dan juga spot foto yang instagramable.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments