Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

7 Destinasi Wisata Karawang Bisa Jadi Andalan Untuk Liburan

Destinasi Wisata Karawang

Selain pusatnya industri, wisata Karawang wajib nih untuk kita ketahui sembari melepas penat…

Masyarakat Jawa Barat tentu tidak asing lagi dengan salah satu kabupaten yang berbatasan dengan Bekasi. Kita mengenalnya dengan nama Karawang. Pemberian nama Karawang lantaran dulunya, kawasan ini dipenuhi oleh hutan belantara yang memiliki banyak rawa.

Awalnya, Karawang dijuluki sebagai lumbung padi karena banyaknya produksi pada yang bisa kita temukan di sana. Namun seiring berjalannya waktu, Karawang kini dikenal sebagai kawasan industri terbesar yang ada di Indonesia.

Rekomendasi Wisata Karawang

Meskipun terkesan padat dan banyak yang mengatakan suasananya gersang, tetapi masih banyak wisatawan luar kota yang menyempatkan waktunya untuk berlibur di Karawang. Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata Karawang yang bisa dijadikan sebagai tujuan liburan akhir pekan.

1. Wonderland Adventure Waterpark

HIB 7458 1
Foto via Googlemaps/Hibar Ilhamsyah

Karawang kini memiliki destinasi wisata air yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Wisatawan bisa mengenalnya dengan nama Wonderland Adventure Waterpark. Wisata air yang satu ini memiliki konsep yang cukup unik yakni negeri ajaib dengan aneka wahana yang menyenangkan.

Di Wisata Karawang ini kita akan disuguhkan oleh berbagai macam wahana air seperti adventure river, volcano wave, niagara falls, funny pool, gorilla slide, hingga kiddy pool. Selain wahana airnya yang asyik, ada juga atraksi seperti high rope, trampolin, mini zoo, flying fox, dan lainnya.

Tidak lupa pula, berbagai spot foto instagramable bisa kita temukan dengan mudah di Wonderland Adventure Waterpark. Beberapa diantaranya seperti aneka patung hewan, terowongan rambat, jembatan, dan lainnya. Bahkan, di sana juga kita bisa menemukan tempat makan yang menyediakan aneka hidangan lezat dengan harga terjangkau.

Untuk masuk ke Wonderland Adventure Waterpark ini kita akan dikenakan tarif sebesar Rp35.000 untuk weekday dan Rp85.000 untuk weekend. Sementara itu, karcis parkir ditaksir mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 tiap kendaraan.

Lokasinya berada di Jalan Galuh Mas Raya No.1, Telukjambe, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat 41361. Mengenai jam operasionalnya sendiri buka dari jam 08:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB. Google Maps.

2. Taruma Leisure Waterpark

2022 08 06
Foto via Googlemaps/Taruma Leisure Waterpark

Seperti yang sudah kita tau bahwa Taruma Leisure Waterpark ini merupakan kolam renang terbesar yang ada di Karawang dengan luas sekitar 2,5 hektar. Wisata Karawang yang satu ini mengusung konsep alam yang mana membuat suasananya menjadi lebih teduh dan menyegarkan.

Taruma Leisure Waterpark ini memiliki banyak wahana asyik serta menantang. Beberapa diantaranya seperti Crazy Wave, Taruma Slide, Kiddy Pool, Miniapolis, Lazy River, hingga Taruma Outbound Animal Education Farm.

Salah satu wahana paling banyak diincar oleh para pengunjung yaitu Taruma Outbound and Animal Education Farm. Di sana wisatawan bisa mencoba beberapa wahana seperti perahu rakit, halang rintang, flying fox, bahkan berinteraksi dengan aneka satwa yang menggemaskan.

Untuk melakukan liburan di Taruma Leisure Waterpark ini kita akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp60.000 ketika weekdays dan Rp75.000 ketika weekend. Tiket tersebut sudah termasuk dengan karcis parkir kendaraan.

Taruma Leisure Waterpark ini beroperasi setiap hari mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB. Kita bisa menemukan Taruna Leisure Waterpark ini yang berada di Perum Grand Taruma Jalan Raya Tol, Sukamakmur, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat 41361. Google Maps.

3. Curug Cigentis

2021 05 20
Foto via Googlemaps/Hari Setiawan

Sebagian orang mungkin pernah mendengar nama Curug Cigentis. Curug Cigentis merupakan air terjun yang berada di kawasan Gunung Loji dan juga kawasan Gunung Sanggabuana. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 25 meter. Tidak heran, Curug Cigentis ini dikenal memiliki panorama yang sangat memanjakan mata.

Wisata Karawang Curug Cigentis ini beroperasi di bawah pengawasan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta. Itulah mengapa akses serta fasilitas Curug Cigentis ini cukup lengkap. Mulai dari kios, musala, toilet, dan lainnya bisa kita temukan di Curug Cigentis.

Curug Cigentis memiliki debit air yang cukup tinggi serta dikelilingi oleh deretan tebing yang besar. Dinding tebing-tebing tersebut ditumbuhi oleh tumbuhan liar sehingga menjadikan suasananya asri dan juga sejuk.

Di Curug Cigentis ini wisatawan bisa menikmati panorama alam yang menawan serta berenang di telaganya. Selain itu, kita juga bisa berburu spot foto. Salah satu spotnya yang paling populer yaitu jembatan gantung dengan tulisan Curug Cigentis. Jika ingin bermalam di sana, kita bisa mampir ke villa maupun homestay yang ada di sekitar sana.

Masuk ke Curug Cigentis ini kita akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp20.000 untuk weekdays dan Rp25.000 untuk weekend. Lokasi Curug Cigentis ini berada di Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat 41362. Google Maps.

4. Pantai Samudera Baru

Karawang yang dikenal sebagai kota industri ini ternyata menyimpan destinasi wisata pantai yang sangat cantik. Pantai Wisata Karawang tersebut bernama Pantai Samudera Baru. Dengan pemandangannya yang menawan, wisatawan bisa mengabadikan momen di setiap sudut Pantai Samudera Baru ini.

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di sana mulai dari bermain pasir, berenang, berburu spot foto hingga menaiki perahu balon. Perahu balon ini cocok digunakan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Tetapi untuk anak-anak tetap harus berada di bawah pengawasan orang tua.

Selain menaiki perahu balon, kita juga bisa berkeliling menyaksikan keindahan laut dengan cara menaiki perahu nelayan. Untuk mencoba perahu balon maupun perahu nelayan, kita akan dikenakan tarif sebesar Rp15.000. Fasilitas lainnya yang ada di Pantai Samudera Baru ini seperti gazebo, warung kuliner, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Pantai Samudera Baru ini memiliki tarif masuk sebesar Rp10.000 per orang dengan karcis parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp10.000 untuk mobil. Lokasi Pantai Samudera Baru ini berada di Unnamed Road, Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Karawang, Jawa Barat 41353. Google Maps.

5. Masjid Jami Aliyah

2021 02 28 1
Foto via Googlemaps/Aleys Ali

Masjid Jami Aliyah diresmikan pada 10 Dzulhijjah 2012. Semenjak diresmikan, Masjid Jami Aliyah ini tidak pernah sepi pengunjung. Masjid Jami Aliyah sendiri menjadi tempat bagi para musafir yang melakukan perjalanan jauh bisa mampir ke Masjid Jami Aliyah untuk istirahat dan shalat di sana.

Dari masjid lainnya yang ada di sekitar sana, Masjid Jami Aliyah ini dinilai begitu indah dan memiliki estetikanya tersendiri. Masjid ini didominasi dengan warna krem yang dipadukan dengan warna putih. Masjid Jami Aliyah ini memiliki halaman yang cukup luas dengan enam buah payung raksasa di mana terkesan layaknya Masjid Nabawi yang ada di Madinah.

Banyak pendatang yang tidak mau ketinggalan untuk memotret setiap sudut Wisata Karawang berupa Masjid Jami Aliyah ini. Karena merupakan tempat ibadah, untuk masuk ke sana kita tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Masjid Jami Aliyah ini bisa kita kunjungi di Jalan International Karawang Bar. No.Km 03, Wadas, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat 41361. Kita bisa ke sana kapan pun karena dikunjungi secara umum dan buka selama 24 jam. Google Maps.

6. Hutan Kertas

Mendengar nama hutan kertas mungkin sebagian dari kita akan menganggap bahwa area ini akan dipenuhi oleh aneka kertas. Namun perlu kita tau, Hutan Kertas ini merupakan kawasan yang dipenuhi oleh deretan pepohonan sehingga menjadikannya seperti hutan. Hasil hutan berupa kayu tersebut kemudian digunakan sebagai bahan pembuatan kertas.

Awalnya, Hutan Kertas ini bertujuan sebagai pemasok tambahan dari kurangnya hasil kayu untuk dijadikan kertas. Namun karena ketertarikan para wisatawan, Hutan Kertas ini akhirnya dijadikan sebagai destinasi Wisata Karawang oleh PT Pindo Deli.

PT Pindo Deli ini telah melakukan penanaman sejak tahun 2004 dan dibuka menjadi tempat wisata pada tahun 2017. Jenis pohon yang tumbuh di sana merupakan Pohon Kalitus atau juga dikenal dengan nama Eukaliptus. Selain batangnya bermanfaat untuk menghasilkan kertas, daunnya pun dapat menghasilkan minyak atsiri.

Ketika berada di sana, wisatawan bisa menikmati udara sejuknya Karawang serta berburu spot foto ciamik. Selain itu kita juga bisa menikmati aneka kuliner yang ada di sana. Harga tiket masuk Hutan Kertas ini ditaksir dengan harga Rp10.000 per orang.

Hutan Kertas berada di Kutamekar, Ciampel, Karawang, Jawa Barat 41363. Durasi waktu operasional mulai dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 22:00 WIB setiap hari Rabu hingga Senin. Google Maps.

7. Candi Jiwa

Mungkin kita hanya pernah mendengar candi-candi yang ada di kawasan Jawa Tengah saja. Namun ternyata di Jawa Barat tepatnya di Karawang kita bisa menemukan Candi Jiwa yang belakangan ini menjadi wisata favorit para wisatawan.

Candi Jiwa ini merupakan peninggalan kerajaan Hindu-Buddha dan menjadi candi tertua yang ada di Jawa Barat. Diperkirakan, Candi Jiwa ini dibangun pada masa kerajaan Tarumanega dan ditemukan pada tahun 1984.

Berbeda dari candi lainnya, Candi Jiwa ini memiliki bentuk berupa gundukan tanah yang oval dengan ketinggian 4 meter. Bangunan Candi Jiwa ini memiliki ukuran 19 x 19. Struktur bagian atas candi tersebut berupa bantuk yang mirip seperti bunga Padma. Banyak wisatawan yang datang ke Wisata Karawang ini untuk berlibur sekaligus berburu spot foto.

Lokasi Candi Jiwa ini berada di Segaran, Batujaya, Karawang, Jawa Barat 41354. Wisatawan bisa mampir ke sana mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB setiap hari Selasa hingga Minggu. Google Maps.

Itu dia rekomendasi 7 wisata Karawang paling populer yang wajib kita tahu. Mulai dari wisata air, wisata religi, hingga wisata sejarah bisa kita kunjungi di kota tersebut secara serentak.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments