Bukit Cinta Watu Prahu, Wisata Baru Paling Romantis di Klaten

Bukit Cinta Watu Prahu

Pesona alam wisata Klaten selalu bisa mencuri perhatian wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Mulai dari warga lokal hingga turis mancanegara.

Salah satu daerah di Jawa Tengah ini baru saja menghadirkan tempat wisata bernama Bukit Cinta Watu Prahu. Di sana ada banyak spot-spot menarik yang bisa kamu jadikan background foto.

Alamat : Dusun II, Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Rp5.000.
Jam buka : 06.00 – 17.00 WIB

Keunikan Bukit Cinta Watu Prahu

Mau mencari tempat wisata buat menghabiskan waktu bersama pujaan hati? Tak usah bingung, kamu pergi saja ke Bukit Cinta Watu Prahu yang ada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di sana kamu dan pasanganmu bisa menyaksikan keindahan alam milik Sang Maha Kuasa dari ketinggian.

Dulunya kawasan bukit cinta hanya perbukitan biasa yang tidak terawat. Namun, sejak tahun 2017 sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata modern dan kekinian. Proses pembangunannya kurang lebih memakan waktu selama 4 bulan. Tepatnya pada bulan April 2017 wisata ini mulai diresmikan oleh pemerintah desa setempat.

Pada hari pertama sudah banyak wisatawan yang berbondong-bondong memadati area wisata ini. Keberadaannya pun mulai dikenal oleh warga Klaten dan empat daerah sekitarnya. Seperti Yogyakarta, Solo, Wonogiri, dan Sukoharjo. Bahkan beberapa bulan lalu sempat juga viral di media sosial.

Semenjak saat itu nama Bukit Cinta Watu Prahu kian populer di kalangan anak muda. Dan jumlah kunjungan wisatawan pun perlahan meningkat drastis. Hampir setiap hari wisata ini tak pernah sekalipun sepi pengunjung. Entah itu hari biasa maupun akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu.

Pasti kamu penasaran tentang apa yang membuat orang-orang rela datang jauh-jauh ke Bukit Cinta Watu Prahu? Bukan hanya pemandangan alamnya saja yang menarik perhatian. Ada juga kisah cinta dibalik sejarah terbentuknya bukit itu. Untuk informasi lebih detailnya akan dijelaskan pada bab berikut ini.

Legenda Bukit Cinta Watu Prahu

Wisata Bukit Cinta Watu Prahu tak akan pernah lepas dari legenda yang menaunginya. Kisah ini bermula saat seorang pemuda bernama Joko Tuo mulai mencintai Roro Denok. Perempuan cantik nan jelita dambaan setiap pria pada masa itu.

Ketika Joko Tuo datang melamar, Roro Denok tak langsung menerimanya begitu saja. Roro mengajukan syarat kepada Joko Tuo agar mau membuatkan kapal dalam waktu satu malam. Permintaan ini memang tak masuk akal, tetapi Joko tetap menyanggupi syarat tersebut demi membuktikan cintanya kepada Roro Denok.

Begitu Joko Tuo berhasil membangun sedikit demi sedikit perahu itu. Roro Denok berupaya untuk menggagalkan usaha Joko Tuo. Berbagai siasat terus dilakukan Roro hingga akhirnya kapal tersebut terbalik. Dari legenda itulah masyarakat menyebut bukit ini sebagai bukit cinta.

Beragam Spot Foto Romantis

2019 08 05
Sumber : Googlemap/Agus Wibowo – Penulis Petani

Wisata Bukit Cinta Watu Prahu terkenal akan spot fotonya yang romantis. Salah satu yang menjadi favorit adalah gardu pandang cinta. Dari sini kamu akan dimanjakan pemandangan alam serba hijau berpadu keindahan langit biru. Sangat cocok dijadikan background foto prewedding untuk sepasang kekasih yang hendak menikah.

Satu lagi spot yang tak kalah romantis adalah dermaga cinta. Pihak pengelola sengaja memilih nama itu karena secara bahasa dermaga artinya tempat pemberhentian kapal. Kalau istilahnya dermaga cinta bisa diartikan sebuah tempat berlabuhnya cinta sepasang kekasih.

Berikutnya ada spot gembok cinta yang modelnya mirip seperti di Korea Selatan. Spot ini masih tergolong baru karena kehadirannya merupakan usulan dari wisatawan sendiri. Disini kamu dipersilahkan menulis nama kamu dan pasanganmu pada sebuah gembok yang nantinya akan digantung pada sebuah pagar kawat besi.

Jangan lupa juga berfoto di spot sarang cinta. Bentuknya mirip seperti sarang burung. Tetapi yang membuatnya berbeda adalah ukurannya sangat besar dan ada hiasan bunga mengelilinginya. Kamu dan pasanganmu akan terlihat begitu romantis saat mengambil foto di spot satu ini.

Tempat untuk Melihat Sunrise

2020 10 10
Sumber : Googlemap/Wahyu Setyoko

Alasan utama kenapa orang-orang sangat menyukai Bukit Cinta Watu Prahu adalah bisa melihat sunrise. Sayangnya untuk menikmatinya kamu harus datang pagi-pagi sekali. Kurang lebih sekitar jam 3 atau 4 pagi saat jalan raya masih dalam kondisi sepi.

Sayangnya sunrise hanya bisa kamu nikmati waktu cuaca sedang cerah saja. Kalau mendung langit akan tertutup awan dan otomatis matahari tidak terlihat. Oleh karena itu sebelum berangkat pastikan melihat perkiraan cuaca. Apakah hari itu sedang cerah atau mendung?

Momen sunrise ini paling ditunggu oleh wisatawan. Dimana saat matahari bergerak secara perlahan ke atas langit dan mulai memancarkan cahaya kekuningan yang berkilau bagaikan emas. Keindahannya kian memukau dengan adanya pemandangan Gunung Lawu dari kejauhan.

Jam Buka

Pihak pengelola selalu menerima kunjungan wisatawan setiap hari. Mulai dari Senin sampai dengan Minggu. Untuk jam operasionalnya dari pukul 6 pagi hingga 5 sore. Khusus Minggu wisata ini tutup pada jam 6 sore.

Harga Tiket Masuk

Bukit Cinta Watu Prahu termasuk tempat wisata yang murah meriah. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 sudah bisa menikmati semua fasilitas di dalamnya. Buat kamu yang mau liburan tapi terkendala budget, maka wisata ini bisa jadi solusinya.

Fasilitas Umum

Soal fasilitas umum di Bukit Cinta Watu Prahu tergolong sangat lengkap. Disini sudah ada tempat parkir dengan area cukup luas sehingga muat untuk menampung sepeda motor atau mobil. Tarif parkirnya masih terjangkau, yaitu kisaran Rp2.000 – Rp5.000.

Lalu untuk toilet di wisata ini terbilang bersih dan sangat terawat. Kalau lapar pun kamu tak perlu repot-repot membawa bekal. Lantaran disana banyak sekali berjejer warung makan yang menjual aneka macam menu makanan dan minuman.

Khusus pengunjung muslim sudah disediakan mushola kecil. Meski sederhana tetapi sudah cukup layak sebagai tempat ibadah. Dengan begini kamu tidak usah jauh-jauh mencari masjid dan tinggal melaksanakan shalat di area wisata.

Selain itu pihak pengelola juga menyediakan beberapa wahana menarik untuk anak-anak. Diantara-Nya ada kolam renang, taman bermain, kolam ikan, dan panggung hiburan. Pastinya anak-anak tidak akan merasa bosan selama berada disana.

Tips Berkunjung

Liburan akhir pekan ke Bukit Cinta Watu Prahu membutuhkan tenaga ekstra. Dikarenakan perjalanan yang akan kamu tempuh lumayan jauh sekitar 16 km. Jadi pastikan kondisi badan kamu dalam keadaan fit dan bugar. Jangan memaksakan diri jika memang sedang tidak enak badan.

Paling penting bawa bekal secukupnya untuk berjaga-jaga jika warung makan disana tidak ada yang buka. Berangkatlah dengan membawa kendaraan pribadi seperti mobil. Dan kalau perlu kamu perginya secara berkelompok agar perjalanan semakin seru.

Saat berada di tempat wisata selalu ikuti dan patuhi arahan yang diberikan petugas. Jangan bertindak di luar instruksi yang mungkin bisa membahayakan nyawa kamu. Jaga kebersihan dan pergunakan fasilitas umum sebaik mungkin. Jangan mencoret-coret ataupun merusaknya.

Demikian pembahasan singkat mengenai Bukit Cinta Watu Prahu. Kalau kamu mau suasana yang sepi sebaiknya datang pas hari kerja. Jumlah wisatawan yang berkunjung cukup sedikit dan kamu bisa berkeliling sepuasnya tanpa perlu berdesakan atau mengantre lama di spot foto.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments