Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang, Harga Tiket dan Fasilitas Terbaru

Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang

Air Terjun Kabut Pelangi – Beberapa alasan kota Lumajang adalah pusatnya beberapa wisata alam terbaik di pulau Jawa.

Lokasi: Mulyoarjo, Pronojiwo, Kec. Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Rute ke Air Terjun Kabut Pelangi
Tiket Masuk: Rp 5.000 per orang
Jam Buka: 07:00 – 18:00 WIB

Buat kamu pecinta coban atau air terjun, daerah pronojiwo adalah tempatnya beberapa air terjun eksotis dengan lembah lembah hijau yang mempesona. Apa air terjun yang sudah dikenal baik secara domestik maupun negara adalah Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Goa Tetes, Coban Kapas. Nah, ada satu lagi yang akan kita bahas kali ini yaitu Air Terjun Kabut Pelangi.

Nama air terjun ini diambil karena sering adanya fenomena Pelangi jam tertentu. Tentu hal ini adalah sesuatu yang jarang ditemukan di objek wisata Air Terjun pada umumnya. Salah satu wisata alam di Lumajang ini, berada di lokasi dengan ketinggian 1129 meter diatas permukaan air laut, yang membuat suhu udara di sekitarnya sangat sejuk, bahkan saat musim hujan bisa berkabut. 

Air terjun Kabut Pelangi berada di desa Mulyoarjo, pronojiwo Kabupaten Lumajang, jawa Timur. Segera siapkan perbekalan dan waktu kamu untuk mengunjungi air terjun yang sangat eksotik ini, tetapi sebelum itu ada beberapa hal yang ingin kami informasikan agar kamu semakin mantap untuk berkunjung.

1. Aktivitas dan Daya Pikat Air Terjun Kabut Pelangi

Buat para Traveller yang menyukai Adventure dan hiking. Coban Kabut Pelangi akan menjadi pengalaman yang lain. Pasalnya untuk mencapai tempat ini kamu harus hiking selama satu setengah jam dengan medan yang turun naik.

Pesona Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang
Pesona Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang

– Waktu Terbaik Melihat Pelangi

Jika kamu ingin memaksimalkan kunjungan kamu ke tempat ini, kami rekomendasikan untuk datang pagi hari antara pukul 7.30 dan 09.00 atau di sore hari pukul 14.00-16.00. Karena pada jam-jam tersebut adalah waktu terbaik untuk melihat pelangi di air terjun.

Wisata Menarik Lainnya :  Serunya Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Pada saat di perjalanan menuju air terjun, kamu akan disambut oleh air terjun lain yang cukup tinggi. Biasanya di air terjun ini, para pengunjung beristirahat dan berfoto sebelum melanjutkan perjalanan selama 15 menit ke depan untuk menuju air terjun Kabut Pelangi.

Tiba di air terjun kamu akan takjub dan speechless. Selain karena alam sekitar yang menakjubkan juga eksotisme air terjun Kabut Pelangi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Seperti sebuah lukisan, begitu lembutnya perpaduan antara hutan, air terjun dan pelangi.

– Fasilitas di lokasi

  • Akses jalan cukup bagus, menuju air terjun jalan sudah memadai dan sebagian sudah di paving kok.
  • Warung dan toilet, toilet dan warung-warung untuk beli makanan tersedia di dekat area parkir.
  • Oleh-oleh dari warga sekitar, kamu bisa membeli oleh-oleh berupa buah salak yang dijajakan oleh warga sekitar seharga Rp10.000 per kilo. Kunjungan kamu akan lebih berarti dengan memberikan sedikit kontribusi pada warga sekitar.
  • Tempat ibadah juga di dekat warung-warung yang menjual makanan.

Biaya HTM ke Lokasi Wisata Ini adalah Rp 5.000 per orang, dan parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 5.000. Jika membandingkan dengan pengalaman luar biasa yang kamu dapatkan, bisa dibilang ini adalah salah satu tempat piknik murah di Lumajang. Harga yang dicantumkan dapat berubah sewaktu -waktu sesuai kebijakan dari pengelola ya.. komentar jika sudah update.

2. Dari Lumajang ke Air Terjun Kabut Pelangi

Dari Lumajang kota berkendaralah di jalan nasional Lumajang – Malang. Beberapa daerah akan kamu lewati seperti sumbersuko – tempeh – pasirian – candipuro – yang selanjutnya akan tiba di polsek Pronojiwo. Dari situ Ikutilah papan petunjuk yang mengarahkan air terjun kabut pelangi.

3. Tips buat kamu persiapkan supaya trip maksimal.

  1. Usahakan badan harus Fit terutama setelah perjalanan, karena kamu jauh satu setengah kilo meter dengan Medan yang naik turun.
  2. Gunakan sepatu yang proper, ya memang nyaman untuk melakukan hiking.
  3. Membawa autan atau anti serangga, karena kamu akan berjalan dan berada di hutan. Bisa jadi ada banyak nyamuk atau serangga. Sebagai persiapan lebih baik membawa cream anti nyamuk atau semacamnya.
  4. Membawa makanan dan minuman, ini memang hal yang lumrah. Namun perlu diingat juga bahwa rasa lapar dan haus ketika sudah hiking atau basah-basahan lebih tinggi, jadi bawalah makanan dan minuman yang cukup.
  5. Jangan membuang sampah sembarangan, lebih baik pemutih sampah yang ada. Jadilah traveller yang bertanggung jawab dan berkontribusi. Jangan Cuma jadi penimat namun toxic.
  6. Membawa sweater atau jaket, ketinggian 1200 termasuk dingin. Dan belum tentu setiap orang terbiasa. Jadi untuk jaga-jaga minimal kamu harus bawa baju hangat.
  7. Membawa powerbank, ini fix harus kamu bawa karena di sana kamu akan betah berfoto, video, dll.
Wisata Menarik Lainnya :  8 Tempat Wisata Ciwidey Bandung yang Paling Hits

Dan itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum mempertimbangkan untuk berkunjung, semoga infonya bermanfaat.

5/5 - (2 votes)
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...