setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

8 Wisata Religi Masjid di Jogja yang Penuh dengan Sejarah

Wisata Religi Masjid Di Jogja

Salah satu kegiatan yang positif dan penuh hikmah paling rekomended saat bulan ramadhan adalah dengan melakuakan wisata religi masjid di Jogja.

Kegiatan yang positif dan penuh dengan hikmah dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap sang Pencipta. Jogja tersendiri memiliki banyak masjid bersejarah yang bisa kamu kunjungi untuk jalan-jalan sambil ngabuburit dan mengenal kebudayaan Islam.

Buat kamu yang ada di Jogja atau yang ingin berwisata religi ke berbagai masjid di Jogja, berikut adalah daftar masjid bersejarah di kota Jogja yang telah setapak langkah kumpulkan.

1. Masjid Jami’ Pathok Negoro Plosokuning

Masjid Jami' Pathok Negoro Plosokuning.jpg
foto: instagram.com/p/B5U34pdH6xr

Masjid Jami’ Patok Negoro Plosokuning merupakan salah satu masjid yang berada di dalam keraton Yogyakarta. Masjid ini memiliki nilai sejarah yang sangat kental dengan sejarah keraton Jogja. Masjid Jami’ Patok Negoro Plosokuning ini berfungsi sebagai pertahanan rakyat dan termasuk salah satu bangunan yang religius.

Masjid ini menjadi salah satu tanda kekuasaan raja Jogja. Masjid ini dapat menjadi tempat yang tepat dijadikan sebagai tempat berwisata religi masjid di Jogja yang paling utama.

2. Kampung Jogokariyan

Kampung Jogokariyan
foto: instagram.com/p/BxexHk7HoXD

Rekomendasi wisata religi masjid di Jogja kali ini merupakan salah satu kampung yang cukup populer ketika bulan Ramadhan. Di kampung ini, memiliki salah satu masjid yang selalu ramai yaitu masjid Jogokariyan.

Katanya, di masjid ini selalu tersedia 1500 menu buka puasa yang selalu dihidangkan. Selain itu, di masjid ini juga sering kali melaksanakan shalat tarawih dari imam Palestina serta banyak program lain yang menarik untuk kita lebih mendekatkan diri kepada sang Pencipta.

Wisata Menarik Lainnya :  Fasilitas, HTM, Rute Menuju Lokasi Museum Batik Danar Hadi

3. Masjid Dusun Mlangi

masjid mlangi
foto: instagram.com/p/BZKTehblyvr

Salah satu wisata religi masjid di Jogja yang wajib kamu kunjungi adalah di dusun Mlangi. Dusun ini adalah dusun para santri dan santriwati. Pada dusun Mlangi terdapat ribuan santri dari berbagai kota.

Namun dari sekian banyak hal yang ada disana, salah satu hal menarik adalah makam Kyai Nur Nur Iman, salah satu tokoh penyebar agama Islam di Melangi. Menurut sejarahnya, Kyai Nur Nur Iman ini merupakan adik kandung sultan Hamengku Buwono I.

4. Wisata Religi Masjid Syuhada

Masjid Syuhada
foto: instagram.com/p/ByAEJj_hCDB

Masjid selanjutnya yang bisa digunakan sebagai tempat wisata religi di Jogja adalah masjid Syuhada. Masjid berlokasi di jalan Dewa Nyoman Oka Kotabaru, Jogja.

Pada saat bulan Ramadhan tiba, biasanya di masjid ini terdapat beragam program dan acara yang cukup ramai. Buat kamu yang suka berfoto selfie, masjid ini memiliki tampilan yang menarik untuk di jadikan latar belakang.

5. Masjid Agung Kotagede

Masjid Agung Kotagede
foto: instagram.com/p/B6IEggRhlhj

Masjid Agung Kotagede merupakan salah satu masjid yang paling bersejarah di kota Jogja. Wisata religi masjid di Jogja untuk anda, seharusnya tidak melewatkan masjid agung kotagede di kota Jogja ini karena dapat menjadi salah satu tempat wisata yang paling menarik.

Masjid ini dibangun pada masa Kerajaan Mataram tepatnya di bawah kekuasaan sultan Agung pada tahun 1640. Masjid bersejaran ini menjadi salah satu aset berharga serta daya tarik destinasi wisata Jogja. 

6. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman
foto: instagram.com/p/B-uXSVpg2Ib

Ini adalah salah satu masjid yang paling bersejarah di kota Jogja. Masjid ini dibangun oleh sultan Hamengku Bowono I. Ketika bulan Ramadhan biasanya suka akan diadakan acara buka bersama di masjid ini. Suasana masjid ini selalu ramai saat menjelang buka puasa, selain banyaknya orang yang shalat, juga banyak orang yang berbuka puasa bersama serta melakukan wisata religi di masjid Jogja satu ini.

Wisata Menarik Lainnya :  Wajib Kunjungi, 5 Wisata Religi Solo yang Penuh Sejarah

7. Masjid Shultonain

Masjid Shultonain
foto: flickr.com/photos/[email protected]/5332685332

Salah satu masjid yang juga tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi saar di wisata masjid di Jogja adalah Masjid Shultonain. Masjid ini selalu ramai sekali ketika bulan Ramadhan. Baik acara shalat shubuh ataupun berbuka puasa, masjid ini menjadi tempat yang istimewa untuk anda kunjungi.

8. Masjid Kristal Khadija

Masjid Kristal Khadija
foto: instagram.com/p/BZat07qgPb3

Salah satu wisata religi masjid di Jogja yang paling bagus dan wajib anda kunjungi adalah Masjid Kristal Khadija. Masjid Khadija ini termasuk jenis masjid yang paling rekomended ada kunjungi dari seluruh masjid yang menjadi objek wisata religi masjid di Jogja.

Sebagai salah satu tempat wisata di Jogja, setiap acara pada bulan puasa masjid ini sering mengadakan kegiatan pada saat sahur dan buka bersama.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *