Taman Wisata Kopeng, Destinasi Kekinian di Semarang yang Menawarkan Beragam Aktivitas Seru dan Menyenangkan

Taman Wisata Kopeng Semarang

Akhir pekan bingung mau ke mana? Tak usah khawatir, di Semarang ada satu destinasi populer yang cocok dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Destinasi wisata di Semarang populer tersebut bernama Taman Wisata Kopeng. Lokasinya yang berada di sekitar lereng Gunung Merbabu dengan ketinggian 1500 mdpl membuat kawasan ini memiliki hawa sejuk sekaligus dingin.

Ragam Aktivitas Seru di Taman Wisata Kopeng

Kabupaten Semarang selalu punya cerita baru dan seru setiap harinya. Bentangan alam yang indah dengan pesona pepohonan hijaunya begitu mencuri perhatian. Tak pelak kawasan tersebut banyak dipenuhi beragam wisata alam yang indah nan memukau. Salah satunya yang tengah viral ada Taman Wisata Kopeng.

Menemukan lokasinya bukanlah hal yang sulit. Dari Kota Semarang kamu cukup menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Itu pun kalau kondisi jalan tengah lancar dan tidak sedang macet-macetnya. Untuk menuju ke sana kamu bisa naik kendaraan pribadi atau angkutan umum. Lokasinya yang terbilang strategis memang sangat memudahkan pengunjung.

Kehadiran Taman Wisata Kopeng mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Semarang. Menjelang akhir pekan, jumlahnya bahkan bisa naik dua kali lipat dari hari biasa. Salah satu alasan mengapa wisatawan tertarik mengunjungi wisata ini karena panorama alamnya yang mempesona. Serta ada sejumlah ragam aktivitas seru sebagai berikut.

Bersantai Di Sekitar Taman

2019 02 10
Sumber : Google Maps/Tresnaning Putri

Setelah seharian bekerja tidak ada salahnya memanjakan diri dengan bersantai di Taman Wisata Kopeng. Warga Semarang biasanya sering duduk-duduk santai di sekitar taman sambil menikmati pemandangan alam atau sesekali bercengkerama dengan pengunjung lain. Hampir setiap waktu kondisinya selalu ramai dan tak pernah sepi.

Apalagi kalau pas hari Sabtu dan Minggu. Taman Wisata Kopeng selalu penuh sesak dengan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Khususnya dari kota-kota yang berdekatan langsung dengan Kabupaten Semarang. Kamu akan melihat sekumpulan manusia tengah duduk santai mengisi setiap sudut taman.

Wisatawan betah berada disana karena memang suasana di sekitar taman begitu sunyi dan memiliki hawa super sejuk. Ditambah lagi dengan adanya pepohonan hijau dan aneka jenis bunga warna-warni yang kian mempercantik tampilannya. Siapapun pasti akan langsung jatuh cinta melihat pemandangan indah semacam itu.

Belum lagi pas sore hari. Panorama alamnya kian memukau dengan hadirnya cahaya keemasan di ufuk barat. Manakala pada saat itu sang mentari tengah bersiap-siap meninggalkan singgasananya. Langit yang tadinya kebiruan berubah menjadi warna keemasan dipenuhi cahaya kekuningan.

Berenang Sambil Bermain

IMG 20220615 122115
Sumber : Google Maps/Hendra aja

Ketika hawa sedang panas-panasnya paling enak menceburkan diri ke kolam renang. Untungnya di Taman Wisata Kopeng ada fasilitas kolam renang yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menyegarkan diri di siang hari. Tersedia dua jenis kolam, ada kolam khusus anak-anak dan kolam orang dewasa.

Kolam renang anak-anak hanya diperuntukkan untuk anak-anak. Di kolam ini mereka bisa berenang sambil bermain. Pihak pengelola telah menyediakan sejumlah wahana permainan seru. Diantaranya ada perosotan spiral, air mancur, giant water ball, dan perosotan lurus. Untuk ketinggian airnya sendiri hanya sedalam 50 cm.

Sementara itu untuk kolam orang dewasa memiliki tingkat ketinggian air yang cukup dalam. Tidak diperkenankan anak-anak berenang disana tanpa ditemani orang dewasa. Ukurannya terbilang luas sehingga kamu bisa berenang dengan lebih leluasa. Terlebih lagi air kolamnya terasa begitu menyegarkan karena berasal dari sumber mata air alami.

Camping

Taman Wisata Kopeng juga mempunyai fasilitas camping ground bagi para pengunjung yang ingin menginap. Meskipun lokasinya tidak berada di tengah hutan, tetapi suasananya tetap di alam bebas. Ada pepohonan rindang, hamparan rerumputan hijau, dan beragam jenis tanaman yang bisa kamu lihat dari kejauhan.

Tak perlu repot membawa tenda dan perlengkapan lainnya. Pihak pengelola sudah menyiapkan segala sesuatunya dan pengunjung tinggal memakainya saja. Agar liburan kamu terasa lebih menyenangkan jangan lupa mengajak teman atau keluarga.

Camping beramai-ramai jauh lebih mengasyikkan karena kamu bisa bercanda ria dan tertawa bersama orang tercinta. Tidak akan ada suasana sepi dan sunyi, yang ada hanyalah suara derai tawa memenuhi setiap momen yang kamu lewati. Kalau ingin merasakan sendiri keseruannya segera rencanakan liburan ke sana.

Bermain Paintball

Aktivitas lainnya yang tak kalah seru adalah paintball. Sebuah permainan menantang yang mengajak pengunjung bermain perang-perangan menggunakan senapan. Tetapi tenang saja, ini tidak berbahaya kok. Senjata dan peluru yang kamu gunakan juga hanya mainan.

Permainan ini tentu saja tidak bisa dilakukan seorang diri. Harus secara beregu dengan membentuk tim berjumlah 4 sampai 10 orang. Setelah tim terbentuk, selanjutnya petugas akan membekali setiap peserta dengan alat pengaman khusus untuk melindungi tubuh mereka.

Begitu kamu sudah memakainya barulah permainan dimulai. Sebelum itu petugas akan menjelaskan tentang aturan mainnya lebih dulu kepada para peserta. Jika dirasa sudah paham dengan apa yang disampaikan maka bersiaplah bertempur di hutan belantara. Tembak musuh sebanyak-banyaknya agar kamu jadi pemenang.

Bermain Outbound

Satu lagi aktivitas yang cukup menantang ialah bermain outbound. Taman Wisata Kopeng mempunyai wahana outbound yang begitu lengkap. Ada flying fox, trampolin jaring, repling pohon, spider jumper, lorong gantung, dan panjat tali. Melalui beberapa wahana tadi, adrenalin kamu benar-benar diuji.

Namun dari semua itu, wahana flying fox bisa dibilang yang paling menantang. Kamu akan meluncur dari ketinggian 12 meter melintasi tali yang sangat panjang. Memang tergolong ekstrem. Tetapi dari atas sana kamu bisa melihat area taman secara keseluruhan.

Wahana flying fox ini tidak diperuntukkan untuk orang dewasa saja. Tak lupa pihak pengelola juga menyediakan flying fox khusus anak-anak setinggi 6 meter. Jadi para orang tua tidak perlu takut apabila si kecil ingin mencoba wahana permainan satu ini. Nantinya akan ada petugas yang selalu siap sedia mendampingi.

Naik ATV

IMG 0168
Sumber : Google Maps/Bachrul Ulum

Selain wahana flying fox dan paintball, masih ada satu lagi aktivitas menantang lainnya. Tidak lain dan bukan ialah mengendarai ATV. Nikmati sensasi bertualang menjelajahi setiap sudut taman dengan melewati kontur jalanan tidak rata menggunakan sepeda motor berukuran cukup besar.

Dijamin kamu terkaget-kaget karena lintasan yang akan kamu lewati sungguh menguji adrenalin. Maka dari itu siapkan fisik dan mental kamu agar siap menghadapi setiap rintangan yang ada. Menjelajahi area taman dengan cara seperti ini tentunya dapat memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Kopeng masih relatif terjangkau. Wisatawan yang datang cukup membayar Rp20.000 untuk membeli satu tiket. Sayangnya harga tersebut tidaklah tetap dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola.

Jam Buka

Taman Wisata Kopeng selalu menerima kunjungan wisatawan hampir setiap hari. Mulai dari hari kerja, hari libur, tanggal merah, hingga hari libur Nasional. Untuk jam operasionalnya buka dari Pukul 07.00 sampai dengan Pukul 18.00 WIB.

Fasilitas Umum

Sebagai tempat wisata populer di Semarang, tentunya pihak pengelola tidak lupa menyediakan fasilitas umum memadai bagi para pengunjung. Dengan begini mereka akan merasa nyaman dan aman selama liburan disana. Berikut beberapa fasilitas umum yang ada di Taman Wisata Kopeng.

  • Area parkir
  • Jasa antar jemput bandara
  • Toko suvenir
  • Cafe dan Restoran
  • Pasar tradisional
  • Villa
  • Playground
  • Toilet umum
  • Bilyard
  • Gedung pertemuan
  • Family karaoke
  • Resort

Tips Berkunjung

Liburan ke Taman Wisata Kopeng paling pas saat Hari kerja. Dimana suasananya tidak terlalu ramai dan kamu bisa bersantai dengan tenang. Berbeda jika kamu datang pas weekend, kondisinya pasti ramai serta terlalu banyak orang. Jadi jika ingin mendapati suasana sepi pilihlah waktu kedatangan antara hari Senin sampai dengan Jumat.

Selama berada di sana jagalah kebersihan area sekitar dan jangan membuang sampah sembarangan. Terlebih lagi merusak atau mencoret-coret fasilitas umum. Jangan sampai hal itu kamu lakukan jika tidak ingin terkena masalah. Jadilah seorang wisatawan yang baik dengan selalu mematuhi dan menaati semua peraturan.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat rencana liburan ke Taman Wisata Kopeng bersama keluarga di akhir pekan nanti. Hitung-hitung refreshing sejenak dari kepadatan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Kapan lagi coba kamu bisa liburan murah dengan suguhan fasilitas super lengkap?

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments