Museum Benteng Heritage, Wisata Sejarah Budaya dan Edukasi, Saksi Bisu kota Tangerang

Museum Benteng Heritage

Museum Benteng Heritage menjadi saksi bisu akan sejarah kota Tangerang yang dibangun pada abad ke 17 oleh orang Belanda. Tempat ini dulunya digunakan sebagai Pusat Pemerintahan dan perdagangan.

Menjadi museum yang mengoleksi berbagai benda bersejarah dan budaya Tangerang dan mengundang para pengunjung untuk menelusuri jejak masa lalu yang sarat akan cerita wisata sejarah yang ada.

Daya Tarik Museum Benteng Heritage Tangerang

Wisata Sejarah Museum Benteng Heritage menawarkan daya tarik yang menawan yang sarat akan masa lalu dan membuat para pengunjung jadi bisa mempelajari sejarah bangunan tersebut. Museum ini hasil restorasi arsitektur Tionghoa dan dibangun pada akhir abad 17. Berbagai artefak disini seolah menyimpan kisah kelam.

Arsitektur Menawan

Benteng Heritage Wisata Sejarah Budaya
Google/@Ng Fatmawati

Arsitektur sungguh sangat menawan dengan gaya Eropa karena dibangun oleh Belanda. Bangunan bata merah disana yang kokoh dengan bastion di sudutnya justru menghadirkan suasana klasik yang sangat memukau. Terdapat banyak sekali ruangan yang dulunya pernah digunakan sebagai kantor, gudang, dan tempat tinggal.

Tapi, pada masa sekarang ruangan yang dulunya sebagai pusat Pemerintahan dan perdagangan direnovasi menjadi ruang pameran yang memamerkan berbagai koleksi benda bersejarah seperti senjata, pakaian, keramik, dan foto kuno.

Melestarikan Budaya Tangerang

2018 02 07
Google/@Christian Purwanto

Tempat untuk melestarikan budaya Tangerang dimana para pengunjung dapat mempelajari berbagai tradisi dan adat istiadat warga Tangerang dari seni tarik, seni musik, hingga kuliner khas daerah setempat. Berbagai pertunjukan budaya dan pameran seni selalu diadakan. Hal ini berguna agar pengunjung tidak pernah lupa akan sejarah.

Taman yang Luas dan Asri

DSC 0461
Google/@Michael Lin

Taman sangat luas dan asri. Bahkan bisa menjadi tempat yang tepat untuk bersantai bersama keluarga, pasangan, teman karena juga memiliki suasana yang tenang. Pengunjung juga dapat duduk dibawah pohon rindang yang adem dan sejuk. Selain itu,pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang yang memukau dan bersejarah Taman ini sering digunakan sebagai tempat acara, festival budaya dan musik.

Pengalaman Edukatif Tidak Terlupakan

2018 10 13
Google/@Dimas Wihardyanto

Para pengunjung dapat memiliki edukatif tidak terlupakan saat mengunjungi Museum Benteng Heritage yang mana pengunjung dapat menambah wawasan mengenai sejarah Tangerang. Seolah jadi bukti nyata untuk tetap dapat bersatu dan memiliki keharmonisan dengan menghormati dan turut untuk menjaga tempat tersebut.

Fasilitas Museum Benteng Heritage Tangerang

Terdapat berbagai fasilitas Museum Benteng Heritage Tangerang yang menawarkan wisata edukatif dan budaya seperti berikut ini:

Area Parkir Luas

Pengunjung dapat lebih leluasa dengan area parkir yang luas, sehingga bisa membawa kendaraan pribadi. Area parkir ini terletak di dekat pintu utama masuk Benteng, sehingga para pengunjung tidak perlu untuk berjalan jauh ke tempat tersebut.

Toilet yang Bersih

Toilet disana sangat bersih dan terawat, sehingga pengunjung pasti bakal sangat betah untuk berlama disini. Toilet di Museum Benteng Heritage tersebar di berbagai area. Kamar mandi juga dilengkapi dengan sabun, air bersih mengalir dan tissue, kalau pengunjung berinisiatif untuk mandi disini itu juga bisa daripada pulang dengan keadaan kotor.

Mushola yang Nyaman

Pengunjung dapat beribadah dengan tenang. Hal ini dikarenakan Museum Benteng Heritage menyediakan mushola yang nyaman dan bersih. Mushola dilengkapi dengan sajadah, mukena, dan wudhu. Fasilitas yang lengkap untuk beribadah ini membuat pengunjung jadi tidak takut lagi akan lalai dalam beribadah.

Warung Makan dan Kafe

Ketika lelah mejelajajah Museum Benteng Heritage, pengunjung dapat mengisi perut dengan berkunjung ke warung makan dan kafe. Tempat makan ini menawarkan berbagai macam menu dan minuman dengan harga yang terjangkau. Dengan pengunjung dapat menikmati hidangan dari Internasional dan Nasional dengan area tempat yang sangat nyaman.

Toko Souvenir

Di dalam Museum Benteng Heritage terdapat toko souvenir yang tersedia. Dimana disana menjual berbagai macam cenderamata khas Tangerang seperti kaos, topi, gantungan kunci, dan aneka kerajinan tangan yang dibuat sendiri oleh sang pengrajin tangan. Cenderamata dapat menjadi kenangan telah berkunjung ke tempat bersejarah tersebut.

Akses Internet Gratis

Bagi para pengunjung Museum Benteng Heritage tak perlu takut kalau kuota tiba – tiba habis atau ingin mengetahui sejarah dari Museum Benteng Heritage dengan mengakses Google.Pasalnya, disini terdapat akses WIFI gratis yang disediakan. Terutama, para pengunjung juga dapat mengunggah foto setelah mengabadikan momen di tempat tersebut, atau masih tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga atau teman.

Layanan Tour Guide

Ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait sejarah dan budaya Museum Benteng Heritage. Pengunjung dapat memanfaatkan layanan Tour Guide. Dimana para pemandu wsiata nantinya akan menjelaskan mengenai sejarah Museum Benteng Heritage, sehingga akan menambah wawasan para pengunjung dan memperkaya ilmu yang ada dengan informasi menarik dengan tempat bersejarah.

Tempat Sewa Sepeda

Ingin menikmati sore hari yang sejuk atau saat pagi dan siang hari yang cerah. Maka, para pengunjung dapat memicu adrenalin dengan bersepeda. Tempat sewa sepeda ini disediakan di Museum Benteng Heritage dengan harga yang terjangkau dan tidak terlalu membengkak di kantong. Dengan mengeluarkan uang, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dari sudut pandang berbeda.

Tempat Bermain Anak

Museum Benteng Heritage menyediakan tempat bermain anak yang aman. Sehingga, para orangtua tidak perlu lagi takut kalau anak bakal cedera ketika bermain. Tempat bermain ini dilengkapi dengan berbagai macam permainan seperti ayunan, perosotan, dan jungkat jungkit. Selain itu, anak – anak juga dapat memiliki teman baru ketika bermain dan area bermain juga sangat luas.

Tips Berwisata di Museum Benteng Heritage Tangerang

  1. Periksa jam buka dan harga tiket di Museum Benteng Heritage.
  2. Cari informasi terkait tempat yang dituju melalui website atau sosial media.
  3. Siapkan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar terhindar dari cedera.
  4. Bawalah kamera untuk mendapatkan spot foto yang indah.
  5. Bawa uang tunai karena tidak menerima pembayaran kartu kredit
  6. Ikuti tur pemandu wisata agar tidak tersesat.
  7. Jagalah kebersihan dan kelestarian lingkungan.
  8. Bersikap sopan dan santun kepada pengunjung lain.
  9. Nikmati wisata edukasi di Museum Benteng Heritage.
  10. Patuhi aruran dan norma yang berlaku.

Museum Benteng Heritage bisa membuat para pengunjung sadar akan sejarah masa lalu yang tak lekang oleh waktu. Berbagai fasilitas dan daya tarik bisa memikat hati para pengunjung.

Avatar for Rieke Hendrayani
Rieke Hendrayani Wanita yang menyukai membaca, menulis, mendengarkan musik.
Avatar for Rieke Hendrayani
Rieke Hendrayani Wanita yang menyukai membaca, menulis, mendengarkan musik.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments