Masjid Babah Alun Desari, Menyinggahi Wisata Religi Bernuansa Tiongkok

Masjid Babah Alun Desari

Ketika pergi ke kawasan Jakarta Selatan, kita akan menemukan salah satu tempat ibadah yang menarik. Namanya Masjid Babah Alun Desari yang memiliki keunikan wisata religi islami dengan nuansa tiongkok cukup menarik perhatian para wisatawan karena di nilai unik.

Siapa yang tidak tau Jakarta, kota besar ini merupakan Ibukota yang pastinya dikenal oleh semua orang. Meskipun kabarnya kota ini selalu padat akan kemacetan, banyaknya polusi dan juga bising. Tetapi banyak juga tempat menarik yang bisa kita kunjungi di Jakarta.

Mulai dari taman hiburan, wisata edukasi, maupun tempat nongkrong bisa kita temukan dengan mudah di Jakarta. Mungkin bagi beberapa wisatawan, Jakarta hanya dikenal dengan beberapa tempat wisatanya seperti Dunia Fantasi, Taman Margasatwa Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah.

Namun Kota Metropolitan ini juga menyimpan berbagai tempat yang akan menambah edukasi dan pengalaman berharga. Bahkan tidak hanya sekedar itu saja, beberapa tempat lainnya yang ada di Jakarta juga menyimpan sisi keunikannya tersendiri.

Meskipun banyak wisatawan yang datang secara tidak sengaja, ada pula beberapa wisatawan yang rela mampir lebih dulu ke Masjid Babah Alun Desari untuk melihat langsung keunikan tempat tersebut.

Review Masjid Babah Alun Desari

Berada di persimpangan jalan Tol Desari menjadikan Masjid Babah Alun Desari ini sebagai tempat singgah dan peristirahatan. Namun karena keunikan dan juga hal menarik lainnya yang ada di dalam sana, Masjid Babah Alun Desari juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang ada di Jakarta.

2020 09 25 2
Foto via Google maps/ijoeel

Masjid ini selalu saja ramai dikunjungi oleh orang-orang. Meskipun tujuan utamanya sebagai tempat beribadah, ada juga beberapa wisatawan yang mampir hanya untuk melepas penat dari perjalanan panjang.

Masjid yang berdiri di atas lahan sekitar 450 meter persegi ini selalu ramai dikunjungi oleh setiap orang dari berbagai tempat. Yang paling memikat perhatian orang-orang yaitu gaya bangunan masjid ini yang menyerupai bangunan etnis Tionghoa.

Wisata Menarik Lainnya :  5 Kawasan Wisata Gunung Bromo Wajib di Kunjungi

Sudah dapat dilihat dengan jelas pada setiap warna merah, kuning, dan putih gading yang dijadikan sebagai simbol bangunan tersebut. Terlebih ornamen-ornamen khas negeri Tirai Bambu bisa kita saksikan dengan jelas di bagian jendela, pintu, hingga pilar masjid dan jurai luar atap bangunan.

Pemandangan Masjid Babah Alun Desari ini akan semakin memesona ketika sore hari karena matahari tenggelam persis di belakang Masjid Babah Alun Desari.

Masjid ini memiliki 3 bangunan yaitu bangunan utama masjid, gedung serba guna, dan pojok halal.

Masjid ini memiliki dua lantai yaitu bangunan dasar yang dijadikan sebagai tempat ibadah dan bangunan lantai atas yang merupakan bangunan bundar berbentuk kubah atau atap masjid. Lantai atas ini berfungsi sebagai ruangan perpustakaan yang menyediakan berbagai buku islami. Di sana kita bisa menemukan buku-buku religi sambil membacanya.

Sementara itu, gedung serba guna biasanya digunakan sebagai tempat beristirahat atau juga untuk mengadakan acara-acara tertentu seperti pengajian dan dakwah.

Bangunan Masjid Babah Alun Desari
Bangunan Masjid Babah Alun Desari

Karena sering dijadikan sebagai rest area, Masjid Babah Alun Desari juga menyediakan pojok halal yang menyuguhkan berbagai makanan dan minuman halal. Kita akan menemukan beberapa makanan seperti snack, bubur, nasi goreng, chiken, dan masih banyak lagi.

Untuk harga menu makanannya pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 5.000 sampai dengan Rp 55.000.

Karena memiliki keunikan dari segi bangunan dan juga tempatnya yang nyaman untuk dikunjungi, banyak juga wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk datang ke Masjid Babah Alun Desari dan mengambil kesempatan untuk mengambil foto di beberapa spot yang menarik.

Tempat ini merupakan tempat beribadah, namun banyak juga orang yang mengunjunginya sambil menghabiskan waktu di perpustakaan cantik. Untuk masuk ke Masjid Babah Alun Desari ini tentu saja kita tidak akan dikenakan tarif apapun, tetapi alangkah lebih baiknya kita memberikan sedekah seikhlasnya untuk santunan kaum dhuafa.

Ketika mengunjungi Masjid Babah Alun Desari juga kita perlu memperhatikan beberapa peraturan yang ada di sana seperti tidak membuang sampah sembarang, tidak membuat kegaduhan, tidak merusak fasilitas masjid, tidak mencuri dan sebagainya.

Wisata Menarik Lainnya :  Masjid Agung Kauman Semarang, Masjid Tertua Dengan Arsitek Belanda

Lokasi Masjid Babah Alun Desari

Wisatawan yang penasaran akan keunikan Masjid Babah Alun Desari ini bisa mengunjunginya di Jalan Mandala II Bawah No. 100, RT.04/RW.02, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Map klik disini.

Karena merupakan kawasan Tol Depok – Antasari, kita bisa melalui jalur Tol Depok atau juga Tol Sentul menuju ke Jakarta Selatan. Jarak tempuhnya sendiri sekitar 1 jam 20 menit perjalanan dari pusat Kota Bogor. Berada di kawasan Tol Depok – Antasari membuat Masjid Babah Alun Desari ini mudah ditemukan.

Masjid Babah Alun Desari ini beroperasi setiap hari selama 24 jam, jadi kita lebih leluasa untuk mengunjunginya kapan saja. Wisatawan yang berencana liburan ke Ibukota, wajib mampir dulu ke Masjid Babah Alun Desari.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.