Hillpark Sibolangit, Taman Wisata Outdoor Terbesar di Sumatera

Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit menjadi wisata outdoor terbesar yang ada di Sumatera. Taman hiburan dengan banyak wahana, area bermain, dan hiburan live dalam pengaturan bertema Camelot.

Jika di Jawa Barat, Bandung mendapat julukan sebagai Paris Van Java. Sumatera juga tidak mau kalah. Di Sumatera, Medan dijuluki sebagai Paris Van Sumatera karena keasrian Kota Medan dan juga desain bangunan yang ada di Medan memiliki gaya layaknya bangunan yang ada di Eropa.

Medan ini dijadikan sebagai pintu gerbang Indonesia di bagian Barat. Sejak zaman Hindia Belanda, Medan selalu dijadikan sebagai pusat perdagangan, industri juga bisnis yang multikultur. Medan juga terbilang salah satu kota modern sejak saat itu.

Di Indonesia sendiri, Medan merupakan kota besar ketiga yang memiliki berbagai macam keunikan mulai dari budaya, bahasa, maupun kuliner dan tempat wisatanya.

Saat ini, Medan juga banyak digandrungi oleh masyarakat lantaran menyuguhkan aneka tempat wisata kekinian yang berhasil menyita perhatian para wisatawan. Beberapa wisata yang cukup populer di Medan seperti Istana Maimun, Masjid Raya Medan, Merdeka Walk, Negeri Kincir Angin Medan, dan lainnya.

Ada salah satu wisata lainnya yang belakangan ini banyak diminati oleh para wisatawan di Sumatra Utara. Wisata tersebut bernama Hillpark Sibolangit.

Lokasi Hillpark Sibolangit ini cukup strategis yakni berada di dataran tinggi sehingga menyuguhkan suasana yang sejuk dengan pemandangan landscape Sumatera yang mempesona.

Daya Tarik Hillpark Sibolangit

Nama Hillpark Sibolangit ini cukup mendunia. Dari tahun 2019 silam, Hillpark Sibolangit imi viral di media sosial. Hingga saat ini, wisata tersebut masih saja banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Hillpark Sibolangit ini terbagi menjadi 3 zona berikut.

Zona Lost City

2023 01 19
Foto via Googlemaps/Isnainal Ramadhan

Lost City menerapkan konsep kuno layaknya zaman purbakala. Di zona ini wisata akan disuguhkan banyak wahana salah satunya roller coaster. Roller coaster tersebut dikenal dengan nama gelegar yang memiliki lintasan tinggi serta berkelok-kelok.

Selain itu, wisatawan juga bisa menemukan wahana bianglala yang memiliki ketinggian hingga puluhan meter. Wahana lainnya yang ada di zona Lost City ini seperti ulang alik, kereta hillpark, dan masih banyak lagi.

Toon Town

2018 03 23
Foto via Googlemaps/Lubis Zikri

Jika zona Lost City memiliki nuansa jadul, berbeda dengan zona Toon Town yang terkesan mengemaskan. Zona ini cocok dikunjungi bersama anak-anak karena memiliki nuansa kartun yang mencolok.

Salah satu wahana yang tidak boleh kita lewatkan di zona ini yaitu bom-bom car. Si kecil akan dibawa berkendara menaiki mobil kecil dan merasakan sensasi saling bertabrakan. Lalu ada pula wahana baling-baling dengan aneka karakter seperti kuda dan sejenisnya. Wahana lainnya yang akan kita temukan di zona ini seperti puting beliung, kincir mini, batery car, dan masih banyak lagi.

Zona Heritage

2019 04 06
Foto via Googlemaps/Poh

Zona Heritage ini menyuguhkan nuansa kastil megah. Wisatawan bisa merasakan seolah berada di sebuah kerajaan. Di sana kita akan menemukan wahana seperti ombang ambing, bumper boat, sinema 4 dimensi, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya menaiki aneka wahananya saja, wisatawan juga bisa berburu spot foto instagramable di setiap zona yang ada di Hillpark Sibolangit ini. Beberapa spot foto yang bisa kita temukan di sana seperti kastil, jembatan, jurassic park, rumah kurcaci, balon udara, dan masih banyak lagi.

Wisatawan juga bisa menemukan aneka hidangan lezat di Medan. Beberapa diantaranya seperti mie gomak, lontong Medan, martabak yurich, dan masih banyak lagi. Untuk harga aneka kuliner di kawasan Medan tersebut dibanderol mulai dari Rp 15.000.

Hillpark Sibolangit juga memiliki fasilitas lainnya seperti taman bermain, gazebo, area piknik, pusat oleh-oleh, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Hillpark Sibolangit

Ada dua jenis tiket masuk Hillpark Sibolangit yaitu tiket reguler dan tiket VIP. Untuk tiket reguler dibanderol dengan harga Rp 120.000 per orang dan untuk tiket VIP dibanderol dengan harga Rp 200.000 per orang.

Wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan tiket tambahan berupa karcis parkir yang dibanderol mulai dari Rp 5.000 setiap kendaraan.

Lokasi dan Jam Buka Hillpark Sibolangit

Untuk lokasi Hillpark Sibolangit ini terletak di Jalan Jamin Ginting, Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20157. Google Maps.

Jika dari pusat Kota Medan wisatawan bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 1 jam 40 menit perjalanan. Kita bisa melalui Jalan Kapten Maulana Lubis menuju ke Jalan Mongonsidi. Dari sana kita masuk ke Jalan Kapten Patimura dan masuk ke Jalan Jamin Ginting.

Hillpark Sibolangit ini beroperasi setiap hari di mana durasi waktu operasionalnya itu mulai dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB.

Penginapan Terdekat

Wisatawan luar Medan yang ingin bermalam di sekitar Hillpark Sibolangit bisa mampir ke The Hill Hotel & Resort Sibolangit yang terletak di Jalan Letjend Jamin Ginting No.Km. 45.3, Suka Makmur, Sibolangit, Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20357.

Kita bisa menempuhnya hanya dengan waktu 4 menit dari lokasi Hillpark Sibolangit. Hotel tersebut memiliki tarif penginapan mulai dari Rp 368.000 hingga Rp 828.000 per malam tergantung pada paket penginapan yang kita inginkan.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments