Intip 5 Fakta Menarik Tentang Coban Supit Urang Pujon – Malang

Coban Supit Urang Pujon Malang

Masih berbicara tentang destinasi wisata berkonsep alami di Kota Malang. Seperti yang Teman Setapak tau, telah banyak objek wisata di Malang yang keindahannya begitu memikat.

Selain kota wisata Batu, nampaknya kamu juga perlu menapaki sebuah kecamatan di Malang yang ternyata juga memiliki potensi alam yang sangat memukau.

Alamat : Madiredo, Pujon, Wiyurejo, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur 65392.
Map : klik disini.
Jam Buka : 07.00 – 16.00 WIB.
Harga Tiket : Rp 5.000,-

Sebut saja Desa Wisata Pujon, di daerah ini ternyata juga memiliki objek wisata yang terbentuk alami dari kondisi geografis yang berada pada dataran tinggi.

Selain terkenal dengan potensi alamnya yang begitu indah, desa-desa di daerah Pujon ini juga memiliki atmosfer yang sangat sejuk dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat refreshing.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang suka dengan petualangan, maka kamu wajib mengunjungi tempat wisata alam yang berada di desa Pujon ini.

Sebuah destinasi wisata yang masih sangat alami dan tak begitu banyak orang yang menjamahnya, yakni Coban Supit Urang.

Coban Supit Urang ini beralamatkan di Desa Wiyurejo yang masih berada di bawah naungan Kecamatan Pujon.

Dari pusat Kota Malang, kamu perlu menempuh jarak sekitar 36 kilometer atau setara dengan 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

Namun jangan khawatir, akses jalan menuju lokasi wisata yang eksotis ini sudah lumayan baik dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Harga tiket untuk memasuki wana wisata air terjun ini juga sangat terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan ongkos sebesar 5 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati segala keindahannya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang wana wisata air terjun ini, yuk, simak beberapa fakta menarik tentang Coban Supit Urang! Langkah Setapak telah membingkainya dalam beberapa fakta menarik berikut!

5 Fakta Menarik Coban Supit Urang Pujon

Mungkin belum banyak masyarakat yang tau tentang wana wisata air terjun yang satu ini. Karena lokasinya yang masih sangat alami dengan pepohonan bambu yang mengelilinginya.

Untuk itu, ada beberapa fakta menarik tentang Coban Supit Urang yang wajib kamu tau. Yuk, simak ulasannya berikut!

1. Memiliki 2 Air Terjun yang Eksotis

hqdefault
Eksotisme Air Terjun Supit Urang 2

Ketika memasuki wana wisata air terjun ini, kamu akan disambut hangat oleh 2 air terjun eksotis yang memiliki ketinggian berbeda.

Masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Supit Urang 1 dan Supit Urang 2. Supit Urang 1 berada sejajar dengan akses jalan yang kamu lalui hingga sampai ke air terjun tersebut.

Sedangkan untuk menuju Supit Urang 2, kamu perlu menaiki tangga bambu yang sengaja dipasang pada tanah tegak yang akan membawamu 5 meter lebih tinggi dari kawasan Supit Urang 1.

Wisata Menarik Lainnya :  Coban Ringin Gantung Tumpang - Air Terjun Indah Tersembunyi di Malang

Kedua air terjun tersebut memiliki keunikan masing-masing. Pada Supit Urang 1, air yang jatuh terlihat lebih deras dengan ketinggian mencapai 15 meter.

Di bawah air terjun juga terdapat kolam dangkal yang terbentuk alami dari reruntuhan air terjun yang cukup deras itu.

Beralih ke Supit Urang 2, kamu akan melihat keindahan yang terpancar dari air terjun yang mengalir perlahan dari ketinggian sekitar 15 meter.

Agak berbeda, karena air terjun ini sedikit lebih landai dari air terjun pada umumnya. Ditambah lagi bebatuan padas cukup besar dengan formasi yang lebar memenuhi aliran air terjun tersebut.

Dengan begitu, kamu akan melihat pesona air terjun yang mengalir indah perlahan melewati bebatuan padas yang berliku.

Air yang jatuh berliku seakan lebih berirama karena terbentur oleh bebatuan padas dengan ukuran yang bervariasi serta lebih melebar.

Genangan air cukup luas yang terbentuk dari reruntuhan air terjun tersebut juga akan semakin menambah pesona keindahan air terjun Supit Urang 2.

Tak heran jika air terjun ini kerap menjadi spot favorit para wisatawan, karena rasa lelah ketika menaiki tangga bambu akan seketika terbayar lunas oleh indahnya air terjun yang dipancarkan.

2. Pemandangan Indah di Sepanjang Jalan

coban supit urang malang sandi iswahyudi
Pemandangan Indah Menuju Coban Supit Urang

Dari pintu masuk, kamu harus menempuh jarak sekitar 900 meter atau kurang lebih 20 menit untuk sampai pada pemandangan air terjun yang eksotis tersebut.

Tapi jangan khawatir, akses jalan yang cukup sempit itu masih bisa dilalui oleh kendaraan roda 2 lho! Namun jika kamu membawa kendaraan roda 4, siap-siap untuk jalan kaki, ya?!

Meskipun demikian, pemandangan yang ditawarkan oleh wana wisata yang satu ini dijamin tidak akan membuatmu kecewa.

Di sepanjang jalan menuju kawasan wisata, kamu akan disambut oleh pemandangan indah pepohonan serta pegunungan yang menyegarkan mata.

Sampai di pintu masuk, kamu akan disambut oleh pepohonan bambu yang berjajar indah memenuhi sekeliling kawasan air terjun.

Rimbunnya pepohonan bambu tersebut seakan mampu membawa jiwa para wisatawan pada ketenangan.

Udara yang sejuk, ditambah kicauan burung seakan menjadi ciri khas yang menjadi alasan para wisatawan untuk refreshing sejenak dari hiruk-pikuk padatnya suasana perkotaan.

Gemercik air yang mengalir dari air terjun juga kian menambah suasana ketenangan di wana wisata yang eksotis ini.

Tempat wisata ini memang sangat cocok untuk kamu yang ingin menepi sejenak dari suasana bising perkotaan.

3. Kawasan Air Terjun yang Masih Sangat Alami dan Jarang dijamah Manusia

17596443 1460717440628677 4761817308928671744 n
Suasana Alami Sekitar Air Terjun Supit Urang 1

Ketika sampai di tempat wisata ini, kamu akan melihat pemandangan yang masih sangat alami. Dimana jarang ditemukan campur tangan manusia di dalamnya.

Jika biasanya terdapat beragam fasilitas ataupun wahana di dalam tempat wisata, namun tidak dengan air terjun Coban Supit Urang ini.

Keindahan yang terpancar benar-benar murni dari kenampakan alam yang telah diciptakan oleh Tuhan berabad-abad lalu, tanpa banyak perubahan atau campur tangan manusia.

Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Kedung Gupit, Pesona Petualangan Alam di Sudut Bojonegoro

Coban yang satu ini akan membawamu merasa lebih dekat dengan alam sekitar, dan dijamin kamu tidak akan bisa berhenti mengagumi pemandangan alam yang begitu memukau.

Jika kamu ingin beristirahat sejenak dari sibuknya pekerjaan, atau ingin menepi dari padatnya suasana perkotaan, maka Coban Supit Urang inilah solusinya!

Tak banyak wisatawan yang berkunjung, namun keindahannya tak bisa ditampik serta tak pernah lekang oleh waktu.

4. Cocok Untuk Tempat Berpetualang dengan Gowes

hqdefault0
Serunya Petualangan Gowes di Coban Supit Urang

Asal kamu tau, tak jarang pula wisatawan yang datang dengan rombongan gowes atau bersepeda dengan segala perlengkapannya.

Akses jalan yang cukup terjal dan berliku membuat beberapa wisatawan memanfaatkannya untuk berpetualang dengan gowes bersama rombongannya.

Ditambah lagi pemandangan alam di sepanjang kawasan yang masih sangat asri dan sejuk, seakan mampu menghilangkan rasa lelah para goweser dalam melewati medan-medan yang terjal serta berliku.

Sesampainya di air terjun, para goweser biasa melepaskan segala lelah dengan menceburkan diri atau hanya duduk-duduk bersantai di sekitar air terjun sambil menikmati pemandangan yang ada.

5. Kerap Dijuluki Sebagai Coban Misteri

n2815zt2nb
Suasana Asri Kawasan Coban Supit Urang yang Dikelilingi Pepohonan Bambu

Mungkin Teman Setapak tak pernah menyangka, atau tak pernah berpikir bahwa dibalik keindahaannya yang masih sangat alami, ternyata Coban Supit Urang konon menyimpan cerita mistis.

Mitos atau fakta ya? Entah terbukti benar atau tidak, tempat wisata yang satu ini memang memiliki pemandangan yang masih sangat alami dan jarang dijamah oleh manusia.

Bahkan saking alaminya, pohon-pohon bambu yang tumbuh rimbun dan menjulang tinggi seakan menandakan bahwa tempat itu benar-benar tak pernah tersentuh oleh kegiatan warga sekitar.

Tak hanya itu, rumput-rumput liar yang juga tumbuh subur di sekeliling kawasan juga semakin menambah singup suasana di wana wisata tersebut.

Tidak adanya fasilitas ataupun wahana-wahana seru yang mendukungnya seperti wana wisata pada umumnya juga membuat tempat wisata yang satu ini terlihat lebih sunyi.

Fenomena seperti itulah yang mungkin menimbulkan kesan mistis dari air terjun Coban Supit Urang ini. Ditambah lagi wisatawan yang datang juga tak membludak seperti di wana wisata yang lain.

Namun diluar semua kabar burung itu, Coban Supit Urang tetaplah sebuah air terjun yang sangat indah dan eksotis dengan 2 air terjun yang unik.

Suasananya yang masih alami sangatlah cocok untuk kamu yang memang tidak menyukai keramaian seperti tempat wisata pada umumnya.

Udaranya yang sejuk, gemericik aliran air terjun, serta pepohonan yang rindang seakan mampu memberikan jawaban kepada setiap orang yang membutuhkan ketenangan.

Satu hal yang penting, Coban Supit Urang ini ke depannya juga akan didirikan beberapa fasilitas pendukung seperti wahana permainan, kedai makanan, serta beberapa fasilitas pendukung lain.

Dengan begitu, kesan angker mungkin tidak akan tersemat lagi pada wana wisata air terjun yang eksotis ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ajak keluarga atau kerabat untuk refreshing di wana wisata yang sangat asri ini.

Hanya dengan membayar sebesar 5 ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan ketenangan yang sejati. Selamat berpetualang!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.