Sejarah dan Resep Sambal Tumpang Khas Jawa, Pedas, Gurih, dan Bikin Nagih!

Sambal Tumpang Khas Jawa

Pernahkan kamu mendengar Sambal Tumpang? Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang berbahan dasar tempe yang hampir busuk alias ‘tempe bosok’.

Tempe bosok ini lalu ditumis dengan berbagai macam bumbu dapur termasuk cabe rawit yang tak boleh ketinggalan. Hingga menghasilkan aroma yang khas dari ‘tempe bosok’ itu sendiri.

Sambal Tumpang biasa disajikan bersama nasi dan aneka sayuran, mungkin sepintas bisa dikatakan hampir mirip dengan pecel. Namun bedanya terletak pada komposisi bumbu serta rasa yang khas dari ‘tempe bosok’ itu sendiri.

Di Indonesia, sambal tumpang sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, terutama Kediri dan Solo.

Sejarah Sambal Tumpang

Menurut cerita konon sudah ada sejak 2 abad silam tepatnya pada tahun 1814 dan pertama kali ditemukan oleh beberapa tokoh masyarakat di bumi Mataram kala itu.

Hal itu senada dengan penuturan Heri Priyatmoko, salah satu dosen Sejarah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, yang mengatakan bahwa hal itu telah tercatat dalam Serat Centhini.

Bahwa kala itu ada banyak tokoh masyarakat yang masuk ke desa-desa di daerah Jawa untuk mendapatkan informasi tentang kuliner di daerah-daerah tersebut.

“Dalam dialog itu dikatakan si tamu tadi disuguhi oleh tuan rumah berupa nasi tumpang. Naskah itu sudah ditulis 2 abad lampau,” terang dosen Fakultas Sastra tersebut.

Dari catatan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kuliner ini ini bisa jadi sudah ada bahkan lebih lama dari kejadian yang telah tercatat dalam Serat Centhini tersebut.

Penasaran dengan rasanya? Yuk, simak baik-baik resep membuat sambal tumpang khas Jawa yang pedas dan nikmat versi Setapak Langkah berikut ini!

Resep Sambal Tumpang yang Gurih dan Bikin Nagih

Bahan :

  • 2 papan tempe busuk
  • 5 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 10 butir cabe rawit/sesuai selera
  • 2 sentimeter kencur
  • 1 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 sentimeter lengkuas
  • 1 bungkus santan kara
  • Garam dan gula secukupnya
  • Penyedap rasa

Cara Membuat :

  1. Rebus semua bahan termasuk tempe ke dalam panci
  2. Uleg bumbu sampai halus
  3. Masukkan tempe, uleg kasar bersama bumbu halus
  4. Setelah tercampur rata, masukkan semua ke dalam panci bekas rebusan bahan-bahan tadi
  5. Tambahkan santan, gula, garam, penyedap rasa secukupnya, aduk sampai mendidih, koreksi rasa
  6. Angkat dan sajikan bersama nasi dan aneka sayuran rebus.
  7. Siap disantap!

Demikian sejarah singkat serta resep membuat sambal tumpang yang maknyus dan bikin nagih versi Setapak Langkah. Yuk, buruan buat dan bikin selera makanmu jadi menggelora! Selamat mencoba!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments