setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Simak! 11 Wisata Religi Semarang yang Instagramable

Wisata Religi Semarang

Jika berbicara soal kota Semarang, apa sih yang ada dalam benak kalian? Yups! Ada berbagai hal yang akan mengingatkan pada kota atlas tersebut. Salah satunya adalah lumpia sebagai kuliner khasnya, lawang sewu sebagai wisata bersejarah, daerah Bandungan sebagai wisata alamnya.

Tak ketinggalan, ternyata ada juga wisata religi Semarang yang menarik perhatian lho. Buat kamu yang hobi jelajah atau meng-eksplore suatu tempat, mendatangi wisata religi ini tak ada salahnya lho.

Apa saja sih tempat yang rekomended di Semarang? Yuk Simak!

1. Firdaus Fatimah Zahra

wisata religi
foto: instagram.com/seputarsemarang

Jalan-jalan ke area Gunungpati, Semarang, kamu pasti akan menemukan gerbang yang sangat megah. Gerbang itu, bertuliskan Firdaus Fatimah Zahra yang ternyata adalah sebuah replika untuk wisata religi Semarang.

Untuk memasuki kawasan ini kamu bakal mengantri di replika imigrasi. Lalu, ketika masuk, petugas akan memberikan stamp ke tiket yang sudah kamu beli yang berbentuk passpor. Selepas dari pengecekan imigrasi, kamu akan dibawa ke replika Bandara King Abdul Aziz. Sensasinya seperti berada di dalam bandara Jeddah sungguhan.

Bangunan kedua adalah replika masjidil haram dan di depannta terdapat replika tugu jam. Lalu ada banyak replika yang digambarkan saat kita pergi untuk menunaikan ibadah haji/umroh. Wisata Religi Semarang ini cocok untuk kamu yang ingin tahu gambaran di Mekkah.

2. Sam Po Kong

wisata religi
foto: instagram.com/skinetgelato

Masyarakat kota Semarang memang beragam. Keragaman itu salah satunya ditunjukan dengan berdirinya Klenteng Sam po Kong. Konon katanya, tempat ini merupakan petilasan dari Laksamana Zheng atau Ceng Ho yang sempat singgah di pesisi pulau Jawa pada kala itu.

Bangunannya seperti cina klasik dan sangat bersih. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini haruslah menjaga kebersihan lingkungan. Wisata Religi Semarang ini banyak dikunjungi oleh warga keturunan Tionghoa. Di dalamnya terdapat tempat persembahyangan untuk orang-orang Tionghoa.

Sementara itu, jika kamu penasaran dan ingin menjelajahi tempat ini, tak usah khawatir! Tiket masuk ke destinasi ini cukup murah kok. Cukup membayar Rp. 8000 saja, kamu sudah bisa memasukinya. Namun, jika kamu ingin menjelajahi seluruh sudut Sam Po Kong, kamu bisa membayar Rp. 28.000 sebagai tiket terusan.

3. Gereja Blenduk

wisata religi
foto: instagram.com/i_yok_

Bergeser ke timur kota Semarang, mari kita menilik Gereja Blenduk. Wisata Religi Semarang satu ini arsitekturnya khas bergaya Eropa kuno yang membuat Gereja ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini dulunya dibangun oleh bangsa Portugis pada tahun 1953 dan berdiri dengan kokohnya di atas tanah seluas 400 meter persegi.

Sebetulnya nama asli dari Gereja ini sendiri adalah GPIB Immanuel Semarang. Lalu kenapa masyarakat menyebutnya dengan Gereja Blenduk? Usut punya usut, nama itu merupaka julukan karena Blenduk mempunyai arti kubah. Di atasnya terdapat menara dengan gaya Eropa klasik nan eksotis.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Spot Wisata Semarang Romantis yang Seru Abis!

Wisatawan boleh memasuki tempat ini jika tak ada kebaktian. Mereka juga cukup membayar retibusinya saja sebesar Rp. 10.000,- Begitu memasuki Gereja Blenduk, pelancong akan disuguhi dengan pemandangan arsitektur klasik. Kurisnya pun masih mempertahankan kursi zaman dahulu. Uniknya, di dalamnya juga terdapat Orgel yakni alat musik kuno yang cantik.

4. Vihara Watu Gong

wisata religi
foto: instagram.com/chris13jkt

Selanjutnya, Setapak Langkah akan mengajak mu untuk berjalan-jalan ke Vihara. Di Semarang ada tempat yang terkenal bernama Vihara Budhhaya Watu Gong. Panamaan Vihara itu sendiri karena di dalam tempat itu terdapat sebuah watu atau batu berbentuk seperti gong.

Jika kalian tertarik untuk mengunjungi wisata religi Semarang yang satu ini tak usah bingung, karena lokasinya berada di pinggir jalan Semarang-Solo. Tepatnya di depan markas kodam IV Diponegoro atau 45 menit dari pusat kota Semarang. Dibangun seluas 2, 25 hektar, pagoda ini memiliki 5 bangunan utama.

Dari kelima bangunan tersebut, ada satu yang paling terkenal yakni pagoda avalokistevara atau wisatawan biasa menyebutnya dengan sebutan metakaruna. Pagoda ini didirikan untuk menghormati dewi kwan im, yang mana bagi umat Budha, dewi ini melambangkan kasih sayang.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

wisata religi
foto: instagram.com/dhimasquinn

Masjid Agung, merupakan salah satu simbol kemegahan wisata religi Semarang sejak tahun 2006. Arsitektunya yang mempunyai perpaduan antara Jawa, Roma, dan Arab membuatnya terlihat semakin menarik. Motif batik yang berada di tiap tiangnya dapat kamu lihat dengan indahnya.

Tak hanya digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat muslim, para wisatawan juga bisa berkunjung ke masjid ini untuk sekedar berfoto. Lokasinya sendiri masih berada di pusat kota Semarang yakni tepatnya di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, kecamatan Gayamsari, kota Semarang.

Menariknya, masjid ini juga mempunyai fasilitas lain seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, ruang untuk akad nikah, museum perkembangan Islam, dan tempat makan.

6. Pura Agung Giri Natha

wisata religi
foto: instagram.com/maredona_acupunctureherbal

Buat kamu yang sedang mencari tempat yang tenang dan hening, Wisata Religi Semarang punya jawabannya. Kamu bisa menjelajahi Pura Agung Giri Natha. Lokasinya berada di Jl. Sumbing No 12 Semarang.

Dibangun pada tahun 1984 letak Pura ini berada di ketinggian sehingga udaranya sejuk dan nyaman. Area Pura terdiri dari 3 bagian yakni nistha mandala, madya mandala dan utama mandala. Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Nistha mandala adalah bangunan yang digunakan untuk tempat parkir, kamar mandi dan kantin. Sementara itu madya mandala berfungsi untuk kegiatan sosial yakni gedung olahraga, kesenian, dan pertemuan. Sedangkan utama mandala digunakan untuk tempat ibadah.

7. Klenteng Tay Kak Sie

Wisata Religi Semarang
foto: instagram.com/wisatasemarang

Jelajah wisata religi Semarang mu tak akan lengkap jika belum mampir ke Klenteng Tay Kak Sie. Tepatnya ada di gang Lombok Semarang. Tempat itu merupakan kawasan pecinan. Jika kamu memasuki kawasan itu, kamu akan diperlihatkan sebuah perahu besar yang menarik perhatian. Ini merupakan sebuah replika perahu laksamana Zheng He dan berjejar dengan klenteng Tay Kak Sie.

Wisata Menarik Lainnya :  Wajib Kunjungi, 5 Wisata Religi Solo yang Penuh Sejarah

Tempat ibadah ini dipergunakan sebagai tempat pemujaan dewa dewi aliran Tao atau konfusianisme. Tak beda dengan Klenteng lainnya, tempat ibadah yang satu ini juga mempunyai ornamen-ornamen yang khas. Misalnya atap klenteng yang berhiaskan naga.

Tapi, jika kamu jeli memperhatikan ornamen-ornamennya, Klenteng Tay Kak Sie merupakan klenteng yang paling bagus dari segi hiasannya maupun ornamennya. Pada waktu tertentu, tempat ini mengadakan upacara keagamaan yang menarik minat wisatawan untuk melihatnya.

8. Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh

Wisata Religi Semarang
foto: instagram.com/jefrihb

Ada destinasi wisata yang viral beberapa waktu yang lalu. Ternyata tempat itu adalah Masjid kapal Bahtera Nabi Nuh. Disebut demikian karena wisata religi Semarang ini memang berbentuk seperti kapal Nabi Nuh yang menyelamatkan umatnya pada saat banjir bandang.

Lokasi masjid yang unik ini berada di Semarang Barat. Tepatnya di Jl Kyai Padak RT/RW 5/5, Kel. Podorejo kec. Ngaliyan, Kota Semarang. Masjid itu luasnya mencapai 2.500 meter persegi dan memiliki 3 lantai.

Pemilik masjid ini bernama Kyai Achmad yang merupakan seorang ulama dari kota Semarang. Masjid yang terkenal dengan ‘masjid kapal ini’ sebetulnya bernama ‘As-Safinatun Najah’. Tak hanya masyarakat Semarang saja, ada banyak pelancong yang singgah di masjid unik ini. Sebagian dari mereka juga mengabadikan momen dengan berselfie di tempat ini.

9. Vihara Mahavira Graha

Vihara Mahavira Graha
foto: flickr.com/photos/princess_amma/8878186762

Vihara ini di dirikan sejak tahun 2001 berada di daerah Semarang Barat. Tempat wisata religi Semarang ini menjadikan salah satu destinasi wisata religi yang cukup menarik. Desain arsitektur yang indah dan berdiri dengan lantai yang kokoh, menjadikan vihara ini menarik untuk di kunjungi.

Selain di tempat ini kamu bisa melihat 88 arca budha dengan desain arsitektur yang bagus dan menarik, kamu juga bisa melihat keindahan arca tunggal yang besar dan indah.

10. Masjid Besar Kauman

Masjid Besar Kauman
foto: Masjid Besar Kauman

Masjid Besar Kauman merupakan salah satu masjid yang paling berpengaruh di kota Semarang. Masjid ini merupakan salah satu pusat peribadatan umat muslim di Semarang.

Terutama di saat bulan Ramadhan, tempat ini menjadi salah satu tempat yang paling  ramai dikunjungi. Pada bulan Ramadhan, di salah satu destinasi wisata religi semarang ini sering mengadakan beragam program yang sangat menarik untuk di ikuti.

11. Masjid Layur

Masjid Layur
foto: instagram.com/p/00EcXlOmiZ

Buat kamu yang beragama muslim yang ingin mengisi waktu Ramadhan ini dengan melakukan perjalanan wisata religi Semarang, maka kamu wajib kunjungi masjid yang satu ini.

Masjid layur atau menara adalah salah satu mesjid Melayu yang ada di daerah Dadapsari Semarang. Desain arsitekturnya yang unik dan menarik dengan menara yang menjulang tinggi menjadi daya tarik tersendiri.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *