setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

12 Rekomendasi Wisata Kuliner Semarang

Pisang Planet Wisata Kuliner Semarang
Rate this post
Rate this post

Semarang adalah salah satu kota wisata yang paling digandrungi di Jawa Tengah, salah satu alasannya dikarenakan banyak wisata kuliner Semarang. Semarang menyimpan banyak potensi pariwisata. Pesona alam di Kota Semarang merupakan salah satu daya tarik untuk para wisatawan. Walaupun Kota Semarang mempunyai cuaca yang panas, hal ini tidak menyurutkan daya tarik Kota Semarang.

Selain pesona alam yang mempesona, situs-situs sejarah pun jadi destinasi wisata yang menarik. Pesona alam, maupun situs sejarah, yang tidak bisa luput dari Kota Semarang adalah wisata kulinernya. Wisata kuliner Semarang bukan hanya Lumpia aja loh! Masih banyak makanan khas Semarang yang siap memanjakan lidahmu. Cek berikut ini.

Rekomendasi wisata kuliner Semarang, apa saja?

Akulturasi yang terjadi di Kota Semarang merupakan salah satu poin penting yang membuat Semarang mempunyai nilai wisata kuliner yang kuat. Pengaruh Tiongkok dan Belanda merupakan salah 2 budaya yang mempengaruhi profil cita rasa kuliner Semarang. Yuk cek rekomendasi wisata kulinernya

Lumpia

Lumpia Semarang
foto: instagram.com/willy_tantra

Kota Semarang sering disebut dengan Kota Lumpia. Hal ini dikarenakan Lumpia merupakan kuliner tradisional yang paling ngetop dari kota ini dan sering dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Lumpia ada 2 jenisnya, yaitu lumpia kering dan lumpia basah.

Pada dasarnya Lumpia mempunyai isian rebung dan saus petis. Dua bahan pokok inilah yang menjadikan citarasa lumpia khas. Seiring berkembangnya jaman, isian lumpia pun semakin beragam, mulai dari ayam maupun udang. Selain bisa dimakan di tempat, lumpia pun makanan yang pas untuk dibungkus dan dijadikan oleh-oleh. Jadi, jika nanti ada rekanmu yang berlibur ke Semarang, jangan lupa minta lumpia sebagai oleh-oleh.

Mangut Welut

Kota Semarang merupakan kota yang dekat dengan Laut. Maka tidak heran jika wisata kuliner Semarang pun dipengaruhi dengan fakta geografis ini. Welut atau yang biasa dikenal dengan belut, diolah menjadi makanan yang sangat lezat di kota ini.

Rempah dari mangut welut sendiri antara lain; lengkuas, daun salam, cabe rawit, air jeruk nipis, dan bawang-bawangan. Racikan rempah ini menghasilkan kuah gulai yang encer yang pedas dan segar untuk disantap. Selain belut, mangut welut juga biasa menggunakan ikan pari sebagai proteinnya.

Nasi Gandul

Aslinya nasi gandul merupakan wisata kuliner khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tapi, di Kota Semarang tidak sedikit warung maupun resto yang menyediakan hidangan satu ini. Bahan utama dari Nasi Gandul adalah daging sapi.

Wisata Menarik Lainnya :  Ini Dia 10 Wisata Semarang Terbaru 2021

Nasi gandul merupakan makanan nasi berkuah santan yang dihidangkan di atas daun pisang, tidak lupa dengan taburan bawang goreng. Tradisi memakan nasi gandul adalah menggunakan suru, daun pisang yang dipotong memanjang dan dilipat dua untuk menggantikan sendok.

Nasi Pecel

Beralih ke makanan khas Jawa Timur, nasi pecel pun cukup digandrungi wisatawan saat berkunjung ke Semarang. Nasi pecel terdiri dari berbagai macam sayur seperti bayam, kol, tauge, dan lainnya. Tak lupa juga beberapa lauk seperti gorengan dan sate usus, telur dan daging menjadi teman makan nasi dengan topping kuah kacang ini.

Mi Kopyok

Mi Kopyok Semarang
foto: instagram.com/enyaanggia

Mie Kopyok ini adalah makanan berat di mana terdiri atas lontong, mie kuning, kerupuk gendar, tahu pong, dan tauge. Mie kopyok biasa dijajakan menggunakan gerobak dorong. Khasnya lagi, bunyi dari gerobak mi kopyok merupakan suara piring berdenting. Kopyok sendiri mempunyai arti ‘kocok’. Mirip namun tak sama, mie kopyok memang mempunyai kesamaan dengan mie kocok bandung, yaitu menggunakan bahan dasar mie dan tauge yang dicelupkan ke dalam air panas sebelum diracik. Porsi mie kopyok yang tidak terlalu besar, membuat mie kopyok makanan yang pas untuk hidangan sarapan.

Spekkoek

Spekkoek atau kue seribu lapis merupakan salah satu kue yang digemari banyak orang. Proses pembuatan kue lapis legit membutuhkan keahlian khusus. Setiap lapisan dari kue lapis legit menyimpan cita rasa yang siap menghibur mulut kamu.

Spekuk sendiri punya ciri khas aroma kayu manis. Bumbu spekuk ini terdiri atas berbagai macam campuran rempah. Beberapa di antaranya adalah cengkih bubuk, kayu manis bubuk, kapulaga, tidak lupa bunga pala bubuk. Spekuk pun salah satu kuliner Semarang yang sangat diminati untuk dibeli sebagai oleh-oleh.

Tahu Gimbal

Eits, jangan tertipu sama namanya, Tahu Gimbal adalah hidangan olahan tahu yang dibuat dari potongan tahu goreng, lontong, telur, kol, dan gimbal udang, lalu setelahnya disiram dengan saos kacang. Wisata kuliner Semarang ini memiliki khas gimbal udang yang merupakan olahan udang yang digoreng dengan tepung. Untuk kamu yang suka tahu, wajib banget untuk cobain olahan yang satu ini.

Bandeng Presto

Bandeng Presto Semarang
foto: instagram.com/andre_tegar

Seperti namanya, wisata kuliner Semarang satu ini bahan utama dari bandeng presto merupakan ikan bandeng. Rempah utama dari bandeng presto adalah bawang putih, kunyit, dan garam. Presto sendiri memiliki arti metode memasak menggunakan uap air bertekanan tinggi. Ikan bandeng dimasak dengan alas daun pisang lalu dipresto.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Bukber di Jogja Murah dan Enak

Walaupun ikan bandeng mempunyai banyak duri, dengan memasak cara presto maka tidak perlu khawatir saat menyantapnya. Duri-duri ikan bandeng menjadi lunak setelah dimasak presto. Jika kamu berlibur ke Semarang, jangan lupa bungkus bandeng presto sebagai oleh-oleh.

Babat Gongso

Babat Gongso adalah salah satu kuliner yang paling dicari oleh penggemar jeroan saat berlibur ke Semarang. Babat gongso mempunyai khas cita rasa yang manis. Babat gongso bisa disajikan dengan dua cara yang berbeda. Babat gongso dapat disajikan panas-panas dengan sepiring nasi panas atau babat yang telah digongso dicampur dengan nasi lalu dijadikan nasi goreng. Bumbu dari babat gongso meliputi cabai rawit, bawang putih, bawang merah, daun salam, kemiri dan juga jeruk nipis. Yang pasti babat gongso menggunakan gula pasir, sehingga menghasilkan rasa pedas manis yang nagih.

Wingko Babat

Wingko babat adalah kue tradisional dari Indonesia yang punya cita rasa utama kelapa. Wingko babat dinamakan babat dikarenakan kota asalnya bernama Babat. Wingko umumnya mempunyai tekstur kenyal, padat, bentuk bundar dan disajikan dalam keadaan hangat. Kombinasi gula dan kelapa membuat wingko babat menjadi teman yang pas untuk cemilan bersama teh di sore hari. Wingko babat banyak dijual dalam bentuk bundar dan dikemas menggunakan kertas.

Pisang Planet

Cemilan manis satu ini akan memanjakan kamu si pecinta makanan manis. Uniknya pisang planet ini berbentuk pipih dan dipotong bulat. Pisang planet digoreng lalu disajikan hangat-hangat dengan ditaburi gula, meses, dan keju.

Pisang yang digunakan untuk cemilan ini adalah pisang kapok. Karena pisang kapok diproses dengan cara digoreng, maka pisang yang diolah harus mempunyai sifat mengkel atau sedikit keras.

Tahu Pong

Pong yang dimaksud di sini adalah kopong alias kosong. Namun, pong di sini mempunyai dua arti, yang bisa juga berarti phong dalam Bahasa Mandarin yang berarti menggelembung. Tahu pong mempunyai ciri khas kosong di tengah. Tahu pong mempunyai rasa gurih. Sekilas tahu pong sangat mirip dengan tahu Sumedang.

Nah itu dia rekomendasi wisata kuliner Semarang, jangan lupa dikunjungi saat kamu berlibur ya!

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks