Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Berburu 7 Wisata Air Terjun Semarang yang Paling Indah

Wisata Air Terjun

Indonesia memang sangat terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Banyak daerah yang punya potensi menarik. Seperti halnya wisata alam bali, wilayah Jawa Tengah juga punya tempat wisata alam yang indah.

Tak usah jauh-jauh. wisata air terjun Semarang juga punya pemandangan yang menakjubkan. Suasana yang asri dan tenang, akan membuat pikiran menjadi relax.

Tak heran jika banyak pelancong yang datang untuk menikmati keindahan yang ditawarkan. Setapak Langkah punya rekomendasi tempatnya untuk kalian. Yuk simak!

1. Eksotisnya Air Terjun Kalipancur

Wisata Air Terjun
foto: instagram.com/ho_ho_115

Di daerah Kabupaten Semarang, tepatnya di desa Nogosaren, kecamatan Getasan, ada satu wisata air terjun yang sangat eksotis. Bagaiaman tidak, pemandangan yang sangat asri bisa kalian nikmati di Kalipancur. Letaknya yang berada di pegunungan Telomoyo membuat menjadi istimewa.

Background belakang air terjun ini berupa bebatuan adesit yang menjulang tinggi. Airnya akan mengalir hingga ke rawa pening. Terdapat goa kecil yang biasanya banyak burung walet berteduh di dalamnya.

Menariknya lagi di wisata air terjun Semarang satu ini, jika kamu suka dengan wisata yang cukup ekstream, tempat ini menyediakan wisata panjat tebing. Eits! kegiatan ini hanya dilakukan untuk mereka yang sudah terlatih ya. Bagi kamu yang belum pernah sama sekali melakukan kegiatan ini, setapak sarankan jangan mencobanya.

2. Udara Sejuk di Curug Tirtowening

wisata air terjun
foto: instagram.com/fhniif

Masih di daerah kabupaten Semarang, kali ini setapak akan bergeser sedikit ke wilayah Selatan. Tepatnya di desa Cemanggal, kecamatan Bergas, ada satu wisata air terjun Semarang yang sangat indah. Namanya adalah curug Tirtowening.

Berbeda dengan kalipancur, wisata air terjun Semarang yang satu ini bisa dikatakan tak begitu besar. Meski begitu debit airnya cukup deras lho, jadi harus hati-hati ya jika bermain di tempat ini. Hal yang paling menyenangkan di tempat ini adalah udara pegunungan yang sejuk dan menenangkan.

Wisata Menarik Lainnya :  Wisata Baru di Tawangmangu, Air Terjun Jumog Putri

Patut diacungi jempol juga untuk kebersihan yang terjaga di sekitar curug. Pasalnya, kamu akan menemukan kolam yang sangat jernih dan cocok untuk bermain air.

3. Indahnya Air Terjun Semirang

Wisata Air terjun
foto: instagram.com/andixseptiawan

Tak kalah dengan yang lainnya, wisata air terjun Semirang menjadi tempat yang paling eksotis. Namun, kamu harus bersabar untuk bisa menikmati keindahannya, karena perjalanan untuk menuju tempat itu bisa dikategorikan cukup sulit. Kamu butuh waktu kurang lebih satu jam untuk bisa mencapai tempat itu. Jalanan yang naik turun hingga terjal membuat traveller akan sangat tertantang.

Tak heran jika track jalanan cukup sulit, itu terjadi karena wisata air terjun Semarang ini berada di kaki gunung Ungaran. Pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah. Airnya yang jernih mengalir begitu derasnya.

Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu bisa menuju ke wilayah Gogik, kecamatan Uangaran Barat, Semarang. Lokasinya tak cukup jauh dari pusat kota Semarang. Untuk memasuki kawasan ini, kamu cukup membayar Rp. 8000,- saja. Jam operasionalnya berawal dari jam 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

4. Lawe Benowo Kalisidi yang Menawan

Wisata Air Terjun
foto: instagram.com/kamiljamroz

Masih berada di Ungaran, setapak punya rekomendasi air terjun lainnya. Lawe Benowo Kalisidi, yups! itu adalah nama tempatnya. Lokasinya berada di Kalisidi, kecamatan Ungaran Barat, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Konon katanya, penamaan air terjun lawe sendiri berasal dari kata ‘selawe’ yang artinya adalah 25. Di tempat itu terdapat 25 buah air terjun. Versi lain mengatakan bahwa air yang mengalir mirip dengan benang-benang putih yang halus (lawe).

Sama halnya dengan curug yang lainnya, track untuk menuju tempat ini juga lumayan menguras energi. Kamu akan berjalan menyusuri jalan yang naik turun dan sempit. Tak usah bingung, jika merasa lelah, sesampainya di lokasi, kamu bisa meminum air yang sangat jernih dari curug ini.

5. Wisata Air Terjun Semarang yang Kekinian

wisata air terjun
foto: instagram.com/curuggondoriyo_official

Kali ini, setapak akan mengajak kalian menikmati wisata air terjun Semarang yang berbeda dengan yang lainnya. Keindahan yang luar biasa bisa kalian nikmati di sini. Curug Gondorio merupakan tempat wisata yang cukup unik dan menarik.

Wisata Menarik Lainnya :  20 Wisata Alam Sleman Keren di Era New Normal

Konsep kekinian yang diusung di tempat ini, membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Di tempat ini, para pelancong bisa menikmati gemerlap lampu yang disusun secara epic. Instalasi lampunya berada di bawah air terjun dan membuatnya terlihat sangat cantik.

Untuk menuju ke tempat ini cukup mudah, karena lokasinya yang tak jaug dari pusat kota Semarang. Tepatnya berada di desa Gondoriyo, kecamatan Ngaliyan, Semarang Barat.

6. Jernihnya Air Terjun Kembar Baladewa

wisata air terjun
foto: instagram.com/slamsr

Dari wilayah Barat, kita berpindah ke dusun Krajan, desa Wirogomo, kecamatan Banyubiru. Di tempat ini terdapat wisata air terjun Semarang yang asri yakni curug kembar baladewa.

Untuk menuju tempat ini, tak begitu sulit seperti kebanyakn curug lainnya. Kalian akan diajak untuk berjalan kaki sepanjang 700 meter. Meski cukup menguras tenang, namun medannya yang landai akan membuat para pemula merasa nyaman. Namun demikian, kamu harus tetap berhati-hati ya, jalanan akan sangat licin jika musim hujan tiba.

Dinamakan kembar Baladewa karena memang memiliki 2 air terjun yang kembar. Keduanya berjarak 100 meter dan mempunyai tinggi yang sama yakni 50 meter. Selain menikmati keindahan air terjun ini, kamu juga bisa menuju ke wisata sekitarnya yakni di lereng gunung selir yang mempunyai mata air hangat.

7. Wisata Keluarga di Curug 7 Bidadari

wisata air terjun
foto: instagram.com/anakhitssumowono

Last but not least, ada curug 7 bidadari yang begitu terkenal. Alamatnya berada di Tlawah, Keseneng, Sumowo, Semarang Jawa Tengah. Tempat ini sangat indah, cocok juga untuk berwisata keluarga. Terdapat camp area yang dipergunakan untuk kelurga

Selain itu, ada banyak wahana yang bisa dinikmati semabari menyaksikan air terjun yang jernih. Buat kalian yang suka berfoto, air terjun 7 bidadari ini juga menjadi spot yang instagramable lho. Namun, setiap spot untuk berfoto, kalian harus merogoh kocek lagi.

Untuk tiket masuk tempat wisata ini cukup terjangkau, yakni Rp. 4000,- saja. Jam operasional curug 7 bidadari dimulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Jadi Tertarik untuk mengunjungi wisata air terjun Semarang di atas?

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *