setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

7 Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Semarang Kota

Rekomendasi Tempat Wisata Semarang Kota

Sedang ada di Kota Semarang tapi bingung mau main ke mana? Cek dulu rekomendasi tempat wisata Semarang Kota di bawah ini dulu yuk, siapa tahu membantu dan bisa menjadi referensi yang baik.

Rekomendasi Tempat Wisata Semarang Kota

Semarang adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang tidak hanya terkenal dengan lumpianya saja tetapi juga terkenal mempunyai banyak sekali pilihan wisata baik itu wisata religi, wisata alam, wisata edukasi, wisata belanja, dan masih banyak lagi.

Jadi kalau sedang ada di Kota Semarang jangan khawatir akan bosan deh, kamu bisa mengunjungi banyak pilihan tempat wisatanya. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata hits di Kota Semarang yang bisa kamu kunjungi bersama teman, rekan kerja, keluarga, bahkan pasangan.

Beberapa tempat wisatanya, antara lain:

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi
foto: instagram.com/anggun_zuliyaaa

Jika di Malang ada Kampung Warna-Warni Jodipan maka di Semarang ada Kampung Pelangi Semarang yang pemandangannya tidak kalah cantik dan menarik.

Tempat wisata Kampung Pelangi ini adalah kawasan permukiman warga yang dicat warna-warni mulai dari warna merah, kuning, merah muda, biru, ungu, dan lain sebagainya. Warna-warna cantik tersebut menyatu dan kemudian pemandangan atau hasil perpaduan warnanya mampu memanjakan mata para pengunjung sehingga akan sangat cocok untuk dikunjungi anak muda yang gemar berburu foto.

Untuk bisa menikmati pesona dan berfoto ria di tempat wisata Kampung Pelangi Semarang, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat murah yaitu Rp 3.000 saja per orang dan Rp 2.000 untuk biaya parkir.

Lokasi atau alamat tempat wisata Kampung Pelangi ini ada di Jalan Dr. Sutomo No. 89, Randusari, Semarang  Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lawang Sewu

Lawang Sewu Semarang
foto: instagram.com/exploresemarang

Lawang Sewu adalah salah satu tempat wisata Semarang kota yang sangatlah terkenal. Tempat wisata ini berupa gedung tua peninggalan Belanda yang mempunyai banyak sekali pintu sehingga tidak hanya cantik jika dijadikan sebagai latar belakang foto tetapi juga bisa dijadikan sebagai tempat uji nyali.

Kenapa cocok juga untuk uji nyali? Karena konon katanya Lawang Sewu ini adalah tempat penyiksaan beserta kuburan bagi para pejuang kemerdekaan dan di sumur tua yang ada di halaman gedung, konon banyak orang yang mendengarkan berbagai suara walaupun keadaan sumur telah dikunci.

Wisata Menarik Lainnya :  Yuk! Tengok 5 Wisata Belanja Semarang yang Hits

Untuk tiket masuknya, kamu perlu membayar Rp 10.000 saja per orang dan jika membutuhkan jasa tour guide maka harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 30.000. Sementara jam operasionalnya, wisata Lawang Sewu buka mulai jam 07.00 sampai 21.00 WIB.

Lokasi atau alamat Lawang Sewu ada di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya ini tepat ada di Tugu Muda sehingga menjadi destinasi wisata yang bisa dengan mudah dikunjungi dari arah mana pun.

Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum
foto: instagram.com/triyadi_hansen

Old City 3D Trick Art Museum adalah tempat wisata Semarang kota yang sedang naik daun karena mempunyai banyak sekali daya tarik. Tempat wisata ini menyuguhkan sensasi karya seni 3D yang akan sangat menyenangkan dan unik jika digunakan sebagai latar belakang foto dan kemudian dipamerkan di media sosial.

Bahkan pihak pengelola tempat wisata ini akan mengganti tema atau instalasi seninya selama 3 bulan sekali agar pengunjung tidak merasa bosan jika datang berkali-kali.

Untuk bisa masuk dan menikmati wisata Old City 3D Trick Art Museum, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 sampai Rp 50.000 per orang.

Jam operasional tempat wisata ini adalah mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

Alamat atau lokasi Old City 3D Trick Art Museum ada di Jalan Letjen Suprapto No. 28,  Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang

Wisata Semarang
instagram.com/andiyani_jolie/

Di lokasi Kota Lama Semarang kamu bisa berburu foto, kuliner, wisata belanja, hingga wisata edukasi. Di lokasi ini kamu juga akan bertemu dengan beberapa bangunan bersejarah dengan arsitektur yang cukup megah. Sehingga kesan jadul atau vintage bisa dengan mudah kamu dapatkan di sini.

Keberadaan bangunan-bangunan tersebut menjadikan Kota Semarang juga dijuluki sebagai Little Netherland.

Pasar Semawis

Pasar Malam Semawis
foto: instagram.com/wisatasemarang

Pasar Semawis adalah salah satu tempat favorit untuk menghabiskan akhir pekan karena di sana kamu bisa kulineran sampai puas. Pasar ini lokasinya ada di sepanjang Gang Warung tepat di depan gapura pecinan Semarang.

Pasar yang berisi deretan stand jajanan lezat ini hanya buka pada hari Jumat sampai Minggu mulai pukul 18.00 sampai 23.00.

Jajanan yang ditawarkan di tempat ini sangatlah beragam mulai dari masakan Indonesia seperti nasi ayam, soto sapi, nasi gudeg, bubur, es puter, dan lain-lain sampai makanan seafood dan khas pecinan sekalipun.

Wisata Menarik Lainnya :  HTM, Fasilitas, Rute Menuju Museum Affandi Yogyakarta

Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong adalah salah satu tempat wisata bersejarah yang berupa bangunan dengan luas sekitar 3,5 hektare dan berbentuk seni kerajaan China. Kelenteng ini disebut-sebut mempunyai sejarah perkembangan Islam yang disebarluaskan oleh Laksamana Zheng He. Pada tahun 1405 sampai 1433, Laksamana Zheng He atau Ceng Ho ini melakukan ekspedisi ke Indonesia.

Ia adalah seorang pelaut dan penjelajah asal Tiongkok yang lahir dengan nama Ma San Bao. Hal tersebut menjadi alasan mengapa tempat petilasannya ini dinamai Sam Poo Kong.

Keunikan tempat wisata Semarang kota ini salah satunya ada di bentuk bangunannya yang merupakan campuran antara budaya Jawa dan China. Bentuknya mirip seperti rumah Joglo yang tidak mempunyai sekat dinding, mempunyai pahatan batu mirip seperti yang ada pada candi-candi Jawa, dan nuansa warna merah yang kental dengan China.

Untuk bisa berkunjung atau masuk ke tempat wisata ini, kamu harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000 sampai Rp 35.000 per orang. Sementara untuk jam operasionalnya, tempat ini buka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Alamat atau lokasi Kelenteng Sam Poo Kong ada di Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang
foto: instagram.com/muhammadhafizhabrisam

Simpang Lima adalah kawasan ikon dari Kota Semarang. Di lokasi ini terdapat banyak aktivitas kota dan kegiatan hiburan. Terdapat tanah yang cukup luas di tengah-tengah Simpang Lima. Tanah luas tersebut juga dinamai sebagai Lapangan Pancasila yang seringkali digunakan untuk upacara pada hari nasional, tempat konser, pagelaran, atau event-event lain.

Simpang Lima akan dikunjungi oleh banyak orang ketika malam Minggu sampai Minggu pagi karena pada hari Minggu pagi biasanya akan dijadikan sebagai Car Free Day dan pasar dadakan. Barang yang diperjualbelikan saat pagi hari adalah jajanan, pakaian bekas maupun baru, dan lain sebagainya.

Sementara saat malam hari, Simpang Lima akan dipadati oleh lampu-lampu cantik dan para pedagang makanan. Jadi tidak hanya bisa berfoto ria tetapi kamu juga bisa berwisata kuliner.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai rekomendasi tempat wisata Semarang Kota. Semoga bisa bermanfaat khususnya untuk kamu yang ingin atau sedang berlibur ke Kota Semarang. Terima kasih dan selamat berlibur!

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks