setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Tempat Wisata di Semarang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Semarang Desa Kandri

Tempat wisata di Semarang bisa dikatakan masih kalah pamor dengan wisata Bali, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta di mata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Namun, Semarang merupakan salah satu destinasi terfavorit di pulau Jawa. Jika ditelusuri lebih jauh, Semarang memiliki berbagai keunikan di dalamnya. Mulai dari bangunan sejarah, keindahan alam, dan tempat wisata yang sengaja dibuat pun sangat menarik untuk dijadikan sebagai tujuan wisata berlibur.

Seakan tak mau kalah dengan Bali, Semarang pun memiliki 4 wisata pantai dan wisata candi yang ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, Semarang juga memiliki Kota Lama yang atmosfernya sangat mirip dengan Kota Tua milik Jakarta. Menarik, bukan?

Asal – Usul Semarang

Seperti kata pepatah “Tak kenal, maka tak sayang“, maka sebelum menggali lebih dalam tentang kekayaan wisata Semarang, alangkah lebih baik kita berkenalan dulu dengan ibukota provinsi Jawa Tengah ini.

Nama “Semarang” tercetus oleh Ki Ageng Pandanaran I. Hal itu berawal dari kedatangan beliau di pulau Tirang. Beliau tertarik pada pandangannnya akan pohon asam yang jarang-jarang dan tumbuh saling berdekatan. Hingga terbentuklah kata Semarang yang merupakan gabungan dari kata “sem”, yang berarti “asam/pohon asam”, dan “arang”, yang berarti “jarang”.

Daftar Tempat Wisata di Semarang Terbaru

Bila hendak berwisata ke Semarang, pastilah terbayang dengan bangunan khas peninggalan kolonial Belanda. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, terdapat pula tempat wisata di Semarang lain yang tak kalah menarik.

Selain obyek wisata bersejarah, Semarang juga kaya akan obyek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Penasaran apa saja obyek wisata di Semarang? Yuk simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Lawang Sewu

Gambar Lawang Sewu Semarang
foto: instagram.com/aslisemarang

Gedung peninggalan masa penjajahan pemerintah kolonial Belanda ini memiliki gaya dan arsitektur yang sangat menarik untuk dinikmati. Nama tempat wisata di Semarang ini ialah Lawang Sewu sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti pintu seribu, karena memang gedung ini memiliki jumlah pintu yang begitu banyak.

Gedung Lawang Sewu merupakan saksi bisu atas kekejaman Belanda terhadap warga pribumi di masa itu. Dalam gedung itu terdapat ruang bawah yang dahulu dijadikan sebagai penjara bagi warga pribumi yang memberontak.

Hal tersebut menambah kesan mistis nan angker pada gedung ini. Meski begitu, tidak menyurutkan para wisatawan untuk menjadikan Lawang Sewu sebagai destinasi berwisata saat berkunjung ke Semarang.

Wisata Menarik Lainnya :  10 Rekomendasi Wisata Jogja Terbaru, Wajib untuk Kamu Kunjungi!

Klenteng Sam Poo Kong

sam po kong
foto: instagram.com/skinetgelato

Tempat wisata di Semarang yang berlokasi di Jalan Simongan Raya 129 ini dikenal pula dengan nama Gedung Batu. Dengan desain dan suasana yang serba merah dan sangat kental dengan tradisi Tionghoa, klenteng ini mampu menciptakan suasana berbeda bagi para pengunjung, yakni seolah sedang berada di negeri tirai bambu.

Konon, klenteng Sam Poo Kong ini merupakan peninggalan seorang Muslim Tionghoa yang bernama Laksamana Cheng Ho atau Zheng He. Walaupun Laksamana Cheng Ho diketahui beragama Islam, namun warga setempat menganggapnya sebagai leluhur yang harus dipuja, sehingga tempat ini kini dijadikan sebagai tempat peribadatan umat Konghucu.

Umbul Sidomukti

Wisata Semarang
foto: instagram.com/baban.sobarudin

Pesona alam Umbul Sidomukti tidak dapat dielakkan lagi. Kolam air sejuk yang airnya berasal langsung dari mata air, ditambah lagi jejeran pepohonan yang hijaunya memanjakan mata, serta udara yang menyegarkan paru dapat menjadi salah satu opsi destinasi untuk menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari.

Tidak hanya pesona alamnya, tempat wisata di Semarang Umbul Sidomukti juga menawarkan aktifitas yang menantang adrenalin dan patut dicoba, seperti flying fox, paralayang, dan ATV. Untuk menikmati itu semua, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena biaya masuknya hanya 5.000 rupiah, sedangkan untuk tarif wahana berkisar antara 15.000-75.000 rupiah.

– Desa Wisata Kandri

Tempat Wisata di Semarang Desa Kandri
foto: instagram.com/wisatasemarang

Belum banyak orang tahu tentang desa wisata Kandri di Semarang yang menyimpan berbagai keunikan. Desa ini terletak di Gunung Pati, Semarang.

Penduduk di Desa Kandri yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani ini masih memegang teguh keaslian tradisi dan budayanya. Selain bertani, penduduk Desa Kandri juga aktif dalam kerajinan batik, sulam, dan budidaya belut.

Tak hanya tradisi dan budaya penduduknya yang menarik bagi para wisatawan, Desa Kandri juga memiliki obyek wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

– Brown Canyon

Brown Canyon
foto: instagram.com/hvic_32

Siapa yang tak kenal dengan Grand Canyon yang begitu iconic di Amerika? Tebing tinggi terjal yang serupa dengan Grand Canyon pun ada di Indonesia, tepatnya di Pucang Gading Mranggen, Semarang.

Brown Canyon ini begitu hits di kalangan anak muda, terutama bagi komunitas fotografi. Sebenarnya, Brown Canyon bukanlah tebing hasil pahatan alam, melainkan terbentuk dari kegiatan pertambangan selama 10 tahun lamanya. Meski begitu, tak mengurangi keindahan pemandangan tebing yang menjulang tinggi itu sedikit pun. Justru, sangat sayang dilewatkan jika tidak berfoto ria di area ini.

– Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
foto: instagram.com/tsura975

Tidak hanya Brown Canyon yang asyik untuk berfoto ria, Candi Gedong Songo yang merupakan salah satu peninggalan kerajaan Hindu ini pun memiliki banyak spot foto yang begitu instagramable.

Nama Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya bangunan sembilan, karena memang terdapat 9 buah candi di dalam kompleks tersebut. Candi Gedong Songo berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut menjadikan area ini memiliki udara yang sejuk.

Wisata Menarik Lainnya :  Aura Wisata Pantai Bali Bak Surga Dunia

Selain bangunan dan gaya arsitekturalnya, wahana lain yang ada di area ini pun berhasil menarik wisatawan, seperti adanya pemandian air panas, outbound, berkuda, area perkemahan, dan 35 spot foto estetik.

– Pantai Maron, Pantai Tirang, Pantai Marina, dan Pantai Baruna

Pantai Maron Semarang
foto: instagram.com/lidra_rezanew

Tempat wisata di Semarang yang memiliki suasana eksotis hutan mangrove di Pantai Maron menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pantai Maron terletak di sekitar Muara Sungai Silandak yang merupakan deretan pantai wisata di Semarang.

Tak jauh dari Pantai Maron terdapat pula pantai lain yang bernama Pantai Tirang. Letak Pantai Tirang sangat dekat dengan bandara Ahmad Yani Semarang sehingga dapat dikatakan bahwa pantai ini merupakan pantai yang sangat strategis, walaupun akses kesana masih berbatu.

Sembilan kilometer dari bandara Ahmad Yani, terdapat pula obyek wisata pantai yang merupakan hasil reklamasi, yaitu Pantai Marina. Dulunya, Pantai Marina merupakan hutan bakau dan area tambak. Namun, kini telah dijadikan pusat rekreasi, bahkan sebagian hasil reklamasinya dijadikan area pertokoan dan perumahan.

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Baruna tergolong unik karena tidak memiliki hamparan pasir, melainkan dikelilingi oleh ilalang dan bebatuan, serta kontur yang curam. Pantai Baruna terletak di sisi timur pantai Marina.

– Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang
foto: instagram.com/narto.nar99

Kawasan Kota Lama memiliki bangunan-bangunan yang kental dengan arsitektur khas kolonial Belanda. Meskipun usia bangunan ini sudah mencapai 300 tahun, bangunan tersebut masih berdiri dengan kokohnya.

Saking kokohnya, bangunan yang menjadi tempat wisata di Semarang ini bahkan masih difungsikan sebagai kantor, coffee shop, restoran ataupun museum. Bangunan megah di Kota Lama menjadi bukti kejayaan kota Semarang sebagai pusat perdagangan Indonesia di abad ke-18 dan 19.

Gereja Blenduk dan Jembatan Mberok merupakan sedikit contoh dari beberapa bangunan iconic yang ada di area Kota Lama. Selain sebagai situs sejarah, Kota Lama juga menarik sebagai spot untuk selfie.

Nah, itu tadi adalah tempat wisata di Semarang rekomendasi yang mungkin bisa menjadi opsi destinasi berlibur kalian. Tak perlu terbang ke benua biru untuk menikmati bangunan megah khas negeri Belanda, bukan? Yuk ke Semarang saja!

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks